Widget Blog Terbaik untuk Website WordPress

Bingung menentukan widget blog apa saja yang perlu dipasang di website WordPress Anda? Tenang berikut ini berbagai widget blog terbaik dan penting yang perlu Anda pasang di website. Jadi simak sampai akhir ya!

Widget Blog Terbaik

Widget Blog

Menambahkan widget merupakan langkah paling mudah untuk menambahkan fitur tambahan di website. Bagi yang belum tahu cara menambahkan widget di blog, Anda dapat membaca artikel ini lebih dulu.

Beberapa widget blog terbaik dan keren berikut merupakan widget yang sering dipakai oleh para pengguna WordPress :

1. Recent Posts Widget with Thumbnail

Untuk menampilkan postingan terbaru dengan tampilan standar Anda bisa memakai widget recent post. Tapi bila bosan dengan tampilan widget starndar, Anda bisa mencoba memakai widget ini.

Plugin Recent Posts Widget with Thumbnail dapat memodifikasi widget untuk postingan terbaru. Dengan widget / plugin ini memungkinkan Anda untuk menambahkan thumbnail di recent post sehingga terlihat lebih bagus.

Thumbnail dapat diambil dari featured image atau gambar pertama di artikel.

2. WordPress Popular Post

Widget blog terbaik ini memungkinkan Anda untuk menampilkan artikel atau postingan paling populer di website Anda.

Anda dapat mengatur tampilannya berdasarkan jumlah view atau komentar yang diperoleh dengan memakai widget popular post ini.

3. Simple Social Icons

Ini merupakan salah satu widget sosial media untuk WordPress yang paling banyak dipilih. Dengan widget ini memungkinkan Anda untuk menambahkan ikon profil media sosial di sidebar.

Anda dapat memilih profil media sosial apa saja yang mau Anda tambahkan. Selain itu, Anda pun dapat memodifikasi ikon dengan mengubah warna ikon dan background.

4. Google Maps Widget

Cara paling mudah untuk menambahkan peta di sidebar website Anda adalah dengan memakai Google Maps Widget (GMW). Dengan GMW memungkinkan Anda untuk menampilkan Google Maps dalam bentuk widget.

Baca juga : Cara Menambahkan Google Maps di Blog

5. Image Widget

Untuk menambahkan gambar di sidebar umumnya dengan cara menulis kode HTML. Tapi, cara tersebut terbilang susah untuk kebanyakan orang, khususnya bagi orang awam.

Kabar baiknya, Anda bisa memakai Image Widget untuk menambahkan gambar di sidebar. Widget blog terbaik ini juga menyediakan fitur untuk menambahkan :

  • caption,
  • alt text, dan
  • ukuran gambar.
6. Compact Archives

Widget archives dari WordPress secara default menampilkan archives postingan website dalam daftar per bulan. Sayangnya tampilan seperti itu kurang praktis bahkan sering menyusahkan pembaca.

Dengan memakai Compact Archives Anda dapat membuat tampilan widget archives lebih praktis. Plugin ini juga memungkinkan Anda menampilkan archive postingan per bulan secara mendatar (horizontal). Sehingga mempermudah pembaca untuk mengklik masing-masing bulan.

7. Authors Widget

Bila blog / website Anda dikelola oleh beberapa penulis, maka Anda perlu coba menambahkan widget blog terbaik ini.

Karena widget ini dapat membantu Anda menampilkan profil masing-masing penulis beserta avatarnya. Dan juga mengarahkannya ke halaman berisi artikel-artikel yang masing-masing penulis tulis.

8. YouTube Channel Gallery

Dengan widget / plugin ini memungkinkan untuk menampilkan video terbaru dari channel YouTube di website Anda. YouTube Channel Gallery menampilkan video dalam bentuk layout grid yang tak memakan banyak tempat dan terlihat lebih menarik.

9. OptinMonster

OptinMonster yaitu plugin lead generation di WordPress. Plugin ini sangat berguna untuk mengumpulkan subscriber di website Anda. OptinMonster menyediakan dua widget, yakni :

  • Sidebar, dan
  • Afterpost.

Dua widget blog terbaik tersebut memungkinkan Anda untuk mengumpulkan subscriber di blog Anda.

10. Tabbed Login Widget

Cara lain untuk menambahkan form login di sidebar website yaitu dengan memakai Tabbed Login Widget. Dengan menggunakan plugin ini memungkinkan Anda untuk menambahkan widget login dengan 3 tab yang berbeda, yakni tab :

  • login,
  • registrasi, dan
  • lupa password.
11. Testimonials Widget

Menampilkan testimonial merupakan cara yang bagus untuk membuktikan bahwa klien atau pelanggan puas dengan layanan Anda. Dengan Testimonials Widget, Anda dapat dengan mudah membuat widget testimoni para klien / pelanggan.

12. Google Calendar Events

Plugin ini menyediakan cara termudah untuk menampilkan kalender di website Anda. Anda dapat membuat event memakai Google Calendar dan menampilkannya memakai widget blog terbaik ini.

13. Random Post Widget

Plugin ini memungkinkan Anda untuk menampilkan random post di sidebar website Anda. Random Post Widget pun dapat mengatur untuk menampilkan random post berdasarkan kategori tertentu.

14. Soliloquy WordPress Slider Widget

Soliloquy merupakan plugin slider responsif yang mempermudah Anda untuk membuat slider di website. Dengan plugin ini, Anda dapat menambahkan slider di mana saja memakai widget yang tersedia.

Jadi Anda dapat menampilkan (dalam bentuk slide) dari :

  • recent post,
  • video,
  • gambar Pinterest,
  • Instagram,
  • dan lain-lain.
15. Feature a Page Widget

Dengan widget ini memungkinkan Anda untuk menambahkan suatu halaman sebagai featured page di sidebar website. Featured page merupakan halaman pilihan yang mau Anda tampilkan di sidebar website.

Dengan widget ini Anda dapat menampilkan :

  • featured page beserta judul,
  • gambar,
  • dan lain-lain.
16. Envira Gallery

Envira Gallery yaitu plugin galeri di WordPress. Jika Anda seorang fotografer profesional atau designer, plugin ini merupakan plugin terbaik untuk menampilkan karya fotografi / desain Anda lewat widgetnya.

Pilih Widget Blog Terbaik sesuai Kebutuhan!

Demikian kumpulan widget blog yang kami rekomendasikan untuk dipasang di website WordPress Anda. Widget blog berfungsi untuk menampilkan berbagai fitur tambahan di website tanpa perlu melakukan coding.

Jadi siapapun dapat dengan mudah menambahkan berbagai fitur menarik di website, termasuk Anda. Namun harus Anda sesuaikan dengan kebutuhan agar kinerja perangkat lain tidak terganggu.

Sekian info tentangĀ widget blog terbaik untuk website, kami harap postingan kali ini berguna untuk Anda. Mohon artikel plugin WordPress ini disebarluaskan supaya semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Leave a Reply

Memperbaiki Permalink Website
Cara Memperbaiki Permalink Website yang Rusak
Reset Website WordPress
Cara Reset Website WordPress dengan Mudah
Membuat Custom Login
Cara Membuat Custom Login di Website WordPress
Cara Setting Robots TXT di Website
Bahasa Pemrograman CMS cPanel Domain Hosting Web Siap
Fitur di cPanel Hosting
Fitur di cPanel Hosting Website
Domain Tingkat Atas
Jenis Domain Tingkat Atas Terbaik yang Ada Sekarang
Keunggulan Domain Berbayar
Keunggulan Domain Berbayar bagi Bisnis yang Perlu Diketahui

Dasar SEO

Pengenalan SEO Riset Keyword

Optimasi Lanjutan

Copywriting Error Website Tips SEO

Teknik SEO

SEO Off Page SEO OnPage SEO Teknikal

Tools SEO

Tools Google Tools Riset KK Tools SEO Lain
Bisnis Jualan Link PPC Program Afiliasi Publisher Sumber Lain
Mendapatkan Uang dari Website
Cara Mendapatkan Uang dari Website yang Kita Punya
Jualan Online via Website
Jualan Online via Website yang Mudah Dilakukan
Platform SeedBacklink
Platform Seedbacklink Solusi Promosi Website dan Income Online
Membersihkan Cache
Cara Membersihkan Cache pada Website
Menggunakan Editor Gutenberg
Cara Menggunakan Editor Gutenberg Lengkap di WordPress
Plugin WordPress
Cara Instal Plugin WordPress yang Bisa Dilakukan
Cara Instal dan Ganti Theme Website
Cara Instal dan Ganti Theme Website