Website Cepat Pengunjung Tumbuh Pesat Untung Berlipat

93 / 100

Topik kita sekarang yakni Website Cepat Pengunjung Tumbuh Pesat Untung Berlipat. Pada tahun 2000-an website loading lebih dari 20 detik masih wajar dan dimaklumi. Sebab teknologi pada saat itu belum maju dan internet pun masih baru bagi kebanyakan orang Indonesia. Memasuki tahun 2018, tuntutan kecepatan website semakin tinggi karena teknologi sudah semakin maju. Kecepatan loading website di atas 5 detik sudah tidak bisa lagi dianggap wajar oleh sebagian besar pengguna internet.

Website Cepat Pengunjung Tumbuh Pesat

Website Cepat Pengunjung Tumbuh Pesat

Hal tersebut terjadi bukan tanpa alasan. Di era serba internet ini, kebutuhan untuk selalu terhubung melalui internet juga meningkat. Baik itu terhubung dengan internet untuk mencari informasi, berkomunikasi dengan kawan, transfer uang, hingga berbelanja secara online. Meningkatnya penggunaan internet, meningkat pula standar kualitas internet yang diharapkan, salah satunya adalah kecepatan website.

Pengguna internet membutuhkan website dengan kecepatan loading tinggi untuk memenuhi segala kebutuhannya dengan cepat. Mereka tidak bisa lagi menunggu loading lama sebuah website. Sebagai pemilik website, Anda mengemban tanggung jawab untuk menyediakan website cepat. Semakin lambat loading website Anda, semakin banyak pula pengunjung yang mengabaikan website Anda. Cara terbaik untuk bertahan di antara website kompetitor adalah dengan meningkatkan kecepatan loading-nya.

WordPress dengan kecepatan tinggi mendatangkan banyak keuntungan. Sebab pengunjung website Anda akan merasa nyaman dengan website Anda. Mereka tidak mengalami lag atau loading konten yang lambat. Dengan begitu mereka tidak akan ragu untuk kembali ke website Anda atau bahkan mengabari teman-temannya untuk mengunjungi website Anda juga.

Pada akhirnya, website cepat adalah win-win-solution baik untuk pengunjung website dan pemilik website. Pengunjung website memperoleh pengalaman menelusuri website dengan loading cepat. Sedangkan Anda, sebagai pemilik website, bisa memperoleh keuntungan dari banyaknya pengunjung.

Jika Anda mengelola blog, Anda bisa memasang iklan AdSense. Jika Anda mengelola website toko online, Anda bisa mengonversikan pengunjung menjadi konsumen Anda. Intinya website cepat adalah kunci agar pengunjung website tumbuh pesat dan mendapatkan keuntungan berlipat.

Kelola Website WordPress

WordPress merupakan salah satu platform / CMS terbaik dan terpopuler untuk membangun website. Banyak nama besar mempercayakan pengembangan website mereka pada platform ini. Contohnya, Sony Music dan Facebook Newsroom.

Bahkan 38,8% website di seluruh dunia menggunakan WordPress karena platform ini cukup mumpuni untuk berbagai tujuan. Mulai dari membangun website pribadi, toko online hingga website company profile.

Namun, mengelola website WordPress membutuhkan langkah yang tepat agar hasilnya optimal. Bagaimana caranya? Apa saja yang perlu dilakukan agar website cepat dan aman? Bagaimana menyiapkannya untuk kebutuhan pengembangan ke depan?

Jadikan Website Anda Cepat

Kecepatan website sangatlah penting. Jika loadingnya lambat, website dengan tampilan menarik pun tidak akan memberikan hasil yang baik. Bisa-bisa dua hal ini yang justru terjadi pada website Anda:

  • Kehilangan pengunjung – Tidak ada seorang pun yang mau menunggu lama, bukan? Faktanya, 53 persen pengguna internet akan meninggalkan website yang loadingnya lebih dari tiga detik. Sayang kan, jika pengunjung akhirnya tidak jadi bertransaksi karena website bisnis Anda lambat?
  • Sukar untuk muncul di Google – Untuk menjamin kenyamanan pengguna, Google hanya akan menampilkan website yang cepat di hasil pencarian. Jika website Anda lambat harus bersiap kecewa. Sebab, tanpa mendapatkan ranking Google, jumlah pengunjung organik Anda sulit untuk meningkat drastis.

Agar terhindar dari hal-hal tersebut, Anda perlu melakukan:

  • Optimasi browser untuk mempercepat loading website di browser pengunjung.
  • Optimasi server agar proses pengiriman data website ke browser lebih cepat.

Lakukan Optimasi Kecepatan Website

Agar website cepat, optimasi bisa dilakukan dari front end dan server. Optimasi ini akan membantu browser dan website untuk menampilkan informasi jauh lebih cepat. Apa saja langkah yang perlu dilakukan?

a. Memperkecil Ukuran File Gambar

Loading website akan melambat jika ukuran file gambar yang harus dimuat terlalu besar. Oleh karena itu, penting untuk memperkecil ukuran file gambar dengan mengkompresnya. Bagaimana caranya?

Kini, ada banyak tool online yang bisa Anda gunakan untuk memperkecil ukuran gambar. Contohnya, TinyPNG dan compressor.io. Cukup upload gambar yang Anda inginkan dan proses kompres akan berjalan otomatis. Tak perlu khawatir, dimensi gambar tidak akan berubah. Namun, karena kualitasnya akan sedikit berkurang, pastikan gambar masih bisa ditampilkan dengan baik ya.

Di WordPress sendiri juga ada plugin yang dapat mengkompres gambar secara otomatis. Smush, misalnya. Plugin ini dapat mengkompres semua gambar di Media Library WordPress. Bagaimana jika ukuran file gambar masih ratusan kilobyte setelah Anda kompres?

Apabila demikian, Anda perlu me-resize atau mengecilkan dimensinya. Ini dapat Anda lakukan dengan tool bawaan komputer, seperti Microsoft Paint atau tools online seperti iLoveIMG juga dapat digunakan.

b. Menggunakan Embed Video

Menggunakan embed video cukup efektif sebagai langkah optimasi untuk browser. Apa saja yang perlu dilakukan?

  1. Anda harus mengunggah video ke platform terpercaya. YouTube atau Vimeo, misalnya.
  2. Salin URL video yang sudah Anda unggah. Ini penting untuk menghubungkan video tersebut ke WordPress.
  3. Letakkan video pada postingan yang Anda inginkan.

Bagaimana embed video dapat mempengaruhi website cepat atau tidak? Alasannya ada dua:

  • Menyimpan video di platform tersendiri akan menghemat penyimpanan server Anda.
  • Kualitas dan kecepatan loading video Anda dipastikan baik, terutama berkat sistem kompresi seperti di YouTube yang lebih optimal.
c. Merapikan Kode CSS dan JavaScript

Kode di dalam file CSS dan JavaScript harus rapi agar dapat diproses dengan cepat. Untuk itu, Anda harus meminimalkan whitespace atau variabel yang tidak diperlukan. Kabar baiknya, Anda tidak perlu merapikan kode CSS dan JavaScript secara manual. Tinggal serahkan tugas tersebut kepada tool seperti prettier.io. Dalam hitungan detik, kode-kode Anda akan jadi optimal. Selain itu, jangan lupa untuk mengecilkan ukuran file CSS dan JavaScript Anda. Ini dapat Anda lakukan dengan mengaktifkan GZIP compression di WordPress.

d. Aktifkan Lazy Loading

Selain mengoptimasi file-file tadi, ada beberapa cara lain yang juga bias Anda praktikkan. Menggunakan lazy loading adalah salah satunya. Dengan fitur lazy loading, Anda dapat menunda loading gambar ketika halaman website dimuat. Jadi, gambar baru akan dimuat ketika pengunjung sampai pada bagian halaman di mana gambar tersebut berada. Cara mengaktifkan lazy loading di WordPress sangat mudah. Anda tinggal instal plugin Lazy Load by WP Rocket.

e. Hindari Render Block JavaScript

Optimasi kecepatan WordPress (website cepat) juga dapat dilakukan dengan menghindari render block JavaScript. Render block adalah keadaan di mana halaman website baru dapat ditampilkan sepenuhnya setelah kode JavaScript selesai dieksekusi. Tentunya, hal ini akan memperlambat loading website. Untungnya, Anda tak perlu mengatasi render block secara manual. Anda tinggal menginstal plugin W3 Total Cache yang akan melakukan tugas tersebut.

f. Gunakan AMP

AMP (Accelerated Mobile Pages) adalah fitur yang mengurangi penggunaan skrip CSS, HTML, dan JavaScript agar website cepat untuk ditampilkan di perangkat mobile. Kenapa menggunakan AMP penting? Sebab, sebagian besar orang kini mengakses internet melalui smartphone atau tablet. Bahkan, trafik mobile terus meningkat hingga 222% dalam 7 tahun terakhir.

Tanpa optimasi khusus, website Anda akan loading lebih lama. Bisa-bisa, akan kehilangan kesempatan mendapatkan pengunjung mobile lebih banyak. Untuk mengaktifkan AMP di website WordPress cukup mudah. Anda tinggal menginstal plugin AMP atau AMP for WordPress di website tersebut.

g. Aktifkan Cache

Cache adalah penyimpanan file sementara agar website cepat saat diakses kembali. Cache bisa berada di server untuk mempercepat proses request file atau di browser untuk menampilkan website dengan lebih cepat. Pengelolaan cache di website sangatlah penting. Salah satu cara melakukannya adalah dengan leverage browser caching. Langkah ini tidak hanya untuk memastikan cache aktif tapi juga mengatur berapa lama cache menyimpan file sementara.

Bagaimana caranya? Anda bisa memodifikasi file .htaccess atau cukup menggunakan plugin. Tidak cuma pada browser, sistem caching pun dibutuhkan untuk server. Sudah banyak plugin WordPress yang bisa digunakan untuk mengelola cache seperti WP Rocket atau LiteSpeed Cache.

h. Gunakan CDN

CDN atau content delivery network adalah penggunaan server yang ada di berbagai negara untuk menyimpan file sementara website. Berkat CDN, akses ke website cepat loadingnya karena data dapat diambil dari server terdekat. Salah satu penyedia CDN yang populer adalah Cloudflare.

Sekian info berkaitan dengan Website Cepat Pengunjung Tumbuh Pesat, kami harap artikel kali ini berguna untuk Anda. Mohon artikel ini dishare agar semakin banyak yang memperoleh manfaat.

Referensi:

Leave a Reply

Cara Membuat Sitemap
Cara Membuat Sitemap XML dan HTML pada Website
Mengamankan File dan Database Website
Cara Mengamankan File dan Database Website WordPress
Menjaga Keamanan Instalasi WordPress
Cara Menjaga Keamanan Instalasi WordPress
Mengamankan Akses Login Website
Cara Mengamankan Akses Login Website WordPress
Affiliate Marketing Jualan Paid Backlink PPC
Situs Penerima PPC
Situs Penerima PPC beserta Syarat dan Ketentuannya
Mendapatkan Income dari Program PPC
Mendapatkan Income dari Program PPC untuk Website
Cara Mendaftarkan Website ke UpToPromo
Cara Mendaftarkan Website ke UpToPromo

DM Lainnya

Cafebisnis Pakarbot Ratakan

Jasa dan Pelatihan

Jasa Digital Jasa Lainnya Pelatihan

Theme

Kentooz Oketheme Theme Lainnya

Webhosting

Hosting Bisnis Hosting Personal Hosting Ternak Web
Google Ads Optimasi SEO Riset Keyword SEO Off Page SEO On Page Tools Google
Mitos SEO
Mitos SEO yang Merugikan Website dan Perlu Dibongkar
Cara Membuat Sitemap
Cara Membuat Sitemap XML dan HTML pada Website
Struktur Google Ads
Struktur Google Ads untuk Kampanye Iklan
Tutorial Litespeed Cache
Tutorial Litespeed Cache untuk Mempercepat Website
Cara Membuat Form Kontak di Website
Cara Membuat Form Kontak di Website 100% Mudah Dilakukan
Cara Menangani Komentar SPAM di Website
Cara Menangani Komentar SPAM di Website 100% Ampuh
Pengaturan CloudFlare di Website
Pengaturan CloudFlare di Website dengan Plugin