Unlimited Hosting untuk Website Bisnis Terbaik

Apa itu hosting unlimited? Dan apa saja keunggulan layanan hosting unlimited ddaripada yang lainnya? Artikel ini akan membahas seluk beluk unlimited hosting dan tips memilihnya. Anda wajib paham sebelum beli layanan hosting jenis ini.

Unlimited Hosting

Seluk Beluk Hosting Unlimited

Anda pasti tahu bila website yang andal dan responsif sangat penting di era digital seperti  saat ini. Untuk mewujudkannya, dibutuhkan layanan hosting yang tepat supaya performa situs tetap optimal.

Dari berbagai jenis pilihan, layanan hosting tanpa batas atau unlimited ini mungkin bisa jadi salah satu opsi terbaik untuk Anda. Tapi, sebelum memutuskan memakai layanan ini, penting untuk memahami seluk beluk unlimited hosting dan kebijakan resource-nya lebih dulu.

Untuk lebih jelasnya mengenai seluk beluk hosting unlimited, artikel akan membahas halt tersebut. Yuk, simak artikel ini sampai selesai!

Apa itu Hosting Unlimited?

Unlimited hosting yaitu jenis layanan hosting yang penyimpanan datanya atau sumber dayanya (resource) tak punya batasan tertentu. Layanan ini termasuk ke dalam jenis shared hosting yang berarti Anda harus berbagi server dengan pengguna (user) lain.

Meskipun turunan dari shared hosting, layanan ini tak punya batasan dalam segi disk space. Jadi, Dengan layanan ini, Anda bisa menyimpan data / file di server sebanyak mungkin tanpa khawatir akan kelebihan kuota dan biaya tambahan.

Layanan ini cocok dipakai oleh berbagai jenis website yang membutuhkan fleksibilitas tinggi dalam pengelolaan resources. Seperti situs web :

  • streaming,
  • toko online,
  • portofolio,
  • forum,
  • komunitas,
  • blog pribadi,
  • dan lain sebagainya.
Benarkah Resource Hosting Unlimited Tanpa Batas?

Meski ada kata “unlimited”, namun kebanyakan penyedia hosting sebenarnya menerapkan batasan tertentu untuk mengontrol pemakaian resources. Dalam hal ini, unlimited hosting memang tak membatasi disk space pada penyimpanan, melainkan menerapkan sistem inodes.

Inode yaitu struktur data dalam sistem berkas yang mengidentifikasi suatu objek tertentu. Dalam konteks layanan hosting, inodes mengacu pada objek, seperti :

  • file,
  • direktori,
  • email, dan
  • metadata terkait lainnya.

Sederhananya, perhitungan inodes bergantung pada jumlah objek yang dipakai. Misalnya, Anda menyimpan 10 file gambar, 3 folder, dan 2 email, maka Anda terhitung memakai 15 inodes.

Contoh lainnya terkait unlimited hosting :

Sebuah layanan hosting memberikan batas maksimal sampai 100 ribu inodes. Berdasarkan batas tersebut, ada beberapa kemungkinan terkait penyimpanan yang bisa dipakai, yaitu :

  • Anda bisa menyimpan 100 ribu file berukuran 1 KB, maka ruang penyimpanan yang didapatkan yaitu 100 ribu KB atau setara 100 MB.
  • Anda bisa menyimpan 100 ribu file berukuran 10 KB, maka ruang penyimpanan Anda peroleh yakni 1 juta KB atau 1 GB.
  • Anda bisa menyimpan 100 ribu file berukuran 20 KB, maka ruang penyimpanan yang Anda dapatkan yaitu 2 juta KB atau 2 GB.
  • dan begitu seterusnya.

Artinya, besar kecilnya suatu kapasitas ruang penyimpanan hosting unlimited tidaklah pasti. Hal ini karena perhitungannya memakai sistem inodes, bukan disk space.

Keunggulan Hosting Unlimited

Dengan klaim sumber daya (resource) tanpa batas, layanan ini jadi cukup populer dan menarik perhatian para pemilik (owner) website. Berikut beberapa keunggulan unlimited hosting :

1. Unlimited Bandwidth

Salah satu keunggulan utama layanan hosting unlimited yaitu bandwidth hosting yang tanpa batas.

Dengan keunggulan ini, website Anda bisa mengatasi volume trafik tinggi tanpa perlu khawatir terjadi kendala seperti server down. Bahkan, bila lonjakan trafik terjadi secara tiba-tiba, maka website akan tetap stabil dan berjalan lancar.

2. Unlimited Email / FTP

Paket layanan hosting ini juga sering menyertakan unlimited email dan/atau unlimited FTP (file transfer protocol). Hal ini memungkinkan Anda untuk membangun tim yang bisa berkolaborasi dan mengelola komunikasi lewat domain sendiri secara mudah.

3. SSL gratis

Kredibilitas dan keamanan website adalah salah satu aspek penting di dunia digital. Oleh sebab itu, biasanya pihak provider selalu menawarkan free SSL. Hal ini untuk memastikan data website, server, dan pengunjung tetap aman dari tindakan peretasan online oleh hacker.

Tips Memilih Hosting Unlimited

Setelah memahami apa itu hosting unlimited dan keunggulannya, kami merekomendasikan untuk Anda menggunakan penyedia layanan hosting unlimited seperti DewaHoster.

Namun sebagai pengetahuan, berikut beberapa tips sebelum Anda memilih layanan unlimited hosting yang perlu Anda pertimbangkan.

1. Ketahui Kebutuhan Website

Tips pertama yaitu mengetahui kebutuhan website dengan jelas. Apakah hosting digunakan untuk :

  • situs web pribadi,
  • blog,
  • streaming, atau
  • toko online.

Kebutuhan yang berbeda memerlukan sumber daya yang berbeda juga. Jadi, sebaiknya Anda pakai layanan yang menawarkan kapasitas ruang penyimpanan memadai, jika memuat :

  • banyak gambar,
  • video, atau
  • file lain berukuran besar.

2. Pilih Lokasi Server

Selain memahami kebutuhan website, Anda pun harus memilih lokasi server. Bila mayoritas pengunjung (visitor) berasal dari wilayah tertentu, maka pilihlah server yang dekat dengan lokasi tersebut.

Tujuan dari cara ini adalah untuk mengoptimalkan kecepatan pemuatan halaman. Di mana semakin dekat lokasi server dengan tempat pengaksesan maka akan semakin cepat loadingnya.

3. Pilih Paket Sesuai Budget

Tips selanjutnya dalam memilih unlimited hosting yaitu menyesuaikan paket dengan budget. Pastikan anggaran yang Anda siapkan realistis untuk paket yang mau dibeli.

Meskipun tergolong fleksibel, tapi jangan lupa pertimbangkan harga dan fitur yang ditawarkan oleh provider.

4. Tidak Mudah Tergiur

Saat ini, ada banyak penyedia hosting yang menyediakan layanan unlimited atau tanpa batas. Tapi, Anda jangan mudah terkecoh dan tergiur hanya karena kata “unlimited / tanpa batas”.

Layanan mereka bisa saja punya kebijakan yang mungkin merugikanmu. Jadi, periksa secara teliti syarat dan ketentuan layanan untuk memahami batasan penggunaan resources.

Tertarik Pakai Unlimited Hosting?

Hosting unlimited merupakan suatu layanan hosting yang menawarkan berbagai fitur menarik, seperti :

  • unlimited bandwidth,
  • unlimited email/FTP,
  • SSL gratis,
  • dan lain sebagainya.

Perlu Anda ingat bahwa resources layanan ini tak benar-benar “unlimited”. Karena ruang penyimpanannya dihitung memakai sistem inodes, bukan disk space. Jadi, pastikan Anda untuk melihat syarat dan ketentuan layanannya secara teliti.

Tapi tenang, kami sendiri menggunakan layanan hosting unlimited ini untuk ternak website kami. Selain itu klien jasa pembuatan artikel LBO profesional, selalu kami rekomendasikan untuk menggunakan jenis layanan ini.

Sekian info seputar unlimited hosting untuk website bisnis terbaik, semoga post ini berguna untuk Anda. Kami berharap post jenis hosting ini dibagikan agar semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Leave a Reply

Memperbaiki Permalink Website
Cara Memperbaiki Permalink Website yang Rusak
Reset Website WordPress
Cara Reset Website WordPress dengan Mudah
Membuat Custom Login
Cara Membuat Custom Login di Website WordPress
Cara Setting Robots TXT di Website
Bahasa Pemrograman CMS cPanel Domain Hosting Web Siap
Fitur di cPanel Hosting
Fitur di cPanel Hosting Website
Domain Tingkat Atas
Jenis Domain Tingkat Atas Terbaik yang Ada Sekarang
Keunggulan Domain Berbayar
Keunggulan Domain Berbayar bagi Bisnis yang Perlu Diketahui

Dasar SEO

Pengenalan SEO Riset Keyword

Optimasi Lanjutan

Copywriting Error Website Tips SEO

Teknik SEO

SEO Off Page SEO OnPage SEO Teknikal

Tools SEO

Tools Google Tools Riset KK Tools SEO Lain
Bisnis Jualan Link PPC Program Afiliasi Publisher Sumber Lain
Mendapatkan Uang dari Website
Cara Mendapatkan Uang dari Website yang Kita Punya
Jualan Online via Website
Jualan Online via Website yang Mudah Dilakukan
Platform SeedBacklink
Platform Seedbacklink Solusi Promosi Website dan Income Online
Membersihkan Cache
Cara Membersihkan Cache pada Website
Menggunakan Editor Gutenberg
Cara Menggunakan Editor Gutenberg Lengkap di WordPress
Plugin WordPress
Cara Instal Plugin WordPress yang Bisa Dilakukan
Cara Instal dan Ganti Theme Website
Cara Instal dan Ganti Theme Website