Tujuan Riset Kata Kunci untuk Traffic Generation

Topik kita kali ini yakni tujuan riset kata kunci untuk traffic generation. Keyword (kata kunci) adalah kata-kata yang diketikkan oleh seseorang di search engine.

Tujuan Riset Kata Kunci

Riset Keyword untuk Traffic Generation

Jadi riset keyword bisa diartikan sebagai suatu riset yang dilakukan untuk menemukan daftar kata-kata kunci. Di mana kata kunci ini diketikkan di search engine oleh orang yang sesuai dengan target market dari website.

Agar bisa menyediakan data atau informasi yang berguna di website. Maka Anda harus mengetahui terlebih dahulu informasi apa yang dicari atau dibutuhkan oleh pengunjung.

Dan hal tersebut bisa diketahui melalui keyword yang dipergunakan untuk melakukan pencarian. Sebenarnya tujuan riset kata kunci yang dilakukan oleh orang-orang itu berbeda-beda dan pada tahapan yang berbeda pula.

Ada orang yang melakukan riset keyword mulai pada tahapan dalam proses memilih niche. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk memilih niche yang bagus dan high demand.

Tapi yang lebih spesifik dari tujuan riset kata kunci adalah untuk traffic generation atau untuk keperluan mendatangkan traffic ke website Anda. Riset keyword sangat penting terutama digunakan jika menggunakan kategori strategi traffic dari search engine.

Baik itu strategi free traffic (organic result) ataupun paid traffic (iklan Pay Per Click). Sebab membahas tentang SEO maupun PPC, Anda perlu mengerti terlebih dahulu mengenai riset keyword.

Di sini bukan berarti Anda harus jadi master riset keyword dalam sekejap. Riset keyword adalah sebuah keahlian dimana Anda akan semakin mahir dengan waktu, proses belajar terus menerus, praktek dan uji coba.

Seringkali yang membedakan seseorang yang sukses di bisnis online dengan yang tidak adalah karena perbedaan keahlian riset keyword yang dilakukan. Jadi pelajari dan kuasai dengan baik skill melakukan riset keyword ini.

Memang dalam proses riset keyword Anda akan menggunakan tools atau alat bantu, namun tools tetaplah hanya sebagai alat bantu saja.

Alat bantu yang canggih namun dipakai oleh orang yang tak ahli dalam menggunakannya, sama saja tak ada manfaatnya. Bisa diibarat Anda punya mobil Ferrari tapi tidak bisa nyetir, maka tetap saja mobil tersebut hanya jadi barang pajangan saja.

Tujuan Riset Kata Kunci

Keyword apa yang digunakan oleh target market Anda? Inilah pertanyaan kunci yang akan dijawab dengan melakukan riset kata kunci (keyword). Keyword apa yang digunakan oleh orang yang merupakan target market dari website Anda di search engine.

Dari kalimat di atas dapat diambiil kesimpulan bahwa tujuan riset kata kunci yaitu untuk mengetahui :

  • keyword apa yang digunakan oleh competitor dan/atau target market,
  • orang yang merupakan target market dari website di search engine.

Sebagai studi kasus tujuan riset kata kunci di sini, contohnya ketika Anda membuat website untuk menjual obat pelangsing di Yogyakarta. Anda bisa mengecek suatu keyword apakah banyak digunakan di kota yang menjadi target market dengan menggunakan Google Trends.

Sebagai contoh Anda akan mencari keyword obat pelangsing maka isikan kata obat pelangsing di search box. Lalu klik tombol Search Trends.

Google Trends bisa menampilkan keyword yang Anda isikan itu paling banyak digunakan di kota mana.

Jika setelah Anda masukkan keyword obat pelangsing di search box ternyata di Jakarta paling banyak digunakan, sedangkan di Yogyakarta tidak ada. Maka jika Anda gunakan kata kunci ini untuk target market Yogyakarta maka Anda keliru.

Dari hasil google trends ini Anda bisa menentukan apakah mau tetap menggunakan keyword obat pelangsing atau tidak.

Bila tetap menggunakan keyword obat pelangsing maka Anda harus merubah target marketnya dari Yogyakarta ke kota lain misalnya Jakarta yang memang keyword obat pelangsing paling tinggi.

Tetapi bila ingin tetap target marketnya di Yogyakarta maka Anda harus mencari padanan kata dengan obat pelangsing misalnya obat diet atau detoksifikasi.

Jadi penekanan dalam riset kata kunci di sini yaitu mencari keyword yang dipakai target market, bukan yang Anda gunakan.

Output Proses Riset Keyword

Output dari proses riset keyword yaitu mendapatkan sebuah daftar atau list keyword yang akan digunakan oleh target market dalam menemukan website Anda. Seberapa banyak?

Sebanyak mungkin. Jumlah (kuantitas) keyword ikut menentukan sukses atau tidaknya sebuah promosi atau campaign. Namun tentu saja keyword yang dibuat harus tetap relevan dengan website Anda. Jadi kualitas keyword juga penting.

Kualitas dari daftar keyword yang dihasilkan dari riset keyword seringkali merupakan faktor penentu. Yaitu sukses atau tidaknya Anda dalam mendatangkan traffic ke website dengan search engine.

Baca juga : Membuat Daftar Keyword yang Banyak

Dapatkan materi tujuan riset kata kunci dan materi lainnya di Komunitas SB1M

Sekian info perihal tujuan riset kata kunci untuk traffic generation, semoga postingan kali ini berguna untuk sahabat semua. Mohon postingan riset keyword ini diviralkan agar semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Referensi : Layanan Artikel Spintax Profesional

Leave a Reply

Memperbaiki Permalink Website
Cara Memperbaiki Permalink Website yang Rusak
Reset Website WordPress
Cara Reset Website WordPress dengan Mudah
Membuat Custom Login
Cara Membuat Custom Login di Website WordPress
Cara Setting Robots TXT di Website
Bahasa Pemrograman CMS cPanel Domain Hosting Web Siap
Fitur di cPanel Hosting
Fitur di cPanel Hosting Website
Domain Tingkat Atas
Jenis Domain Tingkat Atas Terbaik yang Ada Sekarang
Keunggulan Domain Berbayar
Keunggulan Domain Berbayar bagi Bisnis yang Perlu Diketahui

Dasar SEO

Pengenalan SEO Riset Keyword

Optimasi Lanjutan

Copywriting Error Website Tips SEO

Teknik SEO

SEO Off Page SEO OnPage SEO Teknikal

Tools SEO

Tools Google Tools Riset KK Tools SEO Lain
Bisnis Jualan Link PPC Program Afiliasi Publisher Sumber Lain
Mendapatkan Uang dari Website
Cara Mendapatkan Uang dari Website yang Kita Punya
Jualan Online via Website
Jualan Online via Website yang Mudah Dilakukan
Platform SeedBacklink
Platform Seedbacklink Solusi Promosi Website dan Income Online
Membersihkan Cache
Cara Membersihkan Cache pada Website
Menggunakan Editor Gutenberg
Cara Menggunakan Editor Gutenberg Lengkap di WordPress
Plugin WordPress
Cara Instal Plugin WordPress yang Bisa Dilakukan
Cara Instal dan Ganti Theme Website
Cara Instal dan Ganti Theme Website