Tips Meningkatkan Performa WordPress dengan Site Health

bannerlbo

Di artikel ini kami akan jelaskan mengenai tips meningkatkan performa wordpress dengan site health. Kini Anda dapat mengecek kualitas performa website lewat Site Health yang disediakan WordPress. Buka dashboard WordPress Anda lalu klik Tools >> Site Health. Tools ini akan membantu untuk memaksimalkan performa website WordPress Anda.

Tips Meningkatkan Performa WordPress

Tips Meningkatkan Performa WordPress

Site Health WP akan menganalisis WordPress Anda dan memberikan rekomendasi apa saja yang perlu dilakukan agar performa website menjadi lebih baik. Di bawah ini Anda akan dapat 10 tips meningkatkan performa WordPress dengan bantuan Site Health!

a. Install SSL/TLS

SSL/TLS akan melindungi transfer data yang terjadi di website. Untuk mengecek apakah website Anda sudah dipasang SSL/TLS, caranya cukup mudah. Jika URL website Anda masih diawali dengan HTTP, artinya website Anda belum dipasang SSL/TLS. Anda bisa menggunakan SSL/TLS gratis seperti Let’s Encrypt atau layanan SSL/TLS berbayar seperti Comodo. Ikuti panduan memasang SSL/TLS di WordPress Anda!

b. Update WordPress Rutin

Tips meningkatkan performa WordPress yang tidak boleh ditinggal adalah pastikan menggunakan WordPress versi paling baru. Sebab di versi terbarunya WordPress memperbaiki bug, error, dan masalah keamanan yang ada di versi sebelumnya. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan fitur-fitur terbaru WordPress yang bisa menunjang performa website. Fitur Site Health baru muncul di WordPress 5.2 ke atas.

Agar tidak lupa, Anda bisa mengatur agar update WordPress dilakukan secara otomatis. Caranya buka menu dasbor >> pembaharuan. Lalu Anda klik link “Aktifkan pembaruan otomatis ….”.

c. Update Tema dan Plugin

Tidak hanya versi WordPress yang harus update, tema dan plugin yang Anda gunakan pun harus selalu di-update. Ini untuk menghindari bug dan error di versi lama. Rilis update tiap plugin dan tema yang digunakan tentu berbeda-beda. Tentu, Anda akan kesulitan untuk meng-update satu per satu. Saat ini sudah ada fasilitas update baik untuk plugin dan tema.

Update otomatis untuk plugin, Anda tinggal klik “Aktifkan pembaruan otomatis”. Sedangkan untuk update otomatis pada tema, Anda buka Tampilan >> Tema. Lalu klik tema yang ingin diupdate otomatis dan klik “Aktifkan pembaruan otomatis”.

d. Gunakan MySQL Terbaru

MySQL merupakan software yang mengelola database website Anda. Semua data website, dari postingan, komentar, gambar, halaman, hingga informasi user tersimpan di database yang dikelola MySQL ini. Supaya database WordPress aman, Anda harus memakai MySQL terbaru. Ini untuk menghindari kegagalan penggunaan database karena software yang digunak terlalu lawas. Untuk meng-update MySQL ke versi terbaru, biasanya Anda perlu menghubungi penyedia hosting.

e. Gunakan PHP Terbaru

Tips meningkatkan performa WordPress lainnya adalah Anda harus menggunakan PHP versi terbaru. Sebab beberapa plugin WordPress terbaru memerlukan PHP versi terbaru agar bisa berjalan lancar. Apakah PHP yang Anda gunakan sudah versi terbaru? Anda bisa menghubungi penyedia hosting Anda. Jika belum menggunakan versi terbaru, Anda bisa meminta penyedia hosting untuk meng-updatenya.

f. Hapus Plugin dan Tema yang Tidak Digunakan

Plugin dan tema yang tidak terpakai hanya akan menghabiskan disk space website Anda. Tentu ini dapat merugikan dan menurunkan performa website. Selain itu, plugin dan tema tidak terpakai berpotensi untuk menjadi tempat bersembunyinya malware. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menghapusnya. Anda tidak membutuhkannya dan malah bisa membahayakan website.

g. Pastikan Modul PHP WordPress Anda Lengkap

Selanjutnya tips meningkatkan performa WordPress terkait dengan modul PHP dari website. Modul PHP merupakan library tambahan yang akan menambahkan fungsionalitas pada PHP. Untuk performa website yang optimal, ada beberapa modul yang harus diinstal. Untuk menginstal modul PHP yang dibutuhkan, Anda perlu menghubungi penyedia hosting yang digunakan.

h. Nonaktifkan Debug Mode WordPress

Secara default, WordPress memiliki mode debug yang berfungsi untuk menampilkan pesan error dari plugin, tema, atau kode tertentu. Namun, mode debug WordPress sebaiknya tidak digunakan oleh orang yang masih awam coding. Bila Anda masih merasa awam tentang coding, sebaiknya nonaktifkan mode ini. Ikuti panduan menonaktifkan mode debug WordPress yang bisa Anda lakukan.

i. Pastikan Cron Job Aktif

WordPress memerlukan Cron Job agar bisa melakukan task yang sudah dijadwalkan seperti update otomatis. Terkadang penyedia hosting menonaktifkannya. Selain itu, bisa jadi Anda tidak sengaja menonaktifkannya. Anda harus memastikan jika Cron Job di WordPress sudah aktif. Ikuti panduan mengaktifkan Cron Job, yang bisa Anda lakukan.

j. Selalu Gunakan Hosting Terbaik

Tips meningkatkan performa WordPress yang sangat penting adalah selalu gunakan hosting yang berkualitas. Hosting kualitas terbaik adalah hosting yang menyediakan semua fitur untuk kebutuhan website, dari uptime tinggi, kecepatan, hingga keamanan. Salah satu hosting berkualitas adalah Niagahoster. Di Niagahoster, Anda bisa mendapatkan semua fitur terbaik, dari Data Center LiteSpeed, Imunify360, hingga WordPress Management.

WordPress Management adalah fitur yang akan memudahkan Anda dalam mengelola WordPress. Dari mengaktifkan update WordPress otomatis hingga staging dan cloning, bisa Anda lakukan melalui WordPress Management!

Baca juga : Cara Sewa Hosting di Niagahoster

Sekian info mengenai tips meningkatkan performa wordpress dengan site health, semoga postingan ini bermanfaat buat sahabat semua. Kami berharap postingan tips performa ini dishare supaya semakin banyak yang mendapat manfaat.

Referensi:

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

22793

Leave a Reply

Situs Penerima PPC
Situs Penerima PPC beserta Syarat dan Ketentuannya
Mendapatkan Income dari Program PPC
Mendapatkan Income dari Program PPC untuk Website
Cara Mendaftarkan Website ke UpToPromo
Cara Mendaftarkan Website ke UpToPromo
Cara Mendapatkan Income dari UpToPromo
Cara Mendapatkan Income dari UpToPromo
cPanel Domain Hosting Landing Page Masalah Website Website WordPress
Strategi Memilih Nama Domain
Strategi Memilih Nama Domain yang Tepat
Meningkatkan Keamanan WordPress
Tips Ampuh Meningkatkan Keamanan WordPress
Membuat Landing Page
Cara Membuat Landing Page yang Menarik dan Efektif

DM Lainnya

Cafebisnis Pakarbot Ratakan

Jasa dan Pelatihan

Jasa Digital Jasa Lainnya Pelatihan

Theme

Kentooz Oketheme Theme Lainnya

Webhosting

Hosting Bisnis Hosting Personal Hosting Ternak Web
Pengenalan SEO Riset Keyword SEO Off Page SEO On Page Technical SEO Tips SEO Tools Google
Optimasi Internal Link
Panduan Optimasi Internal Link Lengkap pada Website
Link Dofollow dan Nofollow
Cara Membuat Link Dofollow dan Nofollow di Website
Backlink Berkualitas
Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas Bagus untuk Website
Tutorial Litespeed Cache
Tutorial Litespeed Cache untuk Mempercepat Website
Cara Membuat Form Kontak di Website
Cara Membuat Form Kontak di Website 100% Mudah Dilakukan
Cara Menangani Komentar SPAM di Website
Cara Menangani Komentar SPAM di Website 100% Ampuh
Pengaturan CloudFlare di Website
Pengaturan CloudFlare di Website dengan Plugin