Tips Meningkatkan Domain dan Page Authority Lengkap

bannerlbo

Apakah Anda pernah mengecek Domain dan Page Authority website Anda? Melakukan pengecekan DA (Domain Authority) dan PA (Page Authority) website secara rutin itu sangat perlu. Kenapa? Karena DA dan PA merupakan indikator bagi pengguna untuk meninjau performa website secara keseluruhan dengan mudah.

Domain dan Page Authority

DA dan PA

Setelah pengecekan Domain dan Page Authority serta tahu skornya, sangat diharapkan Anda bisa memiliki peluang untuk meningkatkan peringkat website. Namun, bagaimana cara meningkatkan skor DA dan PA suatu website? Apakah keduanya benar-benar punya pengaruh untuk menaikkan ranking di mesin pencari? Artikel ini akan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Apa itu Domain dan Page Authority?

1) Domain Authority (DA)

DA adalah skor untuk memprediksi peluang ranking suatu website di mesin pencari (search engine). Skala DA terhitung dari angka dari 1 sampai 100. DA dikembangkan oleh Moz. Moz merupakan salah satu tools SEO populer.

Di mana semakin tinggi skor DA, maka makin tinggi juga kesempatan suatu website untuk berada di posisi teratas mesin pencari. Tapi, hal ini bukan berarti DA jadi satu-satunya faktor penentu ranking suatu website. Skor DA itu hanya sekedar prediksi saja. Jadi bukan metrik resmi yang dipakai Google untuk menentukan ranking website.

2) Page Authority (PA)

Selain Domain Authority, Anda pun harus peduli dengan yang namanya skor Page Authority (PA). PA merupakan skor untuk menunjukkan peluang ranking dari suatu halaman website di mesin pencari. Indikator ini juga dikembangkan oleh Moz.

Skala dari skor PA pun berlaku antara 1 sampai 100. Di mana semakin tinggi skor, maka makin tinggi juga peluang halaman website bisa ada di peringkat tinggi mesin pencari. Dengan mengetahui skor PA, Anda dapat melakukan evaluasi bagian mana dari konten yang harus ditingkatkan kualitasnya. Hal ini dilakukan supaya dapat mengungguli milik kompetitor.

Cara Mengecek DA dan PA Website

Bagaimana cara cek Domain dan Page Authority suatu website? Untuk dapat mengetahui berapa skor DA dan PA bukanlah sesuatu hal yang sulit. Karena, Anda bisa tinggal ikuti panduan cek DA dan PA website di bawah ini.

  1. Langkah pertama Anda perlu kunjungi link tools Moz.
  2. Masukkan alamat website atau blog pada kolom analisis.
  3. Lalu, klik “Analyze”.
  4. Setelah itu, Anda akan ditampilkan kolom overview yang berisi :
  • skor DA,
  • Linking Domains,
  • Inbound Links dan
  • Ranking Keywords.
  1. Klik “Compare Link Profiles” di menu sidebar kiri (bila mau melihat skor PA).
  2. Kemudian klik “Exact Page” (untuk cek DA dan PA sekaligus).

Cara di atas bisa dilakukan bila menggunakan Moz Pro atau yang berbayar. Namun bila ingin cek Domain dan Page Authority website secara gratis, Anda tinggal instal ekstensi MozBar di Google Chrome. Caranya :

  • Buka google chrome Anda
  • Kemudian klik tanda titik 3 di sebelah kanan atas (1)
  • Lalu klik fitur lainnya (2)
  • Setelah itu klik ekstensi (3)
  • Akan ada tampilan chrome://extensions/ (4)
  • Lalu klik tanda garis tingga sebelah kiri atas
  • Klik “Buka Chrome Webstore” (5)
  • Masukkan kata kunci “MozBar” di kolom “Telusuri Toko”
  • Kemudian tambahkan ekstensi MozBar
  • Tunggu hingga penginstalan selesai
  • Setelah selesai akan tampil icon “M” di sebelah kiri atas (6)

Cek DA dan PA

Agar ekstensi MozBar dapat digunakan untuk mengecek Domain dan Page Authority, Anda harus membuat akun di Moz. Caranya tinggal klik Creat Account di sebelah kanan atas. Lalu isi semua form yang ada hingga akun aktif. Setelah Aktif (ditandai icon M berwarna biru), Anda tinggal buka link website Anda. Lalu skor DA dan PA akan tampil dengan sendirinya.

Faktor Penentu Skor Domain Authority

Perlu Anda ketahui bahwa ada lebih dari 40 faktor untuk Moz menentukan skor DA suatu website. Sedangkan Google punya lebih dari 200 faktor penentu peringkat website. Selain itu, definisi dari tiap skor juga sangat relatif. Tak ada penjelasan akurat yang mengatakan skor besar atau kecil adalah skor yang baik atau buruk.

Ada lebih dari 40 faktor penentu skor Domain dan Page Authority saat ini. Dari 40 faktor tersebut ada beberapa faktor yang paling berpengaruh. Faktor paling berpengaruh pada skor DA tersebut, yakni :

1) Backlinks yang berkualitas

1 backlink dari website populer jauh lebih bagus atau unggul daripada dapat 2 backlink dari website dengan kualitas rendah. Jadi, pastikan Anda untuk memperhitungkan backlink dari segala segi baik itu segi kuantitas maupun kualitas.

Baca : Tips mendapatkan backlinks berkualitas

2) Jumlah referring domain yang tinggi

Dapat 2 backlink dari 2 website berbeda akan lebih menunjang skor DA, daripada mendapatkan banyak jumlah backlink dari website yang sama.

3) Kualitas konten

Konten adalah faktor utama dari SERP. Jadi, tak mengherankan kenapa kualitas konten pada website akan mempengaruhi skor DA.

4) Social signals (SG)

Social signals atau engagements juga bisa digunakan untuk menilai popularitas atau domain authority suatu website. Indikator ini dilihat dari jumlah :

  • share,
  • like, dan
  • comment.

5) Search Engine Friendliness (SEF)

Search Engine Friendliness yaitu kualitas struktur keseluruhan website. Faktor SEF ini penting dalam pemberian skor DA dari suatu website. Faktor ini akan menilai apakah pemakaian website bersifat user friendly atau tidak.

Baca : Kriteria Website User Friendly

Setelah Anda tahu beberapa faktor DA yang paling berpengaruh, mungkin ada pertanyaan dalam diri Anda. Apakah Domain dan Page Authority tetap penting bagi website?

Penting. Karena, DA memang diciptakan sebagai metrik pembanding kualitas suatu website. Dalam hal ini pembanding antara kualitas website Anda dengan website para kompetitor. Artinya, bila skor DA Anda lebih rendah, gunakan hasilnya untuk bahan evaluasi. Di mana nantinya kualitas website Anda bisa lebih ditingkatkan.

Lakukan analisis dari berbagai sisi. Misalnya dari segi :

  • inbound links,
  • backlinks,
  • kecepatan website,
  • CTR (Click Through Rate),
  • popularitas domain,
  • dan sebagainya.

Peluang website Anda menduduki peringkat atas semakin besar di mesin pencari, seiring kualitas website yang makin meningkat.

Tips Meningkatkan Domain Authority dan Page Authority

Tak mudah untuk dapat menaikkan skor Domain dan Page Authority website dalam waktu yang relatif singkat. Hal ini memang sengaja dilakukan, mengingat persaingan SERP Google yang memang kompetitif dan sulit diprediksi.

Oleh sebab itu, cara terbaik yang bisa Anda lakukan ialah mengupdate SEO website secara keseluruhan. Berikut ini beberapa tips untuk meningkatkan score DA dan PA suatu website :

Poin Optimasi SEO On Page

a. Optimasi SEO On-Page

Tips meningkatkan Domain dan Page Authority yang pertama adalah optimasi On-Page SEO. Optimasi SEO on-page adalah fondasi untuk mempunyai website yang berkualitas. Optimasi ini juga jadi pendukung Google untuk menempatkan website Anda pada posisi teratas di mesin pencari.

Karena, optimasi SEO on-page akan mempermudah Google dalam memahami website Anda dan isi didalamnya. Apakah isi website Anda sudah relevan dengan permintaan user atau belum.

Sebagian dari Anda mungkin sudah familiar dengan berbagai faktor optimasi SEO on-page. Tapi, kami akan meng-highlight faktor apa saja yang jadi pemeran utama, yakni :

  • Update konten / artikel yang berkualitas dan bermanfaat bagi pengguna.
  • Optimasi judul, meta tags, meta title dan meta description.
  • Headings dan subheadings yang terstruktur (H1, H2, H3 dan seterusnya) di tiap konten.
  • Pemakaian keyword senatural mungkin dan hindari keyword stuffing.
  • Optimasi video, foto dan media lainnya di tiap konten.
  • Menambahkan internal links ke halaman lain dan eksternal link ke website berkualitas lain.
  • Permalink yang sederhana.

b. Optimasi SEO Off-Page

Tips meningkatkan Domain dan Page Authority selanjutnya adalah optimasi Off-Page SEO. Bila on-page memaksimalkan optimasinya di internal (dalam website), off-page lebih mengutamakan optimasi secara eksternal (di luar website). Sama seperti on-page, SEO off-page punya berbagai faktor yang tak hanya berkutat pada soal link building.

Apa itu link building? Link building yaitu teknik untuk memperoleh backlinks. Secara sederhananya yaitu website lain yang mengarahkan link ke website Anda. Tapi selain link building, banyak faktor penting lainnya penunjang kualitas SEO off-page seperti :

  • listing bisnis,
  • brand mention di media online,
  • review, dan
  • engagement di media sosial.

Side note:

Sia-sia jika Anda sudah susah payah mengoptimasi on-page, namun tak melakukan apa-apa pada off-pagenya. Ibarat memakai sepatu, tak mungkin hanya memakai sebelah saja untuk berjalan?

Begitu juga dengan SEO on-page dan off-page, keduanya mesti dilakukan secara beriringan. Bila tidak punya waktu untuk melakukan optimasi SEO, kami siap mengakomodasinya. Kami membuka jasa optimasi SEO On Page dan Off Page.

c. Optimasi Technical SEO

Tips meningkatkan Domain dan Page Authority berikutnya adalah Technical SEO. Technical SEO adalah pondasi keberhasilan SEO on-page dan off-page. Technical SEO secara umum mengacu pada struktur dasar website. Seandainya strukturnya sudah cukup rapi, otomatis search engine bots akan lebih mudah meng-crawling website Anda.

Crawling atau web crawling adalah proses pengindeksan suatu website untuk menunjang visibilitasnya di mesin pencari. Jadi, saat pengguna memasukkan keyword tertentu yang berkaitan dengan konten, maka halaman / website Anda akan tampil di mesin pencari.

Baca : Cara Kerja dan Fungsi Web Crawler

Optimasi technical SEO begitu penting dan aspek cakupannya sangat luas. Berikut beberapa aspek cakupan technical SEO yang paling berpengaruh pada Domain dan Page Authority serta ranking website, yaitu :

verifikasi google search console

1. Daftarkan Website Anda ke Google Search Console

Google Search Console (GSC) merupakan tools gratis dari Google. Anda bisa mengirimkan website Anda ke mesin pencari supaya bisa terindeks lewat tool GSC. Saat siap untuk meluncurkan website, Anda harus mengirimkan sitemap XML ke GSC. Hal ini dilakukan agar tools ini bisa dengan mudah meng-crawling website baru Anda dan menampilkannya di hasil pencarian. Selain itu juga agar score Domain dan Page Authority website bisa meningkat.

2. Buat Sitemap XML

Anda pun harus bikin sitemap XML supaya website dapat terindeks Google dan bisa meningkatkan score Domain dan Page Authority. Namun, apa itu sitemap XML? Sitemap XML adalah daftar konten (post dan page) website dengan format XML. Daftar konten ini bisa terbaca oleh mesin pencari untuk diakses oleh pengguna. Cara membuatnya juga sangat mudah.

Baca : Cara Membuat Sitemap di WordPress

3. Atasi Masalah Duplikat Konten

Jika punya konten yang serupa di beberapa halaman website Anda, ini disebut sebagai duplikat konten. Duplikat konten harus dihindari website Anda. Sebab bisa bikin mesin pencari kebingungan mencari konten mana yang mesti dinaikkan peringkatnya.

Kondisi tersebut akan mempengaruhi performa halaman website Anda di mesin pencari dan performa SEO. Selain itu juga akan berpengaruh pada score Domain dan Page Authority website Anda. Namun, Anda tak harus memblok atau menghapusnya cukup bikin canonical link. Ini dilakukan untuk membedakan konten yang terduplikasi tersebut.

4. Pasang SSL (Secure Sockets Layer)

Mesin pencari tentu mau bikin penggunanya selalu merasa aman sangat mengakses website. Itulah kenapa, website Anda harus dipasang SSL (Secure Sockets Layer). Selain aman, dengan memasang SSL juga bisa meningkatkan score Domain dan Page Authority website. SSL adalah sertifikasi keamanan website, yang ditandai dengan perubahan pada URL.

Sebelum pemasangan SSL, URL website Anda diawali “HTTP”. Setelah SSL dipasang maka URL website Anda akan berubah jadi “HTTPS”. Manfaat SSL seperti :

  • memberikan jaminan keamanan,
  • menghindari pencurian data atau salah kirim data, dan
  • meningkatkan reputasi website Anda di mata Google.

Baca : Pentingnya SSL untuk Website

Google AMP

5. Aktifkan Google AMP

AMP (Accelerate Mobile Pages) adalah teknologi yang dikembangkan oleh Google. Teknologi ini digunakan untuk mempercepat loading halaman suatu website di perangkat ponsel / mobile. Teknologi AMP ini bekerja dengan 3 komponen yakni :

  • AMP HTML,
  • AMP JavaScript, dan
  • AMP Cache.

Masing-masingnya komponen di atas memiliki peran untuk menekan berbagai faktor yang bikin loading website jadi lambat. Namun, teknologi AMP hanya dapat diaktifkan pada beberapa jenis konten saja, khususnya konten statis seperti artikel atau berita. Meski begitu, fungsi teknologi ini sangat penting untuk meningkatkan performa SEO secara keseluruhan termasuk meningkatkan Domain dan Page Authority.

Loading website yang cepat, menyebabkan semakin banyak pengguna yang akan membaca dan membagikan konten Anda. Secara otomatis, peringkat halaman Anda juga berkesempatan untuk naik di mesin pencari.

Baca : Cara Setting Google AMP di website

d. Buat Website Mobile-Friendly

Memiliki website yang mobile friendly saat ini bukan hanya sekedar pilihan, namun wajib. Kenapa? Berikut ini beberapa alasannya :

  • Jumlah pengguna yang mengakses internet dari mobile lebih besar jika dibandingkan lewat desktop.
  • Google lebih memprioritaskan indexing website versi mobile. Sehingga akan sulit terindeks bagi website yang tak mobile-friendly.
  • Berpengaruh pada peringkat di mesin pencari.
  • Website dengan versi non mobile friendly akan berdampak pada skor Domain dan Page Authority. Hal ini disebabkan oleh perintah Google bahwa mobile-friendly merupakan persyaratan penting dalam sistem ranking website.

Baca : Cara Membuat Website Mobile Friendly

e. Tingkatkan Kecepatan Halaman Website

Salah satu faktor penentu ranking serta skor Domain dan Page Authority adalah page speed atau kecepatan halaman website. Faktor ini sudah diterapkan Google sejak tahun 2010. Untuk mengecek kecepatan website Anda, Google menyediakan sebuah tool yang bisa jadi bahan pertimbangan untuk evaluasi. Tool tersebut yaitu PageSpeed Insights tool.

Cara menggunakannya relatif mudah, Anda tinggal menaruh link website di analysis box. Kemudian tools ini akan menampilkan hasil audit dari kecepatan website Anda. Dari hasil audit website tersebut, Anda bisa memperoleh insight apa saja yang harus dilakukan supaya load website dapat meningkat. Tapi terkadang, ada beberapa isu teknis yang kerap susah untuk ditangani sendiri. Sehingga Anda memerlukan bantuan pihak developer.

Seandainya tak punya developer khusus untuk menangani, Anda bisa melakukan beberapa hal seperti di bawah :

  • Menghapus plugins yang tak
  • Upgrade versi WordPress, plugins, themes yang dibutuhkan.
  • Hubungi layanan hosting provider Anda. Lalu mintalah laporan server performance dari hosting website Anda. Jika perlu, Anda bisa upgrade ke server yang lebih powerful.
  • Memakai plugin Cache.
  • Mengoptimasi ukuran media seperti gambar dan video.
  • Pakai CDN (Content Delivery Network) jika website Anda punya file CSS yang besar dan banyak pemakaian media.
  • dll.

f. Tingkatkan Social Signals

Social signals mengindikasikan di suatu website tertentu mengenai jumlah shares, likes dan visibilitas sosial media. Inilah yang jadi faktor-faktor penting dalam meningkatkan skor Domain dan Page Authority selain itu juga menunjang :

  • ranking,
  • traffic organik, dan
  • jumlah backlinks.

Volume social signals bisa menunjukkan kualitas konten website apakah berkualitas atau tidak. Misalnua volumenya tinggi maka mesin pencari akan menilai website Anda punya konten yang berkualitas dan bermanfaat. Itulah kenapa social signals pun penting untuk menaikkan skor Domain Authority website.

Ada berbagai strategi social signals yang dapat Anda lakukan seperti :

  • memposting konten di berbagai platform media sosial,
  • memakai visual (foto atau video) yang menarik,
  • bikin kontes dan giveaway,
  • bekerja sama dengan influencer atau brand ternama,
  • dan sebagainya.

g. Lakukan Riset Konten Kompetitor

Tips meningkatkan Domain dan Page Authority selanjutnya yaitu melakukan riset konten dari kompetitor. Sebelum bikin konten, ada baiknya Anda melakukan riset dari konten milik kompetitor dengan topik serupa.

Sebagai contoh, Anda mau menulis artikel mengenai “plugin Cache terbaik”. Anda dapat memasukkan keyword “plugin Cache terbaik” di kolom pencarian search engine. Lalu Anda analisis konten-konten yang muncul di peringkat 3 besar. Poin-poinnya yaitu :

  • cari tahu keyword apa saja yang mereka pakai,
  • isi dari tiap headings dan subheadings,
  • jumlah kata / panjang konten,
  • sumber apa saja yang dipakai,
  • dan sebagainya.

Setelah itu, barulah Anda mulai memfokuskan konten yang akan dibikin. Bikin konten yang lebih lengkap, menarik dan berkualitas dari para kompetitor Anda. Bisa juga menambahkan elemen-elemen pendukung seperti gambar, video, infografis, tabel, dll untuk menambahkan value konten.

h. Bangun Backlinks yang Berkualitas

Backlinks sangat penting untuk menunjang skor Domain dan Page Authority website Anda. Jadi, pastikan backlinks Anda bukan datang dari website asal-asalan. Popularitas website pun harus diperhitungkan supaya memperoleh backlinks yang berkualitas.

Bagaimana caranya?

  • Konten Anda harus berkualitas. Bila tidak, kesempatan Anda untuk mendapat backlinks akan makin sulit. Sebab konten Anda akan tersaingi dengan konten lain yang lebih unggul.
  • Promosikan konten di media sosial. Promosi ini bisa meningkatkan volume social signals halaman Anda. Selain itu, promosi ini akan menarik website lain supaya rela memberikan backlinks ke konten website Anda.
  • Manfaatkan tulisan guest blogs ke situs lain yang masih dalam 1 industri dengan blog Anda. Tindakan ini cukup memberi kesempatan dalam menunjang exposure dan saling tukar menukar backlinks dengan website lain.

Selain backlinks, menguatkan internal link pun jadi cara terbaik untuk menambah skor Domain dan Page Authority website Anda. Idealnya, Anda dapat menghubungkan backlink ke konten yang saling berkaitan untuk menunjang visibilitas di search engine. Selain itu, internal link pun efektif dalam mengurangi tingkat bounce rate website.

i. Buat Konten yang Mudah Dibaca

Selain mengutamakan kualitas isi konten, format penulisan pun tidak kalah penting. Ini jadi alasan pengunjung supaya lebih betah berlama-lama ketika melihat halaman website Anda. Penulisan dengan struktur yang berantakan akan menyebabkan pengunjung malas untuk kembali berkunjung. Hasilnya, skor Domain dan Page Authority website Anda makin sulit bertambah (khususnya PA).

Mulailah dengan menciptakan halaman website yang mobile friendly. Setelah itu, baru Anda dapat memperhatikan aspek lainnya, seperti :

  • Buat headings dan subheadings secara terstruktur.
  • Tambah bullet points atau numbered lists dalam konten supaya memudahkan pembaca untuk melakukan skimming.
  • Beri white space antar paragraf / alinea supaya tak terlihat penuh.
  • Pakai jenis dan ukuran font yang nyaman dilihat pengunjung.
  • Bold tiap kalimat penting supaya mudah diingat pengguna.

j. Buat Konten Baru Secara Rutin

Menciptakan berbagai konten yang fresh secara rutin adalah langkah yang tidak boleh dilewatkan. Ini dilakukan jika ingin skor Domain dan Page Authority website Anda naik. Manfaatnya tak hanya bisa menaikkan skor PA saja. Konten-konten baru juga mendorong :

  • pertumbuhan pengunjung,
  • popularitas,
  • mudah terindeks, dan
  • performa SEO secara keseluruhan.

Jangan lupa juga untuk rutin mengupdate berbagai konten lama website Anda, contohnya :

  • memperpanjang isi tulisan,
  • menambahkan keyword baru,
  • menambahkan internal link,
  • dll.

Tiap kali Anda mengoptimasi halaman, mesin pencari akan mengindeks ulang. Cara ini cukup efektif dalam menunjang peringkat halaman dengan keyword spesifik.

Sudah Rutin Cek Domain dan Page Authority?

Sangat dianjurkan untuk rutin cek Domain dan Page Authority website Anda. Agar bisa tahu perkembangan website Anda dibandingkan website para pesaing. Tapi, jangan terlalu terobsesi dengan skor keduanya. Seperti yang sudah dijelaskan di awal, DA dan PA hanyalah sebuah angka. Di mana angka ini untuk membantu Anda untuk membandingkan kualitas satu website dengan lainnya.

Dari situ, Anda bisa lihat bagian mana yang harus Anda tingkatkan supaya kualitas website bisa lebih baik. Baik itu dari sisi :

  • on-page SEO,
  • off-page SEO,
  • technical SEO,
  • atau lainnya.

Demikian info tentang cara meningkatkan Domain dan Page Authority, kami harap artikel ini membantu kawan-kawan semua. Tolong post tips SEO ini dibagikan supaya semakin banyak yang mendapat manfaat.

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

22793

Leave a Reply

Situs Penerima PPC
Situs Penerima PPC beserta Syarat dan Ketentuannya
Mendapatkan Income dari Program PPC
Mendapatkan Income dari Program PPC untuk Website
Cara Mendaftarkan Website ke UpToPromo
Cara Mendaftarkan Website ke UpToPromo
Cara Mendapatkan Income dari UpToPromo
Cara Mendapatkan Income dari UpToPromo
cPanel Domain Hosting Landing Page Masalah Website Website WordPress
Strategi Memilih Nama Domain
Strategi Memilih Nama Domain yang Tepat
Meningkatkan Keamanan WordPress
Tips Ampuh Meningkatkan Keamanan WordPress
Membuat Landing Page
Cara Membuat Landing Page yang Menarik dan Efektif

DM Lainnya

Cafebisnis Pakarbot Ratakan

Jasa dan Pelatihan

Jasa Digital Jasa Lainnya Pelatihan

Theme

Kentooz Oketheme Theme Lainnya

Webhosting

Hosting Bisnis Hosting Personal Hosting Ternak Web
Pengenalan SEO Riset Keyword SEO Off Page SEO On Page Technical SEO Tips SEO Tools Google
Optimasi Internal Link
Panduan Optimasi Internal Link Lengkap pada Website
Link Dofollow dan Nofollow
Cara Membuat Link Dofollow dan Nofollow di Website
Backlink Berkualitas
Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas Bagus untuk Website
Tutorial Litespeed Cache
Tutorial Litespeed Cache untuk Mempercepat Website
Cara Membuat Form Kontak di Website
Cara Membuat Form Kontak di Website 100% Mudah Dilakukan
Cara Menangani Komentar SPAM di Website
Cara Menangani Komentar SPAM di Website 100% Ampuh
Pengaturan CloudFlare di Website
Pengaturan CloudFlare di Website dengan Plugin