Tips Memilih Domain Murah Berkualitas

Apakah perlu memiliki dan memilih domain murah dan terbaik untuk bisnis sekarang? Saat ini dikenal dengan era digital dan modern, yang mana hampir semuanya membutuhkan kinerja perangkat untuk melakukan aktivitas harian, termasuk berinteraksi dan bekerja.

Memilih Domain Murah

Era Digital

Nah, bagi Anda yang ingin masuk sebagai pemeran utama di dunia Internet, maka Anda harus memiliki website pribadi atau website bisnis sesuai dengan kebutuhan website tersebut.

Dari website tersebut Anda dapat mengunggah berbagai konten sesuai dengan fungsi website, apakah sebagai website pribadi atau untuk mengunggah produk sebagai ajang promosi bisnis. Sementara untuk membuat website itu sendiri, Anda akan membutuhkan nama domain serta hosting supaya dapat diakses di internet.

Hosting serta domain tersebut dapat Anda peroleh dari perusahaan penyedia domain yang banyak tersedia di internet. Harga untuk domain yang ditawarkan juga bermacam-macam, biasanya tergantung dari jenis ekstensi yang digunakan.

Untuk memulai bisnis atau mengembangkan web pribadi, pada umumnya orang akan menggunakan domain murah. Namun tentu saja dengan memperhatikan poin-poin pentingnya terlebih dahulu dalam memilih domain murah. Apa itu? Simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Tips Memilih Domain yang Murah dan Berkualitas

Untuk mencari dan mendapatkan domain murah di jaman sekarang bisa dikatakan gampang-gampang susah. Pasalnya, banyak sekali yang menyediakan domain murah namun untuk kualitas, kinerja dan kecepatan aksesnya cukup terbatas atau tidak maksimal.

Untuk mendapatkan domain murah namun berkualitas akan memerlukan pengamatan serta review dari orang sekitar yang lebih berpengalaman dalam dunia domain ataupun hosting. Nah, untuk mendapatkan dan memilih domain murah berkualitas, Anda bisa menerapkan beberapa tips berikut:

a. Cari Tahu Fitur yang Didapatkan

Tips pertama yang perlu Anda terapkan adalah dengan mempelajari terlebih dahulu fitur yang akan didapatkan. Meskipun memiliki fungsi yang sama, namun setiap perusahaan penyedia domain akan menawarkan dengan kemasan yang berbeda.

Misalnya dengan harga berlangganan yang sama, perusahaan A hanya memberikan fitur penyimpanan sebesar 500 MB saja, sementara perusahaan B 1 GB.

Akan tetapi, selain fitur penyimpanan, Anda juga harus mempertimbangkan beberapa fitur penting lainnya seperti lokasi data center, kemudahan proses pembayaran dan juga customer service tiket saat terjadi gangguan pada server.

b. Pertimbangkan Harga Perpanjangan

Hosting maupun domain merupakan layanan yang bersifat sementara dan bukan kepemilikan permanen. Jadi dalam jangka waktu tertentu Anda harus melakukan perpanjangan sesuai dengan paket yang Anda pilih, apakah satu bulan, 3 bulan, 6 bulan atau 1 tahun.

Meskipun Anda mendapatkan penawaran dalam memilih domain murah, namun Anda juga harus mengecek harga perpanjangan selanjutnya. Bisa saja di awal pembelian memang sedang ada promo, sementara untuk periode selanjutnya Anda harus membayar biaya yang cukup mahal.

c. Cek Testimoni Pengguna

Testimoni atau feed pengguna lain suatu hal penting yang harus Anda pertimbangkan. Pasalnya, melalui testimoni dari pengguna lain Anda akan mengetahui apakah layanan yang diberikan benar-benar berkualitas atau tidak.

Anda dapat menyimak testimoninya melalui komunitas blogger, forum web hosting atau dari rekan Anda yang memiliki kredibilitas baik.

Cara Membeli dan Memilih Domain Murah

Untuk membeli domain murah, Anda bisa menerapkan beberapa langkah di bawah ini:

1. Mencari Nama Domain

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari nama domain. Nama domain berfungsi sebagai pengganti IP address supaya menjadi lebih mudah diingat dan diketik saat pengguna internet mencari website Anda.

Dengan kata lain, domain juga merupakan nama website Anda nantikan. Untuk mendapatkan nama domain sesuai keinginan, sebelumnya siapkan beberapa alternatif pilihan nama. Jadi jika nama domain pertama yang Anda inginkan sudah tidak tersedia, maka Anda sudah memiliki alternatif nama lain.

Nama domain bersifat unik dan sebagai identitas website Anda, jadi pastikan nama domain harus unik dan tidak boleh sama persis dengan nama domain pengguna lain.

Untuk mengecek ketersediaan domain, Anda bisa mengunjungi situs layanan who is. Setelah mengunjungi halaman tersebut, Anda tinggal memasukkan nama domain yang ingin dicek pada kolom yang telah tersedia.

2. Beli Domain

Setelah menentukan nama domain yang akan digunakan, kini saatnya Anda membeli domain tersebut pada perusahaan penyedia hosting danĀ  domain. Pilihlah perusahaan yang sering menyediakan harga promo. Tentu saja ini menjadi poin penting bagi Anda yang menginginkan dan memilih domain murah.

Namun tidak hanya asal memilih domain yang harganya murah, Anda tetap harus mempertimbangkan fitur yang akan didapatkan serta biaya untuk perpanjangan ya!

3. Pilih Ekstensi Domain Murah

Langkah berikutnya dalam memilih domain murah yaitu ekstensi domain. Ekstensi terletak pada bagian akhir domain, misalnya domainesia.com maka .com itulah yang disebut dengan ekstensi.

Ekstensi ini menjadi salah satu faktor penentu harga mahal atau tidaknya suatu domain. Beberapa contoh ekstensi untuk domain murah seperti domain id, .web.id, .my.id dan lain sebagainya.

Sementara untuk ekstensi .com, .co.id merupakan contoh untuk domain dengan harga yang normal atau cenderung tinggi.

Baca juga : Strategi Memilih Nama Domain yang Tepat

Memilih domain murah adalah keputusan yang tepat bagi Anda yang ingin memulai usaha online namun dengan budget yang terbatas. Jadi Anda bisa menekan biaya operasional dengan domain murah.

Leave a Reply

Memperbaiki Permalink Website
Cara Memperbaiki Permalink Website yang Rusak
Reset Website WordPress
Cara Reset Website WordPress dengan Mudah
Membuat Custom Login
Cara Membuat Custom Login di Website WordPress
Cara Setting Robots TXT di Website
Bahasa Pemrograman CMS cPanel Domain Hosting Web Siap
Fitur di cPanel Hosting
Fitur di cPanel Hosting Website
Domain Tingkat Atas
Jenis Domain Tingkat Atas Terbaik yang Ada Sekarang
Keunggulan Domain Berbayar
Keunggulan Domain Berbayar bagi Bisnis yang Perlu Diketahui

Dasar SEO

Pengenalan SEO Riset Keyword

Optimasi Lanjutan

Copywriting Error Website Tips SEO

Teknik SEO

SEO Off Page SEO OnPage SEO Teknikal

Tools SEO

Tools Google Tools Riset KK Tools SEO Lain
Bisnis Jualan Link PPC Program Afiliasi Publisher Sumber Lain
Mendapatkan Uang dari Website
Cara Mendapatkan Uang dari Website yang Kita Punya
Jualan Online via Website
Jualan Online via Website yang Mudah Dilakukan
Platform SeedBacklink
Platform Seedbacklink Solusi Promosi Website dan Income Online
Plugin Toko Online Terbaik
Plugin Toko Online Terbaik Saat Ini
Theme Woocommerce Terbaik
Theme WooCommerce Terbaik untuk Toko Online
Plugin AdSense Terbaik
Plugin AdSense Terbaik untuk Memasang Iklan di Website
Theme Portofolio Terbaik
Theme Portofolio Terbaik untuk Web Agency dan Freelance