Tips Desain Website Menarik yang Mudah Dilakukan

Apakah Anda ingin membuat website yang menarik? Bila iya, maka Anda harus melakukan desain website secara optimal. Namun, Anda tidak perlu khawatir ikuti tips desain website yang akan dijelaskan di bawah.

Tips Desain Website

Tips Desain Website

Panduan Desain Website

Desain website itu penting. Tidak kurang dari 38% pengguna internet tidak mau kembali ke website yang punya desain kurang menarik. Artinya, punya desain terbaik berpotensi meningkatkan jumlah pengunjung website Anda.

Membuat sebuah desain yang baik tidaklah mudah. Kecuali Anda menerapkan langkah-langkah yang tepat. Apa saja langkahnya? Artikel kali ini akan menjelaskan cara dan tips desain website dalam beberapa langkah mulai perencanaan sampai penyempurnaan desain.

Kesalahan yang sering dilakukan saat membuat desain web yaitu langsung masuk ke pengerjaan desain. Cara ini tidaklah efektif.

Bayangkan, bila desain yang sudah dikerjakan ternyata tak sesuai yang diinginkan, tentu Anda harus mengulangnya dari awal. Oleh sebab itu, persiapan dalam proses desain website mutlak harus Anda lakukan.

a. Menentukan Tujuan

Tips desain website yang ke-1 adalah tentukan tujuannya. Mengutip pernyataan dari Steve Jobs, “Design isn’t about what it looks like and feels like. Design is about how it works”.

Singkatnya, sebuah desain yang tak berjalan sesuai dengan tujuan pembuatannya, maka bukan desain yang baik. Hal tersebut berlaku juga untuk desain website.

Berbagai jenis website yang ada memerlukan pendekatan desain berbeda. Maka, tentukan dulu tujuan dari pengerjaan desain website yang akan Anda lakukan.

Katakanlah Anda mau membangun sebuah toko online. Fokus pada toko online yaitu bagaimana menampilkan produk dengan baik.

Selain itu, desain yang dibuat harus bisa menjelaskan alur pembelian yang mudah dipahami. Selain itu, tidak kalah pentingnya untuk menciptakan sebuah landing page toko online yang menarik bagi pengunjung.

Desain sebuah website pun akan dipengaruhi oleh target pasar dari bisnis yang Anda punya. Karena, kriteria target pasar seperti usia dan jenis kelamin akan menentukan elemen desain yang dipakai.

Jenis Website

b. Menentukan Platform

Tips desain website yang ke-2 yaitu tentukan platform. Anda mesti cermat dalam menentukan platform / CMS untuk website. Hal tersebut akan berdampak pada pengembangan website Anda untuk jangka panjang.

Baik pengembangan dari sisi desain website atau fungsinya. Secara umum, ada 3 metode dalam pembuatan website yaitu dengan :

  1. coding HTML dan CSS,
  2. memakai website builder, dan
  3. memanfaatkan CMS (Content Management System).

Bagi pemula, memilih website builder atau CMS adalah pilihan yang tepat. Khususnya, bila Anda memakai WordPress hosting. Platform tersebut sangat andal dan sudah dipakai oleh lebih dari 34% website di seluruh dunia.

c. Mengamati Tren Desain Web Terbaru

Tips desain website yang ke-3 adalah amati tren terbaru. Anda tidak mau desain website terlihat ketinggalan zaman, bukan? Karena itu akan kurang menarik bagi pengunjung. Untuk itu, tahu tren web design terbaru sangatlah penting.

Misalnya, tren desain sekarang secara umum mengarah ke desain simple dan minimalis (flat design). Tren tersebut menggantikan desain yang menyerupai wujud asli (skeuomorphic) beberapa tahun sebelumnya.

Sebagai informasi, desain menyerupai aslinya dan dibuat untuk membimbing transformasi dari analog ke digital. Sekarang, masyarakat telah lebih akrab dengan dunia digital. Sehingga pendekatan desain skeuomorphic sudah tak jadi keharusan.

Untuk desain web sendiri, ada berbagai prediksi mengenai tren yang akan muncul. Mulai dari gradasi dinamis, animasi, sampai transisi antar halaman yang kreatif. Anda tentu tak harus mengikuti semua tren ini.

Setidaknya, Anda memahami tren desain website manakah yang mulai digandrungi pengguna internet. Lalu, memakai informasi tersebut untuk menciptakan pola desain yang sesuai dengan bisnis dan jenis pelanggan yang Anda punya.

d. Mempelajari Desain Web Kompetitor

Tips desain website yang ke-4 adalah mempelajari website kompetitor. Sangat penting untuk melakukan riset terhadap kompetitor Anda.

Idealnya, website Anda harus bisa tampil lebih baik. Caranya, Anda dapat mempelajari dahulu berbagai elemen dan pendekatan yang dipakai oleh kompetitor untuk menarik pelanggannya.

Penting untuk diingat bahwa 48% dari pengunjung menganggap desain website sebagai faktor yang menunjukkan kredibilitas suatu perusahaan. Sebagai contoh, bila punya bisnis akomodasi, kenyamanan merupakan selling point bisnis Anda.

Anda dapat mempelajari pola warna yang dipakai oleh kompetitor Anda untuk menawarkan nuansa tersebut. Karena, tiap warna mengandung aspek psikologi yang berbeda.

Faktanya, beberapa website akomodasi besar di Indonesia memakai warna dominan yang sama di website mereka yakni biru.

Setelah semua tahapan persiapan selesai, saatnya masuk ke bagian pengerjaan desain website. Dengan mengikuti langkah berikut ini dengan baik, Anda akan bisa membuat website yang user-friendly.

e. Merancang Layout

Tips desain website yang ke-5 adalah merancang layout website. Layout merupakan teknik penyusunan elemen website supaya tampak menarik. Beberapa elemen website antara lain :

  • header,
  • konten,
  • footer,
  • dll.

Pengerjaan layout mesti diutamakan sebelum melangkah ke langkah desain yang lain. Dalam tahapan ini, seorang desainer akan bikin draft desain.

Ada 3 jenis draft desain yang bisa dibuat yaitu :

  1. wireframe,
  2. mockup, dan
  3. prototype.

Yang paling sederhana yaitu wireframe. Ada banyak sekali tools online yang dapat Anda manfaatkan untuk membuat wireframe. Salah satunya yaitu wireframe.cc.

f. Memperhatikan Hirarki Visual

Tips desain website yang ke-6 adalah perhatikan hirarki visual. Desain berfungsi untuk mengkomunikasikan pesan. Hirarki visual design website dapat membantu Anda melakukan hal tersebut.

Hirarki visual merupakan suatu metode yang mengarahkan pengunjung website untuk menemukan info penting lebih dulu. Caranya, dengan melakukan manipulasi elemen desain. Sehingga menonjolkan elemen tertentu.

Dengan hirarki visual, Anda dapat membuat setiap pengunjung menemukan informasi penting dalam waktu yang singkat.

g. Berikan Ruang Kosong

Tips desain website yang ke-7 adalah berikan ruang kosong. Salah satu kesalahan dalam perencanaan desain website yaitu memasukkan semua elemen sebab dianggap penting. Hal tersebut justru akan membuat website Anda terlihat sesak.

Langkah terbaik yang bisa Anda lakukan yaitu selalu memberikan ruang kosong (white space). Tujuannya, selain menciptakan kesan elegan dan jeda visual, ruang kosong ini bisa membantu elemen penting. Seperti CTA (Call to Action) terlihat menonjol.

Contoh paling populer dari pemakaian ruang kosong ini adalah halaman depan Google dan website Apple.

h. Merancang Navigasi

Tips desain website yang ke-8 adalah merancang navigasi. Jangan pernah melupakan penataan navigasi dalam website Anda. Bila pengunjung tak bisa menemukan apa yang mereka cari, maka mereka akan mudah meninggalkan website Anda.

Oleh sebab itu, buatlah navigasi antar halaman memakai menu yang sederhana dan mudah dipahami. Hal ini karena setiap pengunjung akan menikmati pengalaman yang berbeda ketika mengakses website Anda.

Contoh, ada pengunjung yang masuk lewat halaman depan dan langsung mau tahu harga produk Anda. Ada pengunjung yang hanya mau tahu beragam fitur yang Anda tawarkan. Bahkan mungkin ada yang mau tahu profil bisnis Anda.

i. Mengatur Grid

Tips desain website yang ke-9 adalah mengatur grid. Grid merupakan penataan struktur halaman jadi beberapa kolom. Tujuan dari pengaturan grid ini tentu saja untuk mengatur konten website tersebut nantinya.

Meskipun kasat mata, pemakaian grid akan banyak membantu proses desain website Anda. Salah satunya adalah untuk menciptakan keseimbangan antar elemen website Anda.

Dan yang terpenting, grid membantu website Anda untuk bisa beradaptasi dengan berbagai ukuran layar perangkat. Dengan kata lain, mengatur grid adalah penting untuk membuat website Anda mobile-friendly.

Membuat Website Mobile Friendly

j. Pemilihan Warna

Tips desain website yang ke-10 adalah pemilihan warna. Setelah mengatur elemen website, langkah selanjutnya yaitu memilih warna yang tepat.

Warna punya peranan yang penting dalam sebuah website. Warna yang Anda pakai akan mencerminkan nuansa yang Anda bangun. Sebagai contoh, warna biru bersifat menenangkan. Sehingga tidak heran bisnis akomodasi memakai warna ini.

Tidak hanya itu, warna pun turut menentukan target pasar yang mau Anda sasar.

  • Bila website didominasi warna pink, tentu pasar yang Anda tuju yaitu konsumen wanita.
  • Jika Anda mau menjual berbagai produk bayi / anak, maka pakailah warna pastel yang bersifat lembut dan santai.

Baca Juga: Menentukan Warna Efektif untuk Desain Web Anda

k. Pemilihan Font

Tips desain website yang ke-11 adalah pemilihan font. Tipografi merupakan seni tata letak dan pemilihan huruf. Dalam desain website, tipografi berperan untuk menciptakan harmonisasi tata letak yang telah Anda rancang.

Hasilnya, tampilan website secara keseluruhan akan tampak menarik. Selain itu, tipografi yang pas akan membuat informasi yang mau Anda sampaikan akan didapatkan dengan mudah.

Kuncinya adalah :

  • punya huruf yang mudah dibaca,
  • ukuran huruf yang proporsional, dan
  • jarak antar huruf yang cukup.

Tiap elemen dari website memerlukan jenis huruf yang berbeda terkait pesan yang mau disampaikan.

Idealnya, Anda dapat memakai 2 sampai 3 jenis font. Pakailah jenis yang berbeda-beda untuk heading, konten dan elemen website yang lain. Tak hanya itu, tipografi pun terkait dengan keperluan branding, sebagai upaya membangun identitas bisnis Anda.

l. Gunakan Gambar Terbaik

Tips desain website yang ke-12 adalah gunakan gambar terbaik. Seperti yang Anda ketahui, sebuah gambar mengandung sejuta makna.

Bila menambahkan berbagai gambar baik foto ataupun background untuk website Anda, pastikan memilih gambar terbaik. Yaitu gambar yang representatif dengan tujuan bisnis Anda.

Selain warna yang sesuai, penempatan gambar pun harus Anda perhatikan. Harmonisasikan dengan berbagai elemen lain.

Misalnya jangan sampai menggunakan foto dengan wajah seseorang tertutup oleh judul. Penting untuk diingat, jangan memakai foto orang lain tanpa izin.

Selain itu, jangan memakai resolusi yang terlalu kecil. Jika ingin kualitas gambar yang baik, tapi dengan ukuran yang relatif kecil, Anda bisa memakai file SVG. Namun sebelumnya, pastikan dukungan SVG di Website sudah aktif.

Bila ingin kualitas gambar tetap baik meskipun ukuran file kecil, Anda bisa memakai tools seperti TinyPNG atau Tiny JPG.

m. Membuat Prototype

Tips desain website yang ke-13 adalah membuat prototype. Prototype merupakan contoh nyata desain website Anda. Prototyping draftnya bersifat interaktif. Hal ini berbeda dengan wireframing yang hanya menghasilkan draft sederhana.

Artinya, seluruh aset website ditampilkan secara detail. Aset website ini berupa :

  • gambar atau video,
  • penerapan animasi, dan
  • struktur website.

Bila sudah punya sebuah prototype, Anda dapat menunjukkannya kepada tim atau klien dalam sebuah demo.

Hal ini penting bila ada yang mau ditambahkan sebelum beranjak ke proses produksi. Untuk langkah ini, Anda dapat memanfaatkan aplikasi seperti Figma dan lainnya.

Pada dasarnya, saat sudah sukses membuat prototype, pekerjaan desain web Anda dapat dikatakan hampir sempurna. Tapi, sebelum benar-benar melakukan launching website, penyempurnaan desain website harus Anda lakukan.

n. Melakukan Pengujian

Tips desain website yang ke-14 adalah melakukan pengujian. Tahapan pengujian penting Anda lakukan. Karena ini untuk memastikan semua tampilan dan fungsi berjalan dengan baik. Kuncinya dalam proses ini, jangan melewatkan satu halaman atau elemen pun.

Bila menemukan bug atau kesalahan coding, Anda dapat segera memperbaikinya. Untuk hasil terbaik, Anda pun dapat melakukan beberapa kali pengujian dengan melibatkan orang yang berbeda.

Selain itu, Anda pun harus mencatat bagaimana performa yang diberikan website tersebut selama tahapan pengujian.

Meskipun tampilan website menarik, bila proses loading terlalu lama, akan berefek buruk bagi Anda. Faktanya, 47% pengunjung mau proses loading tak lebih dari 2 detik saja.

Bahkan, Google telah menentukan bahwa kecepatan loading merupakan faktor yang mempengaruhi ranking di mesin pencari mereka.

Website yang lambat bisa terkait dengan

  • pemakaian gambar yang tak teroptimasi,
  • banyaknya animasi yang dipakai,
  • dan lainnya.

Untungnya, saat ini banyak cara untuk meningkatkan kecepatan website dengan mudah.

o. Launch Website

Tips desain website yang ke-15 adalah peluncuran website. Setelah semua tahapan di atas berjalan sesuai rencana, Anda sudah siap mempublikasikan website tersebut.

Tentu saja Anda tak dapat berharap bahwa desain website yang Anda lakukan sudah 100% sempurna. Tapi, dengan langkah yang tepat, bila terjadi kendala penanganan bisa segera Anda lakukan.

Baca Juga: Kesalahan Umum dalam Pembuatan Desain Web

Aplikasikan Tips Desain Website Ini!

Sebuah website dapa jadi identitas online Anda baik sebagai pebisnis ataupun individu. Oleh sebab itu, sangat penting punya domain dan website yang bisa membangun kredibilitas Anda.

Dengan menerapkan langkah desain situs web yang tepat, punya website impian Anda tidaklah sulit. Di artikel ini sudah memberikan panduan yang lengkap. Mulai dari persiapan yang Anda lakukan, tahap pengerjaan desain sampai penyempurnaannya.

Demikian informasi mengenai tips desain website menarik yang mudah dilakukan, semoga artikel kali ini berguna buat Anda. Tolong post cara audit web ini disebarluaskan biar semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Leave a Reply

Memperbaiki Permalink Website
Cara Memperbaiki Permalink Website yang Rusak
Reset Website WordPress
Cara Reset Website WordPress dengan Mudah
Membuat Custom Login
Cara Membuat Custom Login di Website WordPress
Cara Setting Robots TXT di Website
Bahasa Pemrograman CMS cPanel Domain Hosting Web Siap
Fitur di cPanel Hosting
Fitur di cPanel Hosting Website
Domain Tingkat Atas
Jenis Domain Tingkat Atas Terbaik yang Ada Sekarang
Keunggulan Domain Berbayar
Keunggulan Domain Berbayar bagi Bisnis yang Perlu Diketahui

Dasar SEO

Pengenalan SEO Riset Keyword

Optimasi Lanjutan

Copywriting Error Website Tips SEO

Teknik SEO

SEO Off Page SEO OnPage SEO Teknikal

Tools SEO

Tools Google Tools Riset KK Tools SEO Lain
Bisnis Jualan Link PPC Program Afiliasi Publisher Sumber Lain
Mendapatkan Uang dari Website
Cara Mendapatkan Uang dari Website yang Kita Punya
Jualan Online via Website
Jualan Online via Website yang Mudah Dilakukan
Platform SeedBacklink
Platform Seedbacklink Solusi Promosi Website dan Income Online
Membersihkan Cache
Cara Membersihkan Cache pada Website
Menggunakan Editor Gutenberg
Cara Menggunakan Editor Gutenberg Lengkap di WordPress
Plugin WordPress
Cara Instal Plugin WordPress yang Bisa Dilakukan
Cara Instal dan Ganti Theme Website
Cara Instal dan Ganti Theme Website