Tips Ampuh Meningkatkan Keamanan WordPress

bannerlbo

Topik kita kali ini yaitu tips ampuh meningkatkan keamanan WordPress Anda. Penelitian tahun 2016 menyatakan sudah ada lebih dari 11.000+ website yang terinfeksi dan 75% dari angka tersebut menggunakan platform WordPress. Penelitian ini dilakukan oleh salah satu situs jasa keamanan yaitu securi.net.

Meningkatkan Keamanan WordPress

Tips Ampuh Meningkatkan Keamanan WordPress

Semakin populer dan tinggi jumlah pengguna WordPress (WP) tentu akan memancing berbagai pihak pelaku kejahatan internet. Infeksi ke website WP Anda bisa melalui manapun, seperti :

  • plugin dan theme yang tidak terupdate,
  • brute force,
  • hosting,
  • file/script yang sudah tidak terpakai,
  • password dengan keamanan rendah,
  • dll.

Oleh karena itu selalu jaga keamanan dari website WP Anda agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Berikut beberapa tips ampuh untuk meningkatkan keamanan WordPress Anda agar tidak terkena malware dan/atau virus.

a. Install Plugin Keamanan

Memasang plugin keamanan adalah sebuah kewajiban bagi semua pemilik website WP. Plugin keamanan WP akan membantu untuk meningkatkan keamanan website Anda dari berbagai serangan online. Ada banyak plugin keamanan WP dengan fitur yang berbeda-beda. Ada plugin yang gratis (free), namun ada juga yang berbayar.

Kini tersedia banyak plugin keamanan WP yang tersedia secara cuma-cuma. Salah satu plugin keamanan WP yang 100 persen gratis adalah All In One WP Security and Firewall. Plugin keamanan WP ini dikembangkan secara open source sehingga bisa dinikmati oleh banyak orang secara gratis / free.

Selain plugin di atas, masih ada banyak plugin keamanan WP lain yang tidak kalah hebat. Berikut beberapa plugin keamanan WP lainnya yaitu :

  • Jetpack,
  • Wordfence, dan
  • Sucuri.

Ketiga plugin keamanan WP tersebut menyediakan dua versi, yaitu gratis dan berbayar. Jika hanya membutuhkan fitur-fitur dasar keamanan, Anda bisa menggunakan versi yang gratisnya. Namun, jangan ragu untuk membeli versi berbayarnya kalau Anda memang membutuhkannya! Anggap saja sebagai investasi untuk website WP Anda.

b. Scan Website WP untuk Mendeteksi Malware

Beberapa plugin keamanan menyediakan juga fitur scan malware di website WP secara rutin. Jetpack, Wordfence, dan Sucuri sama-sama menyediakan fitur scan malware di fitur gratisnya. Digunakannya fitur scan malware ini untuk membantu dalam meningkatkan keamanan WordPress.

Selain memanfaatkan fitur bawaan dari plugin keamanan di atas, terkadang Anda juga perlu melakukan scan malware secara manual. Hal ini untuk memastikan kalau website WP Anda benar-benar aman. Anda bisa melakukan scan malware secara manual melalui situs-situs pendeteksi malware di bawah ini:

  • Security Check & Malware Scanner Sucuri
  • IsItWP Security Scanner
  • Google Safe Browsing
  • WPSec
  • UpGuard
c. Aktifkan Firewall

Salah satu langkah pengamanan dasar website WP adalah dengan mengaktifkan firewall website. Firewall website membantu untuk memblokir trafik berbahaya bahkan sebelum trafik tersebut mencapai website WP Anda. Selain itu, firewall juga berfungsi untuk melindungi data dari hacker dan pengguna yang tidak punya wewenang.

Maka dari itu, Anda perlu mengaktifkan firewall untuk membantu meningkatkan keamanan WordPress agar lebih berkualitas. Anda bisa mengaktifkan firewall dengan mudah menggunakan bantuan plugin.

Terdapat banyak plugin yang menawarkan fitur ini. Beberapa di antaranya sudah disebutkan di poin sebelumnya, yaitu Sucuri dan Wordfence. Selain dua plugin tersebut, masih tersedia alternatif lain seperti :

  • Cloudflare,
  • SiteLock,
  • BulletProof Security,
  • dll.
d. Instal Antivirus di WP dan Perangkat Anda

Tidak hanya scan virus dan malware di website WP Anda, antivirus local juga perlu diinstal di perangkat Anda. Seperti Smadav, Nod32, avira dll. Hal ini perlu Anda lakukan untuk mengantisipasi file-file terinfeksi dari perangkat ataupun dari website ke perangkat Anda saat upload / download data.

Demikian informasi terkait dengan tips ampuh meningkatkan keamanan WordPress Anda, kami harap artikel kali ini mencerahkan kalian. Kami berharap artikel trik mengamankan WP ini disebarluaskan agar semakin banyak yang mendapat manfaat.

Referensi:

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

22793

Leave a Reply

Situs Penerima PPC
Situs Penerima PPC beserta Syarat dan Ketentuannya
Mendapatkan Income dari Program PPC
Mendapatkan Income dari Program PPC untuk Website
Cara Mendaftarkan Website ke UpToPromo
Cara Mendaftarkan Website ke UpToPromo
Cara Mendapatkan Income dari UpToPromo
Cara Mendapatkan Income dari UpToPromo
CPanel Domain Hosting Landing Page Masalah Website Website WordPress
Meningkatkan Keamanan WordPress
Tips Ampuh Meningkatkan Keamanan WordPress
Membuat Landing Page
Cara Membuat Landing Page yang Menarik dan Efektif
Cek Up Time dan Down Time
Website Anda Sering Down? Coba Cek Up Time dan Down Time-nya!

DM Lainnya

Cafebisnis Pakarbot Ratakan

Jasa dan Pelatihan

Jasa Digital Jasa Lainnya Pelatihan

Theme

Kentooz Oketheme Theme Lainnya

Webhosting

Hosting Bisnis Hosting Personal Hosting Ternak Web
Optimasi SEO Riset Keyword SEO Off Page SEO On Page Tools Google
Mendapatkan Keyword yang Tepat
Cara Mendapatkan Keyword yang Tepat dan Akurat
SEO Tools Terbaik
SEO Tools Terbaik dan Gratis untuk Riset Kata Kunci
Panduan Optimasi SEO Image
Panduan Optimasi SEO Image untuk Memaksimalkan Website
Tutorial Litespeed Cache
Tutorial Litespeed Cache untuk Mempercepat Website
Cara Membuat Form Kontak di Website
Cara Membuat Form Kontak di Website 100% Mudah Dilakukan
Cara Menangani Komentar SPAM di Website
Cara Menangani Komentar SPAM di Website 100% Ampuh
Pengaturan CloudFlare di Website
Pengaturan CloudFlare di Website dengan Plugin