Teknik Optimasi SEO Off Page yang Mudah Diaplikasikan

bannerlbo

Apakah Anda merasa upaya SEO On Page untuk website saja cukup? Lantas, Anda jadi bingung, kenapa website belum juga jadi nomor satu? Artinya Anda masih melupakan peran penting optimasi SEO Off Page bagi website. SEO Off Page merupakan suatu optimasi yang fokusnya pada dukungan luar untuk suatu website.

Optimasi SEO Off Page

Apa Itu SEO Off Page?

SEO Off Page yaitu langkah optimasi SEO yang dilakukan di luar website Anda. Optimasi SEO ini akan mendukung upaya diterapkannya SEO On Page pada website Anda. Di mana optimasi SEO On Page berfokus pada perbaikan faktor internal website.

Untuk menerapkan teknik optimasi SEO Off Page pada website dengan baik, Anda harus memakai berbagai platform / media. Mulai dari website lain, media sosial, sampai forum online. Singkatnya, teknik SEO Off Page tak hanya cukup dengan melakukan link building saja seperti yang banyak kita semua yakini.

SEO On Page vs SEO Off Page

Berikut ini tabel singkat perbedaan SEO On Page dan SEO Off Page :

SEO On PageSEO Off Page
Menyebar kata kunciMelakukan link building
Menerapkan image SEOMeningkatkan engagement rate media sosial
Memasang internal linkMengoptimalkan local SEO
Memperhatikan meta tagMemanfaatkan forum online

Anda sudah mendapat gambaran apa yang perlu dilakukan untuk menjadikan website nomor satu. Intinya, optimasi SEO mesti dilakukan secara internal dan eksternal lewat berbagai platform / media. Lantas, apa pentingnya semua upaya eksternal itu?

Kenapa SEO Off Page Penting?

Alasannya sederhana, sebab optimasi SEO Off Page akan ikut menentukan penilaian ranking website Anda di Google. Google sendiri memakai banyak faktor untuk menilai suatu website. Yaitu meliputi faktor internal dan eksternal dari website Anda. Faktor penilaian tersebut lalu dihitung dengan formula yang hanya dimiliki Google. Namun formula ini tak banyak dipublikasikan secara jelas ke publik.

Perusahaan yang bergerak di bidang SEO, menunjukkan bahwa SEO Off Page dapat mempengaruhi sampai 50% penilaian mesin pencari seperti Google. Hal tersebut berdasarkan beberapa riset seperti yang dilakukan Moz. Artinya, jika Anda mengabaikan SEO Off Page, maka Anda harus melakukannya mulai sekarang.  Jangan menganggap hanya SEO On Page saja itu cukup.

Tidak berhenti sampai di situ, SEO Off Page pun sangat bermanfaat dalam membangun kredibilitas website Anda. Sebab upaya SEO Off Page dilakukan tidak hanya di satu tempat tapi di berbagai platform / media. Maka bila berhasil, website Anda akan makin sering ditemukan, khususnya pada niche market yang relevan. Kondisi ini pada akhirnya akan  meningkatkan kredibilitas dari website Anda di mata pengunjung dan Google.

Hasilnya, Anda akan lebih mudah memperoleh rangking tinggi sebab sudah dipercayai Google. Supaya lebih jelas, ayo pelajari cara optimasi SEO Off Page di bawah ini.

Teknik SEO Off Page

Berikut ini adalah 5 teknik optimasi SEO Off Page yang dapat Anda coba :

a. Jalankan Link Building

Membangun link building merupakan cara optimasi SEO Off Page pertama dan terpenting. Link building adalah aktivitas untuk memperoleh link dari website lain (backlink). Backlink yakni salah satu faktor utama penilaian Google. Sebab banyaknya link dari berbagai website lain yang relevan menunjukkan bahwa website tersebut merupakan sumber terpercaya.

Faktanya, banyak backlink berkualitas memang akan bikin website berada pada posisi atas / terbaik di hasil pencarian. Website yang ada di peringkat / ranking pertama umumnya punya 3,8 kali backlink lebih banyak bila dibandingkan dengan posisi berikutnya.

Tapi, pastikan bahwa tiap backlink website Anda berkualitas. Karena jika backlink pada website Anda banyak akan jadi percuma, bila berasal dari website ecek-ecek dan tak relevan. Hal ini bisa mengakibatkan mesin pencari (Google) akan menganggapnya sebagai spam.

Baca juga: Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas untuk Website

Oleh sebab itu, berikut beberapa teknik optimasi SEO Off Page link building yang dapat Anda coba :

a) Link building dari konten

Buatlah konten berkualitas seperti artikel panduan lengkap, infografis, sampai statistik. Dengan begitu, website lain akan menjadikan website Anda sebagai rujukan.

b) Guest blogging

Posting artikel berkualitas di website lain yang di dalamnya ada backlink yang menuju ke website Anda. Dan kami membuka guest blogging melalui jasa content placement.

c) Ego bait

Sebutkan nama orang atau brand di artikel dalam Anda. Sehingga akan menarik orang tersebut untuk memberikan backlink ke website Anda.

d) Broken link building

Anda harus bekerja sama dengan website lain. Yaitu untuk memakai konten artikel Anda sebagai pengganti konten lain yang memang mengalami broken link.

e) Link reclamation

Anda harus mengklaim ulang backlink pada halaman website yang pernah mengalami error 404 dengan catatan backlink tersebut telah diperbaiki.

Lalu, apa saja  faktor link building yang mesti Anda perhatikan?

1. Domain Authority dan Page Authority

Dalam membangun link building untuk optimasi SEO Off Page harus memperhatikan kualitas dari backlink tersebut. Kualitas backlink ini diukur dengan 2 skala yakni :

  • Domain Authority (DA) yaitu skor untuk memprediksi peluang peringkat (ranking) website di mesin pencari seperti
  • Page Authority (PA) yakni skor yang menunjukkan peluang sebuah halaman website ada di peringkat (ranking) atas Google.

Keduanya memiliki skala dari angka 1 – 100.

Untuk mendapat backlink berkualitas, carilah website dengan DA dan PA yang mirip sama website Anda. Lebih baik lagi, Anda cari website yang memiliki DA dan PA-nya lebih tinggi dari website Anda. Anda bisa mengecek Domain Authority dan Page Authority memakai tools SEO seperti Moz atau Ahrefs.

2. Link Dofollow

Link Dofollow akan meminta Google mengikuti link tujuan. Di mana pada akhirnya akan memperkuat nilai SEO website tujuan. Sebaliknya, link Nofollow akan meminta Google tak mendeteksi link tersebut. Link jenis ini tak bermanfaat untuk upaya optimasi SEO Off Page Anda.

Untuk memastikan backlink tersebut bermanfaat, Anda harus mengeceknya. Anda bisa mengecek backlink berkualitas dan bermanfaat memakai ekstensi Google Chrome NoFollow. Jika backlink masih bersifat nofollow, Anda bisa langsung menghubungi pemilik website. Anda bisa meminta pemilik website tersebut untuk mempertimbangkan pemakaian dofollow yang mengarah ke website.

Baca juga: Cara Membuat Link Dofollow atau Nofollow

3. Anchor Text

Anchor text merupakan potongan teks berisi link yang akan mengarahkan para pengunjung ke halaman lain. Anchor text ini bisa membantu Google dalam memahami konteks informasi website atau halaman yang akan dituju. Dengan kata lain, anchor text sebuah backlink yang baik akan berisi dengan kata kunci sesuai yang Anda targetkan.

Misalnya, jika punya toko online yang menjual baju, backlink dengan anchor text baju terbaik tentu sangat ia inginkan. Sayangnya, Anda tidak dapat selalu mengontrol anchor text di backlink.

4. Relevansi

Anda harus mengusahakan untuk melakukan link building pada website yang masih satu niche dengan website Anda. Karena, backlink dari website dengan niche yang sama memiliki nilai lebih di mata search engine Google. Sebagai contoh, bila website nichenya kuliner, sebaiknya website Anda mendapat backlink dari website kuliner juga.

5. Trafik

Faktor terakhir yang perlu Anda perhatikan saat link building untuk optimasi SEO Off Page adalah trafik. Jika backlink berasal dari website dengan trafik yang tinggi, maka peluang klik pada link Anda pun makin besar. Untuk melihat perkiraan trafik dari sebuah website, Anda bisa memakai tools seperti Ubersuggest atau Ahrefs.

b. Tingkatkan EAT

EAT merupakan singkatan dari Expertise, Authoritativeness, dan Trustworthiness. EAT adalah salah satu indikator kualitas suatu website sesuai dengan Search Quality Evaluator. Dengan EAT, Google tahu bagaimana harus mempercayai sebuah website. Artinya, Google dapat memastikan bahwa hasil pencarian yang akan ditampilkan merupakan hasil yang terbaik dan paling akurat.

E-A-T termasuk faktor optimasi SEO Off Page yang cukup penting. Karena, Google saat ini makin gencar dalam memerangi hoax atau kesalahan informasi di hasil pencarian. Khususnya, di bidang kesehatan sebab bisa berakibat fatal pada si pencari info.

Selain itu, memberikan hasil yang cepat dan akurat adalah nilai jual utama bagi Google. Jika Google tidak dapat memenuhi hal tersebut, tentu orang akan meninggalkannya dan beralih ke search engine lainnya. Oleh karena itu, sebaiknya Anda meningkatkan EAT pada website sebagai salah satu cara optimasi SEO Off Page. Bagaimana caranya?

1. Upayakan Brand Mention

Brand mention yaitu ketika ada website lain menyebutkan nama website atau brand Anda. Brand mention ini ada 2 jenis yaitu  brand mention :

  • dengan link yang mengarah ke website Anda dan
  • tanpa link.

Menariknya, kedua jenis brand mention di atas sama-sama berdampak positif pada E-A-T website. Tapi, tentu saja brand mention dengan link yang mengarak ke website Anda akan lebih baik secara keseluruhan. Karena, selain meningkatkan EAT, website Anda pun akan memperoleh sumbangan trafik dari website tersebut.

Ada beberapa cara untuk meningkatkan brand mention untuk optimasi SEO Off Page website Anda, yaitu :

  1. Lakukan guest blogging. Anda bisa menyebutkan website tanpa link, contohnya ketika melakukan perkenalan dan penutupan.
  2. Coba hubungi pemilik website. Anda berusaha kerjasama dengan website lain dalam membuat konten dengan memakai nama brand.
  3. Jadi Anda bisa jadi :
  • narasumber artikel,
  • menjalani wawancara media,
  • podcast, dan
  • webinar yang menceritakan mengenai brand Anda.
  1. Jadi viral di jagat maya. Usahakan membuat konten unik yang sesuai dengan tren saat ini di masyarakat dan menyangkut brand Anda.
2. Dapatkan Backlink dari Seed Sites

Salah satu cara meningkatkan EAT untuk optimasi SEO Off Page yaitu backlink dari Seed Sites. Seed sites merupakan website yang dipercaya oleh Google sebab punya rekam jejak bagus. Seperti Wikipedia serta beberapa website dengan domain .GOV, .EDU, dan portal berita.

Dengan mendapat backlink dari website seed sites maka akan bisa meroketkan E-A-T website Anda. Tapi, hal tersebut tentu tak akan mudah. Sebab konten Anda harus istimewa untuk memperoleh bakclik dari website seed sites.

Strategi lain untuk mendapatkan backlink Seed Sites, Anda dapat mengusahakan backlink dari website yang memperoleh backlink dari Seed Sites lain. Walaupun strategi seperti ini tak secara langsung, tapi akan tetap berdampak positif pada E-A-T website Anda.

Jadi, seperti ini gambaran singkat backlink dari website Seed Sites :

  • Seed Sites → langsung ke website Anda = terbaik.
  • Seed Sites → ke website orang lain → ke website Anda = boleh juga.
3. Dapatkan Review Positif

Review atau ulasan konsumen merupakan sesuatu hal yang sangat penting juga dalam upaya optimasi SEO Off Page website Anda. Google Quality Rater menekankan jika review yang positif adalah bukti kuat bahwa bisnis tersebut memiliki reputasi bagus. Seperti pada Google Bisnisku atau situs review lainnya yaitu :

  • TripAdvisor,
  • Yelp,
  • Traveloka,
  • Zomato,
  • GoFood / Grabfood,
  • dll.

Cara supaya konsumen meninggalkan review positif yaitu dengan memberikan customer experience yang bagus. Misalnya,

  • selalu ramah pada konsumen,
  • cepat merespon pertanyaan konsumen di media sosial,
  • dan semacamnya.

Selain itu, review positif dapat juga Anda peroleh dari :

  1. Banyaknya penghargaan yang Anda menangkan. Contohnya, penghargaan jurnalistik atau blogger, lomba menulis artikel, dan sejenis
  2. Review positif ahli tentang website Anda. Misalnya, website Anda membahas bisnis dan akuntansi dan memperoleh pujian dari JurnalID di salah satu artikel mereka.
c. Perhatikan Local SEO

Jika Anda memiliki website bisnis, local SEO pun dapat Anda manfaatkan sebagai cara optimasi SEO Off Page. Local SEO merupakan metode untuk menampilkan bisnis Anda di pencarian lokal search engine Google. Contohnya seperti ini:

SEO Lokal

Lantas, mengapa Anda harus memperhatikan local SEO?

Strategi local SEO akan memudahkan pelanggan untuk menemukan bisnis Anda. Sebab strategi ini menampilkan nama bisnis lengkap dengan alamat dan kontaknya. Selain itu, strategi ini juga memungkinkan para pengunjungnya untuk memberikan penilaian / rating pada pelayanan dan produk bisnis Anda.

Dengan indikator tersebut, Google yakin untuk merekomendasikan bisnis Anda ke lebih banyak lagi orang. Anda juga akan mendapatkan lebih banyak pengunjung. Win-win solution! Berikut beberapa cara optimasi SEO Off Page untuk local SEO yang bisa Anda terapkan :

  • Lengkapi profil Google Bisnisku Mulai dari lokasi lengkap, nomor telepon, jam operasional, sampai foto.
  • Riset kata kunci lokal. Tujuannya, agar Anda memakai kata kunci yang memang dicari oleh warga sekitar. Untuk melakukan riset, Anda bisa memakai tools SEO gratis seperti Google Trends.
  • Dapatkan backlink dari website lokal. Misalnya, dari website rekan bisnis, klien, pemasok, dan lain sebagai
  • Tambahkan biodata bisnis Anda di berbagai platform, mulai dari website, media sosial, sampai Alasannya, makin sering biodata bisnis Anda muncul di jagat maya, artinya bisnis makin populer.
d. Tingkatkan Engagement di Media Sosial

Apakah Anda sering mempromosikan konten website di media sosial? Salah satu praktik content marketing untuk website bisnis tersebut ternyata bisa berdampak tidak langsung ke optimasi SEO Off Page. Syaratnya, engagement rate seperti jumlah komentar dan likes mesti tinggi. Menurut riset, makin tinggi engagement rate pada postingan tersebut, maka semakin tinggi juga ranking website Anda di Google. Mengapa demikian?

Engagement Rate

Alasannya sederhana. Saat audiens media sosial menganggap konten tersebut menarik dan bermanfaat, maka engagementnya akan tinggi. Aktivitas engagement tersebut akan tercatat di dalam algoritma media sosial (medsos). Lalu algoritma tersebut terus mendorong konten website Anda dipromosikan ke pengguna lainnya. Contohnya, lewat feed.

Hal tersebut tentu akan meningkatkan popularitas dari website Anda. Dampaknya, Anda berpeluang untuk mendapatkan backlink, brand mention, sampai review. Oleh karena itu, berikut beberapa tips meningkatkan engagement rate media sosial untuk optimasi SEO Off Page yang bisa Anda coba:

  • Membuat konten yang berkualitas. Konten Anda harus relevan dan dapat menjawab pertanyaan audiens yang sedang mencari informasi dengan tuntas.
  • Memposting di jam yang tepat. Post konten di jam ketika audiens Anda sedang aktif-aktifnya. Waktu terbaik untuk post yaitu sekitar jam 8 pagi dan 2 siang.
  • Gunakan hashtag yang relevan. Mempermudah post Anda ditemukan oleh target audiens.

Baca : Engagement Rate

e. Manfaatkan Forum Online

Teknik optimasi SEO Off Page melalui forum sebenarnya mulai ditinggalkan. Sebab, banyak yang menyalahgunakan forum sebagai spam backlink. Jadi, malah berakibat pada hukuman Google.

Umumnya, pemilik website hanya sekedar memasukkan link website tiap kali membalas komentar tanpa memperhatikan konteksnya. Malah kadang hanya membuat topik cuma untuk promosi website.

Jika memang mau memakai cara ini, maka pastikan Anda memberikan link yang relevan dengan pembahasan di forum. Selain itu, Anda mesti aktif menjawab pertanyaan dan bikin postingan yang mengangkat isu terbaru tanpa harus fokus pada penempatan link.

Dengan begitu, Anda akan dilihat sebagai ahli oleh para anggota forum. Tentunya, hal ini pun berdampak positif pada popularitas website Anda. Selain itu, bisa jadi mereka akan memberikan backlink ke website Anda juga.

Beberapa forum online yang bisa Anda manfaatkan adalah Kaskus, Quora, dan dll.

Yuk, Optimasi SEO Off Page Anda!

SEO Off Page merupakan upaya penting yang wajib dilakukan supaya website Anda mendapatkan peringkat / rangking atas Google.

Beberapa beberapa upaya optimasi SEO Off Page yang sudah dijelaskan di atas yang perlu Anda lakukan adalah :

  • Link Building
  • Optimasi EAT Website
  • Upaya Local SEO
  • Peningkatan Engagement Media Sosial
  • Aktif di Berbagai Forum Online

Dengan berbagai optimasi SEO Off Page tersebut, kredibilitas website Anda akan meningkat. Selain itu rangking website Anda di hasil pencarian akan menjadi lebih baik.

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

22793

Leave a Reply

Situs Penerima PPC
Situs Penerima PPC beserta Syarat dan Ketentuannya
Mendapatkan Income dari Program PPC
Mendapatkan Income dari Program PPC untuk Website
Cara Mendaftarkan Website ke UpToPromo
Cara Mendaftarkan Website ke UpToPromo
Cara Mendapatkan Income dari UpToPromo
Cara Mendapatkan Income dari UpToPromo
cPanel Domain Hosting Landing Page Masalah Website Website WordPress
Strategi Memilih Nama Domain
Strategi Memilih Nama Domain yang Tepat
Meningkatkan Keamanan WordPress
Tips Ampuh Meningkatkan Keamanan WordPress
Membuat Landing Page
Cara Membuat Landing Page yang Menarik dan Efektif

DM Lainnya

Cafebisnis Pakarbot Ratakan

Jasa dan Pelatihan

Jasa Digital Jasa Lainnya Pelatihan

Theme

Kentooz Oketheme Theme Lainnya

Webhosting

Hosting Bisnis Hosting Personal Hosting Ternak Web
Pengenalan SEO Riset Keyword SEO Off Page SEO On Page Technical SEO Tips SEO Tools Google
Optimasi Internal Link
Panduan Optimasi Internal Link Lengkap pada Website
Link Dofollow dan Nofollow
Cara Membuat Link Dofollow dan Nofollow di Website
Backlink Berkualitas
Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas Bagus untuk Website
Tutorial Litespeed Cache
Tutorial Litespeed Cache untuk Mempercepat Website
Cara Membuat Form Kontak di Website
Cara Membuat Form Kontak di Website 100% Mudah Dilakukan
Cara Menangani Komentar SPAM di Website
Cara Menangani Komentar SPAM di Website 100% Ampuh
Pengaturan CloudFlare di Website
Pengaturan CloudFlare di Website dengan Plugin