Technical SEO pada Website yang Mudah Dilakukan

Apa yang ada di benak Anda saat mendengar SEO? Mungkin pikiran Anda langsung tertuju pada keyword artikel. Hal tersebut tak salah. Tapi, sebenarnya ada hal lain yang mempengaruhi ranking website di search engine. Salah satunya yaitu technical SEO atau SEO Teknikal.

Technical SEO

Definisi SEO Teknikal

SEO teknikal merupakan salah satu strategi optimasi website yang sering disepelekan oleh digital marketer. Padahal, teknik yang satu ini punya peran besar dalam meningkatkan peringkat (ranking) website Anda.

Berbagai aspek yang ada dalam strategi SEO ini dapat dibilang tidak kasat mata. Hal ini berbeda dengan keyword yang selalu disebut sebagai kunci kesuksesan SEO.

Technical SEO yaitu proses pengoptimalan berbagai aspek teknis dalam suatu website. Fungsi optimasi SEO ini yaitu membantu :

  • web crawler (spider mesin pencari) untuk merayapi dan mengindeks website secara efektif,
  • meningkatkan peringkat web / halaman secara organik di search engine.

Jadi, strategi yang satu ini tak berhubungan langsung dengan kata kunci (keyword), melainkan berbagai elemen teknis di balik suatu website.

Dengan memanfaatkan optimasi mesin pencari (SEO) ini, website Anda akan bekerja lebih cepat. Selain itu, website Anda juga akan lebih mudah di-crawl dan dipahami oleh mesin pencari.

Beberapa elemen penting SEO teknikal adalah :

  • crawling,
  • indexing,
  • rendering, dan
  • website architecture.

Hal-hal tersebut amat berpengaruh pada kemunculan website Anda di search engine result page (SERP).

Pentingnya SEO Teknikal

Kenapa Anda perlu SEO teknikal? Dengan melakukan Technical SEO (SEO teknikal) artinya Anda sudah membantu :

  • website jadi mudah di-crawling dan diindeks oleh mesin pencarian (search engine),
  • search engine untuk melakukan pendataan terhadap website.

Harapannya dengan bantuan tersebut, data yang dipunya mesin pencari tentang website yang Anda miliki jadi lebih lengkap dan detail.

SEO teknikal juga jadi salah satu dari 3 pilar penting dalam teknik optimasi search engine. Dan pada akhirnya, SEO teknikal diharapkan bisa mempermudah website Anda untuk menduduki peringkat terbaik pada halaman hasil pencarian mesin pencari.

Lalu apakah SEO teknikal itu penting? Anda tahu pasti mengenai pentingnya konten untuk SEO. Namun konten saja tak cukup tanpa pondasi yang kuat. SEO teknis merupakan pondasi optimasi SEO dari sebuah website.

Berikut beberapa alasan pentingnya menerapkan Technical SEO pada website :

1. Agar Pengunjung dapat Mengakses Website dengan Cepat

Pengunjung / visitor menuntut website yang bisa mereka akses secara cepat. Penelitian membuktikan sebanyak 47% pengunjung menginginkan halaman website dapat terbuka dalam waktu 2 detik atau kurang dari itu.

Sedangkan 40% pengguna akan memilih untuk menekan tombol kembali untuk website yang memerlukan waktu melebihi 3 detik untuk terbuka. Google sendiri pun sudah mengkonfirmasi kecepatan akses halaman adalah sinyal peringkat pada algoritmanya.

2. Agar Proses Crawling oleh Search Engine Lebih Cepat

Search engine menggunakan robot untuk melakukan crawl terhadap website Anda. Robot tersebut akan mengikuti semua tautan yang ada supaya tahu konteks dan isi website Anda. Oleh sebab itu, sangat penting untuk memiliki struktur internal linking yang tepat.

Ada beberapa cara untuk mengarahkan semua robot tersebut. Anda dapat mengarahkan robot agar tak melakukan crawl terhadap laman atau konten tertentu.

Selain itu, Anda pun dapat mengarahkan robot tersebut untuk melakukan crawl di sebuah laman. Tapi, tak menampilkannya di SERP serta tak mengikuti semua tautan yang ada pada laman tersebut.

3. Memaksimalkan Crawl Budget

Istilah crawl budget ini untuk menggambarkan cara search engine dalam memutuskan beberapa halaman untuk di crawl pada website Anda. Arti sederhananya yaitu tingkat perhatian search engine terhadap halaman website Anda.

Bila mengoptimalkan technical SEO pada website, maka Anda bisa memaksimalkan crawl budget tersebut. Sehingga, halaman website Anda dapat muncul pada halaman pertama (pejwan) search engine.

Unsur SEO Teknikal

Mesin pencari seperti Google memberikan perlakuan istimewa terhadap website yang memiliki karakteristik teknis tertentu. Technical SEO adalah pekerjaan yang perlu Anda lakukan untuk memastikan website Anda memenuhi karakteristik tersebut.

Lalu, apa saja aspek teknis yang dimaksud? Sejatinya, ada banyak aspek yang perlu diperhatikan untuk memastikan SEO teknikal Anda maksimal. Beberapa di antaranya adalah :

a. Kecepatan Website

Strategi optimasi Technical SEO yang pertama yaitu kecepatan loading website. Setiap website memiliki kecepatan loading yang berbeda. Ada yang bisa terbuka dalam waktu kurang dari 1 detik, tetapi ada pula yang membutuh waktu lebih dari 5 detik.

Sebenarnya, berapa waktu loading website yang paling ideal?

Seharusnya halaman website dapat terbuka atau diakses dalam waktu kurang dari 2 detik. Lebih dari itu, pengguna bisa batal membuka website Anda.

Begitu pula dengan search engine. Mereka lebih senang memiliki website yang punya kecepatan loading tinggi.

Oleh karena itu, melakukan optimasi kecepatan website sangat dibutuhkan untuk meningkatkan loading website.

b. Keamanan Website Terjamin

Hal penting dalam Technical SEO lainnya adalah keamanan website terjamin. Pastikan website Anda punya keamanan yang ketat dan dapat menjaga privasi pengguna dengan baik.

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk memastikan poin ini. Salah satunya adalah dengan menggunakan SSL (Secure Sockets Layer).

SSL yaitu teknologi keamanan yang membuat tautan (link) terenkripsi antara server website dan browser. Anda dapat mengetahui suatu website menggunakan SSL dengan cukup mudah. Bila website dimulai dengan ‘https: //’ itu artinya sudah memakai SSL.

Pada 2014 Google mengumumkan bahwa website dengan HTTPS yang aman akan diutamakan daripada yang tak aman dalam hasil pencarian.

c. Konten Website

Perihal konten sebenarnya termasuk poin SEO On Page. Namun dalam Technical SEO juga ada yang berkaitan dengan konten website. Berikut beberapa konten pada SEO teknikal di antaranya :

1. Hindari Duplikat Konten

Pastikan tidak ada konten yang sama (duplikat konten). Lalu apa itu duplikat konten? Duplikat konten adalah keadaan di mana konten yang sama berada pada dua atau lebih url yang berbeda.

Ada berbagai kondisi yang mengakibatkan duplikat konten, seperti berikut ini :

a) Menjiplak Konten

Apakah Anda pernah menjiplak konten orang lain? Bila hal ini terjadi maka bisa jadi berujung pada sanksi dari mesin pencari. Di mana konten Anda bisa jadi tak akan muncul pada mesin pencari.

Tapi, bila punya konten yang orisinil dan unik, mungkin Anda tak perlu khawatir mengenai masalah duplikat konten.

b) Variasi URL

Hal lain yang bisa mengakibatkan duplikat konten yaitu adanya variasi pada URL yang Anda pakai. Hal tersebut harus benar-benar Anda perhatikan, terutama untuk developer websitenya. Variasi URL ini contohnya sebagai berikut :

  • https://websiteanda.com/baju-lebaran
  • https://websiteanda.com/baju-lebaran?color=red
  • https://websiteanda.com/baju-lebaran?sessid=234

Atau jika Anda ada menyediakan versi halaman website yang ramah scanner

  • https://websiteanda.com/baju-lebaran
  • https://websiteanda.com/scan/baju-lebaran

Jangan pernah sepelekan konten yang terduplikasi dalam 1 website. Pasalnya, hal ini merupakan salah satu faktor kegagalan technical SEO.

Selain membingungkan pengguna, konten yang terduplikat pun akan sulit masuk dalam halaman pertama SERP mesin pencari. Untuk mengeceknya, Anda dapat memakai tools seperti :

  • Google Search Console,
  • Ahrefs,
  • dan sebagainya.

Jadi, silakan lakukan audit internal tentang konten dan URL yang Anda pakai saat ini.

2. Hindari Thin Content

Apakah Anda memiliki halaman website dengan konten yang sangat pendek? Konten jenis ini tergolong dalam thin content.

Lalu apa itu thin content dalam Technical SEO? Thin content yaitu konten yang punya sedikit atau tak punya nilai sama sekali bagi pengguna. Yang termasuk thin content menurut Google yaitu :

  • halaman doorway,
  • halaman afiliasi berkualitas rendah, dan
  • halaman dengan konten yang sangat sedikit.

Ini bukan masalah bagi sebagian halaman website Anda saja. Tapi thin content bisa merusak peringkat website Anda secara keseluruhan. Jadi, ada baiknya mencari dan memperbaikinya.

3. Pastikan Tidak Ada Orphan Content

Orphan content yaitu konten yang tak punya orang tua atau tak ada internal link. Bila menambahkan internal link pada konten di website Anda, maka peluang website teratas pada SERP akan makin besar.

Makin banyak internal link yang menuju halaman website Anda, maka Google akan menganggap bahwa halaman tersebut penting. Tak hanya mesin pencari saja, para pengunjung website pun bisa menemukannya saat membuka halaman Anda di internet.

Sehingga, distribusi konten Anda akan semakin efektif. Maka, pastikan website Anda tak punya orphan content.

4. Pasang Plugin SEO

Agar konten sesuai dengan pedoman SEO baik On Page maupun Technical SEO, Anda bisa memasang plugin SEO pada WordPress. Misalnya Anda bisa menginstall plugin Yoast SEO.

Aplikasi tersebut menyediakan banyak fitur yang sangat menguntungkan bagi website Anda dan sangat maksimal dalam meningkatkan kualitas dari SEO. Di antara fitur menarik yang ada di Yoast SEO yaitu fitur analisis konten.

Fitur tersebut berguna untuk memberikan peringatan kepada Anda saat terjadi masalah di mana konten yang dibuat belum sesuai dengan kaidah SEO yang baik.

Beberapa analisa yang akan Yoast SEO berikan antara lain yaitu :

  • panjang pendeknya artikel yang dibuat,
  • pemakaian subheading,
  • panjang pendeknya kalimat,
  • dan sebagainya.

Dengan menggunakan fitur tersebut Anda dapat menyelesaikan konten dengan lebih cepat sebab tak perlu melakukan pengecekan konten secara manual.

d. Desain Website

Dalam melakukan optimasi Technical SEO desain suatu website sangat penting. Untuk meningkatkan peringkat website, desain dari website harus menarik baik bagi pengunjung maupun mesin pencari.

Untuk membuat desain website menarik Anda bisa mempelajari artikel kami yang ada di website ini.

e. Navigasi Website

Strategi optimasi Technical SEO yang kelima yaitu navigasi website. Navigasi website yaitu petunjuk bagi pengunjung, untuk memperoleh informasi berbagai halaman pada website Anda.

Tak hanya bagi pengunjung, navigasi pada website pun sangat penting bagi mesin pencari (search engine) dalam memahami karakteristik website Anda. Navigasi website biasanya ditampilkan pada menu dan link.

Beberapa navigasi website yang bisa Anda lakukan :

  • Menu dan submenu,
  • Breadcrum,
  • Silo Structure,
  • dan sebagainya.

f. Pastikan Website Ter-Crawl dan Terindeks

Dalam melakukan Technical SEO ada beberapa istilah yang perlu Anda ketahui yaitu :

Spider Mesin Pencari

Spider ini memiliki banyak nama, di antaranya adalah :

  • laba-laba mesin pencari,
  • bot,
  • web crawler atau perayap web,
  • dan lain sebagainya.

Web crawler adalah perangkat lunak yang bertugas merayapi atau mengunjungi website dan menyimpan informasi untuk diindeks oleh mesin pencari.

Indexing

Setelah data diperoleh lewat proses perayapan yang dilakukan oleh web crawler, maka langkah selanjutnya yang dilakukan mesin pencari yaitu indexing.

Indexing yaitu tahapan mesin pencari (search engine) dalam memproses dan menyimpan informasi yang mereka temukan ke dalam indeks. Informasi ini merupakan basis data besar dari semua konten yang mereka temukan.

Crawling dan indexing yaitu 2 elemen penting dalam SEO teknikal. Apabila search engine tidak mampu melakukan dua hal tersebut pada website Anda, siap-siap konten Anda tidak muncul di halaman mereka.

Bagaimana caranya agar sebuah website bisa ter-crawl dan terindeks? Ada banyak faktor penentunya, seperti :

1. Membuat Sitemap

Sebenarnya membuat sitemap ini masuk ke dalam hal paling mendasar dalam Technical SEO namun tidak bisa disepelekan. Apakah yang dimaksud dengan sitemap?

Sitemap merupakan sebuah daftar yang isinya semua halaman website yang bisa diakses oleh mesin browser dan pengunjung. Sitemap akan menjadikan website lebih mudah untuk ditemukan search engine dan terindeks dengan lebih cepat.

Sitemap ada 2 macam yaitu :

  • XML yang akan diakses oleh search engine atau browser, dan
  • HTML yang aksesnya berasal dari pengunjung.
2. Menggunakan Webmaster Tool

Optimasi technical SEO lain untuk meningkatkan trafik dan mengindeks website adalah dengan memasang website pada webmaster tools seperti Google Search Console (GSC). GSC yaitu platform yang dapat diperoleh secara gratis (free) kepada para pemilik website.

Kegunaan dari platform GSC yaitu :

  • sebagai alat untuk memantau apa saja domain yang dapat memberikan link pada suatu website,
  • membantu kerja website di perangkat mobile (mobile friendly), dan
  • memberikan analisis terhadap website yang punya trafik paling tinggi.

Siap Mengoptimalkan Technical SEO di Website!

Setelah menyimak informasi di atas, apakah Anda tertarik untuk mengoptimalkan SEO teknikal pada website Anda? Bila teknik SEO telah optimal, pastinya peringkat (ranking) website Anda pada mesin pencari pun akan semakin meningkat.

Demikian info seputar optimasi Technical SEO pada Website yang mudah dilakukan, semoga postingan ini mencerahkan kalian. Mohon postingan teknik SEO ini dibagikan supaya semakin banyak yang memperoleh manfaat.

Leave a Reply

Memperbaiki Permalink Website
Cara Memperbaiki Permalink Website yang Rusak
Reset Website WordPress
Cara Reset Website WordPress dengan Mudah
Membuat Custom Login
Cara Membuat Custom Login di Website WordPress
Cara Setting Robots TXT di Website
Bahasa Pemrograman CMS cPanel Domain Hosting Web Siap
Fitur di cPanel Hosting
Fitur di cPanel Hosting Website
Domain Tingkat Atas
Jenis Domain Tingkat Atas Terbaik yang Ada Sekarang
Keunggulan Domain Berbayar
Keunggulan Domain Berbayar bagi Bisnis yang Perlu Diketahui

Dasar SEO

Pengenalan SEO Riset Keyword

Optimasi Lanjutan

Copywriting Error Website Tips SEO

Teknik SEO

SEO Off Page SEO OnPage SEO Teknikal

Tools SEO

Tools Google Tools Riset KK Tools SEO Lain
Bisnis Jualan Link PPC Program Afiliasi Publisher Sumber Lain
Mendapatkan Uang dari Website
Cara Mendapatkan Uang dari Website yang Kita Punya
Jualan Online via Website
Jualan Online via Website yang Mudah Dilakukan
Platform SeedBacklink
Platform Seedbacklink Solusi Promosi Website dan Income Online
Membersihkan Cache
Cara Membersihkan Cache pada Website
Menggunakan Editor Gutenberg
Cara Menggunakan Editor Gutenberg Lengkap di WordPress
Plugin WordPress
Cara Instal Plugin WordPress yang Bisa Dilakukan
Cara Instal dan Ganti Theme Website
Cara Instal dan Ganti Theme Website