Struktur Google Ads untuk Kampanye Iklan

Di artikel ini kami akan ulas mengenai Struktur Google Ads untuk Kampanye Iklan. Kunci untuk iklan yang teroptimasi dengan baik yaitu akun yang terstruktur. Bila kampanye iklan tersusun rapi, Anda akan punya iklan yang relevan. Dan membuat iklan memiliki kegunaan yang lebih besar.

Struktur Google Ads

Struktur Google Ads

Berikut beberapa aspek terkait struktur google ads untuk kampanye iklan yang perlu diketahui :

Struktur Kata Kunci Iklan Google

Ketika Anda menyusun struktur google ads untuk akun Anda, perhatikan tiga level berikut ini: akun, kampanye iklan, dan grup iklan.

AkunKampanye 1Daftar  Kelompok Kata Kunci 1a
Daftar  Kelompok Kata Kunci 1b
Kampanye 2Daftar  Kelompok Kata Kunci 2a
Daftar  Kelompok Kata Kunci 2b
Struktur Akun Grup Iklan

Setelah bikin kampanye iklan, Anda siap untuk mengelompokkannya dalam grup iklan. Ingat, tiap grup iklan mesti tematis dan juga konsisten dengan berbagai iklan yang ada di dalamnya. Sebagai contoh kata kunci dalam struktur google ads, seperti :

KampanyeMejaKursiLemari
Daftar GroupMeja MakanKursi TamanLemari Pakaian
Meja BelajarKursi KerjaDapur
Meja KerjaKursi TamuLemari Sepatu

Selain itu, Anda juga harus memastikan bahwa teks iklan selalu cocok / sesuai dengan kata kunci pada group iklan. Hal inilah yang nantinya akan meningkatkan Quality Score Anda. Contoh untuk grup iklan meja makan akan berisi iklan berupa

  • meja makan kayu,
  • meja makan stainless steel,
  • meja makan plastik.

Quality Score (QS) merupakan suatu penilaian mengenai sejauh mana iklan relevan atau tidak dengan kata kunci dan landing page. Bila punya quality score yang tinggi, Anda akan mendapat posisi iklan yang tinggi pula dan CPC yang lebih murah. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk bikin landing page yang relevan dengan keywords Anda. Misalnya, kata kuncinya meja makan. Maka saat diklik harus mengarah pada halaman yang berisi info mengenai produk meja, bukan produk lemari atau yang lainnya.

Riset Kata Kunci

Anda sudah paham mengenai rahasia fungsi, struktur google ads, susunan kampanye untuk bikin iklan yang baik serta menguntungkan. Tentu saja yang paling utama ialah konten iklan. Konten dari setiap iklan yang dibuat merupakan pusat perhatian para konsumen potensial. Yang lainnya hanyalah detil teknis, penting namun tidak lebih penting daripada konten iklan. Selain itu ingatlah bahwa kunci keberhasilan iklan yaitu pada pemilihan kata kunci.

Sebelum bikin iklan di Google AdWords, Anda mesti tentukan lebih dulu kata kunci yang akan dipakai. Kata kunci yang dipilih akan berperan penting dalam keberhasilan iklan. Anda juga mesti memperhatikan pada siapa iklan ditujukan, kapan iklan mau ditayangkan, dan beberapa detail lainnya.

Untuk awal, kami menyarankan Anda untuk menulis daftar kata-kata kunci dalam struktur google ads. Daftar ini yang menurut Anda dapat mengarahkan konsumen potensial menuju website dan menemukan produk atau layanan yang dicari. Ketika daftar kata kuncinya sudah Anda buat, masukkanlah ke Google Keyword Tool (GKT) atau Google Keyword Planner (GKP). Contoh daftar kata kuncinya : Mebel Jati, Meja Jati, Kursi Jati, Lemari Jati.

Dengan perangkat GKT ini, Anda juga bisa melihat berapa jumlah pencarian setiap bulannya pada kata kunci Anda dan bagaimana kompetisi (dengan website lain) yang juga menggunakan kata kunci tersebut. Daftar perangkat yang bisa digunakan untuk menentukan kata kunci dalam struktur google ads :

  • Spyfu
  • Keyword Eye
  • Wordstream
  • Wordtracker
  • dll
Daftar Kata Kunci

Berikut beberapa kata kunci untuk mendukung struktur google ads :

a. Yang Cocok untuk Website Anda

Masukkan kata kunci spesifik dalam kotak. Dan dapatkan daftar kata kunci yang disarankan, termasuk yang Anda masukkan.

b. Yang Tidak Sesuai dengan Website Anda

Pikirkan kata-kata yang tidak relevan dengan website Anda. Dengan memasukkan kata yang tak relevan, pencarian yang diarahkan ke website akan lebih efektif dan tepat sasaran. Contohnya, bila keyword yang dimasukkan ialah “gaun pengantin” maka Anda dapat memasukkan “rias pengantin” sebagai kata kunci yang tak diinginkan. Dengan demikian, pencarian yang diarahkan ke halaman website akan lebih tepat sasaran.

Untuk mencocokan kata kunci yang relevan dengan yang tidak yaitu dengan mengetahui tipe utama kata kunci. Berikut tiga tipe utama kata kunci:

  1. Kata Kunci yang dipilih, misalnya “sepatu tenis”.
  2. Frasa yaitu variasi rangkaian kata kunci, contohnya “beli sepatu tenis”.
  3. Pencarian terkait (related searches) seputar kata kunci yang dipilih.
Kata Kunci Negatif (Negative Keywords)

Ketika sudah membuat kampanye iklan pertama Anda, saatnya menambahkan kata kunci negatif (kata kunci yang tidak sesuai dengan halaman website). Dengan mendaftarkan kata kunci negatif ini, Anda akan mencegah klik yang tak relevan. Sehingga akan menghemat biaya iklan dan meningkatkan Quality Score Anda.

Pilihlah kata kunci negatif dengan tepat. Ini sangat penting dalam struktur google ads! Kata kunci negatif yang kurang baik akan bikin Anda kehilangan kesempatan memperoleh konsumen potensial dan mengurangi konversi. Misalnya toko Anda menjual sepatu tenis baru, maka pilih :

  • Kata kunci positif “sepatu tenis”,
  • Kata kunci negatif yang dipilih adalah “bola tenis”.
  • Frasa negatif yang dipilih adalah “sepatu tenis bekas”.
  • Pencarian terkait negatif (excluded related searches) yang dimasukkan adalah “raket”.
Kata Kunci Positif (Positive Keywords)Kata Kunci Negatif (Negative Keywords)
– Cokelat,– Permen cokelat,
– Cokelat Valentine,– Kue cokelat,
– Cokelat warna merah muda,– Susu cokelat,
– Cokelat bentuk hati.– Roti isi cokelat.

Cara yang baik untuk menentukan kata kunci negatif ialah dengan memasukkan kata kunci positif ke dalam pencarian Google. Lalu lihat hasil apa saja yang muncul. Perhatikan hasil pencarian yang tak relevan. Masukkan kata-kata pada hasil pencarian yang tak relevan tersebut ke dalam daftar kata kunci negatif.

Bila sudah punya beberapa iklan, Anda bisa pakai pencarian Google untuk melihat iklan-iklan dan memilih iklan mana yang tak ingin ditampilkan lagi. Pilih “details keywords” kemudian “Search Term” > “All”. Setelah itu Anda akan melihat kata-kata kunci yang benar-benar mengarah pada iklan.

Sekian info seputar Struktur Google Ads untuk Kampanye Iklan, kami harap postingan kali ini bermanfaat buat kalian. Mohon postingan struktur iklan google ini dishare supaya semakin banyak yang memperoleh manfaat.

Referensi: Dunia Digital Marketing

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Leave a Reply

Situs Penerima PPC
Situs Penerima PPC beserta Syarat dan Ketentuannya
Mendapatkan Income dari Program PPC
Mendapatkan Income dari Program PPC untuk Website
Cara Mendaftarkan Website ke UpToPromo
Cara Mendaftarkan Website ke UpToPromo
Cara Mendapatkan Income dari UpToPromo
Cara Mendapatkan Income dari UpToPromo
Keamanan WordPress Kecepatan WordPress Masalah WordPress Plugin Tips WordPress Tutorial Plugin Tutorial WordPress
Optimasi Gambar WebP
Plugin Optimasi Gambar WebP Format Terpopuler
Cara Setting W3 Total Cache
Cara Setting W3 Total Cache Lengkap dan Mudah
Setting Rank Math
Panduan Setting Rank Math untuk Optimasi SEO Website

DM Lainnya

Cafebisnis Pakarbot Ratakan

Jasa dan Pelatihan

Jasa Digital Jasa Lainnya Pelatihan

Theme

Kentooz Oketheme Theme Lainnya

Webhosting

Hosting Bisnis Hosting Personal Hosting Ternak Web
Google Ads Optimasi SEO Riset Keyword SEO Off Page SEO On Page Tools Google
SEO Tools Terbaik
SEO Tools Terbaik dan Gratis untuk Riset Kata Kunci
Panduan Optimasi SEO Image
Panduan Optimasi SEO Image untuk Memaksimalkan Website
Mengapa Content Marketing Penting
Mengapa Content Marketing Penting untuk Bisnis Kita
Tutorial Litespeed Cache
Tutorial Litespeed Cache untuk Mempercepat Website
Cara Membuat Form Kontak di Website
Cara Membuat Form Kontak di Website 100% Mudah Dilakukan
Cara Menangani Komentar SPAM di Website
Cara Menangani Komentar SPAM di Website 100% Ampuh
Pengaturan CloudFlare di Website
Pengaturan CloudFlare di Website dengan Plugin