Strategi SEO Off Page agar Halaman 1 di Mesin Pencari

Pada kesempatan ini kami akan jelaskan tentang strategi seo off page agar halaman satu di mesin pencari. SEO Off Page adalah kegiatan yang paling penting dari SEO itu sendiri. Jika SEO On Page mengurus lebih ke dalam rumah tangga website, mulai dari template yang seo friendly, halaman dengan konten berkualitas. Maka SEO Off page itu mengurusi semua yang berhubungan dengan diluar, seperti :

  • mencari backlink,
  • promosi gencar-gencaran ke penyedia iklan,
  • marketing ke website manapun,
  • semua yang berhubungan dengan optimasi ke luar,
  • dll.

Strategi SEO Off Page agar Halaman Satu

Strategi SEO Off Page agar Halaman Satu

Semua hal di atas dilakukan sampai menghasilkan kedudukan yang baik di mata google. Salah satunya adalah dengan promosi yang gencar dan tentunya juga menyebarkan backlink sebanyak-banyaknya.

Backlink itu seperti rujukan. Misalkan jika Anda punya toko, maka ketika Anda meletakkan brosur Anda di teman-teman Anda yang memiliki toko, maka secara otomatis akan banyak orang yang mengetahui keberadaan toko Anda.

Namun dalam search engine yang bekerja adalah googlebot. Dan akhirnya menjadi rujukan untuk datang dan beli ke toko Anda. Nah bagaimana agar Anda memiliki kedudukan yang tinggi dimata google? Hal yang perlu dilakukan selain optimasi On Page adalah optimasi SEO Off Page.

Poin SEO Off Page

Namun SEO Off Page bukan hanya sekedar meningkatkan PAGERANK semata, tapi juga bagaimana caranya agar produk atau jasa Anda itu dilihat oleh lebih banyak orang, tidak hanya dalam ruang lingkup google semata, tapi juga menggunakan berbagai cara, di berbagai tempat (situs / website) sehingga brand produk atau jasa Anda itu familiar di mata para visitor / netter.

Ada beberapa yang saran dalam strategi SEO Off Page, yakni :

  1. Optimasi Akun
  2. Promosi Optimal Walking Dummy via Google Dork
  3. Promosi Optimal di Blog Dummy
  4. Promosi Optimal di Website Direktori dan Artikel Direktori
  5. Promosi Optimal di Sosial Media
  6. Promosi Optimal Untuk Layanan Video
  7. Promosi Optimal via Iklan Baris

Kita hanya akan bahas beberapa poin seo off page di atas, untuk yang belum sempat dijelaskan di sini.

Optimasi Akun

Strategi seo off page yang pertama yaitu optimasi akun email dan lainnya. Optimasi akun di sini sebetulnya lebih kepada bagaimana jika orang itu menjadi yakin ketika Anda memberikan sebuah penawaran, penjualan. Misalkan, saya bernama Andi, kemungkinan tidak akan dipercaya oleh orang. Contohnya ketika saya mengirimkan email penawaran kepada Bapak Candra mengatas namakan nama saya pribadi. Pasti Pak Candra akan bingung, siapa itu Andi.

Namun ketika menggunakan nama segmented sesuai dengan permasalah Pak Candra yang sedang mencari mobil baru murah sekali merk Xenia. Maka saya secara otomatis harus menggunakan nama akun yang juga segmented. Misalnya, jualxeniamurah@gmail.com, nah Pak Candra pun akan tertarik.

Promosi Optimal untuk Layanan Video

Strategi seo off page selanjutnya adalah promosi via video. Layanan video mana saja yang bisa digunakan untuk melakukan promosi optimal? Youtube sudah cukup untuk menjadikan website Anda merajai semua halaman google. Sebelumnya Anda telah menggunakan blog dummy dan facebook. Saat ini Anda pun bisa menggunakan layanan video untuk mengangkat produk.

Dengan deskripsi video sesuai strategi seo off page dengan menggunakan keyword yang telah di analisis sebelumnya dengan :

  • google keyword planner,
  • google trends,
  • google suggest,
  • dll.

Ini juga cocok ketika Anda bertemu dengan kasus. Ketika Anda menemukan sulit untuk mengalahkan kompetitor menggunakan kata kunci tertentu. Maka Anda bisa menggunakan layanan video setelah dioptimasi menggunakan kaidah seo onpage, dan sesuai dengan analisa keyword.

Atau menggunakan situs-situs besar yang bisa Anda tumpangi seperti kaskus.co.id. Anda membuat thread di situ (kaskus) dan secara otomatis google pun akan memprioritaskan thread tersebut. Karena thread Anda mengandung keyword-keyword ketimbang website lain. Kemudian Anda bisa juga menggunakan facebook fans page yang telah di optimasi.

Promosi Optimal via Iklan Baris

Strategi seo off page berikutnya adalah iklan baris. Beriklan di iklan baris itu sangat regional dan segmented. Mengapa? Karena pastinya iklan baris itu adalah tempat yang dikunjungi kebanyakan pemula ketimbang yang sudah advanced. Maksudnya bagaimana ketika Anda meletakkan iklan di iklan baris. Maka orang secara tidak sengaja akan menemukannya via google, dan banyak sekali orang yang seperti ini.

Sehingga silahkan letakkan iklan Anda menggunakan iklan baris, semakin sering semakin bagus. Karena produk Anda akan semakin dilihat banyak orang. Dan mengapa iklan baris? Karena iklan baris adalah layanan yang juga menguasai halaman google. Sehingga bisa ikut menumpanginya agar website Anda pun semakin cepat untuk dilihat orang banyak.

Apa saja yang bisa digunakan untuk iklan baris yang segmented. Misalkan Anda analisa terlebih dahulu orang yang mencari “Produk Smart Detox” itu di daerah mana via google trends. Nanti kelihatan daerah mana yang segmented untuk menjual produk Smart Detox. Kemudian Anda tinggal cari di google iklan baris yang ada di kota tersebut, misalkan iklan baris bogor dan lain sebagainya.

Dan website Anda akan semakin mantap posisinya di google. Jika memiliki konten berkualitas yang banyak, promosi dengan backlink dan kegiatan seperti strategi seo off page di atas terus diulang-ulang. Paling tidak sediakan 15 menit – 2 jam perharinya untuk melakukan Internet Marketing seperti ini. Niscaya omset yang Anda ingin capai akan terwujud dengan sendirinya. Karena memang segala sesuatu tidak instan.

Sekian informasi seputar Strategi SEO Off Page agar Halaman Satu di Mesin Pencari, semoga postingan ini bermanfaat buat kalian. Kami berharap postingan ini dibagikan supaya semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Referensi:

Leave a Reply