Solusi Kecepatan Website dari Segi Server Hosting

Di postingan ini kami akan bahas mengenai Solusi Kecepatan Website dari Segi Server Hosting. Server merupakan sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam suatu jaringan komputer. Server komputer atau hosting didukung oleh prosesor yang bersifat scalable dan juga RAM yang besar. Selain itu server pun dilengkapi dengan sistem operasi khusus, yang biasa disebut sebagai sistem operasi jaringan (network operating system).

Solusi Kecepatan Website dari Segi Server

Solusi Kecepatan Website dari Segi Server Hosting

Dalam sebuah website juga ada yang namanya server hosting. Dan kecepatan website juga bergantung salah satunya pada server. Berikut beberapa solusi kecepatan website dari server hosting yang bisa dilakukan :

1. Pilih Server yang Paling Dekat dengan Visitor

Solusi kecepatan website dari segi server pertama yang perlu Anda pertimbangkan adalah lokasi servernya. Pilihlah layanan hosting yang menyediakan server di negara mayoritas pengunjung website Anda berasal. Misal mayoritas pengunjung website Anda berasal dari Indonesia maka pilihlah penyedia hosting yang memiliki server di Indonesia.

Pemilihan lokasi server penting karena berpengaruh pada dua hal, yaitu Network Latency dan TTFB. Network Latency adalah waktu delay selama transmisi data dalam sebuah jaringan. Secara singkat, semakin jauh servernya semakin besar waktu delaynya yang menyebabkan loading website lebih lambat.

Sedangkan TTFB (Time to First Byte) adalah waktu yang diperlukan browser untuk menerima byte pertama dari server. Semakin jauh servernya dari komputer penerima, semakin tinggi waktu angka TTFB-nya sehingga loading website Anda jadi lama.

2. Pilih Hosting dengan Server Performa Tinggi

Solusi kecepatan website dari segi server kedua yaitu server performa tinggi. Penyedia hosting adalah perusahaan yang menyimpan semua data website Anda. Anda tidak bisa asal-asalan dalam memilih penyedia hosting karena bisa berpengaruh terhadap keamanan dan kecepatan website Anda.

Selain lokasi server, elemen hosting yang perlu Anda perhatikan adalah jenis server yang digunakan. Pilihlah penyedia hosting yang menggunakan LiteSpeed Web Server untuk servernya. LiteSpeed Web Server adalah teknologi server terbaru dan terbaik saat ini. Dibandingkan dengan server Apache, LiteSpeed Web Server bisa meningkatkan kecepatan website Anda hingga enam kali lipat. Selain itu, LiteSpeed Web Server juga meningkatkan performa PHP hingga 50 persen.

3. Gunakan CDN

Solusi kecepatan website dari segi server yaitu pakai CDN. Content Delivery Network atau CDN adalah jaringan server yang terletak di seluruh dunia. Teknologi ini didesain untuk mengirimkan konten website WordPress Anda, dari gambar, CSS, JavaScript, hingga video.

CDN akan membantu website Anda lebih cepat diakses dari lokasi manapun. Kalau pada umumnya lokasi server mempengaruhi kecepatan akses, CDN bakal bikin website cepat diakses dari lokasi manapun. Jaringan CDN terdapat di seluruh dunia dan menyimpan file statis website Anda. Di mana pun lokasi servernya, pengunjung website bakal mendapat informasi dari CDN terdekat. Sehingga website akan jadi lebih cepat diakses.

Sebagai contoh, lokasi server di Amerika Serikat (USA) dan pengunjung website ada di Indonesia. Para pengunjung bakal memperoleh informasi dari CDN terdekat, bukan langsung dari server di Amerika Serikat (USA).

Baca juga : Pasang Cloudflare di Website

4. Perbarui Versi PHP

Solusi kecepatan website dari segi server keempat yaitu PHP terbaru. Penggunaan versi PHP terbaru sangat disarankan. Alasannya, website Anda akan lebih aman dan pemrosesan skrip PHP jadi lebih optimal berkat adanya perbaikan pada setiap update-nya. Untungnya, Anda tidak perlu memperbarui versi PHP sendiri. Penyedia hosting Anda sudah menanganinya untuk Anda.

Jika penyedia hosting sudah mendukung versi PHP terbaru, Anda tinggal mengaktifkannya melalui panel kontrol hosting yang digunakan. Anda dapat melakukannya melalui cPanel. Kemudian, klik Select PHP Version. Pilih PHP ersi terbaru pada Current PHP Version.

5. Kurangi Database Query

Solusi kecepatan website dari segi server kelima adalah kurangi database query. Semua proses yang membutuhkan pencarian data di database membutuhkan waktu. Apalagi jika struktur website Anda kompleks dan memiliki database besar, prosesnya pasti akan lebih lama. Contohnya, ketika Anda melakukan pencarian di website toko online yang memiliki banyak produk.

Untungnya, Anda dapat mempercepat proses tersebut dengan dua cara, yaitu:

  • Mengurangi jumlah produk per halaman hasil pencarian
  • Menghindari penggunaan meta queries

Anda bisa mengurangi query database dengan meminimalkan jumlah hasil pencarian per halaman. Caranya, Anda bisa mengakses file wp_query website Anda dengan FTP. Selanjutnya, ubah value posts_per_page sesuai keinginan.

Selain itu, hindari penggunaan meta queries. Jenis query ini mencari metadata posting atau halaman produk yang dihasilkan dari penggunaan custom fields. Meskipun dapat meningkatkan akurasi pencarian, meta queries sebenarnya memberatkan proses pencarian di database. Oleh karena itu, mengurangi penggunaan custom fields bisa menjadi solusi. Sebagai alternatifnya, Anda dapat menggunakan taksonomi WordPress.

Demikian informasi berkaitan dengan Solusi Kecepatan Website dari Segi Server Hosting, kami harap artikel ini berguna buat Anda. Kami berharap artikel ini dibagikan agar semakin banyak yang mendapat manfaat.

Referensi:

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Leave a Reply

Situs Penerima PPC
Situs Penerima PPC beserta Syarat dan Ketentuannya
Mendapatkan Income dari Program PPC
Mendapatkan Income dari Program PPC untuk Website
Cara Mendaftarkan Website ke UpToPromo
Cara Mendaftarkan Website ke UpToPromo
Cara Mendapatkan Income dari UpToPromo
Cara Mendapatkan Income dari UpToPromo
Keamanan WordPress Kecepatan WordPress Masalah WordPress Plugin Tips WordPress Tutorial Plugin Tutorial WordPress
Optimasi Gambar WebP
Plugin Optimasi Gambar WebP Format Terpopuler
Cara Setting W3 Total Cache
Cara Setting W3 Total Cache Lengkap dan Mudah
Setting Rank Math
Panduan Setting Rank Math untuk Optimasi SEO Website

DM Lainnya

Cafebisnis Pakarbot Ratakan

Jasa dan Pelatihan

Jasa Digital Jasa Lainnya Pelatihan

Theme

Kentooz Oketheme Theme Lainnya

Webhosting

Hosting Bisnis Hosting Personal Hosting Ternak Web
Google Ads Optimasi SEO Riset Keyword SEO Off Page SEO On Page Tools Google
SEO Tools Terbaik
SEO Tools Terbaik dan Gratis untuk Riset Kata Kunci
Panduan Optimasi SEO Image
Panduan Optimasi SEO Image untuk Memaksimalkan Website
Mengapa Content Marketing Penting
Mengapa Content Marketing Penting untuk Bisnis Kita
Tutorial Litespeed Cache
Tutorial Litespeed Cache untuk Mempercepat Website
Cara Membuat Form Kontak di Website
Cara Membuat Form Kontak di Website 100% Mudah Dilakukan
Cara Menangani Komentar SPAM di Website
Cara Menangani Komentar SPAM di Website 100% Ampuh
Pengaturan CloudFlare di Website
Pengaturan CloudFlare di Website dengan Plugin