Solusi Kecepatan Website dari Segi Server Hosting

Di postingan ini kami akan bahas mengenai Solusi Kecepatan Website dari Segi Server Hosting. Server merupakan sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam suatu jaringan komputer. Server komputer atau hosting didukung oleh prosesor yang bersifat scalable dan juga RAM yang besar. Selain itu server pun dilengkapi dengan sistem operasi khusus, yang biasa disebut sebagai sistem operasi jaringan (network operating system).

Solusi Kecepatan Website dari Segi Server

Solusi Kecepatan Website dari Segi Server Hosting

Dalam sebuah website juga ada yang namanya server hosting. Dan kecepatan website juga bergantung salah satunya pada server. Berikut beberapa solusi agar kecepatan website akibat masalah server yang bisa dilakukan :

1. Pilih Server yang Paling Dekat dengan Visitor

Hal paling pertama yang perlu Anda pertimbangkan adalah lokasi servernya. Pilihlah layanan hosting yang menyediakan server di negara mayoritas pengunjung website Anda berasal. Misal mayoritas pengunjung website Anda berasal dari Indonesia maka pilihlah penyedia hosting yang memiliki server di Indonesia.

Pemilihan lokasi server penting karena berpengaruh pada dua hal, yaitu Network Latency dan TTFB. Network Latency adalah waktu delay selama transmisi data dalam sebuah jaringan. Secara singkat, semakin jauh servernya semakin besar waktu delaynya yang menyebabkan loading website lebih lambat.

Sedangkan TTFB (Time to First Byte) adalah waktu yang diperlukan browser untuk menerima byte pertama dari server. Semakin jauh servernya dari komputer penerima, semakin tinggi waktu angka TTFB-nya sehingga loading website Anda jadi lama.

2. Pilih Hosting dengan Server Performa Tinggi

Penyedia hosting adalah perusahaan yang menyimpan semua data website Anda. Anda tidak bisa asal-asalan dalam memilih penyedia hosting karena bisa berpengaruh terhadap keamanan dan kecepatan website Anda.

Selain lokasi server, elemen hosting yang perlu Anda perhatikan adalah jenis server yang digunakan. Pilihlah penyedia hosting yang menggunakan LiteSpeed Web Server untuk servernya. LiteSpeed Web Server adalah teknologi server terbaru dan terbaik saat ini. Dibandingkan dengan server Apache, LiteSpeed Web Server bisa meningkatkan kecepatan website Anda hingga enam kali lipat. Selain itu, LiteSpeed Web Server juga meningkatkan performa PHP hingga 50 persen.

3. Gunakan CDN

Content Delivery Network atau CDN adalah jaringan server yang terletak di seluruh dunia. Teknologi ini didesain untuk mengirimkan konten website WordPress Anda, dari gambar, CSS, JavaScript, hingga video.

CDN akan membantu website Anda lebih cepat diakses dari lokasi manapun. Kalau pada umumnya lokasi server mempengaruhi kecepatan akses, CDN bakal bikin website cepat diakses dari lokasi manapun. Jaringan CDN terdapat di seluruh dunia dan menyimpan file statis website Anda. Di mana pun lokasi servernya, pengunjung website bakal mendapat informasi dari CDN terdekat. Sehingga website akan jadi lebih cepat diakses.

Sebagai contoh, lokasi server di Amerika Serikat (USA) dan pengunjung website ada di Indonesia. Para pengunjung bakal memperoleh informasi dari CDN terdekat, bukan langsung dari server di Amerika Serikat (USA).

Demikian informasi berkaitan dengan Solusi Kecepatan Website dari Segi Server Hosting, kami harap artikel ini berguna buat Anda. Kami berharap artikel ini dibagikan agar semakin banyak yang mendapat manfaat.

Referensi:

Leave a Reply