Solusi Kecepatan Website dari Segi Resource Hosting

Di postingan ini kami akan ulas seputar Solusi Kecepatan Website dari Segi Resource Hosting. Web Resource atau Sumber daya website merupakan kumpulan halaman pada domain di internet. Web resource ini dibuat dengan tujuan tertentu yang saling berhubungan. Dan juga dapat diakses secara luas melalui halaman web (home page) pada browser menggunakan URL website.

Solusi Kecepatan Website dari Segi Resource

Solusi Kecepatan Website dari Segi Resource

Berikut ini beberapa cara untuk meningkatkan website yang berkaitan dengan Resource web :

1. Aktifkan Gzip Compression

Saat memakai kompresi Gzip loading website (WordPress) Anda jadi makin cepat. Kompresi gzip berfungsi buat memperkecil ukuran file website CSS, HTML, javascript, json, xml maupun font. Selain mempercepat loading website, sumber daya server dan bandwidth hosting Anda akan menjadi lebih hemat.

Menggunakan cara ini, pengunjung website Anda tentu akan merasa lebih senang karena tidak perlu menunggu lama untuk mengakses website. Cara mengaktifkan kompresi Gzip dapat Anda lakukan secara manual lewat cPanel. Langkah-langkahnya :

  • Login cPanel hosting Anda,
  • Lalu kemudian salin copy kode berikut dan paste pada .htacess Anda.

<IfModule mod_filter.c>

<IfModule mod_deflate.c>

AddOutputFilterByType DEFLATE

“application/atom+xml” \

“application/javascript” \

“application/json” \

“application/ld+json” \

“application/manifest+json” \

“application/rdf+xml” \

“application/rss+xml” \

“application/schema+json” \

“application/vnd.geo+json” \

“application/vnd.ms-fontobject” \

“application/x-font-ttf” \

“application/x-javascript” \

“application/x-web-app-manifest+json” \

“application/xhtml+xml” \

“application/xml” \

“font/eot” \

“font/opentype” \

“image/bmp” \

“image/svg+xml” \

“image/vnd.microsoft.icon” \

“image/x-icon” \

“text/cache-manifest” \

“text/css” \

“text/html” \

“text/javascript” \

“text/plain” \

“text/vcard” \

“text/vnd.rim.location.xloc” \

“text/vtt” \

“text/x-component” \

“text/x-cross-domain-policy” \

“text/xml”

</IfModule>

</IfModule>

2. Gunakan Embed untuk Video

Jika Anda akan menyisipkan video dalam post atau website, sebaiknya jangan langsung upload. Anda dapat menggunakan fasilitas embed video dari Youtube cantumkan pada editor WordPress. Nantinya video ini akan ditampilkan secara otomatis saat publish.

Terdapat tiga cara untuk menambahkan embed video YouTube di WordPress. Cara pertama ini sangat mudah karena cuma perlu menyalin URL video langsung ke postingan Anda. Dan bakal secara otomatis muncul embed video di postingan Anda. Tidak hanya YouTube, WordPress juga menyediakan cara otomatis tersebut untuk video-video dari platform lain. Beberapa di antaranya adalah:

  • Twitter,
  • Facebook,
  • Vimeo,
  • Dailymotion, dan
  • TED.

Cara kedua adalah menggunakan shortcode. WordPress memungkinkan Anda untuk mengatur ukuran embed video YouTube dengan menggunakan shortcode. Untuk dapat mengatur ukuran embed video yang ditampilkan, Anda bisa memakai shortcode di bawah ini:

Anda bisa mengubah ukuran tinggi (height ) dan lebar (width) sesuai yang diinginkan.

Cara terakhir adalah menggunakan plugin. Banyak plugin yang menyediakan fitur menambahkan embed video ke WordPress. Beberapa di antaranya adalah

  • YouTube by Embed Plus,
  • YouTube Showcase,
  • WpDevArt YouTube Embed,
  • Hide YouTube Related Video,
  • YouTube Widget Responsive, dan
  • YourChannel.
3. Minify CSS, Javascript, dan HTML

Pastikan file-file website Anda tidak memperberat load website. Salah satu caranya adalah dengan melakukan minify. Minify merupakan istilah dalam pemrograman yang mengacu pada proses menghapus karakter yang tidak diperlukan dalam mengeksekusi kode. Minify dapat meningkatkan loading halaman website, yang dalam jangka panjang dapat berpengaruh pada meningkatnya kenyamanan pelanggan pada website Anda.

Cara termudah untuk melakukan minify file-file CSS, Javascript, dan HTML di website Anda adalah menggunakan bantuan plugin. Beberapa plugin yang terbukti kualitasnya untuk minify adalah WordPress Minify dan W3 Total Cache.

4. Optimasi Database WordPress

Berbagai kegiatan di website (WordPress) Anda bakal menambah kerja dan database makin berat. Website (WordPres) Anda tentunya semakin hari semakin berkembang. Komentar SPAM, tags yang tak digunakan, bahkan revisi yang terlalu banyak bakal memperberat database yang menyebabkan website makin lemot. Buat membersihkannya, Anda bisa memakai plugin WP-Optimize yang sudah tersedia di WordPress. Cukup lakukan install dan aktifkan dan Anda dapat mengontrol secara penuh website WordPress Anda.

Selain cara di atas Anda juga bisa melakukan :

  • Optimasi Ukuran Gambar
  • Aktifkan Caching (LiteSpeed Cache)

Sekian informasi seputar Solusi Kecepatan Website dari Segi Resource Hosting, kami harap artikel kali ini bermanfaat untuk kalian. Tolong artikel ini dibagikan supaya semakin banyak yang memperoleh manfaat.

Referensi:

Leave a Reply