Siklus Buying Keyword yang Harus Diketahui

92 / 100

Pada kesempatan ini kami akan bahas berkaitan dengan siklus buying keyword (keyword buying cycle) yang harus diketahui. Buying cycle merupakan tahap-tahap yang dilalui orang hingga mereka membeli suatu produk. Keyword buying cycle menunjukkan perbedaan kata kunci yang dipakai saat mereka melalui proses melakukan pembelian barang yang diinginkan.

Siklus Buying Keyword

Siklus Buying Keyword

Hal tersebut bertujuan agar Anda dapat mengetahui keyword-keyword mana yang baik dan keyword mana yang harus Anda hindari sebelum membuat website atau memulai bisnis online. Ada 4 fase atau kelompok dalam siklus buying keyword yang digunakan oleh orang yaitu:

  1. Initial stage
  2. Browsing stage.
  3. Comparing stage.
  4. Buying stage.

Di setiap tahapan tersebut, kata kunci (keyword) yang dipakai yaitu berbeda. Saat seseorang mau membeli sesuatu, mereka biasanya melalui fase atau tahapan tersebut. Semakin dia mengerti produk yang dicari, maka semakin spesifik keyword yang dipakai.

Misalnya saja seseorang ingin membeli obat pelangsing. Dia belum tahu merk atau nama tempat apa yang ingin dicari. Dia hanya tahu ingin membeli obat pelangsing. Maka Anda lihat keyword apa yang digunakan olehnya untuk setiap tahapan.

Berikut ini sedikit penjelasan dari keempat fase siklus buying keyword di atas :

a. Initial Stage

Pada tahap pertama ini, para pengunjung mungkin berniat membeli sesuatu. Namun belum menentukan pilihan produk apa yang akan mereka beli. Mereka cuma mencari informasi mengenai produk tertentu dan belum siap untuk beli produk apapun. Keyword yang digunakan juga masih sangat umum, generik dan tidak spesifik seperti obat pelangsing.

Keyword di tahap ini biasanya high search volume (sangat banyak volume pencariannya) namun low value karena tidak spesifik. Anda belum bisa mengetahui keinginan sebenarnya dari orang-orang tersebut. Biasanya keyword atau kata kunci di stage ini masih berisi 1 atau 2 kata.

Jika mereka datang di website Anda yang menjual suatu merk obat pelangsing, maka kemungkinan besar mereka tidak akan membeli apapun karena mereka mungkin hanya mencari informasi pelangsing apa yang terbaik saat ini, bagaimana cara penggunaannya, kandungan dalam pelangsing, dll.

b. Browsing Stage

Di tahapan kedua dari siklus buying keyword ini, orang biasanya sudah tahu atau sedikit spesifik dan merupakan nama kategori paling tidak merk apa yang ingin dicari sehingga keyword yang digunakan adalah seperti Obat Pelangsing Smart Detox.

Di tahapan kedua ini sudah lebih jelas apa yang diinginkan oleh orang tersebut. Search volume masih cukup besar (medium to high search volume) dan kompetisi biasanya masih ketat serta moderate value. Kesalahan pada banyak pemula adalah berusaha mendapatkan traffic dari keyword di tahap ini baik melalui organic result (SEO) ataupun paid result (PPC). Karena kompetisi di tahapan ini yang tinggi, jadi upaya tersebut jauh lebih sulit.

c. Comparing Stage

Di tahapan ketiga, keyword semakin spesifik atau cukup spesifik dan Anda semakin tahu apa yang sebenarnya dicari oleh orang tersebut. Search volume makin ke bawah makin rendah (Medium to Low) tetapi valuenya semakin tinggi (High Value) karena makin ke bawah makin jelas yang dicari dan orang yang menggunakan keyword tersebut makin siap untuk membeli. Misalnya Testimoni obat pelangsing smart Detox.

d. Buying Stage

Di tahap terakhir dari siklus buying keyword ini, seseorang yang mengetikkan keyword jual obat pelangsing Smart Detox dan sudah pasti mau membeli produk ini. Dia hanya tinggal mencari dimana harus membelinya dan dimana yang memberikan harga diskon. Keyword seperti ini jauh lebih valueable (very high value) dan low search volume. Keyword di tahap ini umumnya terdiri dari 3 kata atau lebih dan merupakan nama produk detail. Sering disebut sebagai long tail keyword.

Internet marketer yang baik biasanyanya memfokuskan pada keyword di stage 3 dan 4 (Comparing dan Buying stage). Di mana Anda sudah tahu yang ingin dibeli oleh orang yang bersangkutan dan orang ini siap membeli.

Jadi nantinya ketika memakai keyword tools, Anda mungkin akan memperoleh banyak sekali variasi keyword. Satu hal yang perlu Anda lakukan ialah memilah keyword mana yang masuk ke kategori Comparing dan Buying stage. Disanalah profit Anda berada.

Komunitas SB1M

Demikian informasi berkaitan dengan siklus buying keyword yang harus diketahui, semoga artikel kali ini berguna buat Anda. Mohon artikel buying keyword cycle ini diviralkan agar semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Referensi :

Leave a Reply

Situs Penerima PPC
Situs Penerima PPC beserta Syarat dan Ketentuannya
Mendapatkan Income dari Program PPC
Mendapatkan Income dari Program PPC untuk Website
Cara Mendaftarkan Website ke UpToPromo
Cara Mendaftarkan Website ke UpToPromo
Cara Mendapatkan Income dari UpToPromo
Cara Mendapatkan Income dari UpToPromo
Keamanan WordPress Kecepatan WordPress Masalah WordPress Plugin Tips WordPress Tutorial Plugin Tutorial WordPress
Cara Membuat Sitemap
Cara Membuat Sitemap XML dan HTML pada Website
Cara Mengatasi Error 500
Cara Mudah Mengatasi Error 500 pada Website
Mengamankan File dan Database Website
Cara Mengamankan File dan Database Website WordPress

DM Lainnya

Cafebisnis Pakarbot Ratakan

Jasa dan Pelatihan

Jasa Digital Jasa Lainnya Pelatihan

Theme

Kentooz Oketheme Theme Lainnya

Webhosting

Hosting Bisnis Hosting Personal Hosting Ternak Web
Google Ads Optimasi SEO Riset Keyword SEO Off Page SEO On Page Tools Google
Cara Meningkatkan Trafik Website
Cara Meningkatkan Trafik Website yang Efektif
Mitos SEO
Mitos SEO yang Merugikan Website dan Perlu Dibongkar
Cara Membuat Sitemap
Cara Membuat Sitemap XML dan HTML pada Website
Tutorial Litespeed Cache
Tutorial Litespeed Cache untuk Mempercepat Website
Cara Membuat Form Kontak di Website
Cara Membuat Form Kontak di Website 100% Mudah Dilakukan
Cara Menangani Komentar SPAM di Website
Cara Menangani Komentar SPAM di Website 100% Ampuh
Pengaturan CloudFlare di Website
Pengaturan CloudFlare di Website dengan Plugin