Plugin Keamanan Website Terbaik dari WordPress

92 / 100

Sekarang kami akan ulas perihal Plugin Keamanan Website Terbaik dari WordPress. Meskipun WordPress dikenal aman, pastikan Anda menginstal plugin keamanan untuk antisipasi dari serangan. Keamanan adalah salah satu aspek paling utama dari suatu website, tidak terkecuali pada WordPress.

Plugin Keamanan Website

Instal Plugin Keamanan

Memasang plugin keamanan adalah sebuah kewajiban bagi semua pemilik WordPress. Plugin keamanan WordPress membantu mengamankan website Anda dari serangan-serangan online. Ada banyak plugin keamanan website dengan fitur berbeda-beda. Ada yang gratis, ada juga yang berbayar.

Kini tersedia banyak plugin keamanan yang tersedia secara cuma-cuma. Salah satu plugin keamanan gratis yang 100% gratis adalah All In One WP Security and Firewall. Plugin ini dikembangkan secara open source sehingga bisa dinikmati banyak orang secara gratis.

Selain plugin di atas, masih ada banyak plugin keamanan lain yang tidak kalah hebat. Beberapa di antaranya adalah Jetpack, Wordfence, dan Sucuri. Ketiga plugin tersebut menyediakan dua versi, yaitu gratis dan berbayar. Jika hanya membutuhkan fitur-fitur dasar keamanan, Anda bisa menggunakan versi gratisnya. Namun, jangan ragu untuk membeli versi berbayarnya kalau Anda memang membutuhkannya! Anggap saja sebagai investasi untuk website Anda.

Scan WordPress untuk Mendeteksi Malware

Beberapa plugin keamanan WordPress menyediakan fitur scan malware di WordPress secara rutin. Jetpack, Wordfence, dan Sucuri sama-sama menyediakan fitur scan malware di fitur gratisnya. Selain memanfaatkan fitur bawaan dari plugin di atas, terkadang Anda juga perlu melakukan scan malware secara manual untuk memastikan kalau WordPress Anda benar-benar aman.

Anda bisa melakukan scan malware secara manual melalui situs-situs pendeteksi malware di bawah ini:

  • Security Check & Malware Scanner Sucuri
  • IsItWP Security Scanner
  • Google Safe Browsing
  • WPSec
  • UpGuard

Aktifkan Firewall

Salah satu langkah pengamanan dasar WordPress adalah dengan mengaktifkan firewall website. Firewall website membantu untuk memblokir trafik berbahaya bahkan sebelum trafik tersebut mencapai website Anda. Selain itu, firewall juga berfungsi untuk melindungi data dari hacker dan pengguna yang tidak punya wewenang.

Maka dari itu, Anda perlu mengaktifkan firewall untuk meningkatkan kualitas keamanan WordPress Anda. Anda bisa mengaktifkan firewall dengan mudah menggunakan bantuan plugin. Terdapat banyak plugin yang menawarkan fitur ini. Beberapa di antaranya sudah disebutkan di poin sebelumnya, yaitu Sucuri dan Wordfence. Selain dua plugin tersebut, masih tersedia alternatif lain seperti Cloudflare, SiteLock, dan BulletProof Security.

Plugin Keamanan Website Terbaik

Kami sangat merekomendasikan instalasi plugin keamanan website supaya web Anda dapat terhindar dari serangan. Berikut ini adalah plugin yang kami rekomendasikan untuk Anda instal.

a. iThemes Security

iThemes Security dapat memperbaiki celah pada website WordPress Anda yang berpotensi terkena serangan otomatis yang berasal dari script tertentu. Pada umumnya, pengguna WordPress tidak mengetahui jika terdapat celah keamanan pada website mereka. Plugin mampu mengantisipasi adanya celah keamanan tersebut.

Ada banyak penyebab kenapa terdapat celah pada website WordPress, salah satunya karena plugin lain yang Anda instal. Jika hal tersebut terjadi, plugin keamanan website ini dapat melakukan identifikasi dan memeperbaiki celah tersebut.

Fitur:

  • iThemes Sync.
  • Proteksi brute force.
  • Monitor website.
  • Ubah URL admin.
b. Jetpack

Jetpack memiliki fitur yang terbilang cukup lengkap, mulai dari keamanan, performa, tool konten, dan statistik pengunjung. Untuk fitur keamanan yang dimilikinya yaitu Protect dan Monitor. Fitur Protect akan melindungi website Anda dari serangan brute force. Jenis serangan ini akan mencoba login terus-menerus ke website Anda sampai menemukan password yang benar.

Plugin keamanan website ini akan memberikan batasan jumlah login yang dilakukan berdasarkan durasi. Sehingga serangan tersebut dapat dengan mudah ditangani. Fitur Monitor berfungsi ketika terjadi gangguan pada server atau website Anda tidak dapat diakses. Kemudian, Anda akan mendapatkan pemberitahuan melalui email mengenai hal tersebut.

Fitur:

  • Monitoring downtime.
  • Keamanan login.
  • Proteksi serangan brute force.
  • CDN gambar.
c. Wordfence

Lebih dari 2 juta instalasi aktif dengan rating 4.8 dari 5 pada saat artikel ini ditulis. Membuktikan plugin keamanan website ini memiliki performa yang cukup baik. Wordfence Security adalah salah satu plugin wajib WordPress yang dapat digunakan untuk keamanan website. Plugin ini menawarkan perlindungan terhadap serangan brute force, pemberitahuan cepat jika adanya masalah keamanan.

WordFence akan melakukan pengecekan jika situs sudah terinfeksi dengan cara membandingkan script website dengan script yang ada di repository WordPress untuk template, file utama dan plugin. Jika Anda ingin mengamankan website dengan fitur yang lebih lengkap, dapat mencoba versi berbayar dari plugin ini, dimana terdapat fitur blokir negara, two-step authentication dan lainnya.

Fitur:

  • Blokir brute force.
  • Pemberitahuan masalah keamanan.
  • Keamanan login.

Demikian info mengenai Plugin Keamanan Website Terbaik dari WordPress, semoga artikel ini membantu kalian. Mohon artikel ini dibagikan biar semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Referensi:

Leave a Reply

Situs Penerima PPC
Situs Penerima PPC beserta Syarat dan Ketentuannya
Mendapatkan Income dari Program PPC
Mendapatkan Income dari Program PPC untuk Website
Cara Mendaftarkan Website ke UpToPromo
Cara Mendaftarkan Website ke UpToPromo
Cara Mendapatkan Income dari UpToPromo
Cara Mendapatkan Income dari UpToPromo
Keamanan WordPress Kecepatan WordPress Masalah WordPress Plugin Tips WordPress Tutorial Plugin Tutorial WordPress
Cara Membuat Sitemap
Cara Membuat Sitemap XML dan HTML pada Website
Cara Mengatasi Error 500
Cara Mudah Mengatasi Error 500 pada Website
Mengamankan File dan Database Website
Cara Mengamankan File dan Database Website WordPress

DM Lainnya

Cafebisnis Pakarbot Ratakan

Jasa dan Pelatihan

Jasa Digital Jasa Lainnya Pelatihan

Theme

Kentooz Oketheme Theme Lainnya

Webhosting

Hosting Bisnis Hosting Personal Hosting Ternak Web
Google Ads Optimasi SEO Riset Keyword SEO Off Page SEO On Page Tools Google
Mitos SEO
Mitos SEO yang Merugikan Website dan Perlu Dibongkar
Cara Membuat Sitemap
Cara Membuat Sitemap XML dan HTML pada Website
Struktur Google Ads
Struktur Google Ads untuk Kampanye Iklan
Tutorial Litespeed Cache
Tutorial Litespeed Cache untuk Mempercepat Website
Cara Membuat Form Kontak di Website
Cara Membuat Form Kontak di Website 100% Mudah Dilakukan
Cara Menangani Komentar SPAM di Website
Cara Menangani Komentar SPAM di Website 100% Ampuh
Pengaturan CloudFlare di Website
Pengaturan CloudFlare di Website dengan Plugin