Plugin Chat Whatsapp Terbaik untuk Website

Saat ini 83% pengguna internet memakai WhatsApp untuk berkomunikasi. Jadi, mengapa tak menambahkan fitur WhatsApp di website Anda. Hal ini bisa jadi cara mempermudah pengunjung menghubungi Anda. Salah satu caranya adalah dengan menambahkan plugin chat Whatsapp di WordPress.

Plugin Chat WhatsApp

Chat Whatsapp

Bayangkan, tidak perlu repot mengisi data email, cukup sekali klik, pengunjung dapat langsung menyapa Anda. Proses pemasaran sampai transaksi online dapat lebih mudah dilakukan.

Untuk menambahkan fitur WhatsApp WordPress juga cukup mudah dengan bantuan plugin WordPress. Anda tinggal memasang plugin chat WhatsApp di website supaya bisa menampilkan tombol yang menghubungkan ke WhatsApp bisnis Anda.

Plugin WhatsApp juga ada banyak macamnya. Setiap plugin punya fitur unggulan yang berbeda-beda. Agar Anda tak pusing dalam memilih, berikut beberapa rekomendasi plugin WhatsApp WordPress terbaik.

Keuntungan Memakai Plugin WhatsApp

Ada beberapa keuntungan memakai plugin chat WhatsApp di WordPress. Apa saja itu? Simak penjelasannya :

1. Banyak Pengguna Internet Gunakan

Pengguna WhatsApp makin meningkat dan sudah mencapai 2 miliar pengguna. Jadi, memasang tombol WhatsApp di website merupakan pilihan yang tepat. Karena kemungkinan Anda untuk terhubung dengan pengunjung dan dapat lead jadi jauh lebih besar.

2. Mempermudah Pengguna Menghubungi Anda

Dengan plugin chat WhatsApp WordPress, pengunjung dapat lebih mudah menghubungi Anda. Mulai dari :

  • sekedar mengklik klik tombol,
  • cukup dengan scan barcode,
  • atau yang lainnya.

Selain itu, Anda juga dapat menyesuaikan bentuk tampilannya agar tak mengganggu kenyamanan pengunjung. Baik pada tampilan di :

  • desktop,
  • perangkat mobile,
  • dan perangkat lainnya.

Semua kemudahan ini tentu dapat meningkatkan user experience. Sehingga para pelanggan akan lebih betah berada di website Anda.

3. Meningkatkan Conversion

Bagaimana bila :

  • pengunjung tak jadi membeli produk karena kesulitan menghubungi Anda?
  • pengunjung belum terlalu yakin dengan produk yang akan mereka beli?

Dengan plugin chat WordPress, proses komunikasi akan jauh lebih mudah dan efisien. Bila komunikasi telah berjalan dengan baik, kemungkinan Anda dapat menggiring leads jadi pelanggan akan lebih mudah. Dengan begitu, penjualan juga bisa meningkat.

Baca Juga : Cara Optimasi Conversion Rate

Plugin WhatsApp WordPress Terbaik

Inilah beberapa plugin chat WhatsApp WordPress yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan :

a. WP Social Chat

WP Social Chat adalah plugin chat Whatsapp yang populer dan sudah dipakai oleh lebih dari 100 ribu pengguna aktif. Dulunya plugin ini dikenal dengan WhatsApp Chat.

Anda dapat dengan mudah mengkustomisasi tampilan WhatsApp Chat dengan plugin ini. Misalnya mengatur bentuk dan warna tombol. Ada 2 model tampilan yang dapat Anda pilih.

Anda dapat menampilkan tombol tersebut cuma di :

  • beberapa perangkat,
  • halaman tertentu,
  • dan lainnya.

Jadi, Anda dapat menyembunyikan tombol pada halaman blog dan tampilan mobile bila dirasa kurang efektif.

Bukan hanya soal tampilan, posisi tombol juga dapat diatur sesuka hati. Namun, memakai posisi default tetap recommended karena jauh lebih user friendly.

Keunggulan plugin chat WhatsApp ini yaitu kemudahan menambahkan beberapa admin. Jadi, bila toko online Anda ramai pengunjung, banyak admin dapat melayani sekaligus. Bahkan, pengunjung dapat memilih dengan siapa mereka mau dilayani.

Plugin ini dapat Anda pakai secara gratis. Tapi, bila mau dapat fitur yang lebih lengkap, Anda perlu membeli versi berbayar (premium). Harga plugin premium ini mulai dari $20 sampai $80.

Plugin WhatsApp WordPress ini cocok untuk siapa?

WP Social Chat adalah plugin WhatsApp yang unggul dalam hal kustomisasi tampilan. Plugin ini cocok untuk Anda yang mau tampilan tombol yang simpel namun dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

b. Click to Chat WhatsApp

Plugin Click to Chat Whatsapp adalah salah satu plugin chat Whatsapp populer dengan banyak fitur canggih. Dari sisi tampilan, plugin ini menawarkan 9 style tombol yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan.

Bahkan, Anda juga bisa melakukan kustomisasi tampilan gambar dengan mengunggah gambar atau GIF milik Anda sendiri. Jadi akan jauh terlihat lebih profesional.

Fitur menarik lainnya yaitu WhatsApp group Chats. Dengan fitur ini pengunjung dapat bergabung untuk memperoleh informasi mengenai suatu produk. Selain lebih menarik, distribusi informasi yang Anda lakukan juga jadi lebih efektif.

Tak hanya itu, plugin dapat dihubungkan dengan Google Analytics dan Facebook Pixel. Jadi, Anda dapat mengukur bagaimana komunikasi via Whatsapp di website bisa membantu peningkatan penjualan Anda.

Bila Anda menemui kendala ketika menggunakan plugin ini, tidak usah bingung. Anda dapat menghubungi tim customer support / service (CS) yang siap membantu 24 jam.

Anda dapat memperoleh plugin ini secara gratis atau membeli versi berbayarnya seharga $19 sampai $70.

Plugin WhatsApp WordPress ini cocok untuk siapa?

Click to Chat WhatsApp sangat cocok untuk Anda yang memerlukan integrasi Google Analytics dan Facebook Pixel. Khususnya bagi Anda yang punya website toko online.

c. WhatsApp Button

Plugin chat WhatsApp WordPress yang satu ini hanya tersedia versi berbayar (premium). Tapi, berbagai fitur dan tampilan yang disediakan cukup canggih dan beragam. Seperti :

  • Dari sisi tampilan, WhatsApp button menyediakan 18 templates tombol yang bisa membuat tampilan tombol lebih menarik. Tidak hanya itu, Anda juga dapat menambahkan efek animasi yang sudah
  • Dari posisi tombol WhatsApp dapat diletakkan sesuka Anda, termasuk pada opsi menu. Ini tentu berguna sekali untuk mempermudah pengunjung yang mengakses website dari perangkat mobile.

Plugin WhatsApp Button ini hanya tersedia dalam versi berbayar (premium). Untuk mendapatkan plugin ini, Anda tidak perlu merogoh kocek yang terlalu dalam. Mulai dari $10 saja, Anda sudah bisa mendapatkan semua manfaat plugin ini.

Plugin WhatsApp WordPress ini cocok untuk siapa?

WhatsApp Button lebih mengutamakan tampilan dengan beragam template dan animasi. Plugin ini cocok untuk Anda yang mau tampilan tombol WhatsApp yang cantik dan mobile friendly.

d. WhatsApp Contact Button

Mau mencari tampilan user interface tombol Chat WhatsApp (WA) yang lebih menarik? Anda dapat mencoba plugin WhatsApp Contact Button. Tampilan tombol dari plugin chat Whatsapp ini dapat Anda buat seperti sedang chat di ponsel.

Jika punya banyak admin untuk menangani chat, Anda dapat menampilkannya lengkap dengan status onlinenya. Ini tentu berguna supaya pengunjung dapat memilih admin yang online dan tidak perlu lama menunggu balasan.

Tombol percakapan tersebut dapat Anda atur tampilannya sebagai pop-up atau pada postingan tertentu. Tidak hanya kustom tampilan tombol, Anda pun dapat menambahkan efek animasi. Ada 8 pilihan efek yang tersedia seperti sliding dan lainnya.

Plugin WhatsApp Contact Button ini hanya tersedia dalam versi berbayar (premium). Bagaimana dengan harganya? Untuk dapat semua fiturnya, Anda perlu membayar $13 hingga $70.

Plugin WhatsApp WordPress ini cocok untuk siapa?

WhatsApp Contact Button sangat user friendly karena tampilan seperti tampilan chatting di ponsel. Plugin ini akan sangat pas untuk website toko online Anda, karena kemudahan menampilkan tombol di postingan tertentu.

e. WhatsApp Me

Jika Anda butuh plugin gratis dengan fitur yang tidak kalah dengan plugin berbayar, WhatsApp Me bisa jadi pilihan. Apa saja keistimewaan plugin chat WhatsApp WordPress ini?

Dari tampilan, Anda dapat mengatur tampilan tombol, baik berbentuk tombol biasa maupun CTA. Kalimat untuk CTA juga dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan supaya pengunjung lebih tertarik.

Fitur menarik lainnya yaitu chat delay. Fungsi fitur ini yaitu untuk mengatur waktu munculnya tombol chat di layar. Jadi, Anda dapat memunculkan tombol chat di momen yang tepat. Misalnya, beberapa menit sesudah pengunjung masuk ke halaman produk.

Bayangkan bila pengunjung baru saja melihat produk namun tiba-tiba muncul tombol chat? Pasti malah akan mengganggu.

Plugin ini juga dapat dihubungkan dengan Google Analytics dan Google Tag Manager. Jadi, Anda dapat memantau bagaimana keberhasilan komunikasi WhatsApp di toko online Anda.

Plugin WhatsApp WordPress ini cocok untuk siapa?

WhatsApp Me cocok untuk Anda yang mau dapat plugin gratis namun kaya fitur, seperti integrasi dengan :

  • Google analytics, dan
  • Google Tag Manager.
f. WordPress WhatsApp Support

Tidak seperti plugin chat WhatsApp lain, WordPress WhatsApp Support menawarkan sesuatu yang berbeda yakni tampilan barcode. Bayangkan, hanya dengan scan barcode di aplikasi WhatsApp, pengunjung dapat langsung menghubungi Anda.

Ini tentu bisa jadi pilihan bila Anda bosan dengan tampilan standar yang menampilkan :

  • foto admin, atau
  • tombol default.

Apakah itu berarti Anda tak dapat memakai tampilan seperti biasa? Jawabannya, tidak. Anda tetap dapat memakainya. Bahkan, ada 8 pilihan layout menarik yang dapat Anda pakai.

Plugin ini juga menyediakan fitur terjemahan untuk 10 bahasa, mulai dari :

  • Inggris,
  • Jerman,
  • Arab,
  • China,
  • dan sebagainya.

Jadi, cukup berguna untuk bisa menjangkau konsumen dari berbagai negara. Karena, setiap deskripsi produk dapat diterjemahkan dengan mudah.

Bila mengalami kendala ketika memakai plugin chat WhatsApp WordPress ini, Anda dapat menghubungi customer support :

  • kapan saja, dan
  • di mana saja.

Untuk dapat memperoleh semua manfaat unggulan dari plugin ini, Anda perlu mengeluarkan biaya sebesar $22.

Plugin WhatsApp WordPress ini cocok untuk siapa?

WordPress WhatsApp Support mengunggulkan tampilan barcode yang mempermudah pengunjung. Plugin ini sangat cocok untuk website bisnis dengan konsumen dari berbagai negara, karena adanya fitur terjemahannya.

Baca Juga : Panduan Membuat Website Multibahasa

Manfaatkan Plugin Chat WhatsApp untuk Mengoptimalkan Bisnis!

WhatsApp chat punya banyak manfaat untuk bisnis online Anda, seperti membantu meningkatkan :

  • pengalaman pengunjung (user experience);
  • penjualan produk, karena lebih mudah dalam menghubungi Anda;
  • dan sebagainya.

Menariknya, Anda dapat memasang WhatsApp chat di website WordPress secara mudah dengan plugin. Pilihan pluginnya juga cukup banyak seperti yang telah diulas di atas, yakni :

  • WP Social Chat
  • Click to Chat WhatsApp
  • WhatsApp Button
  • WhatsApp Contact Button
  • WhatsApp Me
  • WordPress WhatsApp Support

Sudah memilih plugin chat WhatsApp pilihan Anda? Supaya upaya pemasaran (marketing) Anda lebih baik lagi, jangan lupa untuk menerapkan strategi digital marketing. Strategi tersebut bisa membantu bisnis online Anda berkembang dengan baik.

Leave a Reply

Memperbaiki Permalink Website
Cara Memperbaiki Permalink Website yang Rusak
Reset Website WordPress
Cara Reset Website WordPress dengan Mudah
Membuat Custom Login
Cara Membuat Custom Login di Website WordPress
Cara Setting Robots TXT di Website
Bahasa Pemrograman CMS cPanel Domain Hosting Web Siap
Fitur di cPanel Hosting
Fitur di cPanel Hosting Website
Domain Tingkat Atas
Jenis Domain Tingkat Atas Terbaik yang Ada Sekarang
Keunggulan Domain Berbayar
Keunggulan Domain Berbayar bagi Bisnis yang Perlu Diketahui

Dasar SEO

Pengenalan SEO Riset Keyword

Optimasi Lanjutan

Copywriting Error Website Tips SEO

Teknik SEO

SEO Off Page SEO OnPage SEO Teknikal

Tools SEO

Tools Google Tools Riset KK Tools SEO Lain
Bisnis Jualan Link PPC Program Afiliasi Publisher Sumber Lain
Mendapatkan Uang dari Website
Cara Mendapatkan Uang dari Website yang Kita Punya
Jualan Online via Website
Jualan Online via Website yang Mudah Dilakukan
Platform SeedBacklink
Platform Seedbacklink Solusi Promosi Website dan Income Online
Membersihkan Cache
Cara Membersihkan Cache pada Website
Menggunakan Editor Gutenberg
Cara Menggunakan Editor Gutenberg Lengkap di WordPress
Plugin WordPress
Cara Instal Plugin WordPress yang Bisa Dilakukan
Cara Instal dan Ganti Theme Website
Cara Instal dan Ganti Theme Website