Plugin BackUp Website Terbaik Saat Ini

Pada kesempatan ini kami akan jelaskan perihal Plugin BackUp Website Terbaik Saat Ini. Plugin backup adalah salah satu plugin Wajib WordPress yang harus Anda instal. Plugin ini akan berfungsi untuk mengembalikan data website ketika terjadi masalah pada website Anda, biasanya karena tidak sengaja menghapus file, kesalahan server atau bahkan terkena serangan peretas.

Plugin BackUp Website

Plugin BackUp Website Terbaik

Ketika Anda menemukan error dan diharuskan instal ulang WordPress, salah satu pilihan yang dapat Anda ambil adalah mengembalikan backup WordPress. Guna mengembalikan file website seperti semula, Anda dapat menginstal plugin backup pada website WordPress. Berikut beberapa plugin yang bisa digunakan :

a. UpdraftPlus

UpdraftPlus merupakan plugin yang dapat digunakan untuk melakukan backup dan restore data pada website WordPress. Untuk file backup dapat Anda download atau langsung di simpan ke salah satu penyimpanan cloud seperti Google Drive, Dropbox dan pilihan penyimpanan lainnya.

Untuk mengetahui lebih lanjut, silakan kunjungi tutorial cara backup WordPress dengan plugin UpdraftPlus. Plugin ini terbilang cukup populer karena memiliki hingga lebih dari 1 juta pengguna aktif di seluruh dunia. Selain itu, UpdraftPlus juga memiliki rating yang cukup tinggi.

Fitur:

  • Backup otomatis dan manual.
  • Penyimpanan luar atau di server sendiri.
  • Pemberitahuan email jika backup selesai.
  • Restore data mudah.
b. BackWPup

Untuk tempat penyimpanan backup dari plugin BackWPup ini tidak jauh berbeda dengan UpdraftPlus. Anda dapat menyimpan file backup ke penyimpanan eksternal seperti FTP server atau Dropbox dengan format seperti zip. tar, tar.gz.

Fitur:

  • Export XML WordPress.
  • Optimasi database.
  • Repair database.
  • Pengecekan database.
  • Backup database.
c. BackUp Buddy

BackupBuddy adalah plugin backup yang telah lama ada di WordPress. Terhitung sejak tahun 2010, BackupBuddy sudah mengamankan lebih dari 1,5 juta pengguna WordPress. Pemakaiannya juga cukup mudah. Anda tinggal melakukan beberapa kali klik dan proses backup bisa berjalan otomatis. Proses backup ini dijalankan secara penuh, sehingga semua file dan database langsung ter-backup.

d. BlogVault

BlogVault merupakan salah satu plugin backup WordPress yang populer. Proses backup dilakukan di BlogVault server sehingga proses backup tak terlalu membebani server web hosting. Fitur inilah yang membuat BlogVault lebih dikenal sebagai solusi Software as a Service (SaaS) daripada layanan plugin WordPress.

e. BoldGrid Backup

BoldGrid Backup ialah plugin WordPress backup yang cukup sederhana. Plugin ini bisa digunakan untuk bikin file backup pada website. Plugin ini jadi solusi WordPress backup yang dikembangkan oleh BoldGrid. Di mana BoldGrid merupakan salah satu website builder terkenal di WordPress.

f. VaultPress

Awalnya, plugin ini merupakan produk yang dikembangkan secara mandiri oleh Matt Mullenweg, yang merupakan co-founder dari WordPress. Tapi saat ini VaultPress telah menjadi bagian dari produk JetPack. Jadi, saat mau memakai plugin ini Anda perlu melakukan subscribe JetPack.

g. Duplicator

Duplicator bikin Anda lebih mudah buat melakukan backup ke dalam file format .zip. Sehingga Anda bisa mengunduhnya secara offline. Lalu memindahkannya ke server yang lain atau menyimpannya buat berjaga-jaga kalau sewaktu-waktu terjadi masalah.

Demikian informasi perihal Plugin BackUp Website Terbaik Saat Ini, kami harap postingan kali ini membantu kalian. Mohon postingan ini diviralkan supaya semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Referensi:

Leave a Reply