Penyebab Website Lambat Loadingnya yang Harus Anda Tahu

bannerlbo

Topik kita kali ini ialah Penyebab Website Lambat Loadingnya yang Harus Anda Tahu. Pada saat memutuskan untuk menggunakan hosting website sendiri, maka Anda harus siap dengan sejumlah permasalahan yang nantinya akan muncul. Masalah-masalah itu bisa beragam, salah satunya yang sering terjadi adalah loading WordPress lambat. Hal itu dikarenakan web tersebut sepenuhnya ada dalam kontrol Anda sendiri.

Penyebab Website Lambat

Penyebab Website Lambat dan Solusinya

Masalah ini merupakan masalah yang umum terjadi. Jadi jangan khawatir karena bukan hanya Anda yang mengalami masalah ini. Bagi yang mungkin pernah mengalami hal ini maka Anda perlu mengetahui apa yang menjadi penyebab website lambat loadingnya.

Penyebab Loading Website Lambat

Dari sekian banyak hal yang bisa membuat loading WordPress lambat, berikut ini penyebab utama yang sering terjadi :

a. Performa Server Tidak Maksimal

Penyebab website lambat loadingnya yang pertama adalah pemilihan server hosting. Memilih layanan hosting yang tepat merupakan faktor vital dalam kualitas kecepatan website Anda. Sebab salah satu faktor kecepatan website Anda adalah kualitas web server yang digunakan oleh penyedia layanan hosting yang Anda pilih. Terdapat berbagai jenis web server dan setiap server berbeda- beda kualitasnya. Beberapa di antaranya adalah

  • Apache,
  • Nginx,
  • IIS (Microsoft),
  • Google Web Server (GWS), dan
  • LiteSpeed Web Server.

Untuk saat ini, performa web server terbaik adalah LiteSpeed Web Server. Selain itu, Anda juga perlu mempertimbangkan lokasi server dari penyedia hosting. Semakin jauh lokasi server dari target pengunjung Anda, kemungkinan lebih lambat pula kecepatan website yang dihasilkan.

b. Kurangnya Optimasi Konten dan File Website

Penyebab website lambat loadingnya yang kedua yaitu resource servernya. Agar website bisa diakses secara online, Anda perlu menyimpan berbagai macam file seperti CSS, HTML, Javascript di disk space yang disediakan layanan hosting. Jika tidak dikelola secara maksimal, file-file tersebut bisa memberatkan website Anda dan berpengaruh pada kecepatan website.

Begitu juga dengan file-file seperti gambar dan video. Sebuah website atau blog tentu terasa kosong tanpa adanya konten-konten seperti gambar, foto, ilustrasi, infografik, atau video. Menggunakan konten-konten tersebut sah-sah saja, bahkan sangat disarankan untuk meningkatkan kualitas pengalaman pengunjung. Akan tetapi, konten-konten tersebut bisa menjadi masalah untuk kecepatan website jika tidak dioptimasi.

c. Konfigurasi atau Pengaturan Bermasalah

Penyebab website lambat loadingnya yang ketiga ialah pengaturan atau konfigurasi. Konfigurasi atau pengaturan yang Anda terapkan di WordPress pun bisa mempengaruhi kecepatan website Anda. Anda tidak bisa serta merta menggunakan pengaturan default dari WordPress. Sebab konfigurasi default WordPress adalah konfigurasi dasar sehingga Anda perlu melakukan beberapa perubahan dan modifikasi untuk meningkatkan kecepatan website atau blog Anda.

Beberapa konfigurasi yang perlu diubah adalah

  • pengaturan update tema dan plugin,
  • pengaturan login,
  • pengaturan batasan konten per halaman,
  • pengelolaan link,
  • pengelolaan database,
  • pengaturan optimasi di perangkat mobile,
  • dll.
d. Banyak Plugin dan Tema Tidak Terpakai

Penyebab website lambat loadingnya yang keempat yakni pemakaian plugin dan tema. Di awal pembuatan website, mungkin Anda sering asal memasang plugin atau tema untuk percobaan. Bisa jadi Anda memasang beberapa plugin yang memiliki fungsi serupa. Bahkan terkadang beberapa orang memasang plugin tanpa tahu apa fungsi plugin tersebut. Plugin-plugin yang tidak terpakai ini menjadi beban untuk resource hosting yang bisa menyebabkan menurunnya kecepatan website.

Begitu juga dengan tema tidak terpakai. Setelah mencoba belasan atau bahkan puluhan tema WordPress, pada akhirnya Anda hanya memasang satu tema, bukan? Tema-tema WordPress yang tidak terpakai akan menjadi beban untuk resource hosting yang juga berakibat pada kecepatan website yang menurun. Meskipun terlihat sepele, plugin dan tema yang tidak digunakan bisa mempengaruhi kecepatan website Anda.

e. Menggunakan Tema yang Berat

Penyebab website lambat loadingnya yang kelima yaitu tema berat. Banyak orang yang mau websitenya terlihat mewah. Yaitu website yang memiliki berbagai elemen visual yang dianggap menarik. Elemen visual ini termasuk header dengan ukuran yang besar, slider, dan widget.

Tapi, Anda mesti menghindari tema yang menawarkan berbagai hal tersebut untuk website bisnis. Makin kompleks halaman website Anda, maka semakin lama juga loadingnya. Apalagi bila para pengunjung website Anda mengaksesnya dari browser ponsel dan koneksinya tak begitu bagus.

Belum lagi, tak semua elemen visual tersebut dapat ditampilkan secara baik di berbagai ukuran layar. Malahan bisa saja pengunjung mendapati website Anda dalam kondisi acak-acakan lalu meninggalkannya. Inilah alasan kenapa Anda mesti memilih tema website yang berpenampilan sederhana. Namun masih bisa menarik minat pengunjung.

f. Memasang Terlalu Banyak Iklan

Penyebab website lambat loadingnya yang keenam yaitu kebanyakan iklan. Iklan memang merupakan salah satu income tambahan banyak pemilik website. Tapi, sebaiknya Anda tak memasang terlalu banyak iklan di website. Karena tak sedikit orang yang merasa terganggu dengan ada banyak iklan di website.

Selain itu jumlah banner pemasaran yang terlalu banyak tentu akan memperlambat loading websitenya. Sebab, tiap iklan yang ditampilkan di website membutuhkan HTTP request. Server website akan kewalahan bila banyak request yang terjadi ketika pengunjung mengakses halaman website.

g. Ukuran Database Terlalu Besar

Penyebab website lambat loadingnya yang ketujuh yakni ukuran database berat. Sesuai namanya, database merupakan tempat untuk menyimpan berbagai data website, antara lain :

  • Username
  • Password
  • Posting
  • Komentar
  • Kategori posting
  • Plugin

Data tersebut pastinya menumpuk dengan berkembangnya website Anda. Sayangnya, tiap entry database memiliki ukuran. Dengan kata lain, database website Anda lama kelamaan akan jadi sangat besar.

Untuk itu, Anda mesti rajin cek daftar postingan yang sudah masuk sampah (trash) atau plugin yang telah dinonaktifkan. Bila ada, maka Anda harus hapus secepatnya untuk mengurangi ukuran database pada website.

Solusi Mengatasi Loading Website Lambat

Tiap permasalahan pasti ada solusinya, termasuk juga masalah kecepatan website. Solusi di bawah ini dikelompokkan berdasarkan lima faktor penyebab website lambat loadingnya di poin sebelumnya. Berikut beberapa tips untuk mengatasi masalah-masalah kecepatan website. Sehingga kecepatan website Anda bisa meningkat pesat.

Solusi dari Segi Plugin dan Tema

Berikut beberapa solusi yang bisa dilakuan agar kecepatan website Anda bisa meningkat. Solusi ini

1) Hapus Plugin Tidak Terpakai

Plugin berfungsi untuk membantu meningkatkan kinerja website Anda. Namun, pastikan hanya memakai plugin sesuai dengan kebutuhan website Anda. Plugin yang tak dipakai tapi tetap terpasang akan memperlambat website Anda.

Semakin banyak Anda memakai plugin, maka makin banyak sumber daya yang dibutuhkan. Hal ini tentunya akan mempengaruhi performa website. Oleh sebab itu, pakailah plugin secara optimal. Cukup pakai satu plugin dengan fungsi yang sama atau Anda dapat melakukan instalasi satu plugin dengan banyak fungsi.

Jika sekarang Anda memakai banyak plugin dan bingung plugin mana saja yang akan di uninstal, maka pakailah Plugin Performance Profiler. Sehingga nantinya Anda akan tahu plugin-plugin mana saja yang tetap akan dipakai atau bahkan diganti.

2) Pakai Tema WordPress yang Ringan, Cepat, dan Asli

Ketika memilih tema untuk WordPress, jangan hanya lihat dari tampilannya saja. Anda sebaiknya memilih tema yang tak terlalu berat. Sehingga saat diakses tak memperberat load website Anda. Sangat disayangkan jika pengunjung belum sempat memperoleh informasi penting website Anda dikarenakan tema yang terlalu berat. Di samping itu, sebaiknya Anda memakai tema WordPress premium yang mendukung SEO. Hal ini dilakukan supaya lebih disenangi mesin pencari dan lebih diutamakan oleh mesin pencari seperti Google.

Solusi Lainnya

Dari poin penyebab website lambat loadingnya selain plugin dan tema masih ada yang lain. Berikut tips untuk meningkatkan kecepatan website dari poin penyebab mengapa website lambat yaitu :

1. Solusi dari segi Server

  • Pilih Server yang Paling Dekat dengan Visitor
  • Pilih Hosting dengan Server Performa Tinggi
  • Gunakan CDN

2. Solusi dari segi Resource

  • Optimasi ukuran gambar
  • Aktifkan Gzip Compression
  • Gunakan embed untuk video
  • Minify CSS, Javascript, dan HTML
  • Optimasi database website (WordPress)
  • Aktifkan Caching
  • Lakukan Leverage Browser Caching
  • Disable Hotlink Website
  • Meletakkan CSS pada Header dan JS di Footer
  • Mengaktifkan HTTP Keep-Alive

3. Solusi dari segi Konfigurasi

  • Disable Trackback dan Pingback
  • Batasi Postingan per Halaman
  • Perbaiki Broken Link
  • Turunkan Query Database
  • Hapus Query String dari Sumber Statis
  • Selalu Gunakan WordPress Versi Terbaru
  • Meminimalkan Redirect
  • Batasi Revisi
  • Aktifkan Google AMP

Demikian info seputar Penyebab Website Lambat Loadingnya yang Harus Anda Tahu, kami harap post ini mencerahkan Anda. Tolong post ini diviralkan biar semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Referensi:

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

22793

Leave a Reply

Situs Penerima PPC
Situs Penerima PPC beserta Syarat dan Ketentuannya
Mendapatkan Income dari Program PPC
Mendapatkan Income dari Program PPC untuk Website
Cara Mendaftarkan Website ke UpToPromo
Cara Mendaftarkan Website ke UpToPromo
Cara Mendapatkan Income dari UpToPromo
Cara Mendapatkan Income dari UpToPromo
cPanel Domain Hosting Landing Page Masalah Website Website WordPress
Strategi Memilih Nama Domain
Strategi Memilih Nama Domain yang Tepat
Meningkatkan Keamanan WordPress
Tips Ampuh Meningkatkan Keamanan WordPress
Membuat Landing Page
Cara Membuat Landing Page yang Menarik dan Efektif

DM Lainnya

Cafebisnis Pakarbot Ratakan

Jasa dan Pelatihan

Jasa Digital Jasa Lainnya Pelatihan

Theme

Kentooz Oketheme Theme Lainnya

Webhosting

Hosting Bisnis Hosting Personal Hosting Ternak Web
Pengenalan SEO Riset Keyword SEO Off Page SEO On Page Technical SEO Tips SEO Tools Google
Optimasi Internal Link
Panduan Optimasi Internal Link Lengkap pada Website
Link Dofollow dan Nofollow
Cara Membuat Link Dofollow dan Nofollow di Website
Backlink Berkualitas
Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas Bagus untuk Website
Tutorial Litespeed Cache
Tutorial Litespeed Cache untuk Mempercepat Website
Cara Membuat Form Kontak di Website
Cara Membuat Form Kontak di Website 100% Mudah Dilakukan
Cara Menangani Komentar SPAM di Website
Cara Menangani Komentar SPAM di Website 100% Ampuh
Pengaturan CloudFlare di Website
Pengaturan CloudFlare di Website dengan Plugin