Penyebab Loading WordPress Lambat yang Sering Terjadi

Topik kita kali ini ialah Penyebab Loading WordPress Lambat yang Sering Terjadi. Pada saat memutuskan untuk menggunakan hosting website sendiri, maka Anda harus siap dengan sejumlah permasalahan yang nantinya akan muncul. Masalah-masalah itu bisa beragam, salah satunya yang sering terjadi adalah loading WordPress lambat. Hal itu dikarenakan web tersebut sepenuhnya ada dalam kontrol Anda sendiri.

Penyebab Loading WordPress Lambat

Masalah ini merupakan masalah yang umum terjadi. Jadi jangan khawatir karena bukan hanya Anda yang mengalami masalah ini. Bagi yang mungkin pernah mengalami hal ini maka Anda perlu mengetahui apa yang menjadi penyebab loading WordPress lambat.

Penyebab Loading WordPress Lambat

Dari sekian banyak hal yang bisa membuat loading WordPress lambat, berikut ini penyebab utama yang sering terjadi.

1. Performa Server Tidak Maksimal

Memilih layanan hosting yang tepat merupakan faktor vital dalam kualitas kecepatan website Anda. Sebab salah satu faktor kecepatan website Anda adalah kualitas web server yang digunakan oleh penyedia layanan hosting yang Anda pilih. Terdapat berbagai jenis web server dan setiap server berbeda- beda kualitasnya. Beberapa di antaranya adalah

  • Apache,
  • Nginx,
  • IIS (Microsoft),
  • Google Web Server (GWS), dan
  • LiteSpeed Web Server.

Untuk saat ini, performa web server terbaik adalah LiteSpeed Web Server. Selain itu, Anda juga perlu mempertimbangkan lokasi server dari penyedia hosting. Semakin jauh lokasi server dari target pengunjung Anda, kemungkinan lebih lambat pula kecepatan website yang dihasilkan.

2. Kurangnya Optimasi Konten dan File Website

Agar website bisa diakses secara online, Anda perlu menyimpan berbagai macam file seperti CSS, HTML, Javascript di disk space yang disediakan layanan hosting. Jika tidak dikelola secara maksimal, file-file tersebut bisa memberatkan website Anda dan berpengaruh pada kecepatan website.

Begitu juga dengan file-file seperti gambar dan video. Sebuah website atau blog tentu terasa kosong tanpa adanya konten-konten seperti gambar, foto, ilustrasi, infografik, atau video. Menggunakan konten-konten tersebut sah-sah saja, bahkan sangat disarankan untuk meningkatkan kualitas pengalaman pengunjung. Akan tetapi, konten-konten tersebut bisa menjadi masalah untuk kecepatan website jika tidak dioptimasi.

3. Konfigurasi atau Pengaturan Bermasalah

Konfigurasi atau pengaturan yang Anda terapkan di WordPress pun bisa mempengaruhi kecepatan website Anda. Anda tidak bisa serta merta menggunakan pengaturan default dari WordPress. Sebab konfigurasi default WordPress adalah konfigurasi dasar sehingga Anda perlu melakukan beberapa perubahan dan modifikasi untuk meningkatkan kecepatan website atau blog Anda.

Beberapa konfigurasi yang perlu diubah adalah pengaturan update tema dan plugin, pengaturan login, pengaturan batasan konten per halaman, pengelolaan link, pengelolaan database, hingga pengaturan optimasi di perangkat mobile.

4. Banyak Plugin dan Tema Tidak Terpakai

Di awal pembuatan website, mungkin Anda sering asal memasang plugin atau tema untuk percobaan. Bisa jadi Anda memasang beberapa plugin yang memiliki fungsi serupa. Bahkan terkadang beberapa orang memasang plugin tanpa tahu apa fungsi plugin tersebut. Plugin-plugin yang tidak terpakai ini menjadi beban untuk resource hosting yang bisa menyebabkan menurunnya kecepatan website.

Begitu juga dengan tema tidak terpakai. Setelah mencoba belasan atau bahkan puluhan tema WordPress, pada akhirnya Anda hanya memasang satu tema, bukan? Tema-tema WordPress yang tidak terpakai akan menjadi beban untuk resource hosting yang juga berakibat pada kecepatan website yang menurun. Meskipun terlihat sepele, plugin dan tema yang tidak digunakan bisa mempengaruhi kecepatan website Anda.

Demikian info seputar Penyebab Loading WordPress Lambat yang Sering Terjadi, kami harap post ini mencerahkan Anda. Tolong post ini diviralkan biar semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Referensi:

Leave a Reply