Pengertian WordPress dan Aspek Lainnya

Kali ini kami akan ulas perihal pengertian wordpress dan aspek lainnya. Tidak dapat dipungkiri bahwa WordPress merupakan platform atau Content Management System (CMS) untuk website yang paling populer di dunia. Tidak hanya website sederhana saja yang menggunakan WordPress. Banyak juga website perusahaan korporat dan media internasional yang turut menggunakan WordPress.

Pengertian WordPress

Bukan lantas Anda ikut-ikutan seperti orang lain dengan menggunakan WordPress. Hanya saja popularitas ini memang dapat menjadi keuntungan tersendiri bagi Anda. Popularitas, dalam hal ini banyaknya pengguna, menjanjikan komunitas sesama pengguna yang aktif. Jika sewaktu-waktu mengalami permasalahan terkait website WordPress, Anda dapat mencari solusi dari banyak pengguna lain yang mungkin pernah mengalami permasalahan yang sama.

Pengertian WordPress

WordPress adalah platform atau CMS pembuatan website yang saat ini banyak dipakai oleh para web master. WordPress merupakan software yang bersifat open source. Artinya WordPress bisa digunakan secara gratis dan bebas untuk dimodifikasi oleh siapa saja.

WordPress dibuat dengan bahasa pemrograman PHP dan basis data (database) MySQL. Selain digunakan untuk nge-blog, WordPress juga mulai digunakan untuk sebuah CMS. Karena kemampuannya untuk dimodifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya sangatlah mudah.

Sejarah Singkat WordPress

WordPress diciptakan pada tahun 2003 oleh dua programmer yaitu Matt Mullenweg dan Mike Little. Sejarah WordPress berawal dari inisiatif mereka untuk membuat software yang sama seperti yang dulu mereka gunakan. Yakni sebuah software blogging b2/cafeblog yang sudah ditutup.

Mengenai pengertian wordpress dan manfaatnya, wordpress merupakan jenis open source software. Menyediakan plugin sehingga pengguna dapat lebih mudah untuk menggunakan dan menambah fitur di dalam website. CMS ini dapat digunakan siapa saja secara gratis dan pengguna pun bebas untuk melakukan modifikasi di dalamnya.

Mengapa harus Menggunakan WordPress?

Berikut beberapa alasan kenapa Anda harus menggunakan CMS WordPress :

  1. Ramah untuk Pemula dan Ahli
  2. Komunitas Besar
  3. Tersedia banyak tutorial
  4. Plugin melimpah
  5. Tema beragam

Keunggulan WordPress

Berikut ini beberapa kelebihan dari WordPress :

  • Mudah digunakan dan dimodifikasi
  • CMS dengan penggu yang paling banyak
  • Tersedia banyak plugin
  • Tersedia banyak theme gratisan dan beragam
  • Ada banyak tutorial

Kekurangan WordPress

Berikut ini beberapa kelebihan dari WordPress :

  • Keamanan website yang kurang terjamin
  • Terdapat berbagai bug dari pihak ketiga
  • Loading page yang lama

Sekian informasi terkait dengan pengertian wordpress dan aspek lainnya, kami harap post ini bermanfaat buat sahabat semua. Mohon post ini dishare biar semakin banyak yang memperoleh manfaat.

Referensi:

Leave a Reply