Pengertian Website menurut Para Ahli atau Pakar

Pembahasan kita kali ini yaitu Pengertian Website menurut Para Ahli atau Pakar. Apa itu website atau situs? Website adalah adalah salah satu layanan yang didapat oleh pemakai computer yang terhubung ke internet. Website menyediakan informasi bagi pemakai computer yang terhubung ke internet.

Pengertian Website menurut Para Ahli

Informasi yang dapat diperoleh dari suatu website yaitu mulai dari sekedar info sampah sampai info serius. Informasi sampai yakni info yang tidak berguna sama sekali. Atau dari informasi yang gratisan sampai informasi yang komersial.

Pengertian lain dari website yaitu kumpulan halaman-halaman yang saling terhubung dan dipakai untuk menampilkan suatu informasi. Informasi dalam suatu website di antaranya berupa :

  • teks,
  • gambar diam atau gerak,
  • animasi,
  • suara, dan atau
  • gabungan dari semuanya

Informasi tersebut juga bisa bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait. Dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman (hyperlink). Semua informasi tersebut disimpan pada server hosting.

Pengertian Website menurut Para Ahli

Definisi dari website atau web menurut para ahli yaitu sebagai berikut :

  1. Suwanto Raharjo S.Si, M.Kom. Website adalah salah satu layanan dari internet yang paling banyak dipakai dibanding dengan layanan lain. Seperti ftp, gopher, news atau bahkan email.
  2. Wahana Komputer. Website yaitu formulir komunikasi interaktif yang dipakai pada suatu jaringan komputer.
  3. Taufiq Hidayatullah. Website ialah bagian paling terlihat sebagai jaringan paling besar dunia, yaitu intrenet.
  4. Haer Talib. Website yakni suatu tempat di internet yang memiliki nama dan alamat.
  5. Boone (Thomson). Website merupakan koleksi sumber informasi seperti grafis yang saling berkaitan satu sama lain dalam internet yang lebih besar.
  6. Feri Indayudha. Website ialah suatu program yang bisa memuat film, gambar, suara, serta musik dan ditampilkan dalam internet.
  7. Yuhefizar. Website yaitu suatu metode buat menampilan informasi di internet. Informasi ini baik berupa teks, gambar, suara maupun video yang interaktif. Dan juga memiliki kelebihan buat menghubungkan (link) satu dokumen dengan dokumen lainnya (hypertext). Web bisa diakses lewat sebuah browser.
Tipe Website

Website punya dua jenis type, yaitu statis dan dinamis.

  • Web bersifat statis jika isi informasinya tetap, jarang berubah, dan isi infonya searah cuma dari owner saja. Dalam sisi pengembangannya, website statis cuma dapat diupdate oleh owner atau pemiliknya saja. Contohnya : profil perusahaan.
  • Web bersifat dinamis jika isi informasinya selalu berubah-ubah, dan isi infonya interaktif dua arah berasal dari owner serta pengguna. Dalam sisi pengembangannya, website dinamis dapat diupdate oleh pengguna ataupun owner atau pemilik. Misalnya Friendster, Multiply, dll.

Sekian informasi mengenai pengertian website menurut para ahli atau pakar, kami harap postingan kali ini mencerahkan Anda. Tolong postingan ini dishare supaya semakin banyak yang memperoleh manfaat.

Referensi:

Leave a Reply