Pelatihan dan Jasa Online Digital Marketing Kami

bannerlbo

Kali ini kami akan ulas terkait dengan Pelatihan dan Jasa Online Digital Marketing Kami. Teknologi berkembang semakin pesat sehingga banyak hal bisa dilakukan dengan lebih cepat dan serba otomatis. Salah satunya, kegiatan marketing. Tak perlu lagi upaya pemasaran secara door-to-door. Selain repot dan butuh biaya besar, langkah pemasaran seperti bisa dikatakan ketinggalan zaman.

Pelatihan dan Jasa Online Digital Marketing

Aktivitas Marketing

Sekarang adalah era digital marketing (DM) atau pemasaran digital. Apapun jenis produk yang Anda jual dan skala bisnis yang ingin dibangun, pemasaran digital harus mampu dikuasai dengan baik. Terutama, bagi pebisnis pemula. Ingin penetrasi ke pasar lokal? Bisa. Mau menembus pasar internasional? Boleh.

Digital atau internet marketing memungkinkan Anda untuk mendobrak semua batas jarak dan waktu untuk dapat memasarkan produk kemanapun, kapanpun. Memahami DM untuk mendukung kemajuan bisnis merupakan sebuah keharusan. Jika pengetahuan internet marketing (IM) Anda perlu dikembangkan, tak perlu khawatir. Anda berada di tempat yang tepat.

Infografis Hasil Survey

Jumlah pengguna internet tahun 2016 yaitu 132,7 juta pengguna. Ini merupakan pasar yang sangat potensial untuk Anda sasar via digital. Berikut beberapa hasil survey dari komposisi pengguna internet yang ada di Indonesia :

Berdasarkan usia

  • Usia 10 – 24 tahun sebesar 18,4% atau 24,4 juta.
  • Usia 25 – 34 tahun sebesar 24,4% atau 32,3 juta.
  • Usia 35 – 44 tahun sebesar 29,2% atau 38,7 juta.
  • Usia 45 – 54 tahun sebesar 18% atau 23,8 juta.
  • Usia 55 tahun ke atas sebesar 10% atau 13,2 juta.

Berdasarkan pekerjaan

  • Pekerja / wiraswasta sebesar 62% atau 82,2 juta.
  • Ibu Rumah Tangga (IRT) sebesar 16,6% atau 22 juta.
  • Mahasiswa sebesar 7,8% atau 10,3 juta.
  • Pelajar sebesar 6,3% atau 8,3 juta.
  • Lainnya sebesar 0,6% atau 796 ribu.

Berdasarkan jenis kelamin

  • Pria sebesar 52,5%
  • Wanita sebesar 47,5%

Berdasarkan wilayah

  • Sumatra sebesar 16,7% atau 20.752.185 orang.
  • Jawa sebesar 65% atau 86.339.350 orang.
  • Bali dan Nusa sebesar 4,7% atau 6.148.796 orang.
  • Kalimantan sebesar 5,8% atau 7.685.992 orang.
  • Sulawesi sebesar 6,3% atau 8.454.592 orang.
  • Maluku dan Papua sebesar 2,5% atau 3.330.596 orang.
Apa Itu Digital Marketing?

Di atas sudah ada sedikit penjelasan tentang pemasaran digital. Tapi, Anda mungkin akan bertanya, Apa digital atau internet marketing itu? Dan apa manfaatnya untuk usaha Saya?”

Digital Marketing adalah suatu usaha dalam memprosikan sebuah produk dengan menggunakan media digital. Sehingga dapat proses pemasaran produk ini bisa menjangkau konsumen secara tepat waktu, pribadi dan relevan.

Kenyataannya memang demikian. Hampir semua bisnis sudah menggunakan DM. Mulai dari bisnis besar hingga bisnis kecil. Terutama bagi bisnis kecil, digital marketing sangat membantu dalam menjangkau target pemasaran yang lebih luas dengan biaya yang terjangkau.

Contohnya, dulu Anda hanya bisa melakukan promosi dengan memasang papan reklame di berbagai tempat atau iklan di TV dengan biaya mahal. Kini, dengan pemasaran digital, Anda bisa promosi produk lewat website, media sosial, email dan lainnya. Secara biaya relatif lebih murah, namun jangkauan targetnya cukup luas.

Kenapa Pemasaran Digital Itu Penting?

Itulah sekilas tentang digital marketing atau pemasaran digital. Apakah Anda masih ragu untuk menggunakan DM untuk memasarkan produk Anda? Inilah beberapa alasan yang dapat meyakinkan Anda:

a. Hampir Semua Bisnis Menggunakannya

Ada sebuah fakta menarik di mana cuma 1 dari 5 UKM belum memakai digital marketing. Jangan sampai itu adalah bisnis Anda, ya? Sebab, jika semua kompetitor Anda sudah menggunakan digital atau internet marketing dan mampu menjangkau pasar lebih baik, Anda akan ketinggalan.

Oleh sebab itu, bila bisnis Anda memang belum memakai strategi digital atau internet marketing, sekaranglah waktu yang tepat untuk memakainya. Baik untuk meningkatkan penjualan saat ini atau mengembangkan bisnis di masa mendatang, strategi ini layak Anda terapkan.

b. Biayanya Lebih Murah

Digital marketing merupakan strategi pemasaran yang hemat biaya. Bahkan, bisa saja gratis. Yang pasti, Anda tak perlu membeli/menyewa peralatan yang rumit ketika menggunakan digital atau internet marketing. Selain itu, tak perlu pusing memikirkan biaya tambahan seperti ongkos pengurusan perizinan pemasangan reklame.

Cukup menggunakan komputer atau ponsel, Anda sudah bisa promosi melalui website atau media sosial. Jika ingin upaya yang gratis menggunakan website, Anda bisa melakukan langkah optimasi SEO agar semakin banyak pengunjung yang datang ke website Anda. Apabila memiliki budget khusus, Anda bisa memasang iklan di mesin pencari menggunakan strategi SEM dan jasa pemasangan banner website.

c. Hasilnya Lebih Efektif

Anda bisa menjangkau target pemasaran dengan lebih tepat dengan digital marketing. Salah satu alasannya karena upaya DM cocok dengan kebiasaan konsumen saat ini. Di Indonesia, pengguna internet menghabiskan hampir 8 jam waktu mereka untuk online. Plus, 3 jam tiap hari untuk mengakses media sosial.

Jika Anda memasarkan produk secara online, tentu akan menjangkau calon konsumen lebih mudah, langsung di gadget mereka. Di samping itu, Anda dapat menjalin komunikasi 2 arah dengan calon konsumen, apapun platform yang dipakai. Bisa dengan berbalas komentar atau sharing dan like.

Kedekatan inilah yang bisa menimbulkan kepercayaan para calon konsumen untuk membeli produk Anda. Faktanya, sebuah bisnis mampu meningkatkan revenue hingga lebih dari $1juta setelah secara aktif memasarkan produk dengan digital marketing. Untuk memasarkan produk agar lebih efektif ke seluruh kota di Indonesia Anda bisa juga menggunakan jasa pembuatan artikel LBO.

d. Hasilnya Lebih Terukur

Sangat penting untuk Anda mengetahui tingkat keberhasilan suatu program pemasaran. Dan, digital marketing merupakan strategi pemasaran yang dapat diukur (measurable). Di mana setiap pelaksanaan program pemasaran digital dimulai dari data yang dimasukkan ke dalam sistem. Mulai dari tujuan, biaya, durasi dan lainnya. Lalu, saat program tersebut berjalan, Anda bisa langsung melakukan monitoring.

Dengan mencatat prosentase keberhasilan atau kegagalan suatu program, Anda bisa memutuskan apakah akan melanjutkan program tersebut atau menghentikannya. Bahkan, sebelum program tersebut berakhir.

Perbedaan Marketing Dulu dan Sekarang
Digital Marketing (Sekarang)Traditional Marketing (Dulu)
Target PemasaranJangkauan luas secara online hingga ke 175 juta pengguna internet di Indonesia.Jangkauan terbatas untuk area dan channel tertentu.
BiayaLebih murah dengan pemanfaatan media dan platform digital.Lebih mahal dengan pemakaian platform konvensional. Ditambah lagi dengan pengeluaran biaya tambahan seperti perizinan.
WaktuBebas menentukan pelaksanaan program pemasaran kapan saja dan berapa lama.Proses lebih lama karena banyak pihak yang terlibat. Dan harus antri untuk mendapatkan spot iklan terbaik.
KomunikasiKomunikasi dapat berjalan 2 arah sehingga lebih bisa meningkatkan engagement.Komunikasi cuma bersifat 1 arah sehingga susah memperoleh feedback.

Mengapa Anda Memerlukan Website di Era Digital

Persiapan Sebelum Memulai Strategi Pemasaran Digital

Digital marketing merupakan strategi pemasaran yang dapat digunakan untuk jangka panjang. Begitu juga bila Anda order pelatihan dan jasa online kami, efeknya bukan cuma untuk saat ini tapi juga untuk masa depan. Misalnya jasa backlink berkualitas kami, yang efeknya tetap ada selama website kami hidup.

Selain itu, strategi ini juga bisa memanfaatkan berbagai platform bersamaan agar memberikan hasil yang optimal. Oleh karena itu, melakukan persiapan dengan tepat bisa dikatakan hal paling penting sebelum strategi digital marketing dijalankan. Inilah persiapan yang harus Anda lakukan.

a. Buat Akun Sosial Media Resmi

Peran sosial media untuk bisnis tentu berbeda dengan pemakaian untuk keperluan pribadi. Oleh sebab itu, Anda harus siapkan akun media sosial resmi untuk bisnis. Bisa Facebook, Twitter, Instagram dan lainnya.

Tujuan membuat akun bisnis di media sosial antara lain:

  • Memperluas jangkauan pemasaran produk.
  • Mendapatkan pelanggan baru.
  • Meningkatkan kunjungan ke website resmi.
  • Membangun branding.

Namun, perlu diingat bahwa upaya pemasaran melalui media sosial membutuhkan effort yang tinggi. Oleh karena itu, Anda harus mampu memilih platform yang paling efektif untuk mencapai empat tujuan di atas.

Teknik Bulls Eye

Untuk memudahkan Anda menentukan pilihan, gunakanlah Teknik Bulls Eye. Inilah beberapa tahapan dalam memilih platform media sosial untuk digital marketing (Teknik Bulls Eye)

  1. Brainstorming => Buat daftar platform media sosial yang bisa digunakan.
  2. Rank => Buat urutan manakah platform yang paling potensial untuk melakukan pemasaran sesuai bisnis Anda.
  3. Prioritize => Gunakan platform yang paling menjanjikan untuk bisnis Anda.
  4. Test => Lakukan ujicoba program pemasaran digital pada platform tersebut.
  5. Focus => Arahkan semua kegiatan digital atau internet marketing Anda dengan platform tersebut jika terbukti berhasil dalam upaya pemasaran.
b. Buat WA Resmi

84% masyarakat Indonesia menggunakan WhatsApp dengan intensitas penggunaan cukup tinggi. Dengan menggunakan WhatsApp sebagai media pemasaran online, Anda bisa menjangkau lebih banyak orang. Oleh karena itu, pastikan untuk membuat akun WhatsApp Bisnis resmi dulu.

Kelebihan dari penggunaan WhatsApp bisnis antara lain:

  • Dapat menampilkan profil bisnis sehingga tampak lebih profesional.
  • Memiliki fitur katalog yang berguna untuk memajang produk.
  • Dilengkapi dengan statistik dan label pesan untuk memudahkan monitoring.

Untuk memiliki akun WhatsApp bisnis, Anda bisa mendownload aplikasinya terlebih dahulu. Lalu, memasukkan nomor telepon dan melengkapi profil bisnis Anda.

c. Buat Google Bisnisku

Google Bisnisku merupakan layanan gratis dari Google buat menampilkan profil bisnis Anda. Layanan ini sangat bermanfaat bagi konsumen untuk bisa menemukan bisnis Anda dengan sangat mudah. Misalnya, informasi alamat, nomor telepon, jam operasional dan lainnya. Membuat Google Bisnisku sangat penting untuk menunjang visibilitas bisnis Anda secara online. Artinya, makin mudah bagi brand bisnis Anda buat dikenal oleh masyarakat.

Anda bisa juga mendapatkan review positif dari pelanggan melalui Google Bisnisku. Hal ini tentu akan menunjukkan reputasi baik bisnis Anda serta menjadi sarana promosi langsung tentang produk Anda.

Yang tidak kalah penting, Anda bisa menggunakan Google Bisnisku untuk melakukan analisa pelanggan. Misalnya seberapa besar interaksi pelanggan dengan Google Bisnisku Anda dan perbandingannya dengan kompetitor. Menariknya, membuat Google Bisnisku cukup mudah bahkan untuk pemula sekalipun.

d. Buat Website

“Kenapa harus membuat website jika sudah punya media sosial?” Pertanyaan ini memang kerap diajukan. Jawabannya sederhana, website adalah kunci kesuksesan bisnis online. Faktanya, 56% konsumen lebih percaya kepada bisnis yang memiliki website. Maka, bila tak punya website Anda akan kehilangan kesempatan menjangkau lebih banyak calon konsumen potensial.

Lebih dari itu, website juga dapat mendukung strategi digital marketing lain dengan lebih efektif. Kenapa efektif?

  • Sebuah website dapat diakses selama 24 jam penuh sehingga upaya pemasaran dapat terus berjalan.
  • Anda bisa mengontrol konten promosi yang akan ditampilkan. Ketiga, Anda tak boleh ketinggalan dari kompetitor yang juga sudah memiliki website.

Menariknya, membuat website tidak perlu kemampuan coding sama sekali. Cukup dengan beberapa langkah mudah, website Anda sudah siap online. Anda bisa membuat sendiri atau bisa order jasa pembuatan website profesional ke kami.

Membangun Website Sebagai Strategi Digital Marketing Terbaik

Digital marketing adalah upaya pemasaran terbaik saat ini. Satu hal yang sangat dasar dan penting adalah memiliki website untuk bisnis Anda. Kenapa strategi pemasaran digital harus tergantung adanya website?

Website adalah media utama bagi calon konsumen untuk melakukan pembelian produk. Ketika menggunakan email, Anda akan mengarahkan konsumen ke website. Saat menggunakan SEM, Anda juga menautkannya ke landing page website. Dan seterusnya.

Di website itulah, konsumen akan melakukan pembelian produk mereka yang pertama dan berikutnya. Untungnya, membuat website itu mudah. Anda hanya membutuhkan domain dan hosting untuk bisa online. Namun Anda harus cari domain dan hosting berkualitas untuk website Anda.

e. Buat Emal Resmi

Email masih menjadi channel digital marketing yang efektif. Jadi, jangan pandang sebelah mata dan siapkan email resmi untuk website Anda. Apa yang dimaksud email resmi?

Email yang menggunakan nama domain bisnis Anda, bukan yang menggunakan platform gratis seperti Gmail. Contohnya, gunakanlah email admin@pijarrabbani.com bukan pijarrabbani @gmail.com.

Membuat email resmi cukup mudah tapi manfaatnya sangat besar. Alasannya, email resmi terlihat lebih profesional tapi tidak meninggalkan kesan personal. Menurut sebuah penelitian, email bahkan mampu menjaring konsumen lebih banyak dibanding media sosial. Menyiapkan email bisnis akan memudahkan Anda untuk melaksanakan program pemasaran dengan berbagai strategi yang berbeda.

f. Buat Buyer Persona

Siapa target pemasaran Anda? Apakah semua orang? Kenyataannya, meskipun produk Anda cocok digunakan siapa saja, menetapkan target pemasaran yang lebih spesifik jauh lebih efektif dan hemat biaya.

Oleh karena itu, penting untuk membuat buyer persona sebelum menjalankan program pemasaran Anda. Buyer persona adalah profil representasi dari konsumen Anda yang memiliki ciri khusus berdasarkan demografi, lokasi penjualan, tingkah laku dan daya beli. Membuat buyer persona bisa membantu Anda dalam menyesuaikan jenis produk yang dijual dan konten promosi yang dibuat serta platform media promosi yang akan digunakan.

Buyer persona juga dapat membantu Anda dalam menciptakan interaksi yang sesuai dengan tipe konsumen ketika melakukan penjualan. Hal ini penting sebagai strategi untuk menjaring konsumen baru sekaligus mempertahankan pelanggan existing.

Untuk membuat buyer persona, Anda perlu melakukan beberapa langkah berikut:

  • Melakukan riset.
  • Mengenali masalah pelanggan.
  • Memahami customer goals.
  • Mengetahui solusi permasalahan.
  • Melakukan pengelompokan.
g. Belajar Copywriting

Apa yang paling penting dalam kegiatan pemasaran? Kemampuan meyakinkan konsumen untuk membeli produk. Itulah pentingnya belajar copywriting dalam menunjang keberhasilan upaya digital marketing.

Copywriting adalah teknik menulis materi promosi yang dapat membujuk calon konsumen untuk melakukan pembelian produk. Tak heran keahlian ini sering disebut “menjual dengan tulisan”. Sebagus apapun produk yang Anda ciptakan, jika tidak mampu membuat calon konsumen tertarik membeli atau mencoba, langkah pemasaran Anda bisa terancam gagal.

Itu gambaran secara umum. Lebih spesifik, ketidakmampuan membuat copy yang baik akan membuat Anda:

  • Mendapatkan trafik website yang rendah.
  • Postingan media sosial Anda sepi komentar.
  • Artikel blog Anda tidak pernah dibagikan ke orang lain.
  • Ebook Anda tidak banyak diminati pengunjung.

Untungnya, belajar copywriting tidaklah sulit. Anda bisa belajar bersama komunitas digital marketing SB1M. Selain itu berikut beberapa langkah utama yang bisa Anda lakukan yaitu :

  • Mempelajari produk Anda dengan baik.
  • Memahami kebutuhan pelanggan.
  • Membuat judul yang catchy.
  • Menciptakan artikel yang berkualitas.

Kunci Pemasaran Digital

Ada 3 kunci dalam kegiatan digital marketing yaitu :

1. Traffic

Barang siapa yang menguasai sumber traffic, maka mereka akan mudah menguasai pasar. Sumber trafik terbaik adalah yang menghasilkan. Trafik andalan di antaranya chat, sosmed, SEO, database, dan marketplace. Ada 3 kategori trafik yaitu :

  • trafik yang tidak bisa dikendalikan
  • trafik yang bisa dikendalikan
  • trafik milik sendiri

Contoh Traffic dulu

  • Brosur
  • Voucher
  • Poster
  • Baliho
  • Spanduk
  • Umbul-umbul
  • TV
  • Radio
  • Koran
  • Booth
  • Outlet
  • SPG

Contoh traffic sekarang

  • FB Ads
  • Adword
  • Email list
  • Web
  • Blog
  • Marketplace
  • Affiliate
  • Forum
  • Endorse
  • Viral share
  • dll

Traffic Temperatur

Beda kondisi, beda perlakuan. Berikut 3 trafik temperatur :

  • Cold
  • Warm
  • Hot

2. Conversion

Konversi yang bagus menghilangkan kesia-siaan trafik yang datang. 5 hal yang harus Anda lakukan yaitu :

  • Berikan sesuatu yang tidak diberikan pesaing.
  • Berikan penawaran yang sulit ditolak.
  • Berikan sesuatu yang berjangka waktu (Limited Offer).
  • Buat konsumen merasa “rugi” kalau tidak beli lagi.
  • Berikan penawaran yang lebih atau tidak diberikan pesaing.

Selain hal di atas Anda juga harus melakukan hal berikut sehingga menjadi pemicu konversi yang tinggi :

  • Gambar ngilerin
  • Copywriting ciamik
  • Nggak ribet
  • Ada insentif (free, diskon, voucher)
  • Limited Offer

3. Relationship

Tinggalkan cinta di hatinya itulah kesan yang harus Anda tanam dalam aktivitas marketing. Salah satunya adalah jaringan.

Database yang wajib dibangun

  • Email list
  • Nomor handphone
  • Pixel FB

Database yang sunnah dibangun

  • Group Facebook
  • Group Whatsapp
  • Group Telegram
  • Group Line
  • Channel Telegram

Pelatihan dan Jasa Online Digital Marketing Kami

Produk apa yang pasti laris? Banyak pebisnis online yang mengotak-atik strategi penjualan agar omsetnya naik drastis. Padahal akar permasalahan terbesarnya terletak pada produknya yang tidak layak jual. Tipsnya adalah fokuslah hanya menjual produk yang benar-benar diingini, dibutuhkan dan atau dapat memecahkan permasalahan market.

Data survey di atas bisa Anda jadikan sebagai data calon prospek dan pelanggan. Jangan sampai Anda sia-siakan besarnya market yang bisa Anda raih. Oleh karena itu kami menawarkan beberapa produk kami yang bisa digunakan untuk meningkatkan omset bisnis yaitu pelatihan dan jasa online.

Pelatihan DM

Kami memiliki beberapa produk ecourse dan pelatihan / workshop yang akan membantu meningkatkan pengetahuan dan wawasan dunia pemasaran digital. Berikut daftarnya :

  1. Komunitas Digital Marketing SB1M
  2. Pasukan Synergy => khusus untuk bisnis Synergy Worldwide
  3. Privat FB Ads
  4. E-courses Melipatgandakan Kekayaan dengan Bisnis Property
  5. Privat dan Workshop Ternak Website
Jasa Online

Selain pelatihan kami juga punya beberapa produk jasa online dalam dunia digital marketing khususnya yang berhubungan dengan website. Berikut listnya :

  • Jasa Backlink
  • Jasa Pembuatan Artikel LBO
  • Jasa Pembuatan Website
  • Jasa Pasang Banner Iklan

jasa pasang iklan di website sesuai kebutuhan

Produk Digital

Selain pelatihan dan jasa online di atas, kami juga punya beberapa produk berkualitas, yaitu :

a. Sewa Hosting untuk Website

  • Dewaweb
  • DewaBiz
  • NiagaHoster
  • JogjaHost
  • Hoster

b. Theme dan Plugin Website

  • Plugin PGP
  • Plugin WP Affiliasi
  • Lapax Theme
  • dll

Ingat pemasaran digital jangan dipersulit. Buat segala sesuatunya jadi terasa mudah dengan order pelatihan dan jasa online digital marketing. Pelajari ilmunya lebih dalam di pelatihan-pelatihan di atas. Dan order juga jasa online kami silakan hubungi kami di 0895-3772-97046.

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

22793

No Responses