Panduan Setting Rank Math untuk Optimasi SEO Website

Program Smart

Pembahasan kita sekarang yakni panduan setting rank math untuk optimasi SEO website. Rank Math adalah salah satu plugin wordpress SEO gratis yang banyak digunakan webmaster. Plugin ini bisa dikatakan pendatang baru, tapi sudah digunakan oleh banyak webmaster.

Setting Rank Math

Cara Setting Rank Math

Untuk pengaturan Anda harus instal dan aktifkan plugin SEO Rank Math terlebih dahulu. Selanjutnya Anda bisa setting Rank Math seperti di bawah ini :

A. Pengaturan Wizard

Setelah plugin di-aktifkan, selanjutnya adalah melakukan setting Rank Math menggunakan “Setup Wizard”. Saat Anda mengaktifkan plugin ini pertama kali secara otomatis akan diarahkan ke setup wizard ini, tapi bisa juga melalui dasbor. Jika melalui dasbor caranya Pilih Rank Math >> Dasbor >> Panduan Pengaturan.

Ada beberapa tahapan / menu dalam pengaturan Wizard

1. Mulai

Akan ada tampilan pilihan setting yang terdiri dari 3 pilihan yaitu

  • Mudah (Easy)
  • Tingkat Lanjut (Advanced)
  • Mode Khusus (Custom Mode)

Untuk yang masih pemula, silahkan pilih Easy saja. Namun bila ingin fitur yang lebih bisa pilih Advanced. Setelah itu klik “Mulai Panduan” atau “Start Wizard”.

2. Situs Anda

Silahkan pilih jenis blog yang Anda miliki pada setting Rank Math. Kami biasanya pilih personal blog saja. Kecuali kalau Anda bikin website jenis lain, silahkan pilih yang sesuai. Bila dibutuhkan, bisa isi pula logo dan default image buat share medsos. Gunakan ukuran yang sesuai. Selanjutnya klik tombol Simpan dan Lanjutkan.

3. Analitik

Lalu Anda diminta untuk menghubungkan website dengan akun Rank Math. Langkah ini bisa Anda skip bila belum atau tidak punya akun Rank Math. Kemudian klik tombol Simpan dan Lanjutkan.

4. Peta Situs (Sitemaps)

Selanjutnya akan ke menu Peta Situs, ini merupakan hal paling penting pada setting Rank Math SEO. Pada menu ini biarkan saja pengaturannya default, yaitu :

  • Peta Situs (Sitemaps) – ON
  • Sertakan Gambar (Include Images) – ON
  • Jenis Posting Publik (Public Post Types) – ON (pos dan laman)
  • Taksonomi Publik (Public Taxonomies) – ON (kategori)

Lalu klik tombol Simpan dan Lanjutkan.

5. Optimasi

Selanjutnya di menu Optimasi biarkan saja pengaturannya default, yaitu

  • Noindex Kategori Kosong dan Arsip Tag – ON
  • Nofollow Tautan Eksternal – OFF
  • Buka Tautan Eksternal di Tab/Jendela Baru – ON

Setelah setting Rank Math ini selesai klik tombol Simpan dan Lanjutkan.

6. Siap

Di menu ini Anda ON-kan tombol “Aktifkan pembaruan otomatis plugin” agar pluginnya secara otomatis di update. Di menu ini Anda bisa kembali ke dasbor atau ke opsi pengaturan lanjutan. Saat ini klik saja “kembali ke dasbor” karena opsi pengaturan lanjutan bisa diatur di dasbor.

Menu tambahan : Impor. Menu ini akan tampil bila sebelumnya Anda pernah menggunakan plugin SEO lainnya.

B. Pengaturan Dasbor Rank Math

Setelah menyelesaikan pengaturan wizard, kini Anda masuk ke setting Rank Math di dasbor website. Ada beberapa menu di plugin Rank Math yaitu :

a. Dasbor
  • Modul
  • Pertolongan => sambungkan dengan akun Rank Math
  • Panduan Pengaturan => Pengaturan Wizard
  • Import & Eksport => Pengaturan Status & Alat

Dasbor Rank Math

Modul-modul di atas bisa Anda matikan atau hidupkan sesuai kebutuhan. Untuk penjelasan singkat setting Rank Math bisa lihat di bawah ini.

1) Monitor 404

Modul ini fungsinya buat mencatat error 404 yang muncul di website. Error 404 bisa muncul karena halaman yang tak ada, kesalahan menulis URL, penggantian URL, dan sebagainya. Jika diaktifkan, Anda bisa melihat error yang muncul dan dengan cepat mengatasinya.

2) ACF

Modul ini diaktifkan bila Anda menggunakan plugin ACF (Advanced Custom Field).

3) AMP

Aktifkan modul ini bila Anda menggunakan plugin AMP agar setting Rank Math SEO di versi AMP juga aktif.

4) bbPres

Aktifkan plugin ini bila Anda memakai plugin Bbpress untuk bikin forum di website.

5) BuddyPress

Aktifkan jika Anda menggunakan plugin Buddypress untuk bikin forum di website.

6) SEO Gambar

Modul ini berfungsi untuk menambahkan ALT dan title tag secara otomatis ke dalam gambar di website. Alt dan title tag memang merupakan salah satu hal penting dalam SEO gambar.

7) Instant Indexing (Google dan Bing)

Setting rank math ini untuk index secara otomatis di Google dan Bing.

8) Penghitung Tautan

Fungsi modul ini untuk menampilkan jumlah tautan (link) dalam tiap artikel di website. Link disini bisa berupa internal link atau eksternal link. Jika memang diperlukan, Anda bisa aktifkan ini.

9) SEO Lokal dan Knowledge Graph

Modul ini digunakan untuk setting local SEO. Jika website Anda menjual produk di satu area tertentu, ada baiknya aktifkan modul ini. Hal ini agar website Anda lebih mudah masuk ke google local pack. Jika tidak, nonaktifkan saja.

10) Pengalihan

Fungsi modul pengalihan (redirections) yaitu untuk mengaktifkan menu redirect di Rank Math. Di menu ini, Anda dapat mengalihkan link tertentu ke link lainnya. Aktifkan modul dalam setting rank math ini jika memang diperlukan atau Anda membutuhkan fitur redirect.

11) Schema (Structured Data)

Modul ini jika diaktifkan akan menambahkan kode schema tertentu ke dalam website dan artikel Anda. Nanti Anda bisa setting otomatis, atau khusus di postingan tertentu.

12) Manajer Peran

Jika website Anda memiliki penulis yang langsung menulis di web, bisa atur disini. Anda bisa atur apakah user / penulis di website bisa melakukan setting SEO atau tidak.

13) Analisis SEO

Fitur SEO Analysis berfungsi untuk melakukan analisa SEO Onpage dari setiap postingan / artikel yang Anda buat. Jika diaktifkan, akan muncul parameter tertentu yang perlu dicapai agar artikel lebih SEO Friendly dan ramah di mata mesin pencari. Biasanya setting rank math ini harus memiliki akun lebih dulu.

14) Peta Situs

Modul peta situs (sitemaps) dipakai untuk membuat sitemap Website secara otomatis. Biasanya fitur ini akan mempercepat proses indeks dari artikel Anda nanti.

15) Google Web Stories

Gunakan modul ini hanya jika Anda menggunakan plugin Google web Stories di website.

16) WooCommerce

Aktifkan modul ini bila Anda bikin toko online dengan plugin Woocommerce. Nanti aspek SEO dari toko online Anda bisa diatur agar lebih optimal dengan rank math juga.

b. Pengaturan Umum

Berikut beberapa hal yang bisa anda setting rank math di bagian ini.

1) Tautan

a) Hapus Basis Kategori

Secara default jika Anda membuka halaman kategori di website WordPress, akan ada tambahan /category/ di URL nya. Misal di website Anda ada kategori digital. Ketika Anda buka halaman kategori tersebut, alamatnya akan berupa https://namadomain.com/category/digital/.

Kurang terlihat cantik. Bila pilihan ini diaktifkan, maka bagian /category/ secara otomatis akan dihilangkan dari URL website. Menu ini berguna bila Anda setting categori di-index oleh Google, dan dibikin jadi bagian utama website.

b) Alihkan Lampiran

Aktifkan menu pada setting rank math ini untuk redirect / mengalihkan halaman attachment image atau file lain ke artikel. Tiap kali Anda upload sesuatu di website (image, zip, pdf, dan file lainnya) secara otomatis akan dibikinkan halaman tersendiri.

Halaman ini isinya hanya file tanpa konten lain. Biasanya suka dianggap jadi thin content oleh google. Bagusnya, Anda redirect saja tiap halaman attachment ke artikel tempat upload file tersebut. Kecuali bagi pemain website wallpaper dan pakai halaman attachment, jangan aktifkan menu ini.

c) Redirect Orphan Attachments

Jika Anda upload file langsung lewat menu media di wordpress, maka si attachment file tersebut tidak memiliki induk artikel (orphan). Anda bisa setting mau di redirect ke mana disini. Saran kami biarkan default saja, redirect ke homepage.

d) Nofollow Tautan Eksternal

Aktifkan setting rank math ini agar secara otomatis memasang rel nofollow untuk tiap link web yang mengarah ke website lain. Ini sebetulnya tergantung masing-masing orang. Kami pribadi lebih memilih dimatikan, karena ini jadi salah satu indikator SEO Onpage saat ini.

e) Nofollow Tautan File Gambar

Jika diaktifkan, setiap link yang menuju ke image dari website lain akan disetting jadi nofollow. Kami sarankan non-aktifkan saja. Kemungkinan besar Anda akan upload image yang dipakai ke website sendiri. Jadi setting ini tidak diperlukan. Kecuali bila memakai gambar dari website lain dengan metode hotlink dan memberi link ke sumber gambarnya, fitur ini bisa diaktifkan.

f) Buka Tautan Eksternal di Tab / Jendela Baru

Aktifkan menu ini supaya setiap link yang ada di website, ketika di-klik akan terbuka di tab baru.

2) Breadcrumbs

bannerlbo

Yang dimaksud dengan breadcrumbs yaitu link navigasi yang suka muncul dalam artikel di website yang memakai CMS WordPress. Biasanya ada di bagian atas artikel. Contoh gambaran setting rank math tentang breadcrumbs seperti di bawah ini:

Breadcrumbs

Fungsinya untuk memudahkan navigasi visitor saat ingin melihat bagian lain di website Anda. Biasanya di theme tertentu, breadcrumbs sudah ada secara otomatis. Namun bila theme WordPress yang dipakai tak ada breadcrumbsnya dan mau menampilkannya di website maka Anda bisa aktifkan menu ini.

Sebagai catatan, nanti Anda mesti edit theme WordPress untuk memasukan kode yang disediakan. Saran kami, cek artikel di theme yang anda gunakan, sudah ada breadcrumb atau belum? Jika sudah ada tidak perlu Anda aktifkan. Dan bila Anda belum tahu cara edit theme, bisa dibiarkan juga.

bannerlbo

Jika Anda mengerti cara memasukan kode ke theme wordpressnya, dan ingin pakai breadcrumb, bisa gunakan setting Rank Math di bawah ini.

  • Karakter pemisah : bisa pilih dari yang tersedia, atau masukan sendiri di kolom custom (paling kanan). Ini tanda pemisah dalam breadcrumb nantinya.
  • Tampilkan Tautan Beranda : link aktifkan saja.
  • Label Beranda : bisa di isi default (home) atau diisi dengan kata lain, misalnya Beranda atau Home.
  • Tautan Beranda, Awalan Breadcrumb, Format Arsip, Format Hasil Pencarian dan Label 404 : default.
  • Sembunyikan judul Posting : ini untuk memunculkan atau menyembunyikan judul artikel di dalam breadcrumbs. Aktifkan saja agar breadcrumb tidak terlalu panjang dan dobel dengan judul artikel.
  • Tampilkan Kategori : aktifkan saja.
  • Sembunyikan Nama Taksonomi : non-aktifkan.

3) Gambar

Di menu ini, Anda dapat atur supaya secara otomatis menambahkan atribut ALT dan Title ke setiap gambar di artikel website. Alt dan title gambar adalah salah satu faktor SEO gambar yang cukup penting. Dan, sering males settingnya karena manual. Anda bisa otomatiskan dengan menu ini. Untuk formatnya bisa ikut format di bawah atau bisa sesuai keinginan.

  • Tambahkan atribut ALT yang hilang : ON
  • Tambahkan atribut JUDUL yang hilang : ON

4) Alat Webmaster (Webmaster Tools)

Anda bisa masukan kode verifikasi webmaster dari berbagai mesin pencari pada setting rank math, seperti

  • Google Search Console
  • Bing Webmaster Tools
  • Baidu Webmaster Tools
  • ID Verifikasi Alexa
  • ID Verifikasi Yandex
  • ID Verifikasi Pinterest
  • ID Verifikasi Norton Safe Web

5) Edit Robots.txt

Bagian ini bisa Anda biarkan default saja. Kecuali bila memang Anda memiliki kode robots.txt sendiri dan ingin dipakai, silakan masukan di kolom yang tersedia.

6) Lainnya

Untuk menu ini, biarkan default saja. Menu show SEO score jika diaktifkan, akan memunculkan SEO score di artikel saat dibaca oleh visitor. Sepertinya tidak perlu. Kecuali bila Anda buka jasa penulis dan mau memperlihatkan contoh tulisan dengan SEO score bagus ke calon pembeli. Maka bisa diaktifkan menu ini.

7) Edit .Htaccess

Setting rank math ini biarkan saja default. Kecuali bila Anda mengerti dan butuh edit file .htaccees, bisa aktifkan menu ini.

8) Monitor 404

Biarkan default saja.

9) Pengalihan

  • Debug Pengalihan : default
  • Perilaku Fallback. Misal Anda bikin redirect terus ternyata URL tujuan redirectnya tidak ada (error 404). Maka Anda bisa pilih mau di-redirect ke halaman 404, homepage, atau halaman tertentu (custom). Untuk custom, Anda tinggal masukan saja URLnya. Misal ke halaman daftar artikel atau sitemap.
  • Jenis Pengalihan : default
  • Pengalihan Posting Otomatis. Bila Anda merubah URL artikel (permalink), kategori, tag, maka nanti secara otomatis bakal dibuatkan redirect-nya oleh Rank Math.

Setelah selesai setting rank math, klik tombol Simpan Perubahan.

c. Judul & Meta

Setting ini bisa digunakan untuk mengatur tampilan title dan meta deskripsi di search engine (google, bing, dll). Setting meta dan title ini tergantung kebutuhan masing-masing.

1) Meta Global

Menu ini untuk mengatur index dan beberapa hal lain secara umum :

  • Dari menu Meta Robot sampai ke Karakter Pemisah bisa dibiarkan default saja.
  • Huruf Besar Judul : aktifkan menu ini untuk setting agar setiap huruf pertama dari kata dalam title secara otomatis jadi huruf besar. Jadinya terlihat lebih bagus.
  • Gambar mini OpenGraph. Jika artikel Anda tidak ada featured imagenya, lalu di share ke sosmed, maka image yang di-upload di menu ini akan digunakan saat artikel di-share.
  • Jenis Kartu Twitter, biarkan default aja.

2) SEO Lokal

Menu SEO lokal digunakan untuk mengisi informasi yang diperlukan saja. Nanti info yang diisi di sini bisa ditampilkan dalam halaman tertentu (misal homepage, kontak, dll) dengan kode shortcode yang tersedia. Kolom isian yang muncul ini tergantung dari jenis web/blog yang dipilih saat pertama kali instal dan setting Rank Math (wizard). Apakah personal blog atau organisasi lainnya. Jika tidak diperlukan, bisa di lewatin saja menu ini.

3) Meta Sosial

Silahkan isi URL medsos (facebook dan twitter) di sini. Kalau dirasa ribet, tidak masalah dilewatin juga menu ini.

4) Beranda (Homepage)

Menu ini dipakai untuk mengatur tampilan title dan meta deskripsi homepage (halaman depan) dari web Anda. Jika Anda pakai page tertentu sebagai homepage, setting meta title dan meta deskripsinya akan pakai yang di page tersebut, bukan yang di menu ini.

5) Penulis

Menu ini dipakai untuk mengatur halaman penulis (Author) di website Anda. Jika website Anda punya banyak penulis dan ingin setting informasi khusus untuk setiap author, aktifkan menu ini. Bila cuma Anda sendiri sebaiknya dinonaktifkan saja menu ini.

6) Halaman Lain

Menu ini digunakan untuk mengatur setting title dan meta di bagian selain post, page, dan taxonomy (category,tag) di dalam website. Setting rank math pada menu ini misalnya seperti :

  • Date Archives. Jika Anda ingin menampilkan arsip artikel setiap bulan, boleh dienabled, namun disarankan untuk dino-index saja settingnya.
  • 404 dan Search Result Title, biarkan default saja.
  • Noindex Search Result. Ceklis menu ini supaya halaman hasil search di website tak di index oleh Google.
  • Noindex Paginated Pages dan Archive Subpages. Ceklis juga bagian ini agar halaman paginasi tidak di index oleh Google. Ini untuk menghindari penalty Thin Content.
  • Noindex Password Protected Pages. Ceklis juga agar artikel yang Anda kunci dengan password tidak terindex oleh Google. Kalau terindex google meski dikunci masih bisa di intip dengan Google Cache.

7) Pos

Di menu ini, Anda bisa atur setting title dan deskripsi secara umum di setiap artikel post di website. Bagian ini cukup fleksibel pengaturannya, bisa disesuaikan dengan jenis website yang Anda buat, dan juga jenis artikel di websitenya.

a) Judul Pos Tunggal

Setting yang dipakai di sini nanti akan jadi title (judul) yang muncul di halaman pencarian Google dan mesin pencari lain. Kalau title (judul) di website tetap mengikuti apa yang Anda buat di setiap artikel. Di bagian judul pos tunggal (Single Post Title), pengaturannya dapat dibiarkan default. Itu juga sudah cukup. Dalam setting default, kode yang digunakan adalah %title% %sep% %sitename%. Ini nanti akan memunculkan judul sesuai yang ditulis di artikel, di akhiri dengan site title yang ada di menu wordpress settings >> general.

Jika Anda mau, bisa setting rank math sesuai dengan jenis artikel yang dibuat di website. Misalnya saja blog Anda berisi artikel-artikel list sesuatu terbaik atau terbaru, atau tutorial. Misal seperti daftar android terbaru, game offline terbaru, broker forex terbaik, dll. Lalu Anda mau supaya title di search engine selalu up to date dengan bulan dan tahun sekarang. Anda bisa gunakan format seperti ini:

%title% Terbaru %currentmonth% %currentyear%

Contohnya Cara Mendapatkan Uang dari Internet. Title yang muncul di Google dengan menggunakan setting di atas adalah Cara Mendapatkan Uang dari Internet Terbaru Januari 2021. Judulnya menyesuaikan dengan bulan dan tahun saat ini. Silahkan sesuaikan saja dengan keperluan. Untuk pilihan format yang bisa digunakan, bisa klik pada tanda dropdown saja, lalu klik yang diinginkan

b) Deskripsi Pos Tunggal

Bagian setting rank math ini bisa dibiarkan default saja. Bisa juga Anda kombinasikan dengan format lain. Misalnya saja dengan format %title%. %excerpt%, nanti dideskripsi akan ada title artikel, baru di sambung dengan excerp (kesimpulan) post.

c) Schema Type

Ini buat mengatur structured data yang dipakai oleh artikel Anda. Biarkan default ke Article saja. Jika dibutuhkan, nanti bisa Anda atur berbeda di tiap artikel.

d) Berita Utama

Biarkan bagian ini secara default saja, tidak perlu dirubah lagi.

e) Deskripsi

Bagian ini biarkan secara default saja, tidak perlu dirubah lagi.

f) Jenis Artikel

Biarkan setting rank math ini secara default, tidak perlu dirubah lagi.

g) Meta Robot Post

Biarkan menu ini secara default saja, tidak perlu dirubah lagi.

h) Saran Tautan

Menu ini bisa Anda aktifkan atau matikan. Ini nanti akan memunculkan menu link artikel lain yang dianjurkan untuk dimasukan dalam artikel Anda. Jika masih kurang mengerti, bisa dimatikan saja.

i) Judul Saran Tautan

Menu ini hanya muncul jika Link Suggestion di-aktifkan. Anda bebas mau pilih titles atau focus keyword.

j) Taksonomi Utama

Silakan pilih apakah Anda mau memunculkan kategori atau tag dalam breadcrumbs di tiap artikel. Atau mungkin tidak memunculkan kategori dan tag?

k) Tambahkan Kotak Meta SEO

Bagian setting rank math ini bisa Anda biarkan saja

l) Edit Massal

Bagian ini bisa Anda biarkan saja

m) Bidang Khusus

Bagian ini bisa Anda biarkan saja

8) Laman

Setting meta title dan deskripsi di menu laman sama saja seperti di menu Pos.

9) Attachments

Setting di menu ini tidak akan muncul jika Anda hidupkan setting redirect attachments di menu General Settings. Kemungkinan besar, menu ini tidak akan Anda perlukan juga.

10) Kategori (Categories) dan Tag

Biarkan default saja.

d. Pengaturan Peta Situs

Biarkan default

e. Instant Indexing
f. Monitor 404

Menu 404 monitor untuk melihat halaman error 404 yang di akses oleh visitor saja. Jadi tidak ada setting, di sini hanya untuk pemantauan saja.

g. Pengalihan

Menu ini hanya digunakan jika memang diperlukan saja, jika tidak diperlukan tidak perlu di-setting.

h. Status & Alat

Setting rank math pada menu ini ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan :

1) Version Control

Di bagian ini, Anda bisa melakukan down grade rankmath ke versi sebelumnya. Tinggal ganti versi yang diinginkan di menu Rollback Version. Kemudian klik tombol Install Version.

2) Database Tools

Di menu ini, Anda bisa konversi blok FAQ dan Howto yang dibuat oleh plugin Yoast ke dalam Rankmath secara otomatis. Anda pun dapat membersihkan hal lain seperti transient, data analysis rankmath, dsb. Tinggal klik tombol yang diperlukan saja.

3) System Status

Ini dapat dipakai untuk melihat spesifikasi dan kondisi website beserta server yang dipakai.

4) Import & Export

Di menu ini Anda bisa melakukan export untuk digunakan di website yang lain. Cara menggunakan file exportnya mudah, tinggal masukan di menu import saja. Ini nanti lumayan mempermudah dan mempersingkat waktu pengaturan Rank Math setiap website Anda.

Sekian info berkaitan dengan panduan setting rank math untuk optimasi SEO website, semoga post ini membantu teman-teman semua. Tolong post panduan rank math ini disebarluaskan biar semakin banyak yang memperoleh manfaat.

Referensi: Dunia Internet Marketing Indonesia

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

22793

Leave a Reply

Situs Penerima PPC
Situs Penerima PPC beserta Syarat dan Ketentuannya
Mendapatkan Income dari Program PPC
Mendapatkan Income dari Program PPC untuk Website
Cara Mendaftarkan Website ke UpToPromo
Cara Mendaftarkan Website ke UpToPromo
Cara Mendapatkan Income dari UpToPromo
Cara Mendapatkan Income dari UpToPromo
Keamanan WordPress Kecepatan WordPress Masalah WordPress Plugin Tips WordPress Tutorial Plugin Tutorial WordPress
Optimasi Gambar WebP
Plugin Optimasi Gambar WebP Format Terpopuler
Cara Setting W3 Total Cache
Cara Setting W3 Total Cache Lengkap dan Mudah
Setting Rank Math
Panduan Setting Rank Math untuk Optimasi SEO Website

DM Lainnya

Cafebisnis Pakarbot Ratakan

Jasa dan Pelatihan

Jasa Digital Jasa Lainnya Pelatihan

Theme

Kentooz Oketheme Theme Lainnya

Webhosting

Hosting Bisnis Hosting Personal Hosting Ternak Web
Google Ads Optimasi SEO Riset Keyword SEO Off Page SEO On Page Tools Google
SEO Tools Terbaik
SEO Tools Terbaik dan Gratis untuk Riset Kata Kunci
Panduan Optimasi SEO Image
Panduan Optimasi SEO Image untuk Memaksimalkan Website
Mengapa Content Marketing Penting
Mengapa Content Marketing Penting untuk Bisnis Kita
Tutorial Litespeed Cache
Tutorial Litespeed Cache untuk Mempercepat Website
Cara Membuat Form Kontak di Website
Cara Membuat Form Kontak di Website 100% Mudah Dilakukan
Cara Menangani Komentar SPAM di Website
Cara Menangani Komentar SPAM di Website 100% Ampuh
Pengaturan CloudFlare di Website
Pengaturan CloudFlare di Website dengan Plugin