Panduan Bangun Link Building untuk Website Anda

bannerlbo

Apa sih Link Building itu? Dan bagaimana cara bangun link building website? Apakah link building ini bermanfaat untuk SEO website? Tenang, Anda sudah berada di tempat yang tepat. Karena semua pertanyaan ini akan kami bahas di artikel ini.

Bangun Link Building

Link Building

Link building merupakan salah satu teknik off page SEO yang sudah terjamin ampuh. Di mana teknik ini tidak bisa dipisahkan dalam perjalanan suatu website menuju ranking atas mesin pencari. Tapi, tahukah Anda bahwa untuk bangun link building tidak boleh sembarangan? Ada aturan tertentu yang perlu ditaati oleh semua pemilik (owner) website.

Bila ada yang nekat melanggarnya, maka Google akan langsung melenyapkan website tersebut dari hasil pencarian. Terdengar mengerikan, bukan? Oleh karena itu, yuks belajar dan praktik SEO link building yang benar di artikel ini. Hal ini agar website Anda bebas dari penalti Google dan tentunya dapat berdiri kokoh di peringkat atas.

Pengertian Link Building

Apa itu Link Building? Link building merupakan suatu aktivitas pemilik website untuk mendapat link dari website lain. Link jenis ini dikenal juga dengan sebutan backlink. Di mana backlink adalah salah satu faktor utama dalam penilaian SEO oleh mesin pencari seperti Google. Tapi ingat, Google menilai backlink itu dari kualitasnya bukan kuantitas.

Backlink berkualitas didapat dari website yang memang relevan, kredibel, dan trafik yang stabil. Backlink berkualitas meski jumlahnya hanya 1 namun dapat mengalahkan 100 backlink dari website ecek-ecek dan mencurigakan.

Bahkan, website dengan backlink dari website spam bisa mendapat penalti dari Google. Penalti ini bisa berupa hilangnya website tersebut dari hasil pencarian hingga waktu yang tak ditentukan. Atau hingga backlink berkualitas rendah tersebut sepenuhnya dihapus dari website. Oleh karena itu, aktivitas bangun link building harus berfokus untuk mencari backlink kualitas tinggi saja.

Pentingnya Link Building bagi SEO

Kenapa bangun link building itu penting untuk SEO? Algoritma SEO Google memang selalu berubah, namun satu hal yang tetap pasti. Backlink berkualitas itu jadi faktor utama penilaian Google di hasil pencarian.

Secara logika makin banyak backlink artinya website Anda berkualitas dan bisa jadi panutan website lain. Alhasil, Google akan memprioritaskan website Anda di hasil pencarian mesin pencari. Sebab website Anda dianggap memiliki konten paling bermanfaat di antara website lainnya.

Backlink tersebut dapat Anda peroleh dengan melakukan strategi bangun link building. Inilah kenapa link building merupakan teknik SEO yang penting. Dan juga jadi kegiatan yang sebaiknya dilakukan oleh tiap pemilik website.

Jenis Link Building

Untuk bangun link building Anda harus tahu jenis dari baklink. Berikut ini beberapa jenis link building yang perlu Anda ketahui. Baik link bulding yang dapat menghasilkan backlink berkualitas dan backlink mana yang harus dihindari.

a. Link Building Natural

Jenis link ini merupakan cara bangun link building terbaik yang dapat Anda peroleh. Bagaimana tidak? Di mana orang lain akan dengan senang hati memberi backlink ke website Anda. Dengan cara menaruh link website Anda di website mereka tanpa diminta.

Link building jenis ini biasanya terjadi saat orang lain :

  • memasukkan link dofollow dari konten / artikel Anda sebagai sumber info terpercaya.
  • menyinggung website Anda sebab jadi sumber tambahan bagi konten / artikel miliknya.
  • memasukkan website Anda sebagai pembuat statistik atau infografis.
  • melakukan wawancara (interview) bersama pihak yang memang berhubungan dengan website Anda.

Bisa dilihat di mana orang lain mesti punya alasan spesial bila ingin memasang backlink dengan sukarela. Dengan kata lain, Anda harus bikin orang lain jatuh cinta dengan website Anda.

Hal tersebut tentu akan sangat susah dan perlu waktu yang tidak sedikit. Karena, di saat yang sama Anda harus bikin konten :

  • berkualitas tinggi,
  • menarik,
  • terupdate, dan
  • lengkap.

Itulah mengapa bangun link building natural merupakan jenis link terbaik dan sangat bernilai. Bahkan, umumnya website yang sukses mendapatkannya akan berada di puncak hasil pencarian dalam waktu yang sangat lama.

b. Link Building Outreach

Jenis link ini mengharuskan Anda untuk menghubungi pemilik website. Kemudian meminta pada mereka untuk memasang link website Anda. Outreach merupakan jenis link building yang paling umum dan sering dipraktekkan oleh para pemilik website. Apalagi bagi website yang memang masih baru dan belum terkenal.

Tapi, orang yang Anda hubungi pun tidak serta merta langsung setuju untuk memasang backlink. Anda mesti dapat memberikan alasan jelas dan manfaat yang akan mereka peroleh saat Anda bangun link building.

Selain itu, Anda pun tidak dapat menghubungi pemilik website secara random. Anda mesti hubungi pemilik website yang kontennya mirip dengan website Anda. Orang lain pasti bingung dengan website Anda. Hal tersebut karena jika website Anda seputar komputer, namun minta backlink pada website yang membahas tentang kucing.

Biasanya, link building outreach terjadi saat :

  • Guest blogging yaitu Anda menulis artikel / konten yang akan diterbitkan di website orang lain yang sesuai dengan topik website Anda. Kemudian, masukkan link yang menuju website milik Anda di artikel / kontent tersebut.
  • Anda jadi sponsor / donatur bagi suatu website / event. Sehingga nantinya website Anda akan disinggung dalam artikel / konten dari website yang Anda sponsori.
  • Press release tentang berita terbaru terkait dengan website / brand Anda.
c. Link Building Sesat

Ini merupakan jenis link building terburuk yang harus Anda hindari sebisa mungkin supaya tidak dihukum oleh google. Karena, praktik bangun link building jenis ini umumnya bertujuan untuk mengelabuhi atau menipu Google. Jadi, seolah-olah konten yang ada di website itu relevan dan penting padahal tak sama sekali.

Backlink yang termasuk ke dalam jenis ini adalah:

  • Backlink berbayar. Google sendiri secara terang-terangan melarang keras praktek jual beli backlink.
  • Spam di kolom komentar orang lain. Di mana pemilik website masukkan link website milik sendiri.
  • Spam di forum online. Pemilik website secara sengaja bikin topik atau thread yang isinya banyak backlink ke website milik sendiri.

Dapat Anda lihat bahwa cara bangun link building jenis ini memang sangat mudah untuk dipraktekkan oleh siapapun. Oleh karenanya, tidak heran jika masih banyak orang yang mempraktekkannya sebagai jalan pintas menuju kesuksesan.

Tahun 2021 muncullah algoritma Penguin. Dengan algoritma ini Google sangat aktif memburu website yang menjalankan praktek curang ini. Bila tertangkap basah, Google tidak akan segan untuk memberikan penalti. Bahkan akan menghapus website tersebut dari hasil pencarian.

Strategi Link Building

Sebenarnya, ada banyak strategi bangun link building yang bisa Anda coba. Namun, di bawah ini beberapa strategi umum yang cocok untuk semua orang di semua industri :

a. Link Building dari Konten

Inti dari strategi bangun link building ini yaitu bertujuan untuk menjadikan website Anda sebagai panutan website lain. Sebab konten berkualitas tinggi yang website Anda punya. Dengan begitu, orang lain akan dengan senang hati untuk memasang link. Sebab website Anda merupakan sumber referensi lengkap yang terpercaya.

Oleh sebab itu, konten yang Anda bikin pun tidak boleh asal-asalan atau mirip dengan konten di website lain. Di bawah ini beberapa jenis konten yang umumnya akan mendapat banyak backlink :

  • Infografis
  • Statistik
  • Lembar putih (white papers)
  • Panduan
  • Video
  • Galeri gambar

Sesudah itu bikin satu atau beberapa konten di atas, lalu Anda langsung hubungi beberapa website yang dirasa relevan. Minta para pemilik website untuk memasang link konten Anda di website mereka. Apakah itu konten yang telah dibuat atau konten yang akan diterbit kemudian hari.

Perlahan, Anda tak perlu meminta-minta seperti itu lagi. Karena, website Anda akan terkenal dengan sendirinya seiring kualitas yang meningkat. Anggap saja ini sebagai suatu promosi dan membangun kredibilitas. Sebab banyaknya website lain yang memberikan backlink.

Strategi link building ini memang memerlukan waktu yang lama. Apalagi bikin konten yang kualitasnya tinggi itu memerlukan banyak :

  • tenaga,
  • waktu, dan
  • biaya.

Tapi, hasil akhirnya benar-benar memuaskan dan jadi mimpi bagi kebanyakan orang. Yaitu website jadi nomor satu di hasil pencarian mesin pencari dan jadi panutan untuk website lainnya. Jika sudah begitu, kesuksesan apa pun yang mau Anda capai dengan website pasti terwujud.

b. Guest Blogging

Strategi bangun link building ini menjadi tamu di website lain. Guest blogging yaitu Anda jadi tamu (guest) di website lain dengan menuliskan artikel untuk diterbitkan. Kemudian, di dalam artikel tersebut Anda menyisipkan link menuju website sendiri.

Cara ini sudah umum dipraktikkan antar pemilik (owner) website sejak dulu kala. Tapi sekarang, praktik guest blooging ini sudah diawasi secara ketat oleh Google.

Karena, tak sedikit pemilik website yang memanfaatkan strategi ini hanya untuk mencari backlink. Mereka bukannya menggunakan strategi menuliskan konten / artikel berkualitas di websitenya. Alhasil, konten itu hanyalah spam belaka dan melanggar aturan dari Google. Jika sudah begini akhirnya pasti ketahuan, yang akan menyebabkan Google memberikan penalti.

Oleh karena itu, pastikan konten guest blogging Anda dibikin dengan serius sehingga kualitasnya tinggi. Maka tulislah artikel tersebut selayaknya menulis di website Anda sendiri. Selain itu, pastikan jika website yang dipilih juga mesti relevan dan memiliki trafik yang stabil.

c. Ego Bait

Jika diartikan secara harfiah, ego bait yaitu memancing ego. Memancing ego siapa? Tentu saja memancing ego orang lain yang mau Anda dapatkan backlink. Dengan harapan, orang tersebut akan merasa tersanjung. Sehingga ingin memasang link Anda di website yang ia milikinya.

Strategi bangun link building ego bait ini memanfaatkan psikologi dasar manusia. Dan hampir selalu sukses, asalkan Anda memang melakukannya dengan benar dan tepat. Siapa juga yang tak suka dipuji?

Supaya ego bait Anda sukses, berikut beberapa langkah yang bisa dicoba :

1. Wawancara Tunggal

Ini adalah tipe ego bait terbaik, sebab orang yang akan diwawancarai otomatis jadi fokus utama. Seolah-olah, mereka ialah orang penting yang opininya pantas didengarkan khalayak.

Untuk bisa menjalankan strategi bangun link building ini, Anda harus menghubungi pemilik (owner) website. Tujuannya adalah untuk meminta persetujuan dari pemilik website tersebut lebih dulu. Bila ia setuju, Anda dapat mengirimkan daftar pertanyaan untuk dijawab. Terakhir, Anda tinggal menerbitkan list pertanyaan dan jawabannya tersebut di website.

Setelah artikel terbit, Anda dapat follow up dengan menghubungi pemilik website tadi. 99,9 persen ia akan langsung memasang link artikel wawancara Anda di websitenya. Bahkan, ia juga kemungkinan akan menyebarkan link tersebut di media sosialnya tanpa Anda minta.

2. Wawancara Grup

Seperti namanya, strategi bangun link building melalui wawancara grup. Artinya Anda mewawancarai beberapa orang sekaligus terkait topik yang sama. Tapi, Anda tidak harus mengirimkan pertanyaan secara detail selayaknya wawancara tunggal pada semua narasumber. Melainkan, sebar pertanyaan tersebut ke semua narasumber.

Jadi, tiap narasumber paling hanya mendapat 1 atau 2 pertanyaan saja. Tergantung dari topik yang dibahas. Topik yang dipilih juga harus relevan dengan website Anda. Begitu pun dengan narasumber yang dipilih harus yang memang ahli di topik tersebut.

Setelah semua narasumber menjawabnya, Anda tinggal bikin konten dengan topik wawancara tersebut. Misalnya saja :

  • Wah, 10 Parnormal Ternama Berbagi Rahasia Menggandakan Uang di 2021!
  • Kiat Memasak Air dari 7 Chef Terkenal.

Anda dapat memasukkan quote atau opini singkat narasumber di poin-poin pembahasan.

Setelah konten terbit, Anda dapat menghubungi narasumber lagi. Tujuannya adalah untuk memasang backlink konten / artikel tersebut di website miliknya. Selain itu bisa juga dengan membagikannya di media sosial. Besar kemungkinan, mereka akan dengan senang hati melakukannya.

3. Ego Bait Listicle

Strategi bangun link building ini yaitu Listicle Ego Bait. Listicle adalah artikel yang berisi ulasan tentang beberapa hal di 1 topik yang sama. Misalnya :

  • 10 Rahasia Upin dan Ipin yang Tak Banyak Diketahui.
  • 10 Orang Tersial Sepanjang Masa di Indonesia.

Anda bisa bikin konten / artikel listicle dengan disisipi bumbu ego bait. Di trik ini, Anda memasukkan orang-orang tersebut ke daftar Anda. Tujuannya supaya ia senang dan bangga sebab Anda menganggapnya pantas masuk ke listicle.

Jadi, Anda pun mesti bikin listicle yang memang pantas untuk dibanggakan dan tak menjelek-jelekkan. Pujilah orang tersebut namun jangan berlebihan. Jelaskan saja alasan mengapa Anda memilihnya dan bukan orang lain. Dengan begitu, ego bait Anda tak terkesan dibuat-buat.

Satu hal yang mesti diingat tentang ego bait yaitu pastikan bahwa orang dalam daftar memang pantas mendapatkannya. Jadi jangan asal membagi-bagi ego bait ke orang yang bukan ahlinya. Apalagi yang tak relevan dengan website Anda.

Broken Link

d. Broken Link Building

Seperti namanya, broken link merupakan link rusak yang tidak dapat diakses oleh pengunjung maupun mesin pencari. Link jenis ini banyak sekali bertebaran di jagad maya dan pasti Anda pun pernah menemuinya.

Broken link building yaitu strategi bangun link building yang bertujuan untuk membantu pemilik website memperbaiki link yang rusak (broken). Bagaimana caranya? Tentu saja dengan memberikan link ke website Anda. Masih bingung? Berikut sebagai contoh :

Katakanlah Anda memiliki website yang membahas serba-serbi terkait kucing. Dan Anda mau mengumpulkan backlink agar artikel bisa mendapat peringkat tinggi di Google. Lalu, Anda searching dan menemukan website jual beli kucing impor. Di mana dalam website tersebut ternyata memiliki banyak link rusak (broken link) di deskripsi produknya.

Kemudian, Anda hubungi pemilik website jual beli kucing impor tersebut. Anda menawarkan link baru artikel yang masih segar pada pemilik web untuk menggantikan link rusak (broken link) jadul tadi. Setelah itu, pemilik (owner) website dengan senang hati untuk mengganti broken linknya. Sebab konten Anda pun bermanfaat dan berkualitas.

Singkatnya, proses broken link building yaitu sebagai berikut:

  • Anda melakukan riset ke website yang relevan.
  • Bila menemukan broken link, Anda lihat apakah telah ada artikel yang membahas mengenai broken link tersebut. Bila belum, Anda bikin artikel khusus yang membahas broken link tersebut (selama memang relevan).
  • Hubungi pemilik (owner) website untuk mengganti link rusak (broken link) dengan link milik Anda.

Baca : Cara Cek Broken Link

e. Link Reclamation

Trik link building ini merupakan strategi dengan tujuan untuk mengklaim link yang memang seharusnya jadi hak / milik Anda. Strategi bangun link building ini dibedakan jadi beberapa macam yaitu :

1. Link 404

Katakanlah ada website yang telah memasang backlink ke website Anda. Tapi, ternyata link tersebut mengarah ke halaman website Anda yang tak ada / telah dihapus. Sehingga akan muncul error 404 ketika ada orang yang mengaksesnya.

Baca : Perbaiki Error 404

Ada 2 hal yang dapat Anda lakukan untuk strategi bangun link building ini yakni :

  • Anda mesti menghubungi pemilik (owner) website untuk mengganti link tersebut.
  • Perbaiki error 404 di website Anda atau pakai redirect 301.

Baca : Memakai Redirect 301

Error 404

2. Mention tanpa Link

Terkadang ada orang yang menyebut atau mention nama website Anda tanpa memberikan link website sebagai apresiasi. Apalagi bila penyebutan itu memperkuat konten di website tersebut. Menyebalkan? Tentu!

Oleh karena itu, Anda bisa menghubungi pemilik website tersebut. Anda minta ke pemilik website untuk memberikan backlink di tiap penyebutan website Anda. Anda tetap harus memintanya secara baik-baik. Karena, tak ada aturan tertulis tentang hal ini sehingga bukan jadi kewajiban pemilik website.

Anda dapat menemukan mention untuk strategi bangun link building ini dengan memanfaatkan tools seperti :

  • Google Alerts,
  • net, dan
  • Fresh Web Explorer.
3. Gambar tanpa Link

Selain mention di atas, sering pula ada website yang seenak jidat memasang gambar buatan Anda tanpa izin. Daripada menyerang website yang memasang gambar buatan Anda tersebut karena pelanggaran hak cipta. Lebih baik Anda menjadikan hal ini sebagai suatu kesempatan untuk bangun link building.

Hubungi pemilik website yang mengambil gambar tersebut. Dan mintalah kepada mereka untuk memberikan link website Anda pada caption tepat di bawah gambar. Anda bisa memakai tools seperti TinEye dan Pencarian Gambar Google untuk menemukan gambar tanpa link ini.

Ayo Bangun Link Building Sekarang Juga!

Backlink yang website Anda dapatkan dari aktivitas bangun link building haruslah yang berkualitas. Pastikan website yang Anda ajak kerjasama haruslah yang :

  • relevan,
  • terpercaya, dan
  • punya trafik yang stabil.

Anda harus menghindari dan mengabaikan praktik link building sesat seperti berikut :

  • jual beli link,
  • spam komen,
  • spam forum,
  • dan sebagainya.

Memang cara-cara di atas mudah dilakukan dan tersebar di mana-mana. Tapi, hasil akhirnya benar-benar tak worth it, bahkan website Anda akan dihapus dari pencarian Google. Ingat, kualitas mengalahkan kuantitas.

Link building berkualitas saja masih kurang untuk bertarung di peringkat atas Google. Ada aspek-aspek SEO lain yang mesti Anda perhatikan supaya dapat keluar sebagai pemenangnya. Apa saja itu? Temukan daftar lengkapnya di optimasi SEO di website ini atau bisa dengan menggunakan jasa SEO berkualitas kami.

Demikian info perihal panduan bangun link building untuk website Anda, semoga post ini berguna untuk kalian. Tolong artikel optimasi SEO Off Page ini dishare biar semakin banyak yang mendapat manfaat.

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

22793

Leave a Reply

Situs Penerima PPC
Situs Penerima PPC beserta Syarat dan Ketentuannya
Mendapatkan Income dari Program PPC
Mendapatkan Income dari Program PPC untuk Website
Cara Mendaftarkan Website ke UpToPromo
Cara Mendaftarkan Website ke UpToPromo
Cara Mendapatkan Income dari UpToPromo
Cara Mendapatkan Income dari UpToPromo
Bahasa Pemrograman CMS cPanel Domain Hosting Website WordPress
Setting Robot TXT
Cara Setting Robots TXT di Website
Belajar HTML Dasar
Belajar HTML Dasar bagi Pemula Lengkap
Platform Website Terbaik
Platform Website Terbaik bagi Pemula dan Profesional

Dasar SEO

Pengenalan SEO Riset Keyword

Teknik SEO

SEO Off Page SEO On Page Technical SEO

Tips SEO

Copywriting Error Website Tips SEO Lain

Tools SEO

Tools Google Tools Riset KK Tools SEO Lain
Jasa Digital Theme Tools Website Webhosting
Diztro Theme
Diztro Theme Toko Online Indonesia
Olzhop Theme
Olzhop Theme Toko Online Terbaru
Tokow Theme
Tokow Theme Template Toko Online Terbaik untuk WordPress
Struktur Google Ads
Struktur Google Ads untuk Kampanye Iklan
Cara Kerja Google Ads
Cara Kerja Google Ads di Mesin Pencarian
Layanan Google Ads
Layanan Google Ads atau Adwords
Google Keyword Planner
Panen Kata Kunci dengan Google Keyword Planner