Menu Metrics pada cPanel Hosting

Di postingan ini kami akan ulas tentang Menu Metrics pada cPanel Hosting. Fitur cPanel yang satu ini memungkinkan Anda buat melihat statistika dan analitik untuk domain. Fitur metrik ini bisa membantu Anda untuk dapatkan ide mengenai kinerja dan mengoptimalkan kualitas website. Anda dapat melakukan monitoring terhadap setiap aktivitas yang akan berpengaruh ke jumlah kunjungan website.

Menu Metrics pada cPanel Hosting

Menu Metrics pada cPanel

Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

a. Visitors

Fitur ini untuk menampilkan sampai 1.000 entri terbaru di log Apache buat website yang Anda punya.

b. Errors

Fitur ini bisa menampilkan maksimal 300 entri terbaru di log kesalahan pada website. Anda dapat menggunakan informasi ini untuk menemukan tautan rusak atau masalah dengan file yang hilang.

c. Bandwidth

Di fitur ini memungkinkan Anda untuk melihat pemakaian bandwidth website. Data-data di sini menunjukkan pemakaian bandwidth bulanan dan total pemakaian bandwidth. Data ini mencakup semua pemakaian bandwidth HTTP (web) dan POP (mail).

d. Raw Access

Fungsinya untuk melihat siapa yang telah mengunjungi website Anda tanpa menampilkan grafik. Anda bisa memakai fitur Raw Access Logs buat mengunduh versi log akses server untuk website.

e. Awstats

Fitur yang berisikan statistik jumlah kunjungan dalam bentuk grafik.

Cara Melihat Statistik Website di cPanel

Statistik website juga dapat Anda akses melalui cPanel. Statistik website bukan Cuma sembarangan angka saja. Namun angka yang bisa Anda analisis buat merencanakan campaign atau strategi lanjutan. Hal ini supaya website Anda punya performa lebih baik lagi di kemudian hari. Berikut adalah tutorialnya :

  1. Ada banyak tool yang dapat digunakan buat melihat statistik website. Contohnya menggunakan AWStats. Langkah pertama masuk ke bagian Logs di halaman utama cPanel lalu klik AWStats.
  2. Anda bakal diarahkan ke halaman yang berisi list domain yang Anda miliki. Pilih salah satu dengan mengklik ikon bergambar kaca pembesar di tiap baris.
  3. Anda akan diarahkan ke halaman statistik AWStats. Di sini Anda dapat melihat statistik website secara bulanan, mingguan, bahkan harian.
  4. Anda juga dapat menggunakan fasilitas Raw Access Logs. Data log ini dapat Anda unduh dan Anda gunakan pada aplikasi analisa data Anda sendiri.
  5. Pada halaman selanjutnya akan muncul daftar file log yang siap diunduh berdasarkan domain. Klik teks berwarna biru untuk mulai mengunduh.
  6. Selesai!

f. Metrics Editor

Digunakan untuk memilih jenis statistik mana yang Anda gunakan untuk melihat statistik. Bisa dipilih antara analog stats, awstats, maupun webalizer.

g. Analog Stats

Kalau Awstats dalam bentuk grafik, Analog Stats menampilkan data cuma berupa angka-angka saja.

h. Webalizer

Fitur ini berisikan data statistika yang lebih kompleks dan menampilkannya dalam bentuk grafik.

i. Webalizer FTP

Kalau pengunjung website memakai FTP, maka statistiknya bakal ditampilkan di dalam fitur ini.

j. CPU and Concurrent Connection Usage

Untuk mengakses CPU dan penggunaan koneksi.

Sekian informasi perihal Menu Metrics pada cPanel, kami harap post ini mencerahkan sahabat semua. Kami berharap post ini disebarluaskan agar semakin banyak yang mendapat manfaat.

Referensi:

Leave a Reply