Cara Meningkatkan Domain Rating Website dengan Mudah

Anda mau supaya peringkat / ranking website di hasil pencarian mesin pencari (search engine) seperti Google tinggi? Meningkatkan domain rating atau DR merupakan salah satu teknik / strategi optimasi SEO yang harus Anda lakukan.

Meningkatkan Domain Rating

Apa Itu Domain Rating?

Search Engine atau mesin pencari menganggap website dengan rating domain (DR) yang tinggi sebagai sumber kredibel. Dan juga website tersebut patut direkomendasikan pada penggunanya.

Itulah kenapa penting untuk Anda terus mengupayakan website memiliki rating yang baik. Atau terus upayakan untuk meningkatkan domain rating website.

Domain rating (DR) yaitu metrik atau pengukuran yang menunjukkan kekuatan backlink dari sebuah website. Score metrik ini mulai dari 0 sampai 100. Di mana semakin tinggi skor DR sebuah website, maka semakin kuat juga backlinknya. Metrik DR merupakan buatan Ahrefs.

Perbedaan Domain Rating dan Domain Authority

Saat mendalami optimasi SEO, Anda pasti pernah mendengar tentang Domain Authority (DA). Di mana DA berguna untuk mengukur kualitas suatu domain website. Meski namanya mirip dengan rating domain (DR), keduanya merupakan metrik yang berbeda.

Domain authority (DA) yaitu metrik untuk memprediksi seberapa besar kemungkinan website muncul di hasil pencarian mesin pencari. Makin tinggi skor DA, maka makin tinggi pula potensi website dapat peringkat tinggi di SERP. Metrik DA merupakan buatan Moz.

Jika punya DA yang lebih tinggi dari website pesaing, maka ranking website Anda di mesin pencari kemungkinan jadi lebih baik. Oleh karena itu, cara meningkatkan domain authority merupakan hal yang wajib Anda tahu.

Lalu apa perbedaan DR dan DA? Berikut beberapa perbedaan domain rating (DR) dan domain authority (DA) :

Indikator Pengukuran

Ahrefs menghitung score rating domain (DR) berdasarkan 3 faktor, yakni :

  • Jumlah website yang memberikan backlink
  • Domain rating dari berbagai website tersebut
  • Jumlah website yang dapat link dari beberapa website tersebut

Moz mengukur DA menggunakan beberapa hal, seperti :

  • Umur domain website tersebut
  • Jumlah domain unik yang terhubung dengan domain website tersebut
  • Jumlah dan kualitas yang diberikan dan diperoleh website tersebut

Fungsinya

Perbedaan DA dan DR lainnya yaitu fungsinya. Di mana fungsi masing-masing yakni :

  • DA menyimulasikan kekuatan ranking website,
  • DR memberitahukan kekuatan backlink website.

Anda dapat memakai DA sebagai patokan untuk meningkatkan ranking website di SERP. Sementara itu, Anda butuh DR dalam strategi membangun link (link building) dalam menentukan website yang baik untuk diajak bertukar backlink.

Baca Juga : Strategi Link Building Website

Mengapa Domain Rating Penting?

DR tak termasuk faktor ranking website di hasil pencarian mesin pencari. Namun, punya skor DR yang tinggi dapat membantu meningkatkan ranking website Anda.

Ingat, DR dihitung dari jumlah website yang memberi backlink ke website Anda. Di mana makin banyak backlink yang website Anda terima, maka makin tinggi DR-nya. Mesin pencari memakai jumlah backlink sebagai salah satu faktor peringkat di hasil pencarian.

Jadi, untuk membuat ranking website lebih baik caranya dengan meningkatkan skor DR dengan memperoleh banyak backlink. Tapi, Anda jangan hanya berfokus pada jumlah backlink saja.

Walaupun banyaknya backlink mempengaruhi rating domain, relevansinya pun harus Anda perhitungkan. Anda harus dapat backlink berkualitas supaya mesin pencari menganggap informasi di website Anda terpercaya.

Cara Mengecek Domain Rating

Sebelum meningkatkan domain rating Anda harus tahu dulu berapa skornya saat ini. Bagaimana cara cek Domain Rating?

Berbagai SEO tools menawarkan beberapa fitur untuk memeriksa skor rating suatu website. Tapi, hasilnya bisa berbeda-beda di setiap tools. Bila Anda mau tahu DR website, Ahrefs merupakan tools yang paling direkomendasikan.

Berikut langkah-langkah untuk mengecek domain rating di Ahrefs :

  1. Akses website Ahrefs.
  2. Ketikkan atau masukkan domain website Anda di kolom yang tersedia, misalnya https://ternakwebsite.com.
  3. Lalu klik tombol Check Authority.
  4. Anda dapat mengecek domain rating website pada hasil analisis di kolom DR.

Seperti tampil gambar di atas, domain rating website tersebut (ternakwebsite.com) yaitu 48. Artinya, backlink dari website itu kurang kuat dan perlu ditambah lagi.

Tips Menaikkan Domain Rating

Berikut beberapa cara untuk menaikan atau meningkatkan domain rating website Anda :

a. Buat Konten Berkualitas

Tips meningkatkan domain rating yang pertama yaitu website Anda wajib berisi konten yang berkualitas. Konten website harus menyajikan informasi yang lengkap dan mudah orang yang mencarinya pahami.

Yang tak kalah penting, konten website Anda harus memberikan solusi bagi pengunjung. Untuk itu, Anda dapat memulainya dengan melakukan riset keyword sebelum membuat konten.

Jangan lupa, Anda perhatikan juga kueri pencarian pada “people also ask” atau “orang juga bertanya”. Ini dilakukan supaya Anda tahu harus menyisipkan informasi apa saja di dalam konten.

Bila informasi di konten website Anda bermanfaat, maka pengunjung tak akan segan untuk membagikan konten tersebut. Di mana mereka membagikan dengan menyematkan link konten website Anda di website mereka.

Dengan begitu, kredibilitas website Anda akan meningkat dan Anda memperoleh backlink dengan sendirinya.

b. Bertukar Backlink dengan Website yang Kredibel

Berbekal konten berkualitas, Anda dapat melakukan strategi link building dengan baik. Dengan begitu, Anda dapat mendatangkan banyak backlink dengan cara bertukar link.

Tipsnya, utamakan website yang domain ratingnya tinggi. Dengan begitu Anda bisa meningkatkan domain rating website Anda.

Namun harus ingat, website yang Anda ajak melakukan link building harus punya topik / niche yang relevan dengan website Anda. Dengan begitu, Anda tak hanya asal memperoleh backlink, namun juga menjaga kualitas link-nya.

Baca Juga : Tools Backlink Checker Terbaik

c. Optimalkan Internal Link

Internal link sebagai sebuah link antar halaman website Anda yang topik / niche-nya relevan juga bisa meningkatkan Domain Rating. Karena, strategi internal linking yang baik akan menunjukkan bahwa informasi yang ada di website Anda sangat lengkap dan bermanfaat.

Misalnya, di dalam konten Anda yang membahas mengenai SEO ada link yang menuju konten berkaitan SEO on page. Dengan begitu, pengunjung dapat dengan mudah mempelajari salah satu teknik SEO tersebut secara lebih mendalam.

Baca juga : Panduan Optimasi Internal Link atau Inbound Link

d. Bagikan Konten Anda dalam Format yang Berbeda

Untuk meningkatkan domain rating agar skornya lebih tinggi, Anda bisa membagikan konten dalam format yang berbeda. Contohnya :

  • video,
  • podcast, dan
  • postingan media sosial.

Anda tak harus membahas keseluruhan informasi konten utama Anda. Cukup beri gambaran besarnya saja. Lalu ajak pengunjung untuk membaca informasi lengkapnya di website Anda.

Dengan begitu, sumber pengunjung yang kemungkinan akan membagikan konten website Anda tak hanya pencarian mesin pencari. Namun juga dari platform lainnya seperti :

  • Youtube,
  • Twitter,
  • dan sebagainya.

Hasilnya, Anda akan lebih mudah memperoleh backlink secara cuma-cuma.

e. Jangan Lupakan Technical SEO

Cara meningkatkan domain rating tidak hanya berkutat dengan upaya untuk mendapatkan backlink saja. Anda pun tak boleh melupakan penerapan strategi technical SEO, seperti :

  • mengoptimalkan kecepatan loading,
  • mengatasi broken link,
  • memperbaiki struktur website,
  • dan sebagainya.

Upaya technical SEO memang tak langsung mempengaruhi skor DR. Namun hal tersebut bisa berdampak pada pengalaman pengunjung website.

Jika memberikan pengalaman yang baik pada pengunjung, maka hal tersebut menunjukkan ke Google bahwa website Anda kredibel.

Baca juga : Strategi Technical SEO Website

Saatnya Meningkatkan Domain Rating Website Sekarang!

Sekarang Anda sudah tahu apa itu domain rating yang merupakan skor untuk menunjukkan kekuatan backlink website. Di mana ada beberapa cara meningkatkan domain rating, seperti :

  • membuat konten berkualitas,
  • melakukan link building,
  • dan sebagainya.

Yang tak kalah penting yang perlu Anda perhatikan adalah nama domain website harus sesuai dengan topik / niche yang Anda bahas. Alasannya, karena nama domain yang tak sesuai niche Anda dapat menurunkan kredibilitas website.

Agar hal tersebut tak terjadi, maka pilihlah nama domain yang sesuai dengan topik / niche website Anda.

Sekian informasi perihal cara meningkatkan domain rating website, kami harap postingan ini mencerahkan Anda. Tolong postingan tips SEO ini disebarluaskan biar semakin banyak yang memperoleh manfaat.

Leave a Reply

Memperbaiki Permalink Website
Cara Memperbaiki Permalink Website yang Rusak
Reset Website WordPress
Cara Reset Website WordPress dengan Mudah
Membuat Custom Login
Cara Membuat Custom Login di Website WordPress
Cara Setting Robots TXT di Website
Bahasa Pemrograman CMS cPanel Domain Hosting Web Siap
Fitur di cPanel Hosting
Fitur di cPanel Hosting Website
Domain Tingkat Atas
Jenis Domain Tingkat Atas Terbaik yang Ada Sekarang
Keunggulan Domain Berbayar
Keunggulan Domain Berbayar bagi Bisnis yang Perlu Diketahui

Dasar SEO

Pengenalan SEO Riset Keyword

Optimasi Lanjutan

Copywriting Error Website Tips SEO

Teknik SEO

SEO Off Page SEO OnPage SEO Teknikal

Tools SEO

Tools Google Tools Riset KK Tools SEO Lain
Bisnis Jualan Link PPC Program Afiliasi Publisher Sumber Lain
Mendapatkan Uang dari Website
Cara Mendapatkan Uang dari Website yang Kita Punya
Jualan Online via Website
Jualan Online via Website yang Mudah Dilakukan
Platform SeedBacklink
Platform Seedbacklink Solusi Promosi Website dan Income Online
Membersihkan Cache
Cara Membersihkan Cache pada Website
Menggunakan Editor Gutenberg
Cara Menggunakan Editor Gutenberg Lengkap di WordPress
Plugin WordPress
Cara Instal Plugin WordPress yang Bisa Dilakukan
Cara Instal dan Ganti Theme Website
Cara Instal dan Ganti Theme Website