Mengenal Tools Google Analytics secara Lengkap

Saat ini sudah lebih dari 27 juta website terhubung dengan tools Google Analytics. Angka ini bisa akan terus bertambah bila dibandingkan dengan waktu sebelumnya. Tentu masih ada kemungkinan makin banyak lagi website yang akan terhubung dengan tools Google ini.

Tools Google Analytics

Pengenalan Google Analytics

Google Analytics merupakan perangkat lunak (software) berbasiskan website yang dipakai untuk menganalisis kinerja website.

Seperti melacak, melihat umur, dan mengetahui jumlah pengunjung / visitor. Tak hanya itu, masih banyak lagi fitur di tools Google Analytics yang dapat Anda manfaatkan.

Analisis yang dilakukan Google Analytics bisa dijadikan sebagai bahan untuk merencanakan dan membuat konten yang lebih baik untuk pelanggan.

Jadi Google Analytics bisa jadi pintu untuk Anda :

  • mengembangkan website yang lebih menarik, dan
  • menjawab kebutuhan pasar.

Jika memakai WordPress, Anda bisa buka artikel mengenai cara mendaftar dan menambahkan Google Analytics ke website WordPress. Supaya bisa langsung membaca artikel ini sekaligus mempelajarinya langsung secara praktek.

Istilah Penting di Google Analytics

Sebelum bicara teknis cara memakai tools Google Analytics, ada baiknya Anda belajar istilah-istilahnya terlebih dahulu. Karena, tools Google ini memiliki banyak sekali menu dan bagian.

Tanpa mengetahui dengan baik beberapa istilah penting, Anda bisa bingung dan tidak memakai service ini secara maksimal. Berikut beberapa istilah penting dalam Google Analytics :

1. Organizations

Saat Anda punya banyak produk dan metrik untuk diukur, Organisasi yaitu mengelompokkan kesemuanya dalam satu folder.

Melalui Organization, Anda dapat memakai beberapa layanan Google sekaligus seperti Analytics, Tags Manager, dan Optimize. Anda pun dapat mengatur user, akses data, dan integrasi antar-produk.

2. Accounts

Account adalah akses poin Anda ke layanan Analytics. Anda perlu setidaknya 1 akun untuk dapat memakai dan memantau metrik dari Google Analytics.

3. Properties

Properti adalah sebutan untuk objek yang metriknya dipantau oleh Analytics. Objek yang dimaksud dapat berupa website, aplikasi ponsel, atau device. Nantinya, tools google ini akan mengeluarkan tracking ID khusus untuk tiap properti yang dipantau.

4. Views

Views merupakan sebutan untuk data spesifik yang Anda inginkan dalam sebuah properti. Misalnya, Anda bisa bikin masing-masing view khusus untuk :

  • keseluruhan trafik web,
  • trafik AdWords,
  • traffic subdomain,
  • dan sebagainya.

5. Session

Session adalah interaksi antara user dengan halaman website dalam jangka waktu tertentu. Umumnya, Google Analytics menghitung interaksi hingga user tak aktif (tak melakukan interaksi) selama 30 menit.

6. Bounce Rate

Persentase atau jumlah pengunjung yang meninggalkan website setelah melihat satu halaman saja.

Fungsi Google Analytics

Pengunjung yang berkaitan langsung dengan internet seperti penyedia ISP, DNS, dan lain sebagainya pasti memiliki identitas. Identitas ini dipakai internet untuk mengetahui beberapa data pengguna internet.

Seperti :

  • alamat Internet Protocol (IP),
  • lokasi IP,
  • jenis perangkat,
  • beberapa aktivitas,
  • dan lain sebagainya.

Ini tentu saja dimanfaatkan pula oleh beberapa penyedia layanan berbasis online untuk mengenali pelanggannya.

Seakan tak mau ketinggalan, tools Google Analytics pun ikut melakukannya. Jadi, fungsi Google Analytics yang utama yaitu mendapatkan informasi terkait dengan pengunjung atau aktivitas pengunjung pada sebuah halaman website.

Tak hanya mengumpulkan informasi pelanggan, Google Analytics pun mengamati / mengumpulkan data tentang kinerja SEO website pada mesin pencari Google.

Informasi yang dapat diperoleh dari tools Google ini seperti :

  • kata kunci apa saja yang banyak menarik pengunjung website,
  • bagaimana tingkah laku pengunjung website,
  • apa perangkat yang dipakai oleh pengunjung website,
  • dan sebagainya.

Lewat beberapa fungsi itu Anda bisa dengan mudah membuat laporan dan memprosesnya secara cepat. Tools ini juga memiliki tampilan yang mudah dipakai dan laporan yang bisa dibagikan dengan mudah.

Baca juga: Tips SEO untuk Meningkatkan Pengunjung Website

Manfaat Google Analytics

Di tools Google Analytics, ada banyak fitur yang dapat Anda manfaatkan untuk mengembangkan bisnis. Apalagi bila bisnis yang sedang Anda kembangkan berkaitan dengan search engine Google.

Sesuai dengan fungsinya, beberapa fitur cukup membantu untuk lebih mudah memperoleh informasi-informasi yang berkaitan dengan kinerja website. Ada berbagai fitur penting di Google Analytics yang perlu diketahui.

Di bawah ini gambaran beberapa fitur yang dapat Anda manfaatkan saat memakai tools atau perangkat lunak ini.

1. Analytics Intelligence

Fitur tools Google Analytics ini membantu Anda untuk mendapatkan data-data yang diperlukan. Tentu dari sini Anda bisa memperoleh beberapa informasi terkait dengan kinerja website ataupun bisnis yang sedang dikembangkan.

Selain itu, Anda pun dipermudah dengan kemampuan pemodelan informasi canggih yang akan membantu untuk memahami tiap data yang diperoleh.

Google Analytics akan selalu memberikan data terbaru yang penting Anda ketahui seperti perubahan tren dan peluang lainnya.

2. Pelaporan (Reporting)

Anda bisa memperoleh berbagai laporan di tools Google Analytics. Termasuk bagaimana pelanggan (customers) / pengunjung berinteraksi dengan website. Laporan ini dengan mudah bisa Anda bagikan dengan rekan kerja ke berbagai aplikasi pelaporan.

Laporan yang dapat Anda peroleh memakai Google Analytics cukup detail, seperti :

  • Laporan Pengunjung (Audience),
  • Iklan (Advertising),
  • Akuisisi (Acquisition),
  • Tingkah Laku Pengunjung (Behavior),
  • Konversi (Conversion),
  • Laporan Langsung (Real-Time Reporting), dan
  • Diagram Alur Pengunjung (User Flow Reporting).

Anda bisa memperoleh seluruh informasi tersebut hanya dengan memakai Google Analytics.

3. Data Analysis and Visualization

Tools Google Analytics membantu Anda memvisualisasikan berbagai data, mengaksesnya, dan mengatur sesuai dengan kebutuhan bisnis.

Visualisasi akan membuat penggambaran data jadi lebih terlihat. Tentu ini akan mempermudah di dalam membaca / menganalisis bagian yang dapat dan masih perlu dikembangkan.

Kemudahan lain yang ditawarkan dari Google Analytics yaitu kemudahan dalam pengaksesan. Anda bisa mengakses di mana pun berada. Tentu selama masih ada koneksi internet.

Perangkat lunak ini menyediakan

  • versi mobile (Android dan iOS),
  • notifikasi email, dan
  • integrasi dengan berbagai macam produk Google.

4. Data Collection and Management

Tools Google Analytics mendukung penggunaan :

  • Library JavaScript,
  • Aplikasi SDK, dan
  • Open Measurement (OM) protocol.

Protokol OM memungkinkan Anda untuk mengimpor data dari berbagai aplikasi pihak ketiga yang terhubung dengan internet. Lalu mengombinasikannya dengan data yang telah dikumpulkan dari Google Analytics untuk memperoleh informasi yang lebih lengkap.

Cara Membaca Laporan Google Analytics

Berbicara tentang bisnis, ada banyak hal yang dapat dilakukan dengan tools Google Analytics untuk mengembangkannya. Apalagi bisnis Anda memakai website sebagai sarana promosi.

Apakah Anda mau meningkatkan kinerja dari website? Google Analytics bisa jadi salah satu solusi yang wajib Anda coba. Kenapa?

Bila sudah membaca bagian-bagian sebelumnya pasti sudah tahu bagaimana. Jadi, data yang diambil dari Google Analytics dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi kinerja website.

Tapi dari sekian banyak website yang memakai Google Analytics, masih banyak pengguna yang tak tahu bagaimana cara membaca datanya. Walaupun sedikit sulit, namun ada beberapa hal yang dapat dijadikan pintu masuk untuk memahami data di sana.

Di tools Google Analytics, data-data yang diperoleh tak hanya ditampilkan ke dalam bentuk angka saja. Data-data ini pun ditampilkan ke dalam grafik dan chart. Tentu ini akan memudahkan proses untuk membaca dan menganalisisnya.

Di samping itu, ini contoh laporan di Google Analytics pada beberapa bagian laporan.

1. Komparasi dengan Kompetitor

Untuk membaca laporan komparasi dengan kompetitor Anda bisa dilihat dengan mengklik menu Audiens >> Tolak Ukur >> Saluran.

2. Lokasi pengunjung

Untuk membaca laporan lokasi pengunjung Anda bisa dilihat dengan mengklik menu Audiens >> Geografis >> Lokasi.

3. Kompatibilitas dengan Browser

Untuk membaca laporan kompatibilitas dengan browser Anda bisa dilihat dengan mengklik menu Akuisisi >> Search Console >> Perangkat.

4. Mengetahui Kata Kunci Populer

Untuk membaca laporan komparasi dengan kompetitor Anda bisa dilihat dengan mengklik menu Akuisisi >> Search Console >> Halaman Landing.

5. Penyebab Pengunjung Meninggalkan Website

Untuk membaca laporan penyebab pengunjung meninggalkan website Anda bisa dilihat dengan mengklik menu Perilaku >> Alur Perilaku.

6. Waktu yang Tepat Untuk Mengirim Email

Untuk melakukan pengiriman email Anda bisa melalui menu Beranda. Lalu scroll ke bawah maka Anda akan menemukan berbagai informasi tentang waktu para user mengunjungi website.

Untuk penggunaan dan pembacaan laporan google analytic secara lengkap bisa lihat di sini.

Kenali Tools Google Analytics Sebelum Explore

Sebelum menggunakan tools Google Analytics kenali dan gali lebih dahulu. Hal ini agar bisa lebih optimal dalam menggunakan tools ini untuk mengembangkan bisnis.

Semoga artikel ini dapat membantu Anda untuk mengembangkan bisnis. Bagi Anda yang belum memiliki website, tunggu apa lagi?

Yuk kita kembangkan lagi bisnis kita untuk dapat merambah ke seluruh dunia via internet dengan memakai website. Gunakan web hosting terbaik dan domain yang menarik untuk memperoleh performa yang optimal / maksimal.

Namun bila belum bisa membuat website sendiri atau tak punya waktu karena sibuk, kami siap mengakomodasinya. Silakan hubungi jasa pembuatan website terbaik kami di 0895-3772-97046.

Sekian info tentang mengenal tools google analytics secara lengkap, kami harap postingan kali ini membantu teman-teman semua. Tolong postingan tools google ini dishare biar semakin banyak yang mendapat manfaat.

Leave a Reply

Memperbaiki Permalink Website
Cara Memperbaiki Permalink Website yang Rusak
Reset Website WordPress
Cara Reset Website WordPress dengan Mudah
Membuat Custom Login
Cara Membuat Custom Login di Website WordPress
Cara Setting Robots TXT di Website
Bahasa Pemrograman CMS cPanel Domain Hosting Web Siap
Fitur di cPanel Hosting
Fitur di cPanel Hosting Website
Domain Tingkat Atas
Jenis Domain Tingkat Atas Terbaik yang Ada Sekarang
Keunggulan Domain Berbayar
Keunggulan Domain Berbayar bagi Bisnis yang Perlu Diketahui

Dasar SEO

Pengenalan SEO Riset Keyword

Optimasi Lanjutan

Copywriting Error Website Tips SEO

Teknik SEO

SEO Off Page SEO OnPage SEO Teknikal

Tools SEO

Tools Google Tools Riset KK Tools SEO Lain
Bisnis Jualan Link PPC Program Afiliasi Publisher Sumber Lain
Mendapatkan Uang dari Website
Cara Mendapatkan Uang dari Website yang Kita Punya
Jualan Online via Website
Jualan Online via Website yang Mudah Dilakukan
Platform SeedBacklink
Platform Seedbacklink Solusi Promosi Website dan Income Online
Membersihkan Cache
Cara Membersihkan Cache pada Website
Menggunakan Editor Gutenberg
Cara Menggunakan Editor Gutenberg Lengkap di WordPress
Plugin WordPress
Cara Instal Plugin WordPress yang Bisa Dilakukan
Cara Instal dan Ganti Theme Website
Cara Instal dan Ganti Theme Website