Mengenal Search Engine Optimization (SEO) dan Konsep Dasarnya

bannerlbo

Di artikel ini kami akan jelaskan mengenai Mengenal Search Engine Optimization (SEO) dan Konsep Dasarnya. Kalau pernah melakukan pencarian di search engine (mesin pencari), maka Anda akan melihat daftar website yang relevan dengan pencarian Anda. Mesin pencari mengurutkan hasil pencarian tersebut bukan secara acak, tetapi berdasarkan tingkat relevansi dan kualitas website.

Search Engine Optimization

Apa itu SEO

Ada banyak faktor yang digunakan oleh mesin pencari untuk menentukan kedua faktor tersebut. Inilah yang melatarbelakangi SEO. Pastinya, Anda ingin mempunyai banyak pengunjung di halaman website atau blog Anda bukan? Maka Search Engine Optimization (SEO) adalah jawabannya!

Tapi banyak orang mengira bila SEO merupakan cara supaya website menyabet ranking teratas di mesin pencari seperti Google. Padahal, konsep itu hanya kulit luarnya saja. Bila Anda masuk lebih dalam, ternyata SEO itu tak hanya bicara mengenai ranking saja. Nyatanya, SEO bisa meningkatkan kualitas dan kuantitas trafik yang masuk ke website Anda.

Itu artinya, pengunjung atau visitor tak hanya asal mampir ke website Anda. Namun, mereka juga ikut melancarkan Anda dalam meraih tujuan website. Baik itu untuk meningkatkan branding atau buat mendongkrak angka transaksi. Pastinya, Anda semakin tertarik untuk belajar apa itu Search Engine Optimization (SEO)? Tanpa berlama-lama, mari tuntaskan rasa keingintahuan Anda di artikel ini!

Pengertian SEO

SEO adalah “seni atau ilmu” meningkatkan peringkat website pada halaman hasil pencarian Google atau search engine results pages (SERPs). Jika visibilitas website Anda tampil di urutan pertama pada mesin pencarian Google, maka hal itu akan lebih menarik banyak pengunjung.

Nah, disinilah Search Engine Optimization (SEO) akan bekerja dan menjadi faktor pengunjung untuk:

  • Membeli produk Anda,
  • Menjadi klien Anda,
  • Mengambil keuntungan dari layanan atau jasa yang Anda tawarkan,
  • Hingga dapat menjadi fans dari website Anda.

Ketika hal-hal tersebut terjadi, maka pengunjung akan meningkat dan menghasilkan traffic berkualitas pada web atau blog Anda. Setiap situs memang memiliki tingkat optimasi SEO yang berbeda, namun untuk mendapatkan ranking yang lebih tinggi, Anda perlu proses yang berkelanjutan. Jadi, jika ingin blog atau website Anda mempunyai banyak pengunjung, penting bagi Anda untuk memperhatikan SEO.

SEO vs SEM

Perbedaan SEO vs SEM

Meski terdengar mirip, SEO dan SEM merupakan suatu hal yang berbeda. Perbedaan SEM vs SEO yaitu pada fokusnya. Search Engine Optimization (SEO) fokus untuk meningkatkan performa website. Sedangkan Search Engine Marketing (SEM) atau biasa disebut dengan Google Ads atau Iklan Google fokus menjaring hasil (traffic hingga konversi) secara instan.

Informasi selengkapnya, mari simak perbedaan dari SEM dan SEO berikut ini.

SEOSEM
PengertianUpaya mengoptimasi website supaya bisa menempati posisi / rangking teratas pada halaman pencarian.Strategi marketing untuk menempatkan website di hasil teratas halaman pencarian.
Biaya yang DikeluarkanGratis dan ada yang berbayar sesuai tools yang dipakai.Berbayar yaitu mulai dari nominal Rp 100 ribuan.
Tampilan di Mesin PencarianTanpa ada embel-embel iklan.Menampilkan label ‘iklan’ atau ‘ad’.
Tools yang DigunakanTak wajib, namun bisa pula menggunakan tools riset keyword, analisis backlink, dll.Memerlukan Google Ads, Google Keyword Planner (GKP), dll.
HasilWebsite memerlukan waktu untuk bisa ranking teratas.Website lebih instan dalam menempati ranking teratas Google.
Jenis TrafficOrganic traffic yakni trafik yang diperoleh dari website yang muncul di hasil  pencarian secara alami.Organic traffic dan paid search. Paid search adalah kunjungan audiens yang diakibatkan oleh iklan berbayar.
PerformaJangka panjang. Ranking website tak turun secara mudah, bergantung optimasi SEO-nya.Jangka pendek. Setelah durasi iklannya habis, biasanya ranking website akan kembali seperti semula.

Meskipun Search Engine Marketing (SEM) mampu mendatangkan hasil secara instan, bukan berarti Search Engine Optimization (SEO) website tidak efektif. Buktinya, 70 – 80% orang mengabaikan hasil pencarian berbayar dan lebih memilih konten yang naik secara organik. Karena, banyak orang malas untuk mengklik konten yang ada iklannya.

Konsep Dasar SEO

Google dan mesin pencari lain adalah sebuah produk. Mereka ingin supaya orang lain puas menggunakan layanan mereka. Pengguna mesin pencari menginginkan agar website terbaik yang relevan dengan pencarian mereka muncul di halaman pertama. Karena itulah mesin pencari selalu ingin menampilkan hasil terbaik untuk setiap kata kunci yang dimasukkan pengguna.

Jadi inti Search Engine Optimization (SEO) ialah jadikan website Anda yang terbaik untuk keyword atau kata kunci yang diinginkan pengunjung. Terbaik dalam segi apa?

  1. Konten yang disajikan
  2. Struktur dan navigasi
  3. Kepuasan pengguna (User Experience / UX)
  4. Popularitas

Bisakah website sukses tanpa SEO?

Jawabannya Bisa! Dengan memperhatikan konsep dasar di atas, Anda sebenarnya tak perlu pusing memikirkan Search Engine Optimization (SEO). Tak jarang orang yang punya website populer namun mereka tidak mengerti SEO. Ini karena mesin pencari saat ini sudah pintar dalam mengasumsikan struktur halaman dan kualitas website.

Dalam prakteknya, SEO saat ini lebih dominan sebagai usaha atau aktivitas marketing daripada teknikal. Tapi, ada kemungkinan website anda masih butuh sedikit usaha lagi dari anda untuk bisa berhasil. Di samping itu dengan mengetahui teknik SEO Anda akan mengerti gimana caranya bikin website yang sukses.

Apakah SEO bisa dilakukan sendiri?

Ada banyak orang atau perusahaan yang menawarkan jasa Search Engine Optimization (SEO). Tapi sesungguhnya SEO juga bisa Anda lakukan sendiri tanpa menggunakan jasa. Dengan adanya berbagai tutorial SEO yang disediakan di internet saat ini, Anda bisa belajar dan mengaplikasikannya secara otodidak. Anda bisa menghemat jutaan rupiah dengan melakukan optimasi sendiri.

Untuk website bersifat informasi yang strukturnya sederhana, Anda kemungkinan besar tak perlu memakai jasa SEO. Anda hanya cukup belajar secara otodidak dengan menggunakan panduan yang ada di internet.

Namun jika website yang Anda punya strukturnya rumit contohnya toko online atau web-app, ada kemungkinan Anda membutuhkan jasa SEO. Jasa tersebut untuk menyederhanakan struktur supaya ramah terhadap mesin pencari.

Apa Saja Yang Harus Dipelajari?

Ada beberapa komponen utama dalam Search Engine Optimization (SEO). Berbagai komponen ini yang akan menentukan seberapa bagus website Anda secara SEO. Komponen ini juga yang akan menentukan urutan rangking di hasil pencarian mesin pencari (search engine). Secara singkat, inilah yang harus Anda pelajari buat menguasai teknik SEO.

  1. Mengoptimasi halaman website
  2. Riset kata kunci (Keyword research)
  3. Menganalisa kompetisi
  4. Membuat konten yang teroptimasi
  5. Membangun popularitas, link, dan reputasi
  6. Melakukan audit terhadap performa SEO

Cara Kerja SEO dan SERP

Pastinya, cara kerja SEO tak asal memilih website untuk menempati halaman teratas SERP atau search engine result page. Ada teknik-teknik tertentu yang Google dalam menyeleksi website atau situs.

Dengan mengetahui teknik-teknik ini, Anda akan mengerti mengapa Search Engine Optimization (SEO) banyak jenisnya. Dan mengapa penting untuk mengoptimasi bagian dalam, depan, hingga luar website. Mari simak penjelasan berikut.

1. Cara Kerja SEO

Google punya tool bernama web crawler. Tool inilah yang membantu Google untuk :

  • mengumpulkan berbagai konten di internet,
  • menyimpannya ke database atau lemari penyimpanan mesin pencari, dan
  • mengolahnya.

Ringkasnya, inilah cara kerja Search Engine Optimization (SEO) setelah Anda merilis website maupun posting konten baru di blog.

  1. Crawling: suatu proses mengumpulkan dan menyimpan halaman website yang baru rilis maupun yang barusan di-update;
  2. Indexing: proses ketika Google mempelajari berbagai unsur yang ada di website tertentu. Unsur ini mulai dari :
  • struktur website,
  • kualitas dan relevansi konten untuk kebutuhan audiens, serta
  • kredibilitas tiap halaman website yang tersimpan dalam database Google.
  1. Pulling result (ranking): Google menyusun daftar (list) halaman website terbaik untuk mengisi ranking tertinggi di hasil pencarian (SERP).

Itulah cara kerja SEO dalam menyortir halaman website untuk ditampilkan ke para pengguna internet. Namun, bagaimana perjalanan suatu konten supaya bisa ditemukan oleh audiens? Baca penjelasannya di bawah.

2. Cara Kerja SERP (Search Engine Result Page)

Setelah tahu bagaimana cara kerja Search Engine Optimization (SEO), sekarang Anda akan melihat cara kerja SERP. SERP merupakan cara mesin pencarian Google membawa halaman website tertentu ke depan audiens. Kira-kira, begini cara kerja SERP untuk menyajikan rekomendasi konten ke audiens :

  • Audiens memasukkan kata kunci tertentu ke dalam kotak kueri pencarian Google.
  • Google menganalisis kata kunci tersebut, mulai dari ejaan dan sinonim kata, agar dapat memberikan hasil pencarian terbaik.
  • Google mencari konten yang memuat keyword yang audiens masukkan, dari seluruh halaman website yang ada di database.
  • Google melakukan analisa konten dan website dengan bantuan algoritma Google untuk memastikan informasinya relevan serta terpercaya bagi audiens.
  • Google mempertimbangkan karakteristik audiens. Mulai dari lokasi, histori penelusuran, dan setelah penelusuran. SafeSearch Filters yaitu filter untuk memberikan konten yang aman bagi audiens.
  • Google SERP menampilkan list / daftar konten terbaik bagi audiens.

Perlu Anda ketahui, bahwa SERP cukup berpegang pada algoritma Google. Yaitu pedoman Google dalam menilai sampai menampilkan suatu halaman website tertentu sesuai kata kunci yang pengguna masukkan.

SEO Ranking

Apa saja faktor yang menentukan Search Engine Optimization atau SEO Ranking? Faktor ini biasa disebut juga dengan indikator SEO yang akan kami jelaskan di artikel selanjutnya. Indikator SEO adalah metrik yang dinilai Google untuk menilai kelayakan website dan kontennya. Berikut beberapa Indikator Utama SEO Ranking :

  • Struktur URL
  • Keamanan Website
  • Topik Konten
  • Search Intent
  • Struktur Konten
  • Meta Tags
  • Backlink
  • Kecepatan Website
  • Domain Factor
  • Desain dan Struktur Website
  • Penggunaan Keyword
  • Optimasi Gambar
  • Web Spam

Faktor SEO ranking merupakan kriteria yang Google tetapkan untuk mengevaluasi indikator Search Engine Optimization (SEO), di antaranya :

  • Relevancy, merupakan keterkaitan hubungan antara kebutuhan audiens dengan berbagai informasi yang disediakan;
  • Authority, ialah tingkat kredibilitas suatu website atau konten dalam menyajikan informasi yang akurat dan relevan;
  • Value, yakni kualitas dari suatu website termasuk kontennya untuk memberikan manfaat bagi audiens;
  • User experience, adalah pengalaman dari audiens saat mereka berinteraksi dengan website dan semua elemen di dalamnya.

Lantas, indikator mana sajakah yang termasuk dalam faktor penentu Google Ranking? Mari simak tabel berikut ini.

Faktor SEOCakupan
RelevancyPenggunaan keyword, Topik konten, Struktur URL, Meta tag
AuthorityDomain factor, Keamanan website, Backlink, Web spam
ValueSearch intent
User experienceDesain dan struktur website, Kecepatan website, Optimasi gambar

Selain faktor SEO di atas, ranking website juga pasti dipengaruhi oleh algoritma Google. Dimana algoritma ini merupakan dasar Google dalam menilai suatu website. Algoritma ini punya sistem yang terus menerus diperbaharui demi memberikan search experience terbaik.

Itu berarti, algoritma Google ada demi memenuhi kebutuhan audiens. Jadi, daripada Anda hanya fokus mengejar algoritma Google yang terus berubah. Lebih baik Anda fokus menyajikan website dan konten yang bermanfaat bagi audiens.

Jenis SEO

Jenis Search Engine Optimization (SEO)

Optimasi Search Engine Optimization (SEO) itu ada 3 jenis yaitu on page, off page, dan technical. Meski sama-sama bertujuan untuk meroketkan ranking website, fokus ketiga jenis SEO ini berbeda. Berikut penjelasan lengkap jenis-jenis SEO tersebut :

a. SEO On Page

Tujuan SEO ini adalah untuk mengoptimalkan bagian dalamnya seperti konten ataupun website itu sendiri. Sehingga website tersebut mudah ditemukan oleh target pasar. SEO on page merupakan upaya untuk mengoptimasi SEO pada bagian depan dari website.

Aspek-aspek yang dimaksimalkan dari Search Engine Optimization atau SEO On Page yakni :

  • Permalink;
  • Judul konten;
  • Struktur konten;
  • Gambar konten;
  • Sebaran keyword;
  • Kualitas konten;
  • Internal link;
  • Elemen SEO (meta description, tag, dll).

Dengan SEO on page, konten Anda akan lebih mudah tampil di Google. Dan makin relevan isi konten dengan kata kunci yang Anda bidik, maka kebutuhan audiens juga semakin terjawab. Sehingga Google akan meroketkan ranking website Anda.

Sebagai catatan, jenis SEO ini adalah yang paling mudah diterapkan dan wajib Anda kuasai. Jadi bila Anda baru memulai belajar SEO, silakan lebih dahulu asah pemahaman mengenai SEO on page

b. SEO Off Page

Tujuannya untuk membantu Google memahami seberapa besar manfaat dan relevansi konten bagi orang lain. SEO off page adalah upaya untuk mengoptimasi Search Engine Optimization (SEO) di luar website.

Berikut ini beberapa aspek SEO off page yang dapat Anda tingkatkan :

  • Link building yaitu aktivitas untuk mendapatkan link dari website lain atau backlink.
  • Peningkatan DA (Domain Authority), DA merupakan skor untuk memprediksi peluang ranking website di Google.
  • Peningkatan PA (Page Authority), PA adalah skor yang menunjukkan peluang sebuah halaman website menempati ranking teratas Google.
  • Promosi konten melalui sosial media dan channel marketing lainnya.
  • Guest blog yakni kegiatan untuk memasang artikel berkualitas di website lain yang di dalamnya ada backlink ke website Anda.

Dengan SEO off page yang kuat, maka Google akan tambah yakin jika website Anda bermanfaat bagi audiens. Alhasil, kredibilitas website dan ranking-nya pun berpotensi untuk meningkat.

c. Technical SEO

Tujuan SEO jenis ini adalah untuk mengoptimasi struktur website sehingga performanya semakin maksimal dan diterima oleh Google. Technical SEO merupakan usaha mengoptimasi Search Engine Optimization (SEO) di bagian dalam website. Secara garis besar, ini aspek yang masuk wilayah  SEO technical :

  • Kecepatan website;
  • Struktur website;
  • XML Sitemap;
  • Keamanan situs (SSL);
  • Tema responsive;
  • Layout website;
  • Navigasi.

Dengan menerapkan technical SEO, maka website Anda akan punyastruktur yang bagus dan mudah dibaca oleh search engine. Alhasil, peluang Google mau mengindeks website Anda juga jauh lebih besar.

Sudah Siap Menerapkan Optimasi SEO?

Sekarang, Anda sudah lebih paham bahwa Search Engine Optimization (SEO) merupakan cara untuk optimasi website. Di mana optimasi ini agar website tersebut nangkring di halaman teratas mesin pencari. Dengan menerapkan SEO yang tepat pada website, maka Anda akan bisa kebanjiran trafik dan dapat manfaat berlimpah seperti :

  • memperluas awareness,
  • mendorong transaksi,
  • memanjangkan usia bisnis,
  • dll.

Namun meski artikel ini telah selesai, jangan berpikir belajar SEO berakhir begitu saja. Karena apa yang kita pelajari harus dipraktekkan. Jadi, cara terbaik untuk memahami SEO adalah dengan praktik sendiri.

Demikian informasi mengenai Mengenal Search Engine Optimization (SEO) dan Konsep Dasarnya, kami harap post kali ini mencerahkan Anda. Mohon post seputar pengenalan SEO ini disebarluaskan biar semakin banyak yang memperoleh manfaat.

Referensi: Produk Digital Marketing

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

22793

Leave a Reply

Situs Penerima PPC
Situs Penerima PPC beserta Syarat dan Ketentuannya
Mendapatkan Income dari Program PPC
Mendapatkan Income dari Program PPC untuk Website
Cara Mendaftarkan Website ke UpToPromo
Cara Mendaftarkan Website ke UpToPromo
Cara Mendapatkan Income dari UpToPromo
Cara Mendapatkan Income dari UpToPromo
cPanel Domain Hosting Landing Page Masalah Website Website WordPress
Strategi Memilih Nama Domain
Strategi Memilih Nama Domain yang Tepat
Meningkatkan Keamanan WordPress
Tips Ampuh Meningkatkan Keamanan WordPress
Membuat Landing Page
Cara Membuat Landing Page yang Menarik dan Efektif

DM Lainnya

Cafebisnis Pakarbot Ratakan

Jasa dan Pelatihan

Jasa Digital Jasa Lainnya Pelatihan

Theme

Kentooz Oketheme Theme Lainnya

Webhosting

Hosting Bisnis Hosting Personal Hosting Ternak Web
Pengenalan SEO Riset Keyword SEO Off Page SEO On Page Technical SEO Tips SEO Tools Google
Optimasi Internal Link
Panduan Optimasi Internal Link Lengkap pada Website
Link Dofollow dan Nofollow
Cara Membuat Link Dofollow dan Nofollow di Website
Backlink Berkualitas
Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas Bagus untuk Website
Tutorial Litespeed Cache
Tutorial Litespeed Cache untuk Mempercepat Website
Cara Membuat Form Kontak di Website
Cara Membuat Form Kontak di Website 100% Mudah Dilakukan
Cara Menangani Komentar SPAM di Website
Cara Menangani Komentar SPAM di Website 100% Ampuh
Pengaturan CloudFlare di Website
Pengaturan CloudFlare di Website dengan Plugin