Mengenal Domain dan Beberapa Aspeknya

Pembahasan kita sekarang adalah Mengenal Domain dan Beberapa Aspeknya yang ada. Domain name (nama domain) ialah nama unik yang digunakan buat mengidentifikasi nama pada server komputer. Misalnya web server yang ada di jaringan komputer maupun internet. Nama server ini umumnya berupa deretan angka-angka rumit yang dikenal sebagai alamat IP (IP Address).

Mengenal Domain dan Beberapa Aspeknya

Mengenal Domain dan Beberapa Aspeknya

Tujuan adanya domain name ini tentu saja buat memudahkan pengguna di internet pada waktu melakukan akses ke server. Hal ini sekaligus bikin website Anda jadi lebih mudah diingat.

Struktur Sistem Nama Domain

Dalam struktur hierarki DNS (Domain Name System), nama domain dikelompokkan ke dalam beberapa tingkatan, yaitu :

1. Root-Level Domains (RLD)

RLD merupakan top level hirarki sebuah domain atau disebut juga “akar” yang umumnya dilambangkan dengan tanda titik (.).

2. Top-Level Domain (TLD)

TLD merupakan ekstensi dari nama domain yang ada pada bagian akhir sesudah tanda titik. Contohnya: .com, .net, .id, .info, dan lain sebagainya.

3. Second-Level Domain (SLD)

SLD yaitu suatu nama domain yang merupakan nama domain sesudah ekstensi TLD. SLD umumnya merujuk pada organisasi yang mendaftarkan nama domain pada suatu registrar domain. Misalnya gamaspro.com, Gamaspro adalah SLD dan .com adalah TLD.

Beberapa registrar domain memperkenalkan hirarki tingkat kedua ke TLD. Ini menunjukkan jenis entitas yang dimaksudkan buat mendaftarkan SLD di bawahnya. Misalnya, di Indonesia sebuah perguruan tinggi bakal mendaftar dengan .ac.id, sementara untuk perusahaan akan mendaftar dengan .co.id.

4. Hostname

Hostname merupakan nama komputer yang dipakai oleh sebuah nama domain. Sebuah nama domain yang dipakai dengan hostname bakal menciptakan FQDN (fully qualified domain name) buat tiap komputer. Misalnya: member.ternakwebsite.com, dimana member adalah host name dan ternakwebsite.com adalah nama domain.

Fungsi Domain secara Umum

Pada dasarnya domain berfungsi buat menggantikan alamat IP server komputer sehingga mempermudah pengguna internet buat mengaksesnya. Di samping itu, masih ada fungsi domain lainnya, yakni sebagai identitas online / brand bisnis di internet.

Seperti yang kita ketahui, marketing online / pemasaran online adalah sesuatu yang sangat penting di era digital seperti saat ini. Nama domain yang unik, singkat dan gampang diingat bakal memberikan keuntungan tersendiri untuk para pemilik bisnis dan pengguna internet.

Itulah alasan kenapa domain name yang unik, singkat dan mudah diingat akan banyak diburu oleh para pengusaha atau pebisnis online. Bahkan ada beberapa dari mereka yang melakukan riset khusus sebelum menentukan nama domain untuk bisnisnya.

Domain Gratis

Adakah nama domain yang free / gratis? Ada, namun kebanyakan domain gratisan tak sebaik domain yang berbayar. Pastinya ada kelemahan-kelemahan pada setiap pilihan dari domain gratis. Domain gratisan umumnya jadi halangan bila kita mendaftarkan website / blog tersebut ke penyedia layanan periklanan atau mau dikomersilkan. Banyak penyedia layanan iklan atau layanan lainnya yang dalam TOS-nya mereka tak menyetujui website dengan domain gratisan.

Cara Mendaftarkan Domain

Nama domain bisa Anda dapatkan dengan mudah melalui perusahaan penyedia layanan domain dan hosting seperti Dewaweb, Niagahoster dll. Anda tinggal pesan, bayar, tunggu proses verifikasi sejenak, dan domain akan siap digunakan. Masing-masing penyedia layanan domain dan hosting memakai sistem yang berbeda dan proses daftar domain tergantung pada provider.

Buat mendaftarkan nama domain, langkah pertama yang umumnya dilakukan ialah mengecek ketersediaan nama domain di fitur pencari domain. Caranya masukkan atau ketikkan nama domain yang diinginkan, lalu dicek ketersediaan domainnya. Karena sebagian besar penyedia layanan domain sudah menyediakan fitur ini.

Sesudah itu, Anda hanya perlu menyelesaikan langkah-langkahnya dengan mengklik “Checkout Sekarang” dan melakukan pembayaran buat nama domain yang diinginkan. Sesudah nama domain dibeli dan terdaftar, Anda akan mendapatkan akses buat mengelola control panel yang sudah dilengkapi semua  tool manajemen yang diperlukan. Selengkapnya bisa lihat di sini

Demikian info terkait dengan Mengenal Domain dan Beberapa Aspeknya, semoga postingan ini bermanfaat buat teman-teman semua. Kami berharap postingan ini diviralkan biar semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Referensi:

Leave a Reply