Mengenal CMS WordPress Lebih Rinci

Apa itu WordPress? Benarkah saya harus menggunakannya untuk membuat website? Jawaban singkatnya, benar. Bila mau tahu jawaban lebih rincinya simak artikel seputar CMS WordPress ini hingga selesai.

CMS WordPress

Pengertian WordPress

Tak dapat kita pungkiri bahwa WordPress adalah platform atau Content Management System (CMS) untuk website yang paling populer di dunia. Tidak hanya website sederhana saja yang menggunakan CMS WordPress.

Banyak juga website perusahaan korporat dan media internasional yang turut menggunakan WordPress. Namun bukan lantas Anda ikut-ikutan seperti yang lain dengan memakai WordPress. Hanya saja popularitas ini memang bisa jadi keuntungan tersendiri bagi Anda.

Popularitas dalam hal ini adalah banyaknya pengguna WordPress. Sehingga menjanjikan komunitas sesama pengguna yang aktif.

Jika sewaktu-waktu mengalami permasalahan terkait website WordPress, Anda dapat mencari solusi dari banyak pengguna lain yang mungkin pernah mengalami permasalahan yang sama.

WordPress adalah CMS pembuatan website yang saat ini banyak digunakan oleh para web master / developer.

WordPress merupakan software yang bersifat open source. Artinya platform WordPress bisa dipakai secara gratis dan bebas untuk dimodifikasi oleh penggunanya.

Platform WordPress dibuat dengan menggunakan :

  • bahasa pemrograman PHP, dan
  • basis data (database) MySQL.

Selain untuk nge-blog, WordPress juga mulai dipakai untuk sebuah CMS. Karena kemampuan dari WordPress untuk dimodifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya sangatlah mudah.

Sejarah Singkat WordPress

CMS WordPress diciptakan pada tahun 2003 oleh dua programmer yaitu :

  • Matt Mullenweg, dan
  • Mike Little.

Sejarah WordPress berawal dari inisiatif mereka untuk membuat software yang sama seperti yang dulu mereka gunakan. Yakni sebuah software blogging b2/cafeblog yang sudah ditutup.

WordPress merupakan jenis open source software. Menyediakan plugin sehingga pengguna dapat lebih mudah untuk menggunakan dan menambah fitur di dalam website.

CMS ini dapat digunakan siapa saja secara gratis. Dan pengguna WordPress pun bebas untuk melakukan modifikasi di dalamnya.

Perbedaan antara WordPress.Com dengan WordPress.Org

Bagi seseorang yang baru memulai belajar membuat website maupun yang sudah lama penting untuk mengenal CMS WordPress. Pada umumnya wordpress terbagi  jadi dua jenis yaitu wordpress.com dan wordpress.org.

Lalu perbedaan kedua wordpress itu apa? Berikut beberapa perbedaan dari keduanya :

a. Pengertian

  1. WordPress.Org adalah perangkat lunak (software) open source yang menghasilkan jutaan situs website di seluruh dunia. Dan org adalah situs yang menjadi pusat dari segala hal tentang WordPress itu sendiri (pusat komunitas wordpress).
  2. com adalah sebuah layanan blogging gratis yang banyak dipakai oleh jutaan blogger di dunia. Dan WordPress.com adalah situs komersial tempat Anda bisa meng-host situs / website gratis dengan beberapa keterbatasan atau membayar upgrade.

b. Hosting

  1. Untuk mengunakan WordPress.org, Anda harus membeli hosting terlebih dahulu.
  2. Untuk menggunakan WordPress.com, Anda tidak harus membeli hosting alias free atau gratis yang telah disediakan oleh pihak WordPress.

c. Domain

  1. Di WordPress.Org Anda harus membeli membeli domain terlebih dahulu untuk bisa menggunakannya. Misalnya :
  • ternakwebsite.com,
  • solehagus.com,
  • pijarrabbani.com,
  • dll.
  1. Di WordPress.com Anda tidak dipungut biaya apapun untuk membuat domain. Anda tinggal daftar dan buat akun saja ke WordPress.com. Tetapi untuk nama domain yang Anda buat di WordPress.com merupakan sub domain misalnya :
  • soleh.wordpress.com,
  • pijar.wordpress.com,
  • dll.

d. Kontrol terhadap Website/Blog

  1. Untuk WordPress.org diberikan kontrol secara penuh (full control) terhadap website And Di sini Anda bisa mengontrol secara penuh / 100 % pada:
  • Design
  • Themes
  • Plugins
  • Content
  • Monetization
  • Performance
  1. Untuk WordPress.com diberikan kontrol secara terbatas (limited control) terhadap website kita. Jadi Anda tidak bisa melakukan kontrol di beberapa hal seperti :
  • Tidak ada plugins khusus atau Anda tidak bisa menambah plugin.
  • Tidak ada themes khusus atau Anda tidak bisa menambah themes selain yang telah disediakan oleh WordPress.com itu sendiri.
  • Tidak ada akses FTP (File Transfer Protocol).

f. Maintenance and Development (Time Investment)

  1. Pemeliharaan dasarnya diterjemahkan ke dalam investasi waktu, kecuali jika Anda mempekerjakan orang lain untuk mengurusnya untuk Anda. Jika Anda merasa tidak nyaman dengan FTP dan tidak mengerti teknologi maka faktor perawatan akan berakhir dengan pertimbangan biaya Anda. Inilah satu kekurangan dari WordPress.org dibanding WordPress.com.
  2. Di com, pemeliharaan ditangani oleh tim dukungan dan pengembangan wordpress.com. Apapun host blog gratis atau yang berbayar dengan upgrade berbayar.
Fungsi WordPress

Apa saja fungsi WordPress? Awalnya, fungsi WordPress adalah untuk menampilkan tulisan pada website sederhana. Tapi, CMS WordPress sudah berkembang dan mendukung berbagai macam website.

Jadi dengan WordPress Anda bisa membuat :

  • website perusahaan (company profile)
  • website toko online
  • website portofolio
  • website forum
  • dan lainnya.

Anda bisa mengikuti tutorial membuat website siap pakai seperti web di atas dengan klik link yang ada.

Keunggulan WordPress

Kelebihan WordPress

Selain sudah mendukung berbagai jenis website, ada banyak kelebihan atau keunggulan CMS WordPress, seperti :

  • hemat biaya,
  • updatenya praktis,
  • instalasinya mudah,
  • ramah perangkat mobile,
  • bantuan mudah didapatkan,
  • ramah optimasi mesin pencarian,
  • tampilan mudah diganti dan diatur,
  • kaya akan fitur tambahan dari plugin, dan
  • dapat dihubungkan dengan berbagai layanan pihak ketiga.

Kekurangan WordPress

Selain banyaknya kelebihan yang ditawarkan, CMS WordPress juga tak luput dari kekurangan. Lalu apa kekurangan WordPress?

Berikut beberapa kekurangan WordPress dan cara mengatasinya :

a. Perlu Instalasi Manual

Kekurangan CMS WordPress yang pertama yaitu perlunya instalasi manual, khususnya untuk yang memakai hosting sendiri. Bagi beberapa pengguna awam / pemula, hal ini bisa jadi tantangan tersendiri. Padahal, sebenarnya prosesnya tak terlalu teknis.

Hal itu sebenarnya bisa diatasi dengan memakai layanan WordPress yang ramah bagi pemula seperti WordPress hosting. Di layanan WordPress hosting, ada fitur Auto Installer yang memungkinkan Anda untuk menginstal WordPress secara otomatis.

2. Masih Menjadi Sasaran Hacker

Popularitas WordPress merupakan alasan mengapa peretas atau hacker masih sering mengincarnya. Buktinya, 94% serangan hacker dilancarkan terhadap CMS WordPress.

Kekurangan ini membuat pengembang WordPress harus rutin meningkatkan keamanan CMS mereka. Itulah mengapa Anda juga perlu berperan aktif untuk meminimalkan risiko website dibobol hacker. Salah satu caranya adalah dengan selalu melakukan update.

Jangan khawatir, untuk menjaga keamanan WordPress tak serumit yang Anda bayangkan. Simak artikel tentang keamanan website yang ada di website kami ini.

3. Harus Jeli Memilih Plugin dan Theme Berkualitas

Ada ribuan plugin dan theme yang dapat Anda pakai untuk website WordPress. Sayangnya, tak semuanya berkualitas. Terutama, bila plugin dan theme itu dibuat dengan koding yang buruk atau tak pernah di-update.

Itulah mengapa Anda harus selalu teliti dalam memilih plugin dan theme. Perhatikan rating, review, dan kapan terakhir kali sebuah plugin atau theme tersebut diperbarui.

4. Kecepatan Berkurang Seiring Pemakaian

CMS WordPress sebenarnya punya kecepatan optimal. Tapi, ada banyak hal yang dapat membuatnya lambat seiring pemakaian. Misalnya :

  • memasang terlalu banyak gambar di website,
  • menginstal plugin-plugin yang tak diperlukan,
  • dan sebagainya.

Namun, ada juga pemicu lambatnya WordPress yang sifatnya lebih teknis, sehingga harus dilakukan pengecekan lebih lanjut. Untuk itu, Anda dapat memeriksanya dengan menggunakan tool tes kecepatan website gratis.

Sudah Tahu apa itu CMS WordPress!

Di artikel ini, Anda sudah belajar berbagai hal seputar WordPress. Mulai dari apa itu WordPress hingga kelebihan dan kekurangannya. Sebagai informasi, CMS ini merupakan solusi termudah untuk membuat website apapun jenisnya.

Sekian informasi terkait dengan mengenal CMS WordPress lebih rinci, kami harap post ini bermanfaat buat sahabat semua. Mohon post seputar WordPress ini dishare biar semakin banyak yang memperoleh manfaat.

Leave a Reply

Memperbaiki Permalink Website
Cara Memperbaiki Permalink Website yang Rusak
Reset Website WordPress
Cara Reset Website WordPress dengan Mudah
Membuat Custom Login
Cara Membuat Custom Login di Website WordPress
Cara Setting Robots TXT di Website
Bahasa Pemrograman CMS cPanel Domain Hosting Web Siap
Fitur di cPanel Hosting
Fitur di cPanel Hosting Website
Domain Tingkat Atas
Jenis Domain Tingkat Atas Terbaik yang Ada Sekarang
Keunggulan Domain Berbayar
Keunggulan Domain Berbayar bagi Bisnis yang Perlu Diketahui

Dasar SEO

Pengenalan SEO Riset Keyword

Optimasi Lanjutan

Copywriting Error Website Tips SEO

Teknik SEO

SEO Off Page SEO OnPage SEO Teknikal

Tools SEO

Tools Google Tools Riset KK Tools SEO Lain
Bisnis Jualan Link PPC Program Afiliasi Publisher Sumber Lain
Mendapatkan Uang dari Website
Cara Mendapatkan Uang dari Website yang Kita Punya
Jualan Online via Website
Jualan Online via Website yang Mudah Dilakukan
Platform SeedBacklink
Platform Seedbacklink Solusi Promosi Website dan Income Online
Membersihkan Cache
Cara Membersihkan Cache pada Website
Menggunakan Editor Gutenberg
Cara Menggunakan Editor Gutenberg Lengkap di WordPress
Plugin WordPress
Cara Instal Plugin WordPress yang Bisa Dilakukan
Cara Instal dan Ganti Theme Website
Cara Instal dan Ganti Theme Website