Mengecek Kecepatan Website dengan Tools Canggih

Kecepatan website selalu jadi isu prioritas bagi para pemilik (owner) website apapun jenisnya. Sebagai owner website tentu Anda perlu selalu mengecek kecepatan website secara reguler / berkala.

Mengecek Kecepatan Webste

Mengapa Website Harus Cepat?

Hal ini dilakukan supaya tahu apakah website Anda sudah cukup cepat atau belum. Ada beberapa cara untuk tahu website Anda punya loading yang cepat. Salah satunya memakai tools gratisan untuk mengecek kecepatan website Anda.

Sebelum mengecek kecepatan web, Anda pun harus tahu kenapa website harus cepat. Apa yang terjadi bila website Anda loading terlalu lama?

Berikut beberapa alasan mengapa website harus cepat :

  • Pengunjung tak sabar
  • Pengunjung tak kembali ke website yang lambat
  • Website cepat, maka ranking makin tinggi di google

Untuk penjelasan dari ketiga alasan di atas, Anda bisa baca artikel yang berjudul “Pentingnya Kecepatan Website bagi Bisnis dan Branding”.

Selain alasan di atas ada juga beberapa faktor yang mempengaruhi kecepatan akses website, seperti :

  • Lokasi dan spesifikasi server hosting yang sedang dipakai
  • Kecepatan koneksi internet
  • Ukuran file gambar, video atau multimedia lainnya
  • Pemakaian plugin yang terpasang di website
  • Source code yang dipakai tema meliputi html, css, javascript dan lainnya.

Tools untuk Cek Kecepatan Website

Ada berbagai cara untuk cek kecepatan website. Anda dapat memilih salah satu atau beberapa tools di bawah untuk mengecek kecepatan website.

a. Google PageSpeed Insight

Sejak tahun 2010, Google secara resmi memasukkan kecepatan website sebagai salah satu dari indikator penilaian untuk SEO.

Di tahun yang sama Google pun merilis Google PageSpeed Insight (GPSI). Tools ini berguna dalam membantu para penggunanya untuk mengecek kecepatan website. Baik untuk perangkat desktop maupun mobile.

Google akan menilai kecepatan loading website Anda memakai skala persen seperti :

  • 0 hingga 49 persen : menunjukkan website Anda lambat.
  • 50 hingga 89 persen : menunjukkan website Anda kecepatannya sudah mencapai rata-rata.
  • 90 hingga 100 persen : menunjukkan website Anda cepat.

Tools ini juga akan memberi rekomendasi untuk meningkatkan kualitas user experience (UX) di perangkat mobile.

b. GTMetrix

GTMetrix merupakan salah satu tools gratis untuk mengecek kecepatan website yang layak Anda gunakan. Cara pemakaiannya yang mudah dan gratis cocok bagi para pemula.

Tool ini menyediakan analisis lengkap mengenai kecepatan website berdasarkan rekomendasi dari Google PageSpeed Insight dan YSlow.

GTMetrix menampilkan ringkasan analisis mengenai kecepatan website di bagian atas halaman sehingga mudah dibaca. Ringkasan tersebut berisi :

  • page size,
  • jumlah request,
  • total waktu loading,
  • dll.

GTMetrix pun menyediakan analisis untuk mengidentifikasi masalah apa yang website Anda hadapi. Dan juga rekomendasi yang diperlukan untuk mengatasi masalah tersebut.

Anda dapat menyimpan analisis kecepatan website di GTMetrix dengan bikin akun secara gratis. Akun gratis GTMetrix akan memungkinkan Anda menyimpan sampai 20 tes kecepatan terakhir.

Baca Juga : Cara Mudah Menggunakan GTMetrix

c. Pingdom

Pingdom merupakan salah satu tools monitoring website yang paling terkenal saat ini. Kliennya juga berasal dari beberapa perusahaan besar seperti Facebook, Spotify, Twitter, dan Pinterest. Salah satu fitur gratisnya adalah cek kecepatan website.

Pingdom menilai dan mengecek kecepatan website menggunakan skala 0 sampai 100. Makin tinggi nilai yang diperoleh menunjukkan kualitas kecepatan website Anda sudah baik.

Namun, jangan terlalu terobsesi untuk memperoleh nilai 100. Karena yang paling penting dari cek kecepatan web di Pingdom adalah saran-sarannya. Yaitu saran apa saja yang perlu Anda terapkan untuk meningkatkan nilai kecepatan website.

d. Google Mobile Website Speed Testing Tool

Menurut Google, pengunjung akan lebih cepat meninggalkan web yang tak mobile friendly. Atas dasar itulah, Google merilis tools baru yaitu Google Mobile Website Speed Testing Tool.

Tool ini juga didukung oleh teknologi dari Google PageSpeed Insight. Namun akan lebih fokus untuk penilaian website di perangkat mobile.

Tool ini menilai atau mengecek kecepatan website dalam skala 0 sampai 100. Tool ini pun memberikan saran-saran yang perlu dilakukan untuk meningkatkan kecepatan website di perangkat mobile.

Anda dapat memperoleh laporan kecepatan website via email atau langsung dikirimkan ke developer webmaster.

e. Geek Flare

Site Relic merupakan tool kecepatan website gratis yang termasuk masih baru. Tools ini akan memungkinkan Anda untuk mengecek kecepatan website. Baik di perangkat mobile ataupun di perangkat desktop.

Dalam laporannya, tools ini hanya menyediakan informasi di detik ke berapa konten website Anda mulai loading. Dan juga di detik berapa halaman website Anda sudah loading secara penuh.

f. KeyCDN Website Speed Test

Tool cek kecepatan website gratis ini milik KeyCDN. Di mana tools ini menyediakan cara yang mudah dan cepat untuk menganalisis kecepatan website. KeyCDN menampilkan ringkasan analisis dan preview halaman yang Anda periksa.

Anda dapat menjalankan baik pemeriksaan umum ataupun private yang dapat dibagikan atau bookmark. KeyCDN memberikan analisis dari

  • metode request (GET/POST),
  • status kode HTTP,
  • tipe file,
  • ukuran konten,
  • waktu tunggu / terima,
  • total waktu download,
  • dan lain-lain.

g. Load Impact

Load Impact adalah salah satu tool mengecek kecepatan website yang menyediakan layanan gratis dan berbayar.

Untuk layanan cek kecepatan website gratis ini, Anda harus sign up. Dan Anda mendapatkan kuota tes kecepatan website gratis maksimal lima kali dalam sebulan. Layanan premiumnya dibandrol dengan harga USD 89 per bulan.

h. WebPageTest

WebPageTest dikembangkan oleh Patrick Meenan, teknisi Chrome (Google). Software ini bersifat open source. Di mana tools ini akan memungkinkan Anda dalam melakukan tes kecepatan website.

Tes yang dilakukan dari beberapa lokasi di seluruh dunia memakai browser secara gratis. WebPageTest bahkan menyediakan fitur tambahan seperti :

  • capture video,
  • pemblokiran konten,
  • perbandingan first view dengan repeat view,
  • mengubah kecepatan koneksi,
  • dan banyak lagi.

Kelebihan dari WebPageTest adalah sudah mendukung HTTP/2. Sehingga Anda dapat melakukan uji coba kinerja dari WordPress hosting. Dengan cara mengikutsertakan SSL dan parallelism dalam penilaian.

i. Web Page Analyzer

Web Page Analyzer adalah tool gratis yang sangat direkomendasikan untuk memeriksa atau mengecek kecepatan website dan komposisi website. Tool ini akan memberitahu kecepatan website Anda di koneksi yang berbeda-beda.

Web Page Analyzer pun menyediakan penilaian menurut 11 aspek indikator. Di mana Anda dapat memperoleh rekomendasi yang harus dilakukan untuk meningkatkan kecepatan website.

j. Chrome DevTools

Chrome DevTools merupakan bagian dari browser Google Chrome. Tool ini cukup populer di kalangan para developer. Sebab kemudahan dalam aksesnya dan efektivitasnya untuk melakukan debugging dan uji coba.

Anda dapat secara mudah menjalankan Chrome DevTools di Google Chrome dengan cara menekan :

  • Command+Option+I (Mac) atau
  • Control+Shift+I (Windows dan Linux).

Lalu Anda dapat melakukan cek kecepatan website dan mendapatkan laporannya.

Salah satu fitur terbaik Chrome DevTools merupakan kemampuannya untuk memblokir request. Fitur blokir ini berguna untuk menentukan berapa banyak overhead layanan dari pihak ketiga di website Anda.

Selain itu, tool ini juga terintegrasi dengan LightHouse. LightHouse merupakan software open source untuk meningkatkan kualitas halaman suatu website.

Saatnya Mengecek Kecepatan Website!

Cek kecepatan website merupakan aktivitas yang harus dilakukan secara teratur oleh para pemilik website. Hal ini untuk mengetahui seberapa cepat website Anda secara tepat dan akurat.

Setelah tahu seberapa cepat website Anda, maka Anda dapat melakukan berbagai perbaikan menurut rekomendasi dari tool kecepatan website.

Sekian info terkait dengan mengecek kecepatan website dengan tools canggih, semoga artikel kali ini membantu kalian. Mohon artikel strategi audit website ini dibagikan agar semakin banyak yang mendapat manfaat.

Leave a Reply

Memperbaiki Permalink Website
Cara Memperbaiki Permalink Website yang Rusak
Reset Website WordPress
Cara Reset Website WordPress dengan Mudah
Membuat Custom Login
Cara Membuat Custom Login di Website WordPress
Cara Setting Robots TXT di Website
Bahasa Pemrograman CMS cPanel Domain Hosting Web Siap
Fitur di cPanel Hosting
Fitur di cPanel Hosting Website
Domain Tingkat Atas
Jenis Domain Tingkat Atas Terbaik yang Ada Sekarang
Keunggulan Domain Berbayar
Keunggulan Domain Berbayar bagi Bisnis yang Perlu Diketahui

Dasar SEO

Pengenalan SEO Riset Keyword

Optimasi Lanjutan

Copywriting Error Website Tips SEO

Teknik SEO

SEO Off Page SEO OnPage SEO Teknikal

Tools SEO

Tools Google Tools Riset KK Tools SEO Lain
Bisnis Jualan Link PPC Program Afiliasi Publisher Sumber Lain
Mendapatkan Uang dari Website
Cara Mendapatkan Uang dari Website yang Kita Punya
Jualan Online via Website
Jualan Online via Website yang Mudah Dilakukan
Platform SeedBacklink
Platform Seedbacklink Solusi Promosi Website dan Income Online
Membersihkan Cache
Cara Membersihkan Cache pada Website
Menggunakan Editor Gutenberg
Cara Menggunakan Editor Gutenberg Lengkap di WordPress
Plugin WordPress
Cara Instal Plugin WordPress yang Bisa Dilakukan
Cara Instal dan Ganti Theme Website
Cara Instal dan Ganti Theme Website