2 Cara Mengatasi Syntax Error pada Website

Apakah website Anda menampilkan pesan Syntax Error? Dan Anda ingin mengatasi Syntax Error pada website Anda? Simak artikel ini hingga selesai untuk mendapatkan cara mengatasi masalah website Anda.

Mengatasi Syntax Error

Permasalahan Syntax pada Website

Pengguna website WordPress baru sering menemui kesulitan atau bingung saat website yang dikelola menampilkan tulisan Parse error: Syntax error, unexpected.

Tapi tak menutup kemungkinan Anda juga tak bisa melihat pesan error tersebut. Hal ini karena fitur laporan error dinonaktifkan / dimatikan. Bila hal ini terjadi, sangat kami sarankan untuk mengaktifkan debug error website.

Sebenarnya hal ini cukup wajar bagi Anda yang memang seorang pengguna baru. Terkadang, website memunculkan pesan syntax error yang memang agak mengganggu. Error ini terjadi bila Anda tak mengikuti aturan yang benar tentang PHP syntax.

Namun Anda tak perlu khawatir lagi. Karena Anda bisa mengatasi Syntax Error pada website dengan cara mudah. Untuk mengatasi error website ini apa yang Anda butuhkan? Yang Anda butuhkan untuk memulai mengatasinya Anda perlu akses ke akun hosting.

Pengertian Syntax Error

Sebelum tahu cara mengatasi syntax error, Anda harus paham definisinya lebih dulu. Syntax error yaitu kesalahan yang muncul karena adanya aturan bahasa pemrograman tertentu yang tak diikuti.

Syntax error dianalogikan sebagai kesalahan pemakaian kata kerja dan kata benda pada kalimat dalam aturan baku berbahasa Inggris.

Seperti halnya penutur asli bahasa Inggris tak bisa memahami dan mengerti kalimat yang ditulis / diucapkan. Kompilator atau penerjemah bahasa pemrograman juga tak bisa memproses blok kode yang tak benar dalam aturan syntax.

Bahkan, hanya karena lupa membubuhkan titik koma atau menuliskan file lengkap dengan tak benar juga dapat menimbulkan syntax error. Jika syntax error muncul di website, penyebab umumnya terjadi karena pengguna membuat kesalahan ketika penulisan script PHP untuk website.

Permasalahan syntax masuk dalam kategori yang lebih luas dari parse error. Sebab error semacam ini akan melakukan parsing pada setiap baris kode yang tertulis dalam program.

Memperbaiki Syntax Error di Website

Permasalahan syntax error website (khususnya WordPress) dapat Anda perbaiki dengan mudah. Untuk memperbaik atau mengatasi syntax error pada website Anda hanya perlu melakukan dua langkah berikut :

a. Temukan Penyebab Syntax Error

Langkah pertama memperbaiki atau mengatasi syntax error yaitu mencari sumber permasalahan utama.

Di sini Anda hanya perlu menemukan file penyebab error website tersebut. Atau secara spesifik letak dari penyebab error tersebut ada pada baris kode sebelah mana.

Lalu, Anda pun perlu mengingat kembali plugin atau theme yang sudah diinstal pada website Anda. Bila syntax error muncul setelah Anda menginstal plugin atau theme, maka besar kemungkinan syntax error dikarenakan oleh plugin atau template tersebut.

Untuk mengatasinya, silakan ubah theme atau uninstall plugin yang bermasalah tersebut / yang baru Anda install.

Jika hal di atas bukan penyebab syntax error, Anda tetap bisa melacaknya dengan mudah. Lihat pesan yang tampil saat Anda mengakses website.

Umumnya, pesan tersebut dimulai dengan Parse error: Syntax error, lalu diikuti dengan informasi spesifik tentang error yang website Anda alami.

Pesan error pun menampilkan informasi lengkap direktori dari file beserta baris kode penyebab error. File yang disebutkan di sanalah yang harus Anda perbaiki supaya website Anda kembali bisa berjalan dengan baik.

Misalnya seperti pesan di bawah :

Parse error: syntax error, unexpected end of file in /home/u694443746/public_html/wp2/wp-content/themes/best/single.php on line 179

Di sini jelas terlihat file dan baris kode yang jadi penyebab error tersebut yaitu file single.php pada baris 179. Informasi ini jelas menunjukkan penyebab masalah utama sebelum Anda mulai memperbaiki syntax error pada website.

b. Perbaiki File Menggunakan FTP Client

Pada langkah mengatasi syntax error ini Anda sudah menemukan file penyebab masalah website tersebut. Kemudian, Anda bisa mengedit kode pada file yang dimaksud agar website bisa berfungsi kembali.

Caranya :

  • Silakan masuk ke dashboard WordPress.
  • Lalu pilih menu Tampilan >> Editor, atau Anda bisa memakai FileZillauntuk mengedit filenya.
  • Setelah Anda berhasil terhubung ke akun hosting via FileZilla, silakan akses file yang jadi penyebab error. Berdasarkan pesan di atas, maka temukan file tersebut.
  • Klik kanan pada file tersebut, lalu pilih View / Edit.
  • File tersebut akan terbuka lewat text editor default di komputer Anda.

Pilihannya, di sini Anda bisa :

  • menghapus kode yang jadi penyebab error.
  • memodifikasinya supaya website bisa kembali berjalan dengan normal. Cara modifikasi file biasanya hanya bekerja sesuai dengan penyebab error dan bisa berbeda dari satu kasus ke kasus lain. Karenanya, Anda harus melakukan pengecekan lebih lanjut.

Pada contoh di atas, error berada di baris 179. Berikut adalah baris kode tersebut => <?php get_footer()

Kode tersebut memanggil function get_footer. Bila Anda perhatikan secara seksama, di sana ada bagian yang kurang lengkap (gambar sebelah kiri). Yakni di bagian akhir baris tak ada :

  • tanda baca titik koma (semicolon),
  • tanda tanya, dan
  • tanda lebih dari.

Jadi untuk mengatasi syntax error di atas bisa Anda perbaiki dengan mudah. Caranya adalah Anda hanya perlu menambahkan tanda-tanda di atas pada akhir baris kode dan mengunggahnya kembali ke server.

Jika Anda terbilang masih pemula tentang PHP, Anda bisa memakai PHP code checker untuk :

  • mengecek kode PHP, dan
  • melihat kesalahan yang paling sering mengakibatkan error pada PHP.

Saatnya Mengatasi Syntax Error, Sekarang!

Bila masih pemula, Anda tak perlu khawatir jika tak bisa menemukan syntax error pada website yang Anda kelola. Pesan syntax error bukanlah permasalahan yang perlu Anda risaukan secara berlebihan.

Ini merupakan salah satu permasalahan yang mudah diidentifikasi dan bisa Anda perbaiki sendiri. Oleh karena itu, simak dan ikuti panduan di atas untuk mengatasi error pada website.

Baca juga : Cara Mengatasi Masalah Establishing A Database Connection

Sekian informasi tentang Cara Mengatasi Syntax Error pada Website, kami harap post ini membantu Anda. Kami berharap post solusi masalah website ini dibagikan biar semakin banyak yang memperoleh manfaat.

Leave a Reply

Memperbaiki Permalink Website
Cara Memperbaiki Permalink Website yang Rusak
Reset Website WordPress
Cara Reset Website WordPress dengan Mudah
Membuat Custom Login
Cara Membuat Custom Login di Website WordPress
Cara Setting Robots TXT di Website
Bahasa Pemrograman CMS cPanel Domain Hosting Web Siap
Fitur di cPanel Hosting
Fitur di cPanel Hosting Website
Domain Tingkat Atas
Jenis Domain Tingkat Atas Terbaik yang Ada Sekarang
Keunggulan Domain Berbayar
Keunggulan Domain Berbayar bagi Bisnis yang Perlu Diketahui

Dasar SEO

Pengenalan SEO Riset Keyword

Optimasi Lanjutan

Copywriting Error Website Tips SEO

Teknik SEO

SEO Off Page SEO OnPage SEO Teknikal

Tools SEO

Tools Google Tools Riset KK Tools SEO Lain
Bisnis Jualan Link PPC Program Afiliasi Publisher Sumber Lain
Mendapatkan Uang dari Website
Cara Mendapatkan Uang dari Website yang Kita Punya
Jualan Online via Website
Jualan Online via Website yang Mudah Dilakukan
Platform SeedBacklink
Platform Seedbacklink Solusi Promosi Website dan Income Online
Membersihkan Cache
Cara Membersihkan Cache pada Website
Menggunakan Editor Gutenberg
Cara Menggunakan Editor Gutenberg Lengkap di WordPress
Plugin WordPress
Cara Instal Plugin WordPress yang Bisa Dilakukan
Cara Instal dan Ganti Theme Website
Cara Instal dan Ganti Theme Website