Cara Mengatasi Error File Terlalu Besar di Website

Apakah Anda mengalami masalah saat mengupload file ke website? Mungkin itu terjadi salah satunya karena file yang terlalu besar. Untuk mengatasi error file terlalu besard di website, Anda bisa mengikuti panduan di artikel ini.

Error File Terlalu Besar

Error Upload Max Filesize

Bila saat upload file mendapatkan notifikasi “The uploaded file exceeds the upload_max_filesize directive in php.ini”, artinya website Anda sedang bermasalah. Masalah ini yaitu error file terlalu besar.

Notifikasi / pesan error tersebut muncul ketika pengguna mencoba mengunggah file tersebut melebihi kapasitas yang sudah ditentukan. File ini bisa berupa :

  • document,
  • gambar,
  • tema,
  • plugin,
  • dan lainnya.

Cara Mengatasi Error Upload Max Filesize

Setiap website punya batas ukuran maksimal. Ukuran batas ini berbeda-beda, tergantung pengaturan dari penyedia layanan hosting.

Pengaturan ini biasanya ada di kontrol panel (cPanel) pada menu PHP. Ketika Anda melanggar batasan ini akan muncul pop up error seperti di atas.

Sering kali permasalahan ini muncul di website yang punya banyak konten. Anda mungkin mengira cara mengatasi error file terlalu besar ini cukup sulit, padahal tidak terlalu sulit jika tahu caranya.

Caranya Anda hanya harus mengubah nilai dari masing-masing variabel perintah seperti yang akan kami jelaskan ini. Lalu pastikan batas maksimal upload lebih besar dari ukuran file yang akan Anda unggah.

Berikut beberapa cara memperbaiki error WordPress ini :

a. Mengedit File .htaccess

Cara yang paling cepat untuk memperbaiki error file terlalu besar yaitu menaikkan batas maksimal PHP resource di .htaccess. Caranya sangat mudah, yaitu :

  • login ke cPanel
  • klik File Manager di Menu Files
  • lalu klik public_html
  • pilih file .htaccess
  • klik kanan file .htaccess
  • pilih edit

Setelah file .htaccess terbuka Anda bisa menaikkan nilai sesuai dengan kebutuhan. Tapi pastikan nilainya harus lebih besar dari file yang akan Anda upload. Di file .htaccess, cari perintah upload_max_filesize lalu ganti nilainya.

Bila di file .htaccess tidak ada perintah upload_max_filesize, maka Anda harus menambahkan baris line perintah tersebut. Misalnya :

php_value upload_max_filesize 256M

Artinya maksimal upload file yaitu 256 Megabyte. Nilai ini bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Setelah selesai, coba Anda unggah / upload kembali file yang gagal. Bila cara ini berhasil, seharusnya tak akan ada error file terlalu besar yang muncul.

Namun kalau error masih muncul, Anda mungkin harus mengubah atau menambahkan baris line perintah seperti di bawah :

php_value post_max_size 256M

php_value memory_limit 512M

php_value max_input_time 180

php_value max_execution_time 180

Setelah selesai jangan lupa untuk Anda save, lalu coba upload file yang sama memakai cara seperti sebelumnya. Bila tak ada masalah seharusnya website Anda bisa berjalan dengan baik. Jika belum, maka Anda bisa naikkan nilainya lagi.

b. Mengedit File wp-config.php

Cara mengatasi error file terlalu besar yang lain yaitu dengan mengubah konfigurasi dalam file wp-config.php. File ini pun terletak folder yang sama dengan file .htaccess.

Setelah Anda membuka file wp-config.php, lalu tambahkan baris kode di bawah ini :

@ini_set(‘upload_max_size’ , ‘256M’ );

Jangan lupa untuk menyimpannya.

Setelah selesai, silakan refresh browser Anda lalu coba unggah / upload file yang sama. Bila berhasil seharusnya tak ada error yang muncul lagi.

c. Mengubah Konfigurasi di cPanel

Bila memiliki akses ke cPanel, Anda dapat memakai cara mengatasi error file terlalu besar ini dengan mengakses fitur Select PHP Version. Fitur ini ada di cPanel hosting. Fitur ini bisa Anda akses melalui cPanel caranya :

  • login ke cPanel
  • klik Select PHP Version di Menu Software
  • lalu klik Options

Tak hanya mengubah batas ukuran maksimal unggahan file, di menu ini Anda pun dapat mengatur :

  • memory limit,
  • ukuran maksimal post,
  • dan lain sebagainya.

Secara default pengaturan limit ini sudah diatur maksimal oleh penyedia layanan hosting. Namun Anda dapat mengubahnya lagi sesuai dengan kebutuhan. Setelah selesai, jangan lupa Anda klik Save untuk menyimpan hasil pengaturan ini.

d. Memperbarui File php.ini

Cara keempat yang dapat Anda coba untuk mengatasi error file terlalu besar yaitu mengubah konfigurasi yang ada di dalam file php.ini. Cara ini hanya bisa Anda pakai ketika punya akses ke dalam server atau bagi pengguna Virtual Private Server (VPS) dengan akses root.

File php.ini adalah file yang menampung semua variabel konfigurasi batasan PHP. File php.ini terkadang perlu akses lebih tinggi (root) ke dalam server. Di mana tak diizinkan untuk user biasa atau pengguna shared hosting.

Bagi pengguna layanan VPS sangat mungkin untuk mengubah konfigurasi di dalam file php.ini. Jadi solusi ini sangat cocok Anda terapkan bila menemui error ini di VPS.

Untuk mengubahnya, akses file php.ini ada di dalam folder /etc/php/7.0/cli/php.ini. Folder ini merupakan contoh direktori yang dipakai oleh PHP versi 7. Versi PHP lain terkadang letaknya berbeda.

Letak file ini pun bergantung dari penyedia layanan hosting yang Anda pakai. Anda bisa mengecek letak file memakai perintah $ rpm -qc php-common.

Setelah Anda akses file php.ini, cari baris upload_max_filesize lalu naikkan nilainya. Namun Anda juga mungkin akan menaikkan beberapa batasan seperti di bawah ini :

upload_max_filesize = 256MB

post_max_size = 256M

memory_limit = 512M

max_execution_time = 180

Jangan lupa untuk menyimpan konfigurasi yang sudah Anda lakukan. Setelah selesai, silakan akses kembali website dan coba upload file yang tadi gagal. Bila berhasil, seharusnya tak ada masalah atau error yang muncul.

e. Menghubungi Customer Support

Bila seluruh cara di atas masih belum dapat memperbaiki error file terlalu besar, Anda dapat menghubungi layanan customer service / support (CS). Berikan informasi yang kira-kira diperlukan oleh CS penyedia layanan hosting Anda.

Informasi tersebut seperti screenshot dan langkah-langkah saat menemui error tersebut. Sekecil informasi yang Anda berikan akan dapat membantu CS untuk mencari tahu penyebab dan memberikan solusinya.

Sebelum itu, Anda mungkin bisa lebih dulu melihat batas maksimal upload dan menginformasikannya kepada CS. Informasi ini bisa Anda akses via menu “Dashboard >> Media >> Add New”.

Segera Atasi Error File Terlalu Besar Sekarang!

Sampai pada bagian ini Anda sudah mempelajari beberapa cara untuk mengatasi Error Upload Max Filesize, di antaranya :

  • Menaikkan nilai upload_max_filesize di file .htaccess.
  • Mengatur nilai upload_max_filesize yang lebih besar dari nilai file di file wp-config.php.
  • Mengubah pengaturan (setting) PHP via
  • Mengubah file php.ini untuk meningkatkan nilai / perintah upload_max_filesize.
  • Menghubungi CS penyedia layanan hosting untuk tindakan lebih lanjut.

Baca juga : Cara Mengatasi Website Memory Limit Error

Sekian informasi berkaitan dengan Cara Mengatasi Error File Terlalu Besar di Website, kami harap post ini membantu teman-teman semua. Kami berharap artikel mengatasi masalah website ini diviralkan agar semakin banyak yang memperoleh manfaat.

Leave a Reply

Memperbaiki Permalink Website
Cara Memperbaiki Permalink Website yang Rusak
Reset Website WordPress
Cara Reset Website WordPress dengan Mudah
Membuat Custom Login
Cara Membuat Custom Login di Website WordPress
Cara Setting Robots TXT di Website
Bahasa Pemrograman CMS cPanel Domain Hosting Web Siap
Fitur di cPanel Hosting
Fitur di cPanel Hosting Website
Domain Tingkat Atas
Jenis Domain Tingkat Atas Terbaik yang Ada Sekarang
Keunggulan Domain Berbayar
Keunggulan Domain Berbayar bagi Bisnis yang Perlu Diketahui

Dasar SEO

Pengenalan SEO Riset Keyword

Optimasi Lanjutan

Copywriting Error Website Tips SEO

Teknik SEO

SEO Off Page SEO OnPage SEO Teknikal

Tools SEO

Tools Google Tools Riset KK Tools SEO Lain
Bisnis Jualan Link PPC Program Afiliasi Publisher Sumber Lain
Mendapatkan Uang dari Website
Cara Mendapatkan Uang dari Website yang Kita Punya
Jualan Online via Website
Jualan Online via Website yang Mudah Dilakukan
Platform SeedBacklink
Platform Seedbacklink Solusi Promosi Website dan Income Online
Membersihkan Cache
Cara Membersihkan Cache pada Website
Menggunakan Editor Gutenberg
Cara Menggunakan Editor Gutenberg Lengkap di WordPress
Plugin WordPress
Cara Instal Plugin WordPress yang Bisa Dilakukan
Cara Instal dan Ganti Theme Website
Cara Instal dan Ganti Theme Website