6+ Cara Mengatasi Error Establishing a Database Connection pada Website

bannerlbo

Apakah website Anda tiba-tiba menampilkan layar blank dengan teks Error Establishing A Database Connection? Error website tersebut bisa terjadi salah satunya karena database Anda mengalami corrupt.

Error Establishing a Database Connection

Masalah Establishing A Database Connection

Bila error ini terjadi pada website Anda, Anda tidak perlu panik. Karena, Anda sudah datang dan berada ke tempat yang tepat. Lalu apa itu error establishing a database connection?

Establishing A Database Connection merupakan error yang terjadi ketika PHP tidak dapat mengakses data dari database website Anda. Website (khususnya WordPress) dibangun memakai 2 komponen yakni PHP dan MySQL.

Saat Anda mengakses halaman website via browser, maka PHP akan menjalankan fungsinya. Yaitu untuk menampilkan data yang ada pada database MySQL dan ditampilkan pada browser.

Query PHP dibutuhkan untuk menampilkan konten berupa :

  • judul sebuah postingan,
  • nama author,
  • tanggal,
  • dan sebagainya.

Dalam situasi tertentu, website akan menampilkan pesan error establishing a database connection karena berbagai kesalahan.

Misalnya, kode PHP tak bisa terhubung ke database MySQL untuk memperoleh detail yang dibutuhkan saat akan menampilkan halaman website.

Penyebab Masalah Establishing a Database Connection

Penyebab error establishing a database connection website dapat terjadi akibat beberapa hal berikut :

1. Database Anda Corrupt

Ada banyak hal yang bisa mengakibatkan database website Anda mengalami corrupt. Penyebab yang paling umum adalah karena menginstal plugin tertentu.

2. Login Credential untuk Database Anda Salah

Database website Anda memakai login credential (username dan password) berbeda dengan yang disetup di cPanel akun hosting Anda.

3. Server Hosting Anda Down

Server database kemungkinan down dan mengakibatkan masalah ini. Atau mungkin ada masalah lain yang terjadi di server hosting Anda.

Selain itu, bisa juga dikarenakan oleh terlalu banyaknya pengunjung website Anda. Sehingga mengakibatkan server hosting tak bisa menampungnya.

Error Establishing a Database Connection

Cara Mengatasi Masalah Establishing a Database Connection

Bagaimana cara mengatasi website error establishing a database connection? Sebelum melanjutkan ke cara mengatasi masalah website terkait database, pastikan Anda punya :

  • Website yang berjalan dengan normal,
  • Akses ke control panel (cPanel) dari hosting tempat website diinstal,
  • Akses ke file instalasi website Anda, dan
  • Pengetahuan struktur file dasar dari website.

a. Menentukan Letak Kesalahan Lebih Dulu

Hal pertama yang harus Anda lakukan yaitu memastikan error yang tampil sama saat Anda mengakses :

  • website (domainanda.com)
  • halaman dashboard admin WordPress (domainanda.com/wp-admin).

Bila error yang tampil pada keduanya sama : Error Establishing a Database Connection, silakan cek pengaturan koneksi database di cPanel.

Jika website Anda down dan mendapatkan pesan error berbeda saat login seperti ini :

One or more database tables are unavailable. The database may need to be repaired

Artinya, Anda perlu memperbaiki database website.

Sebenarnya website (khususnya WordPress) sudah punya fitur yang bisa memperbaiki database secara otomatis. Hanya saja, Anda harus mengaktifkannya lebih dulu. Untuk cara mengaktifkannya yaitu sebagai berikut :

  1. Login ke cPanel terlebih dulu.
  2. Klik File Manager di menu Files.
  3. Silakan akses file wp-config.php di folder public_html.
  4. Klik kanan pada file tersebut, kemudian klik Edit.
  5. Kemudian tambahkan kode berikut pada bagian bawah script.

define(‘WP_ALLOW_REPAIR’, true);

  1. Baris tersebut memungkinkan Anda untuk melakukan optimasi dan memperbaiki database. Dengan mengakses URL melalui browser : webanda.com/wp-admin/main/repair.php (silakan ubah webanda.com dengan domain dari website Anda).
  2. Lalu akan muncul layar yang menyediakan 2 pilihan / opsi untuk :
  • memperbaiki (Repair Database), dan
  • melakukan optimasi pada database (Repair and Optimize Database).
  1. Opsi Repair dan Optimasi Database akan memakan waktu yang cukup lama.
  2. Perlu Anda ketahui, untuk halaman repair database ini tak secure. Ini artinya semua orang bisa mengakses halaman webanda.com/wp-admin/main/repair.php tanpa harus login lebih dulu.
  3. Saat Anda sudah selesai memperbaiki database, pastikan untuk menghapus baris kode yang tadi ditambahkan di wp-config.php. Hal ini akan menonaktifkan akses ke halaman repair website Anda, sehingga bisa mencegah orang lain merusak database Anda.

b. Mengecek Pengaturan Koneksi Database di wp-config.php

Bila langkah mengatasi error establishing a database connection sebelumnya tak berhasil, silakan lakukan pengecekan ke tahap selanjutnya lewat file wp-config.php.

Dalam beberapa kasus, bila terjadi masalah pada koneksi database, terkadang dikarenakan oleh berpindahnya layanan hosting Anda. Selain itu, bisa juga dikarenakan perubahan nama atau informasi user pada database dan belum diubahnya pengaturan file wp-config.php.

Buka kembali file wp-config.php Anda, lalu lakukan pengecekan pada bagian pengaturan koneksi ke database.

Ada beberapa informasi yang Anda butuhkan untuk mengakses database WordPress, yaitu :

  • Nama database (DB_NAME)
  • Username (DB_USER)
  • Password (DB_PASSWORD)
  • Database Host (DB_HOST)

Bila ada kesalahan pada salah satu nilai, dapat dipastikan website tak bisa terhubung ke database.

Cara paling mudah untuk memastikan apakah detail tersebut sudah benar yaitu membandingkannya dengan detail MySQL Database.

  1. Masuk ke cPanel hosting Anda.
  2. Pilih bagian MySQL Databases pada menu Database.
  3. Silakan masuk ke bagian Current Databases. Di sana ada semua database dan user yang dipakai oleh website Anda. Informasi yang Anda cari ada di kolom Database dan Privileged Users.

Tujuannya adalah mencocokkan kode yang ada pada 2 kolom tersebut dengan kode yang ada di file wp-config.php :

  • Nama database (DB_NAME) → Database
  • Username (DB_USER) → Privileged Users

c. Mengecek Nama Databse

Masih pada pengaturan database untuk mengatasi error establishing a database connection, cobalah cek nama database. Bila bagian Current Databases tak sama dengan yang ada pada DB_NAME di file wp-config.php, ini berarti database Anda hilang.

Hal tersebut terjadi saat Anda berpindah layanan hosting dan database tak sepenuhnya berpindah. Untuk mengatasinya Anda bisa menghubungi bagian support layanan hosting Anda yang baru.

Lalu minta mereka untuk melakukan full restore database website Anda. Hal ini disebabkan harus membuat database baru dan diisi dengan file backup database website Anda.

d. Mengecek Username Database

Cara mengatasi error establishing a database connection yaitu Anda harus mengecek username database pada kolom Privileged Users.

Misalnya username pada DB_USER di file wp-config.php berbeda dengan username database pada kolom Privileged Users maka ada perlu menyamakannya. Contohnya :

  • DB_USER → ternakwe_wp67
  • Privileged Users → ternakwe_wp670

Untuk menyamakan atau memperbaikinya, Anda hanya harus menambahkan lagi angka 0 pada baris DB_USER. Dari ternakwe_wp67 jadi ternakwe_wp670. Setelah itu, silakan refresh website Anda.

e. Menambahkan Privileged User yang Kurang

Bagaimapun juga, saat website berpindah hosting atau saat melakukan instalasi secara manual, bisa jadi Anda belum menambahkan user ke database. Masalah Error Establishing a Database Connection ini terlihat pada cPanel hosting.

Anda akan melihat kolom Privileged User kosong. Untuk memperbaikinya, pakai pilihan Add User To Database di bawah dari bagian Current Database.

Silakan Anda masuk ke bagian Current Users. Dan Anda pastikan untuk Users apakah sama seperti yang ada pada baris DB_USER di file wp-config.php.

  1. Bila sama, silakan pilih user tersebut pada bagian Add User To Database >> User lewat menu dropdown. Untuk database :
  • silakan masuk pada pilihan Database,
  • lalu klik Add,
  • Pilih All Privileges,
  • klik Make Changes,
  • kemudian klik Go Back.
  1. Kalau berbeda, Anda harus menambahkannya lewat menu Add New User dengan membuat username MySQL. Sangat disarankan Anda menggunakan Password Generator untuk membuat password.

PENTING :

Silakan ubah password dengan password yang baru saja Anda generate pada baris DB_PASSWORD di file wp-config.php. Bila sudah berhasil dibuat, silakan lakukan langkah di nomor 1 untuk menambahkan user.

Setelah langkah di atas selesai, refresh website Anda untuk cek apakah error telah sepenuhnya diperbaiki atau belum. Bila masalah masih saja muncul, silakan coba langkah berikutnya.

f. Mengecek Host Database

Jika cara mengatasi error establishing a database connection pada langkah sebelumnya masih belum berhasil, bisa jadi ada 2 masalah yaitu :

  • masalah password, atau
  • masalah host database.

Host database umumnya dibuat bersama dengan detail akun hosting Anda. Disarankan Anda meminta informasi ini pada penyedia layanan hosting yang Anda pakai.

Bila memang ada perubahan, silakan ubah baris DB_HOST di file wp-config.php sesuai dengan host dari hosting Anda. Secara default umumnya memakai localhost. Jika telah selesai, silakan refresh kembali website Anda untuk mengecek error.

g. Mengecek Password Login

Error establishing a database connection terkait masalah password caranya adalah dengan mengubahnya. Password login bisa diubah lewat MySQL Databases >> Current Users di cPanel hosting Anda.

Caranya :

  • Silakan pilih user database yang mau Anda ubah pada kolom Users lalu klik Change Password.
  • Anda pun bisa memakai password yang ada pada file wp-config.php atau generate password baru memakai Password Generator.
  • Bila memilih generate password baru, pastikan Anda sudah update password pada baris DB_PASSWORD di file wp-config.php dengan password hasil generate.
  • Klik Change Password.

Semua pengecekan bisa Anda pastikan telah selesai lewat file wp-config.php. Refresh website Anda untuk cek apakah error telah sepenuhnya terselesaikan. Bila masih ada error, silakan coba langkah lain di bawah.

h. Menghubungi Pihak Hosting

Bila cara mengatasi error establishing a database connection website di atas belum berhasil, kemungkinan ada masalah pada layanan hosting Anda. Untuk itu, silakan hubungi tim support hosting yang Anda pakai.

Beritahu mereka tentang detail error. Jelaskan secara rinci tindakan yang sudah Anda lakukan, agar mereka bisa membantu menyelesaikan masalah yang Anda alami dengan baik.

Selamat Tinggal Error Establishing a Database Connection!

Error Establishing a database connection yaitu notifikasi yang muncul saat database website Anda mengalami corrupt. Penyebab lainnya pun dapat terjadi karena adanya kesalahan baris kode untuk koneksi ke database pada file wp-config.php.

Bila website Anda mengalaminya, Anda dapat mengikuti cara mengatasi masalah establishing a database connection yang sudah kami ulas di artikel ini. Dengan menerapkan langkah yang tepat, kami berharap error tersebut bisa teratasi dengan baik.

Anda tak perlu menyelesaikan semua langkah di atas untuk memperbaiki koneksi database website. Cukup coba beberapa hingga masalah establishing a database connection berhasil teratasi.

Oleh karenanya, Anda harus selalu lakukan refresh website Anda untuk mengecek apakah error sudah hilang.

Untuk mengatasi masalah website lainnya seperti error https status code bisa lihat di artikel selanjutnya.

Demikian info terkait dengan 6+ Cara Mengatasi Error Establishing a Database Connection pada Website, semoga post ini mencerahkan Anda. Mohon artikel masalah website ini dibagikan agar semakin banyak yang mendapat manfaat.

Referensi : Jasa Maintenance Website

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

22793

Leave a Reply

Situs Penerima PPC
Situs Penerima PPC beserta Syarat dan Ketentuannya
Mendapatkan Income dari Program PPC
Mendapatkan Income dari Program PPC untuk Website
Cara Mendaftarkan Website ke UpToPromo
Cara Mendaftarkan Website ke UpToPromo
Cara Mendapatkan Income dari UpToPromo
Cara Mendapatkan Income dari UpToPromo
Bahasa Pemrograman CMS cPanel Domain Hosting Website WordPress
Setting Robot TXT
Cara Setting Robots TXT di Website
Belajar HTML Dasar
Belajar HTML Dasar bagi Pemula Lengkap
Platform Website Terbaik
Platform Website Terbaik bagi Pemula dan Profesional

Dasar SEO

Pengenalan SEO Riset Keyword

Teknik SEO

SEO Off Page SEO On Page Technical SEO

Tips SEO

Copywriting Error Website Tips SEO Lain

Tools SEO

Tools Google Tools Riset KK Tools SEO Lain
Jasa Digital Theme Tools Website Webhosting
Diztro Theme
Diztro Theme Toko Online Indonesia
Olzhop Theme
Olzhop Theme Toko Online Terbaru
Tokow Theme
Tokow Theme Template Toko Online Terbaik untuk WordPress
Struktur Google Ads
Struktur Google Ads untuk Kampanye Iklan
Cara Kerja Google Ads
Cara Kerja Google Ads di Mesin Pencarian
Layanan Google Ads
Layanan Google Ads atau Adwords
Google Keyword Planner
Panen Kata Kunci dengan Google Keyword Planner