Cara Mengatasi Error 521 pada Website

Website Anda sedang mengalami error 521? Bila iya, Anda perlu menyimak artikel ini hingga selesai. Karena artikel ini akan membahas cara mengatasi error 521 Web Server is Down.

Mengatasi Error 521

Definisi Error 521

Error 521 merupakan error paling umum pada Cloudflare. Bahkan, tidak berlebihan untuk mengatakan bila semua pengguna Cloudflare akan mengalami error ini setidaknya sekali. Untungnya karena sifatnya yang umum, Anda dapat mengatasi error 521 ini dengan mudah.

Tapi sebelum itu, Anda perlu tahu apa itu error 521? Error 521 yaitu error WordPress yang terjadi ketika server WordPress menolak tersambung dengan Cloudflare. Dampaknya, Cloudflare akan menampilkan kode error 521 seperti gambar di atas.

Bisa Anda lihat dari gambar di atas browser sudah berhasil menyambung dengan server Cloudflare. Tapi, saat Cloudflare mau meneruskan sambungan tersebut ke website Anda, justru mendapatkan penolakan.

Penyebab Error 521

Sebelum membahas cara mengatasi error 521, Anda perlu tahu penyebabnya lebih dulu. Lalu apa penyebab Error 521? Umumnya, penyebab error 521 itu karena 2 hal, yakni :

1. Server Down

Kode error 521 seringkali muncul karena server website Anda memang sedang down. Sehingga tidak peduli seberapa keras Cloudflare mencoba terhubung, website Anda akan menolaknya karena server mati.

2. Salah Deteksi (False Alarm)

Cloudflare adalah Content Delivery Network (CDN). Dan CDN bekerja sebagai penghubung (proxy) antara browser pengunjung dengan website Anda.

Cloudflare mengakses server WordPress Anda dengan IP yang seringnya sama, karena sifatnya yang sebagai proxy. Padahal, IP tiap pengunjung itu seharusnya berbeda-beda.

Sistem keamanan server website Anda bisa saja menganggapnya sebagai serangan hacker. Karena, server website akan mendeteksi banyaknya trafik berdatangan dari IP yang mirip satu sama lainnya.

Dan hasilnya, server akan memblokir IP Cloudflare tersebut. Sehingga muncullah kode error 521.

Cara Memperbaiki Error 521

Setelah Anda mengenal lebih dekat dengan error 521, berikut beberapa cara mengatasi error 521 :

a. Cek Apakah Server Online

Biasanya penyebab 521 yaitu server yang mati. Lalu langkah pertama yang harus Anda lakukan yakni mengecek status server. Karena, bila server memang mati, cara nomor dua (b) dan tiga (c) tak akan bisa berhasil.

Untuk mengecek status server website, Anda harus menjalankan Curl Command.

  • Bila memakai Linux atau Mac, Anda bisa langsung menjalankannya via
  • Tapi, bila memakai Windows, Anda dapat mengeceknya lewat https://tools.keycdn.com/curl. Caranya, Anda tinggal memasukkan alamat IP server website Anda (diawali http://) di kotak URL kemudian klik Check.

Untuk mengetahui alamat IP, ada beberapa cara yang dapat Anda coba :

1. Halaman Penyedia Hosting

Anda dapat menemukannya lewat Pengaturan Hosting di halaman penyedia hosting.

2. Cloudflare

Anda juga dapat melihat alamat IP website dengan masuk ke menu DNS di Cloudflare. Kemudian Anda masukkan nama website Anda di kotak pencarian.

Setelah Anda klik Check maka akan muncul laporan mengenai status server website. Bila server online, Anda akan dapat Response Header HTTP 200.

Sedangkan saat server down akan muncul :

  • Host Not Found, atau
  • Failed to connect.

Bila server sedang down dan Anda tidak tahu penyebabnya, segera hubungi penyedia hosting. Mungkin memang sedang bermasalah dari sananya sehingga Anda hanya dapat menunggu sampai masalah tersebut penyedia hosting perbaiki.

b. Berikan Akses Pada IP Cloudflare

Lalu bagaimana bila server online dan error 521 masih tetap muncul? Artinya untuk mengatasi error 521 Anda harus memberikan akses atau whitelist semua IP Cloudflare sehingga tidak server blokir.

Anda dapat melakukannya dengan mengedit file .htaccess dan pastikan bahwa semua IP Cloudflare tak terblokir. Untuk daftar lengkap IP Cloudflare bisa Anda temukan di https://www.cloudflare.com/ips/.

Bila Anda bingung atau ragu-ragu mengedit file .htaccess, langsung hubungi saja penyedia hosting. Anda dapat meminta bantuan penyedia hosting untuk mengeditnya.

c. Ubah Pengaturan SSL

Bila Anda merupakan pengguna baru HTTPS Cloudflare, server Anda mungkin belum diatur untuk menerima akses dari alamat IP Cloudflare di port 443. Oleh sebab itu, Anda dapat coba mengatasi error 521 dengan memakai Flexible SSL di Cloudflare, alih-alih Full SSL.

Anda dapat mengubah SSL dengan log in ke dashboard Cloudflare. Lalu menu SSL/TLS dan pilih Flexible.

Baca juga : Solusi Mengatasi Error 509 Bandwidth Limit Exceeded

Semoga Berhasil Mengatasi Error 521 Web Server Is Down!

Dapat Anda lihat di atas bahwa error 521 itu berkaitan erat dengan server website. Di mana umumnya Anda diharuskan untuk menghubungi penyedia hosting.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memilih hosting dengan customer support (CS) yang siap siaga 24 jam. Hal ini sebagai antisipasi jika error 521 tiba-tiba muncul.

Demikian informasi terkait dengan cara mengatasi error 521 pada website, kami harap postingan kali ini membantu sahabat semua. Kami berharap postingan masalah website ini kalian sebarluaskan agar semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Leave a Reply

Memperbaiki Permalink Website
Cara Memperbaiki Permalink Website yang Rusak
Reset Website WordPress
Cara Reset Website WordPress dengan Mudah
Membuat Custom Login
Cara Membuat Custom Login di Website WordPress
Cara Setting Robots TXT di Website
Bahasa Pemrograman CMS cPanel Domain Hosting Web Siap
Fitur di cPanel Hosting
Fitur di cPanel Hosting Website
Domain Tingkat Atas
Jenis Domain Tingkat Atas Terbaik yang Ada Sekarang
Keunggulan Domain Berbayar
Keunggulan Domain Berbayar bagi Bisnis yang Perlu Diketahui

Dasar SEO

Pengenalan SEO Riset Keyword

Optimasi Lanjutan

Copywriting Error Website Tips SEO

Teknik SEO

SEO Off Page SEO OnPage SEO Teknikal

Tools SEO

Tools Google Tools Riset KK Tools SEO Lain
Bisnis Jualan Link PPC Program Afiliasi Publisher Sumber Lain
Mendapatkan Uang dari Website
Cara Mendapatkan Uang dari Website yang Kita Punya
Jualan Online via Website
Jualan Online via Website yang Mudah Dilakukan
Platform SeedBacklink
Platform Seedbacklink Solusi Promosi Website dan Income Online
Plugin Toko Online Terbaik
Plugin Toko Online Terbaik Saat Ini
Theme Woocommerce Terbaik
Theme WooCommerce Terbaik untuk Toko Online
Plugin AdSense Terbaik
Plugin AdSense Terbaik untuk Memasang Iklan di Website
Theme Portofolio Terbaik
Theme Portofolio Terbaik untuk Web Agency dan Freelance