Mengapa Content Marketing Penting untuk Bisnis Kita

bannerlbo

Topik kita kali ini adalah Mengapa Content Marketing Penting untuk Bisnis Kita. Di kalangan para digital marketer terkenal ungkapan, “Content is king” atau dalam bahasa Indonesia diterjemahkan sebagai, “Konten adalah raja”. Sebagian orang mungkin akan bertanya kenapa konten begitu penting hingga disebut sebagai raja?

Mengapa Content Marketing Penting

Konten

Konten menjadi sangat penting dalam dunia marketing online. Konten merupakan apa saja yang bisa menyampaikan sebuah pesan pada audiens. Tanpa konten, baik social media marketing ataupun usaha SEO, tak akan membuahkan hasil apa-apa.

Coba bayangkan, Anda cuma bikin akun bisnis di Facebook atau Instagram tanpa merilis konten secara teratur. Tentu akun bisnis tersebut menjadi sia-sia. Begitu juga dengan website bisnis. Website yang tidak pernah di-update kontennya juga tidak akan membuahkan hasil apa pun di bisnis Anda.

Definisi Konten Marketing

Selanjutnya apa itu content marketing atau pemasaran konten? Pengertian konten marketing cukup sederhana. Yakni suatu teknik marketing yang melibatkan pembuatan dan distribusi konten untuk menarik audiens. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mengonversi mereka menjadi konsumen.

Elemen Konten Marketing

Terdapat dua elemen penting dalam konten marketing atau pemasaran konten yaitu

a. Konten harus memenuhi tiga syarat (relevan, penting, dan konsisten)

Jadi, Anda tidak bisa sembarangan dalam membuat content marketing. Konten harus memenuhi tiga syarat ini.

  1. Anda mesti bikin konten yang relevan dengan bisnis. Misalnya, Anda mengelola bisnis fashion, maka harus bikin konten yang berhubungan dengan fashion.
  2. Relevan saja tidak cukup. Anda pun harus mempertimbangkan apakah konten tersebut penting atau tidak untuk diketahui target audiens. Buatlah skala prioritas berisi topik atau niche yang relevan untuk target audiens. Urutkan dari niche yang terpenting sampai topik yang kurang penting.
  3. Syarat yang terakhir adalah konsisten. Dalam konten marketing, Anda tidak bisa mengandalkan satu konten saja untuk menarik perhatian audiens. Diperlukan banyak konten agar bisa merasakan manfaat konten marketing untuk bisnis Anda.

b. Mencapai tujuan untuk mengonversi audiens menjadi konsumen

Perlu diingat bahwa memproduksi content marketing bukan hanya untuk menghibur audiens. Ada tujuan yang perlu Anda capai, yakni mengonversi audiens jadi pelanggan. Jadi setelah mengonsumsi konten yang dibuat tersebut, audiens tergerak untuk beli produk yang Anda jual.

Bentuk Content Marketing

Bentuk konten marketing sangat beragam. Berikut ini beberapa bentuk content marketing yang paling sering digunakan para online marketer.

1. Blog

Blog merupakan bentuk paling fundamental dan paling penting dalam konten marketing. Platform ini menjadi fundamental untuk konten marketing bukan tanpa alasan. Dengan blog memungkinkan Anda untuk menuangkan ide dan informasi secara lengkap dalam 1 artikel. Di samping itu, konten blog adalah investasi jangka panjang. Karena tingkat ketahanan konten blog merupakan yang paling tinggi bila dibanding jenis konten lainnya. Menurut penelitian konten blog bisa bertahan sampai 2 tahun lamanya.

2. E-book

Terkadang Anda membutuhkan medium yang lebih panjang lagi dari artikel website, Anda bisa memanfaatkan e-book. E-book juga merupakan salah satu bentuk content marketing yang dapat diandalkan. Anda dapat membuat syarat untuk bisa mengunduh e-book, misalnya orang mesti memasukkan email lebih dahulu. Jadi Anda bisa memperoleh leads lewat e-book yang lalu bisa dikonversi jadi konsumen di masa mendatang.

3. Video

Video juga salah satu jenis konten yang perlu Anda perhatikan untuk konten marketing. Sebab video marketing dapat membuat pengunjung Anda menghabiskan waktu lebih lama di website. Semakin lama waktu yang dihabiskan pengunjung di website, semakin bagus pula nilai di Google. Menurut penelitian video meningkatkan trafik organik (organic traffic) sebanyak 157 persen.

4. Email

Email juga termasuk bentuk content marketing yang populer. Efektivitas e-mail untuk tujuan marketing terbilang tinggi, yakni 40x lipat lebih efektif bila dibanding Facebook dan Twitter. Bentuk konten dalam email marketing bermacam-macam, dari

  • e-mail promosi,
  • email pengingat shopping cart,
  • newsletter,
  • promosi ebook,
  • dll.

Baca : Panduan Membuat Email Marketing Efektif

5. Social Media

Social media (sosmed) atau media sosial juga termasuk bagian dari konten marketing. Namun, karena terlalu luas pembahasan marketing di sosmed, maka medsos punya cabang sendiri dalam dunia marketing, yaitu social media marketing.

Content is King

Mengapa Content Marketing Penting untuk Bisnis?

Sebenarnya konten marketing bukan teknik baru, hanya saja di Indonesia popularitas istilah konten marketing masih rendah. Di luar negeri teknik konten marketing sudah masif diterapkan oleh berbagai perusahaan besar seperti Buffer, Hubspot, dan Rip Curl.

Penerapan konten marketing bukan tanpa alasan. Tentu bila sebuah teknik marketing sudah terbukti efektivitasnya, maka semakin banyak juga orang yang akan menerapkannya. Berikut adalah enam alasan mengapa konten marketing banyak digunakan oleh perusahaan besar dan mengapa Anda perlu menerapkannya juga di bisnis Anda:

a. Investasi Jangka Panjang

Berbeda dengan ads atau iklan, konten marketing bisa bertahan untuk jangka waktu yang lebih lama. Jika ads hanya dijalankan untuk kurun waktu tertentu, konten marketing bisa bertahan sampai bertahun-tahun selama konten yang Anda buat masih relevan. Anda pun bisa melakukan update terhadap konten untuk menyesuaikan dengan tren terkini.

b. Meningkatkan Brand Awareness

Memproduksi content marketing artinya memberikan audiens topik untuk dibicarakan. Misalnya, TernakWebsite.Com baru saja membuat konten tentang bagaimana cara membuat website. Ketika ada teman yang bertanya bagaimana cara membuat website, Anda bisa membagikan link artikel tersebut. Tentu belajar bikin website tak cukup cuma dengan memakai satu artikel. Selain artikel yang dibagikan, teman Anda pasti juga mencari artikel-artikel lain yang berkaitan dengan membuat website di TernakWebsite.Com.

c. Mendapatkan Kepercayaan Pelanggan

Kepercayaan pelanggan tidak datang begitu saja. Kepercayaan pelanggan perlu Anda bangun. Salah satu caranya adalah memanfaatkan konten marketing. Sebelum menentukan pilihan dalam membeli suatu produk, pelanggan biasanya melakukan riset online lebih dulu. Dengan konten marketing, Anda bisa meyakinkan konsumen Anda. Konsumen akan menemukan konten-konten berkualitas yang dibuat saat mereka memasukkan nama bisnis Anda di mesin pencarian.

d. Meningkatkan Trafik

Trafik merupakan manfaat paling dapat dirasakan dari konten marketing. Membuat content marketing yang luar biasa akan mengantarkan orang-orang untuk mengunjungi website Anda. Di website tersebut pengunjung dapat memperoleh informasi lengkap tentang produk yang Anda tawarkan.

e. Memperbaiki Kualitas SEO

Konten adalah ujung tombak dari SEO. Dengan memproduksi konten yang bagus, Anda dapat mengajak orang-orang untuk mereferensikan konten tersebut. Dengan begitu maka Google akan menilai website Anda sebagai web penting dan terpercaya. Di samping itu, Google pun akan melakukan crawl ke website Anda. Hal ini akan menguntungkan Anda karena Google jadi lebih paham tentang bisnis Anda. Sehingga Google akan lebih sering merujuk ke website Anda untuk keywor yang relevan.

f. Konversi Pelanggan

Di poin sebelumnya, telah dijelaskan bahwa konten marketing bisa mendatangkan trafik dalam jumlah banyak. Kabar baiknya, manfaat konten marketing tidak berhenti di situ saja. Selain mendatangkan trafik, konten marketing juga bisa berfungsi untuk mengonversi pengunjung menjadi pelanggan.

Baca juga: Cara Menjual dengan Tulisan

Content marketing merupakan teknik marketing masa kini yang harus diterapkan oleh pemilik bisnis mana pun. Teknik marketing ini tak hanya punya efektivitas tinggi untuk menarik konsumen. Namun juga bisa bertahan untuk jangka waktu yang panjang.

Demikian info terkait dengan Mengapa Content Marketing Penting untuk Bisnis Kita, semoga postingan ini berguna buat Anda. Mohon postingan konten pemasaran ini diviralkan supaya semakin banyak yang memperoleh manfaat.

Referensi:

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

22793

Leave a Reply

Situs Penerima PPC
Situs Penerima PPC beserta Syarat dan Ketentuannya
Mendapatkan Income dari Program PPC
Mendapatkan Income dari Program PPC untuk Website
Cara Mendaftarkan Website ke UpToPromo
Cara Mendaftarkan Website ke UpToPromo
Cara Mendapatkan Income dari UpToPromo
Cara Mendapatkan Income dari UpToPromo
Keamanan WordPress Kecepatan WordPress Masalah WordPress Plugin Tips WordPress Tutorial Plugin Tutorial WordPress
Meningkatkan Keamanan WordPress
Tips Ampuh Meningkatkan Keamanan WordPress
Optimasi Gambar WebP
Plugin Optimasi Gambar WebP Format Terpopuler
Cara Setting W3 Total Cache
Cara Setting W3 Total Cache Lengkap dan Mudah

DM Lainnya

Cafebisnis Pakarbot Ratakan

Jasa dan Pelatihan

Jasa Digital Jasa Lainnya Pelatihan

Theme

Kentooz Oketheme Theme Lainnya

Webhosting

Hosting Bisnis Hosting Personal Hosting Ternak Web
Google Ads Optimasi SEO Riset Keyword SEO Off Page SEO On Page Tools Google
SEO Tools Terbaik
SEO Tools Terbaik dan Gratis untuk Riset Kata Kunci
Panduan Optimasi SEO Image
Panduan Optimasi SEO Image untuk Memaksimalkan Website
Mengapa Content Marketing Penting
Mengapa Content Marketing Penting untuk Bisnis Kita
Tutorial Litespeed Cache
Tutorial Litespeed Cache untuk Mempercepat Website
Cara Membuat Form Kontak di Website
Cara Membuat Form Kontak di Website 100% Mudah Dilakukan
Cara Menangani Komentar SPAM di Website
Cara Menangani Komentar SPAM di Website 100% Ampuh
Pengaturan CloudFlare di Website
Pengaturan CloudFlare di Website dengan Plugin