Cara Menambahkan Schema dan Rich Snippet di Website

Apa itu Schema dan Rich Snippet? Lalu bagaimana membuat atau menambahkan schema dan rich snippet? Temukan jawabannya hanya di artikel ini. Oleh karenanya simak artikel tutorial WordPress ini hingga selesai.

Menambahkan Schema dan Rich Snippet

Hasil Tampilan Mesin Pencari

Saat mencari informasi di Google, sering kali kita menemukan hasil pencarian dengan tampilan yang unik. Misalnya :

  • ketika mencari review, hasil yang muncul umumnya berbentuk star rating;
  • saat mencari skincare, hasil yang ditampilkan yaitu produk yang dicari beserta harga dan marketplace / web.

Hasil pencarian (tampilan) seperti itu disebut dengan rich snippet. Tampilan pencarian tersebut tak muncul dengan asal-asalan.

Google tak memilih konten / artikel secara random dan menampilkannya dengan format berbeda. Sebaliknya, ada kode yang disisipkan agar Google dapat menampilkan konten sedemikian rupa.

Ini artinya, konten yang Anda buat juga dapat dilihat dalam bentuk rich snippet! Bagaimana cara menambahkan schema dan rich snippet serta memakainya? Simak terus artikel schema dan rich snippet ini untuk tahu jawabannya.

Hubungan Schema & Rich Snippet

Schema markup yaitu kode yang dapat kita tambahkan di website berbasis CMS WordPress. Fungsi schema markup ini yaitu untuk memberi tahu bentuk konten yang Anda buat pada mesin pencari seperti Google.

Dengan begitu, mesin pencari dapat menyesuaikan tampilan konten supaya lebih menarik. Tampilan hasil pencarian itulah yang lalu disebut dengan rich snippet.

Dengan memasang rich snippet maka memungkinkan konten Anda tampil lebih menonjol di hasil pencarian. Bentuk rich snippet ini ada bermacam-macam. Misalnya :

1. Star Rating

Di konten berbentuk review, mesin pencari akan memperlihatkan star rating. Tampilan seperti ini tentunya akan lebih menarik bagi pengguna internet. Apalagi bila dibandingkan dengan tampilan hasil pencarian mesin pencari pada umumnya.

2. Star Rating + Waktu + Kalori

Khusus konten resep biasanya, tidak hanya memperlihatkan star rating. Namun ada pula keterangan berapa lama waktu untuk membuat makanan tersebut beserta kandungan kalorinya.

3. Bentuk Lain

Jangan kecewa dulu, bila konten yang Anda buat tidak ada hubungannya dengan review ataupun resep makanan. Ada berbagai macam bentuk schema yang dapat Anda pakai untuk menampilkan konten agar lebih menarik.

Dari sekian banyak macam schema, berikut beberapa jenis yang sering digunakan :

  • buku,
  • film,
  • musik,
  • karya kreatif lainnya,
  • audio,
  • video,
  • gambar,
  • acara,
  • informasi mengenai kesehatan,
  • tokoh,
  • tempat, toko, atau restoran,
  • tutorial,
  • produk dan promo.

Bila Anda sering melakukan pencarian di internet, pasti familiar dengan rich snippet yang muncul dari schema di atas. Jadi sangat direkomendasikan untuk Anda menambahkan schema dan rich snippet.

Keuntungan Memasang Rich Snippet

Schema atau schema.org merupakan proyek kolaboratif antara :

  • Google,
  • Microsoft,
  • Yahoo,
  • Yandex,
  • dan komunitas internet lainnya.

Proyek kolaborasi tersebut berusaha membuat, menjaga, dan mempromosikan pemakaian schema untuk data yang lebih terstruktur. Mengapa beberapa pihak di atas perlu membuat proyek ini?

Bayangkan banyaknya data yang tersebar di internet. Satu dan lainnya tentu tidak dapat ditampilkan dengan cara yang sama. Schema digunakan untuk membedakan data dengan data yang lainnya.

Caranya adalah dengan memperlihatkan info paling penting dan relevan di hasil pencarian mesin pencari. Misalnya, Anda mencari :

  • informasi seputar review hosting, maka info paling penting yang tampil di hasil pencarian yaitu star rating.
  • cara mengobati suatu penyakit, maka hasil pencarian akan menampilkan urutan caranya.

Schema merupakan cara yang direkomendasi oleh para raksasa internet. Maka tidak perlu alasan lain untuk ikut menambahkan schema dan rich snippet di website.

Berikut beberapa survei soal penggunaan schema dan rich snippet :

  1. tampilan snippet dalam bentuk quick answer meningkatkan organic traffic sampai 516% dalam waktu 4 bulan;
  2. dengan adanya rich snippet bisa meningkatkan click through rate (CTR) dari 2% ke 8%;*
  3. rich snippet sukses meningkatkan transaksi dari pengunjung organik (organic visitors) lebih dari 6x lipat.

*catatan:

Rich snippet sukses mengajak audience / penjunjung untuk klik tautan (link) spesifik dibandingkan hanya sekedar melihatnya saja. Bagi agensi, ini adalah kabar baik. Karena hal ini berarti, audiens merepons positif kampanye iklan yang mereka jalankan.

Cara Memasang Rich Snippet di Website

Ada banyak cara memasang atau menambahkan schema dan rich snippet, salah satunya menggunakan plugin. Berbagai pilihan plugin tersedia secara gratis maupun berbayar, seperti :

  • All In One Schema Rich Snippets,
  • Schema,
  • Markup (JSON-LD) structured in schema.org,
  • WP SEO Structured Data Schema, dan
  • WPSSO Schema JSON-LD Markup.
All In One Schema Rich Snippets

Saat ini, plugin All In One Schema Rich Snippets punya lebih dari 90 ribu pengguna aktif. Untuk menambahkan schema dan rich snippet di website, langkah pertama adalah instal dan aktifkan plugin All In One Schema Rich Snippets.

Baca juga : Cara Menginstall Plugin dengan Mudah

Selanjutnya adalah langkah pengaturan, seperti berikut ini :

a. Pengaturan Plugin

Langkah selanjutnya dalam menambahkan schema dan rich snippet yaitu pengaturan plugin. Ada tiga opsi pengaturan yang dapat Anda lakukan pada All In One Schema Rich Snippets, yaitu :

1. Nama Data yang Ditampilkan

Pengaturan untuk menambahkan schema dan rich snippet yang pertama dapat Anda lakukan di tab Configuration. Anda dapat mengganti nama item yang mau ditampilkan. Ada 9 jenis schema yang dapat Anda gunakan, yaitu :

  • Review,
  • Event,
  • Services,
  • Person,
  • Product,
  • Video,
  • Articles,
  • Recipe,
  • dan Software Application.

Bila website yang Anda punya memakai bahasa Indonesia, ada baiknya mengganti isiannya dengan bahasa Indonesia juga. Namun, Anda pun dapat melewati bagian pengaturan ini.

2. Tampilan Warna

Untuk pengaturan menambahkan schema dan rich snippet yang kedua Anda lakukan di tab Customization. Pada tab / bagian ini memungkinkan Anda untuk bisa mengatur (setting) tampilan warna ringkasan konten yang muncul di bagian bawah post.

3. Pengaturan WooCommerce

Pengaturan ketiga adalah konfigurasi WooCommerce (WooCommerce Configuration). Pengaturan soal ini dapat Anda temukan di bagian kanan dasbor plugin. Anda bisa memberikan tanda centang pada pilihan “Enable schema on WooCommerce products”.

Bila Anda memakai WooCommerce, abaikan pengaturan di atas. Memberikan tanda centang di pengaturan justru membuat 2 schema dalam 1 konten. Bagi mesin pencari seperti Googel, kondisi ini bisa saja membingungkan.

b. Konfigurasi Post

Langkah berikutnya dalam menambahkan schema dan rich snippet yaitu konfigurasi post. Setelah melakukan konfigurasi pada plugin dengan baik, Anda hanya perlu menambahkan schema di post yang Anda mau.

Untuk itu Anda harus menuju bagian bawah halaman post, ada bagian Configure Rich Snippet. Isi kolom yang ada sesuai dengan data yang Anda butuhkan. Setelah terpublikasi / diterbitkan, Anda akan menemukan kotak ringkasan mengenai snippet yang Anda buat.

Untuk sebagian orang, kotak tersebut terlihat menganggu dan tak estetis. Namun, bila mau tanpa kotak di atas, maka Anda dapat instal plugin All In One Schema Rich Snippets ke versi premiumnya.

Tips Tambahan Schema dan Rich Snippet

Menambahkan schema dan rich snippet pada konten tidak lantas membuat pekerjaan Anda selesai. Ada beberapa hal terkait konten yang harus Anda perhatikan (lihat di bawah). Ini dilakukan agar schema dapat menampilkan rich snippet yang menarik.

Berikut beberapa tips untuk membuat schema dan rich snippet :

  1. Pilih jenis schema yang paling sesuai dengan konten / artikel yang Anda buat. Misalnya bila Anda :
  • mereview buku, maka pilih schema untuk buku.
  • mereview film, maka pilih schema khusus untuk film.
  1. Tampilkan dengan jelas bahwa konten / artikel memang berisi review (bila memang membuat review).
  2. Buat judul yang sesuai dan ulas secara detil produk yang Anda maksud.
  3. Hindari terlalu banyak product knowledge.
  4. Review secara singkat produk di akhir post.
  5. Berikan informasi atau review terkait hal yang spesifik dari produk.
  6. Hindari mereview 10 produk kecantikan dalam 1 post, lebih baik membuat 1 post yang didedikasikan khusus untuk 1 produk.
  7. Tulis 1 bagian khusus untuk rich snippet yang berisi 200 kata yang mencakup keseluruhan artikel.

Saatnya Menambahkan Schema dan Rich Snippet di Website!

Schema dan Rich Snippet adalah komponen SEO yang terbilang simpel, namun tidak dapat Anda abaikan. Di artikel ini, Anda sudah belajar apa keuntungan menambahkan rich snippet dan cara menambahkannya langkah per langkah.

Selain itu, ada juga tips untuk memastikan schema yang Anda buat menampilkan rich snippet yang ciamik.

Demikian info terkait dengan cara menambahkan schema dan rich snippet di website, semoga postingan ini bermanfaat untuk kalian. Kami berharap artikel tips SEO ini diviralkan supaya semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Leave a Reply

Memperbaiki Permalink Website
Cara Memperbaiki Permalink Website yang Rusak
Reset Website WordPress
Cara Reset Website WordPress dengan Mudah
Membuat Custom Login
Cara Membuat Custom Login di Website WordPress
Cara Setting Robots TXT di Website
Bahasa Pemrograman CMS cPanel Domain Hosting Web Siap
Fitur di cPanel Hosting
Fitur di cPanel Hosting Website
Domain Tingkat Atas
Jenis Domain Tingkat Atas Terbaik yang Ada Sekarang
Keunggulan Domain Berbayar
Keunggulan Domain Berbayar bagi Bisnis yang Perlu Diketahui

Dasar SEO

Pengenalan SEO Riset Keyword

Optimasi Lanjutan

Copywriting Error Website Tips SEO

Teknik SEO

SEO Off Page SEO OnPage SEO Teknikal

Tools SEO

Tools Google Tools Riset KK Tools SEO Lain
Bisnis Jualan Link PPC Program Afiliasi Publisher Sumber Lain
Mendapatkan Uang dari Website
Cara Mendapatkan Uang dari Website yang Kita Punya
Jualan Online via Website
Jualan Online via Website yang Mudah Dilakukan
Platform SeedBacklink
Platform Seedbacklink Solusi Promosi Website dan Income Online
Membersihkan Cache
Cara Membersihkan Cache pada Website
Menggunakan Editor Gutenberg
Cara Menggunakan Editor Gutenberg Lengkap di WordPress
Plugin WordPress
Cara Instal Plugin WordPress yang Bisa Dilakukan
Cara Instal dan Ganti Theme Website
Cara Instal dan Ganti Theme Website