Cara Memunculkan Website di SERP Mesin Pencari

Apa yang dimaksud dengan SERP? Kenapa SERP penting bagi optimasi website (SEO)? Semua pertanyaan tersebut akan terjawab di artikel cara memunculkan website di SERP mesin pencari ini. Ayo, mulai saja pembahasannya hingga selesai!

Memunculkan Website di SERP

Definisi SERP

Apa itu SERP? SERP merupakan singkatan dari Search Engine Results Page. Jadi, SERP yaitu halaman yang mesin pencari (search engine) tampilkan untuk menunjukkan hasil pencarian para pengguna.

SERP terdiri dari :

  • hasil pencarian organik, dan
  • berbayar.

Uniknya, meskipun memakai kata kunci (keyword) yang sama, tapi tampilan hasil di mesin pencari bisa berbeda antar pengguna. Kenapa bisa demikian ya? Apa itu SERP sebenarnya?

Search Engine seperti Google akan menampilkan hasil pencarian berdasarkan berbagai faktor yang paling relevan dengan pengguna. Seperti :

  • tempat tinggal pengguna,
  • riwayat pencarian,
  • media sosial yang digunakan,
  • dan pengaturan lainnya.

Jadi, pengguna Google di Indonesia dan Amerika bisa saja melihat hasil yang berbeda ketika memakai keyword yang sama.

Pentingnya SERP bagi SEO

Mengapa SERP penting bagi SEO? Karena tujuan akhir dari semua upaya SEO yaitu menempatkan website di SERP. Khususnya di posisi teratas untuk hasil pencarian organik.

Jadi, SEO merupakan upaya gratis agar memunculkan website di SERP sesuai kata kunci tertentu. Tapi, tak semua SERP merupakan target dari kegiatan SEO.

Karena, hanya  halaman pertama (pejwan) dari SERP mesin pencari saja yang memberikan keuntungan untuk website Anda.

Rata-rata orang meng-klik hasil pencarian di halaman pertama (pejwan) SERP saja. Dengan perbandingan hasil pencarian posisi :

  • 1 memperoleh rata-rata klik sebesar 31,7%,
  • 2 mendapat rata-rata klik sebesar 0,78%,
  • dan seterusnya.

Tak heran jika orang yang berlomba-lomba menerapkan strategi SEO agar websitenya ada di halaman pertama (pejwan) SERP.

Cara Website Muncul di SERP

Bagaimana caranya agar bisa memunculkan website di SERP mesin pencari? SERP merupakan hasil pencarian yang terdiri dari 3 komponen, yaitu :

  • iklan berbayar,
  • hasil organik, dan
  • fitur SERP.

Maka, supaya website Anda bisa muncul di SERP mesin pencari seperti Google, inilah caranya :

a. Gunakan Iklan Berbayar

Saat memakai iklan berbayar, website Anda akan muncul di SERP dengan tampilan ada tulisan IKLAN / Bersponsor.

Lihat gambar a)

Praktik memunculkan website di SERP dengan iklan berbayar ini dinamakan Search Engine Marketing (SEM). Anda harus memenangkan penawaran (bidding) supaya iklan bisa ditempatkan di posisi atas / halaman pertama SERP.

Metode yang digunakan adalah Pay Per Click (PPC). Di mana Anda hanya perlu membayar iklan tersebut bila ada orang yang mengkliknya. Jadi, Anda perlu menyiapkan budget / anggaran khusus untuk iklan ini.

b. Lakukan Optimasi SEO untuk Pencarian Organik

Untuk memunculkan website di SERP pencarian organik mesin pencari, Anda perlu memperhatikan Meta Tag, yang terdiri dari :

1. Meta title

Judul artikel yang muncul di hasil pencarian. Fitur ini bertujuan untuk menginformasikan isi konten website Anda pada pengunjung.

2. URL slug

Bagian URL / permalink website yang merujuk pada suatu konten.

3. Meta description

Rangkuman konten website yang muncul di hasil pencarian mesin pencari. Jadi, pengunjung bisa tahu gambaran konten dari website Anda.

Lihat gambar b)

Hasil pencarian di SERP secara organik itu diambil dari database seperti dari Google Index. Artinya, website Anda harus masuk ke Google Index lebih dulu supaya dapat muncul di SERP secara organik. Tak peduli di halaman berapa.

Baca juga : Cara Mudah Agar Website Cepat Diindeks Google

Selain itu, Anda pun harus tetap update info tentang algoritma Google. Kenapa demikian? Karena untuk mengurutkan hasil pencarian organik, google memakai algoritma yang super canggih dan selalu di-update.

Banyak faktor penilaian yang dipakai oleh Google. Sehingga hanya hasil pencarian yang paling relevan dan berkualitas saja yang dapat muncul di halaman pertama SERP.

c. Manfaatkan Fitur SERP

Cara memunculkan website di SERP juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan berbagai fiturnya. Jadi, Anda dapat memakai fitur yang paling sesuai dengan tujuan.

Berikut beberapa fitur SERP yang sering muncul di mesin pencari Google :

1. Knowledge Panel

Fitur untuk memunculkan website di SERP yang keempat yaitu Knowledge Panel. Knowledge Panel yaitu fitur SERP mesin pencari yang memberikan informasi utama dari kata kunci.

Posisi fitur ini umumnya muncul di :

  • atas SERP (di perangkat mobile).
  • bagian kanan layar (di komputer).

Lihat Gambar c) di atas

Data dari Knowledge Panel berasal dari berbagai sumber terpercaya, seperti Wikipedia seperti terlihat pada contoh di atas. Hasil knowledge panel yang dimunculkan dapat berupa link ke website atau media sosial terkait keyword yang dicari.

Lantas, bagaimana cara untuk menempatkan informasi website di Knowledge Panel?

Anda harus melakukan optimasi local SEO website. Tujuan local SEO adalah untuk menjangkau target lokal dari keyword pencarian tertentu. Jadi, ketika orang mencari bisnis Anda, informasi seperti Tokopedia di atas yang akan dimunculkan.

Baca juga : Panduan Local SEO untuk Kesuksesan Bisnis Anda

2. Sitelink

Fitur kesepuluh untuk memunculkan website di SERP yaitu Sitelink. Sitelink akan menampilkan berbagai halaman paling populer dari website Anda. Informasi tersebut akan ada di bagian atas SERP tepat di bawah hasil pencarian organik teratas.

Bisa lihat gambar d)

Ada banyak manfaat Sitelink, seperti untuk :

  • meningkatkan tingkat klik / CTR,
  • meningkatkan product awareness, dan
  • membuat website Anda lebih terpercaya karena informasi yang lengkap.

3. Berita Utama

Fitur untuk memunculkan website di SERP yang pertama yaitu berita utama (top stories). Berita Utama akan menampilkan artikel atau berita terbaru dan video sesuai dengan kata kunci pencarian.

Hasil pencarian akan menampilkan :

  • thumbnail gambar,
  • judul,
  • nama website, dan
  • waktu rilis berita.

Lihat gambar e)

Berita Utama pun sering ditempatkan di bagian atas SERP. Tapi, sebanyak 99,31 persen berasal dari website yang sudah terdaftar di Google News.

4. Kotak Twitter

Fitur untuk memunculkan website Anda di SERP yang kesembilan yaitu kotak twitter. Fitur ini menampilkan tweet terbaru yang relevan dengan keyword tertentu. Google akan mengutamakan tweet dari akun Twitter resmi.

Lihat gambar f)

Fitur SERP ini dapat mendukung usaha promosi bisnis bila Anda sudah menerapkan Twitter Marketing yang baik. Karena, setiap ada pencarian kata kunci terkait bisnis Anda, maka fitur SERP ini akan memunculkan tweet terbaru yang Anda punya.

5. Knowledge Cards

Fitur untuk memunculkan website di SERP yang ketiga yaitu Knowledge Cards. Knowledge Cards muncul di atas SERP mesin pencari dan menampilkan jawaban singkat dari keyword yang pengguna cari.

Fitur SERP mesin pencari bisa muncul dalam berbagai macam format terkait Knowledge Cards.

Lihat gambar g)

Dari gambar di atas, tampak pertanyaan dengan jawaban singkat, langsung ditampilkan tanpa harus repot masuk ke website tertentu lebih dulu.

Anda bisa saja mendapatkan fitur ini walaupun ada ketentuan yang perlu dimiliki. Salah satunya yaitu website tersebut harus dianggap sebagai sumber informasi terpercaya menurut mesin pencari (Google).

Tidak jarang, data dari Knowledge Cards diambil dari sumber pihak ketiga yang berhubungan dengan mesin pencari (Google) secara langsung.

6. Orang Juga Bertanya

Fitur untuk memunculkan website di SERP yang ketujuh yaitu orang juga bertanya. Fitur ini akan menampilkan pertanyan yang sering ditanyakan pengguna terkait keyword tertentu.

Di kotak list pertanyaan akan ada jawaban singkat layaknya seperti fitur Snippets (Featured Snippets).

Lihat gambar h)

Ingin website Anda dapat memanfaatkan fitur SERP ini? Buatlah konten yang informatif dan punya jawaban yang relevan dengan pertanyaan yang sering pengguna ajukan.

7. Rich Snippets

Fitur untuk memunculkan website di SERP yang kedua yaitu Rich Snippets. Rich Snippets yakni versi lebih lengkap dari hasil pencarian biasa di SERP mesin pencari.

Lihat gambar i)

Selain informasi standar, hasil organik pun memuat review dari suatu website. Jadi, website tersebut akan terlihat lebih menonjol di SERP mesin pencari.

Dengan tampilan yang memuat review, orang cenderung mengklik website Anda dibanding website yang muncul tanpa Rich Snippet.

8. Kumpulan Gambar

Fitur untuk memunculkan website di SERP yang kelima yaitu kumpulan gambar atau image packs. Kumpulan Gambar akan menampilkan thumbnails dari berbagai gambar yang sesuai dengan keyword tertentu.

Biasanya, fitur SERP menempatkan gambar hasil pencarian mesin pencari di posisi atas. Di mana seluruh tampilan thumbnails gambar dikelola oleh layanan Google Images.

Saat di klik, pengguna akan memperoleh informasi sumber gambar supaya dapat melanjutkan ke website tersebut.

Lihat gambar j)

Baca juga : Panduan Memaksimalkan Image SEO untuk Website

9. Featured Snippets

Fitur untuk memunculkan website di SERP yang pertama yaitu Featured Snippet. Fitur ini untuk menampilkan cuplikan (fragmen) konten / artikel website yang memuat informasi paling relevan dengan keyword tertentu.

Umumnya, Featured Snippet berada di atas SERP. Inilah yang membuatnya sering disebut ranking #0. Ada beberapa format Featured Snippet yang paling umum, yaitu :

  • paragraf,
  • video,
  • tabel, dan
  • daftar (list).

Untuk dapat memperoleh Featured Snippet, suatu website harus ada di posisi 5 besar SERP. Dan juga punya struktur artikel yang rapi dan SEO friendly.

Bila search engine Google bisa memahaminya dengan mudah, maka bukan tak mungkin artikel tersebut direkomendasikan untuk jadi Featured Snippet.

10. Hasil Belanja

Fitur untuk memunculkan website di SERP yang kedelapan yaitu hasil belanja. Fitur SERP ini akan memunculkan iklan suatu produk yang relevan dengan kata kunci. Khususnya yang punya maksud untuk membeli produk.

Tiap hasil belanja berisi informasi lengkap suatu produk, seperti mulai dari :

  • nama,
  • harga,
  • penjual,
  • ulasan,
  • promo yang sedang berjalan,
  • dan sebagainya.

Sayangnya, hasil belanja bukan termasuk hasil pencarian organik. Namun hasil belanja merupakan fitur SERP yang berupa iklan (google ads). Bila Anda mau memanfaatkannya, pastikan Anda punya budget khusus dan pelajari panduannya dengan baik.

11. Hasil Pencarian Video

Fitur untuk memunculkan website di SERP yang kesebelas yaitu hasil pencarian video. Ini juga merupakan fitur SERP yang dapat Anda manfaatkan.

Bila Anda menargetkan pengguna Google, pastikan video telah Anda upload ke YouTube. Alasannya, karena semua hasil pencarian video terkait dengan layanan ini (YouTube).

Pada dasarnya, hasil pencarian video terbagi dua yaitu video dari :

  • YouTube langsung, dan
  • website yang berasal dari YouTube.

Di hasil pencarian video, Google akan menampilkan informasi singkat tentang video seperti :

  • judul,
  • tanggal upload,
  • pihak yang melakukan upload,
  • durasi video, dan
  • deskripsi singkatnya.

Sesuai jenisnya, inilah yang harus Anda lakukan supaya video muncul di SERP :

  • Memastikan video yang diupload telah teroptimasi sesuai dengan Panduan SEO YouTube.
  • Melakukan embed video YouTube dengan benar ke dalam artikel memakai judul yang sesuai dengan target keyword.

Saatnya Memunculkan Website di SERP Sekarang!

Sekarang Anda telah belajar apa itu SERP. Di mana SERP sangat penting untuk perkembangan website. Apalagi bila website tersebut bisa berada di halaman pertama (pejwan).

Anda telah belajar berbagai cara supaya website dapat muncul di hasil pencarian. Mulai dari :

  • menggunakan iklan berbayar,
  • melakukan optimasi SEO untuk hasil organik,
  • memanfaatkan berbagai fitur SERP.

Dengan informasi di atas, Anda sudah mampu cara memunculkan website di SERP mesin pencari sesuai tujuan bisnis. Makin tinggi posisi di SERP, maka makin besar kemungkinan pengunjung website Anda.

Leave a Reply

Memperbaiki Permalink Website
Cara Memperbaiki Permalink Website yang Rusak
Reset Website WordPress
Cara Reset Website WordPress dengan Mudah
Membuat Custom Login
Cara Membuat Custom Login di Website WordPress
Cara Setting Robots TXT di Website
Bahasa Pemrograman CMS cPanel Domain Hosting Web Siap
Fitur di cPanel Hosting
Fitur di cPanel Hosting Website
Domain Tingkat Atas
Jenis Domain Tingkat Atas Terbaik yang Ada Sekarang
Keunggulan Domain Berbayar
Keunggulan Domain Berbayar bagi Bisnis yang Perlu Diketahui

Dasar SEO

Pengenalan SEO Riset Keyword

Optimasi Lanjutan

Copywriting Error Website Tips SEO

Teknik SEO

SEO Off Page SEO OnPage SEO Teknikal

Tools SEO

Tools Google Tools Riset KK Tools SEO Lain
Bisnis Jualan Link PPC Program Afiliasi Publisher Sumber Lain
Mendapatkan Uang dari Website
Cara Mendapatkan Uang dari Website yang Kita Punya
Jualan Online via Website
Jualan Online via Website yang Mudah Dilakukan
Platform SeedBacklink
Platform Seedbacklink Solusi Promosi Website dan Income Online
Membersihkan Cache
Cara Membersihkan Cache pada Website
Menggunakan Editor Gutenberg
Cara Menggunakan Editor Gutenberg Lengkap di WordPress
Plugin WordPress
Cara Instal Plugin WordPress yang Bisa Dilakukan
Cara Instal dan Ganti Theme Website
Cara Instal dan Ganti Theme Website