Cara Memperbaiki Permalink Website yang Rusak

Bagaimana cara memperbaiki permalink website WordPress? Untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan tersebut, simak artikel tutorial WordPress ini hingga akhir. Karena artikel ini akan membahas mulai dari apa itu permalink hingga cara mengatasi permalink website yang rusak.

Memperbaiki Permalink Website

Permalink Website

Berikut beberapa hal terkait permalink website :

Definisi Permalink

Peran permalink bagi website sangatlah penting, sehingga harus Anda pakai dengan tepat. Tidak jarang website tak dapat pengunjung akses, dengan pesan error 404. Hal itu terjadi karena rusaknya permalink website.

Bila sudah sepert itu (rusak) maka Anda perlu mengatasinya dengan cepat agar website Anda bisa pengunjung akses. Lalu, bagaimana cara mengatasi atau memperbaiki permalink website yang rusak?

Tapi sebelum menjawab pertanyaan di atas, Anda harus tahu apa itu permalink itu?

Permalink merupakan singkatan dari permanent link. Permalink merupakan keseluruhan link / URL yang dipakai sebagai identitas suatu postingan / halaman website tertentu. Link ini mempermudah pengunjung untuk mengakses halaman website kapan saja.

Permalink bersifat tetap dan setiap halaman website punya permalink yang berbeda. Sebagai contoh, artikel memperbaiki permalink website ini memiliki permalink :

Cara Memperbaiki Permalink Website yang Rusak

Permalink yaitu URL lengkap yang merupakan gabungan dari nama domain (ternakwebsite.com) dan slug (memperbaiki-permalink-website). Slug sendiri merupakan bagian dari permalink yang merujuk ke sebuah konten spesifik.

Struktur Permalink

Untuk memperbaiki permalink website, Anda perlu paham strukturnya. Karena permalink punya struktur yang beragam. Ada yang memakai tambahan tanggal, bulan, angka, nama postingan ataupun custom structure.

Anda bisa menemukan struktur permalink dengan cara :

  • masuk dasboar website WordPress Anda;
  • pilih menu Pengaturan >> Permalink.;
  • di halaman ini, Anda dapat mengatur permalink WordPress sesuai kebutuhan.

Dengan adanya permalink yang baik, maka :

  • para pengunjung akan lebih mudah untuk mengingat atau mengakses halaman website tertentu; dan
  • akan mempermudah search engine mencari halaman konten yang relevan dengan kata kunci yang diketikkan penggunanya.

Oleh karena itu, memakai permalink yang ramah SEO penting untuk meningkatkan peringkat konten website di mesin pencari. Lalu, bagaimana cara membuat permalink yang bagus?

1. Singkat dan Jelas

Buatlah permalink yang singkat dan jelas supaya lebih mudah pengunjung website ingat. Disarankan untuk memakai maksimal 5 suku kata saja dan jumlah karakter maksimal sebanyak 59.

2. Deskriptif

Sebuah permalink harus dapat menggambarkan isi konten secara keseluruhan.

3. Masukkan Keyword

Menempatkan kata kunci (keyword) pada permalink sangat disarankan untuk meningkatkan SEO on page.

4. Hanya pakai kata penting

Jangan pakai kata penghubung yang tak punya arti khusus, seperti :

  • ke,
  • dan,
  • pada,
  • yang,
  • dengan,
  • dan lainnya.

5. Hindari pemakaian angka tahun

Memakai angka tahun hanya akan membatasi kemungkinan konten Anda muncul di peringkat atas.

Fungsi Permalink

Apa fungsi dari permalink? Permalink punya peranan yang penting untuk website. Sehingga bila ada kerusakan sesegera mungkin Anda memperbaiki permalink website Anda.

Berikut beberapa fungsi dari permalink yang perlu Anda tahu :

1. Memudahkan Akses Halaman Website

Fungsi permalink yang utama yaitu mempermudah pengunjung untuk mengakses suatu halaman pada website. Dengan permalink, pengunjung dapat langsung mengakses halaman yang dituju tanpa perlu membuka halaman utama website.

2. Membantu Proses Index Google

Google Indexing merupakan proses menambahkan dan menyimpan halaman website ke database mereka. Sehingga, web dapat dimunculkan di halaman pencarian saat ada pengguna memerlukannya. Pemakaian permalink yang baik bisa memudahkan proses index Google ini.

3. Meningkatkan Peringkat SERP

SERP (Search Engine Result Page) yaitu halaman hasil pencarian yang Google tampilkan berdasarkan keyword yang pengguna cari. Semakin tinggi peringkat website di SERP, maka semakin besar kemungkinan website Anda dikunjungi.

Salah satu upaya untuk meningkatkan peringkat SERP yaitu menempatkan keyword pada permalink. Jadi, konten website lebih mudah ditemukan bila keyword yang dipakai sesuai dengan isi konten Anda.

4. Bisa Diakses Kapan Saja

Permalink bersifat permanen atau tak berubah. Sehingga, website dapat diakses kapan saja dengan link yang sama.

Misalnya, bila ada pengunjung yang mau mengakses suatu halaman website secara berulang, mereka dapat mengakses permalink website tersebut. Sehingga, lebih cepat menemukan halaman website yang mereka inginkan.

Penyebab Kerusakan pada Permalink

Ternyata, fungsi permalink banyak juga. Namun, fungsi tersebut tak dapat berjalan jika permalink mengalami kerusakan atau error. Jadi Anda perlu memperbaiki permalink website yang rusak. Tapi untuk memperbaikinya Anda perlu tahu faktor penyebabnya.

Lalu, apa saja penyebab rusaknya permalink? Berikut beberapa penyebab kerusakan permalink :

1. Update yang Tidak Sempurna

Update (WordPress, theme, plugin) itu penting untuk memastikan keamanan dan performa website optimal. Sayangnya, bila update tak sempurna maupun tak kompatibel malah dapat mengakibatkan permalink rusak.

Oleh sebab itu, sebelum melakukan update (baik plugin maupun theme), pastikan versinya kompatibel dengan WordPress Anda. Selain itu, pastikan pula koneksi cukup baik saat proses update berjalan.

Supaya lebih aman, jangan langsung melakukan update. Anda dapat memanfaatkan WordPress staging dahulu. Dengan staging, Anda dapat meminimalisir terjadinya error di website utama. Karena proses perubahan memakai website duplikatnya.

2. Perubahan pada Script .htaccess

File .htaccess merupakan file konfigurasi khusus yang dipakai pada Web Server Apache. File ini berisi script terkait hak akses dan aksesibilitas sebuah website.

Selain itu, file ini pun dipakai untuk mengatur permalink website. Bila Anda menambahkan atau mengubah kode pada file .htaccess, bisa saja jadi penyebab rusaknya permalink website.

3. Instalasi Plugin

Instalasi plugin baru pun bisa jadi penyebab rusaknya URL postingan / halaman website. Alasannya karena, bisa saja plugin tersebut mengubah script file .htaccess untuk menjalankan fungsinya.

Namun sayangnya, hal itu mungkin terjadi tanpa sepengetahuan Anda. Sehingga fungsi permalink website tak berjalan baik.

4. Migrasi atau Restore Website

Melakukan migrasi website ke domain atau server baru bisa juga jadi salah satu penyebab kerusakan permalink. Tentu, bila proses migrasinya memang tak disiapkan dengan baik dari sisi pengaturan. Akibatnya, bisa saja permalinknya jadi rusak.

Apapun penyebabnya, kerusakan permalink website merupakan sesuatu hal yang sangat mengganggu. Dan Anda harus segera memperbaiki permalink website yang rusak.

Cara Mengatasi Permalink yang Rusak

Bagaimana cara memperbaiki permalink website khususnya WordPress? Jika permalink rusak maka akan muncul error saat website WordPress diakses.

Untuk mengatasi permalink WordPress yang rusak, Anda bisa mencoba beberapa cara berikut ini :

a. Reset Struktur Permalink

Cara memperbaiki permalink website yang pertama yaitu dengan melakukan reset pada strukturnya. Berikut ini langkahnya :

  1. login dasbor admin WordPress Anda;
  2. pilih menu Pengaturan (Settings) >> Permalink (Permalinks);
  3. ubah opsi Pengaturan Umum (Common Settings) yang semula menggunakan pengaturan standar ke opsi lainnya;
  4. misalnya, bila sebelumnya Anda memakai Numerik (Numeric), maka ubah jadi Nama Tulisan (Post name);
  5. lalu, klik Simpan Perubahan (Save Changes).

Jika URL dapat diakses, artinya Anda sudah berhasil memperbaiki permalink website WordPress. Bila error masih muncul, Anda dapat mencoba cara selanjutnya untuk mengatur permalink WordPress.

b. Nonaktifkan Plugin

Kerusakan permalink pun dapat disebabkan oleh kendala antar plugin. Solusi memperbaiki permalink website karena kendala antar plugin yaitu cobalah menonaktifkan plugin yang terinstall di WordPress satu persatu.

Untuk cara menonaktifkan plugin yaitu :

  1. masuk ke halaman admin WordPress;
  2. akses menu Plugins >> Plugin Terpasang (Installed Plugins);
  3. nonaktifkan (deactivate) salah satu plugin yang telah terinstall;
  4. lakukan reset permalink;
  5. akses halaman yang sebelumnya menunjukkan pesan error saat diakses;
  6. ulangi langkah ke-3 pada plugin selanjutnya bila pesan error masih tetap muncul.

Disarankan untuk menonaktifkan plugin mulai dari yang baru diinstal atau diupdate. Bila Anda sudah menemukan plugin yang jadi penyebab kerusakan permalink, hapus (uninstall) plugin tersebut.

Jika Anda mau tetap menggunakan plugin tersebut, hubungi developer plugin untuk melaporkan masalahnya. Atau, bisa bertanya di forum komunitas untuk tahu kendala plugin yang mengakibatkan rusaknya permalink website.

c. Ganti File .htaccess

Bila kedua cara memperbaiki permalink website di atas belum berhasil, maka kemungkinan errornya karena adanya kesalahan setting pada file .htaccess. Untuk mengecek dan memperbaikinya, Anda dapat mengembalikan file .htaccess ke konfigurasi defaultnya.

Berikut ini adalah langkah-langkahnya :

  1. Masuklah ke folder utama website WordPress. Anda dapat mengaksesnya memakai FTP client (seperti FileZilla) ataupun via File Manager di cPanel.
  2. Kemudian temukan file .htaccess, setelah ketemu klik kanan pada file dan pilih Rename.
  3. Untuk menonaktifkan file tersebut, silakan ganti file dengan nama yang berbeda, misalnya.htaccess1.
  4. Kemudian, klik Rename File.
  5. Buatlah file baru dengan nama .htaccess di direktori /public_html untuk menggantikan file .htaccess lama Anda.
  6. Klik kanan pada file .htaccess yang baru saja Anda buat, kemudian pilih Edit.
  7. Lalu, salinlah script default file .htaccess di bawah ini ke file .htaccess baru tersebut.

# BEGIN WordPress

RewriteEngine On

RewriteRule .* – [E=HTTP_AUTHORIZATION:%{HTTP:Authorization}]

RewriteBase /

RewriteRule ^index\.php$ – [L]

RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f

RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d

RewriteRule . /index.php [L]

# END WordPress

  1. Jangan lupa, klik tombol Save Changes untuk menyimpan perubahan file .htaccess.
  2. Cek permalink URL website yang sebelumnya error atau tak bisa
d. Gunakan Plugin 301 Redirect

Cara memperbaiki permalink website selanjutnya yaitu memakai plugin Simple 301 Redirects. Plugin ini bisa membantu untuk mengalihkan request ke halaman lain di website Anda.

Sehingga, bila ada yang mengakses URL lama di website Anda, halamannya akan dialihkan (redirect) ke URL baru. Cara memakai plugin Simple 301 Redirects cukup mudah, yaitu :

  1. masuk ke menu Plugins >> Tambah Baru (Add New);
  2. lalu install dan aktifkan plugin Simple 301 Redirects;
  3. bila sudah diaktivasi, akses plugin pada menu Settings >> 301 Redirects;
  4. masukkan permalink lama di kolom Request dan masukkan permalink baru di kolom Destination;
  5. kemudian, klik ADD NEW.

Dengan memakai redirect 301, nantinya request yang masuk ke permalink lama akan dialihkan ke permalink baru (tujuan) yang sudah Anda tambahkan.

e. Pengindeksan Ulang

Cara memperbaiki permalink website berikutnya yaitu melakukan pengindeksan ulang. Error permalink masih dapat terjadi bila mesin pencari (search engine) menyimpan informasi link yang lama. Padahal, Anda sudah melakukan pembaruan (update) struktur permalink website.

Meskipun search engine akan mengindeks website sesuai struktur permalink terbaru, namun ada baiknya Anda membantu prosesnya. Caranya yaitu dengan membuat Sitemap XML di WordPress untuk mengindeks ulang website Anda secara manual.

Itulah beberapa cara memperbaiki permalink website WordPress. Bila error masih muncul, bisa jadi ada masalah lain.

Coba Anda ingat kembali perubahan apa yang sudah dilakukan sebelum error muncul. Contohnya, jika error muncul setelah melakukan update cobalah restore backup WordPress supaya website dapat diakses kembali.

Saatnya Memperbaiki Permalink Website

Permalink merupakan link halaman website yang bersifat permanen sebagai gerbang untuk mengakses konten Anda. Sebagai bagian website yang penting, pastikan Anda untuk mengatur permalink dengan tepat.

Bila permalink rusak, pengunjung tak dapat mengakses website dan akan langsung pergi. Bahkan, hal tersebut akan berdampak pada optimasi website (SEO) juga nantinya.

Oleh sebab itu, Anda harus segera memperbaiki permalink website dengan lima cara di atas, yaitu :

  • Reset Struktur Permalink
  • Nonaktifkan Plugin
  • Ganti File .htaccess
  • Gunakan Plugin 301 Redirect
  • Pengindeksan Ulang

Gunakan cara mengatasi permalink yang paling sesuai dengan kendala yang Anda hadapi. Bila fungsi permalink berjalan baik, maka upaya SEO Anda akan lebih optimal.

Demikian info mengenai cara memperbaiki permalink website, semoga post kali ini membantu Anda. Tolong postingan tutorial cPanel dan optimasi website ini dibagikan biar semakin banyak yang memperoleh manfaat.

Leave a Reply

Memperbaiki Permalink Website
Cara Memperbaiki Permalink Website yang Rusak
Reset Website WordPress
Cara Reset Website WordPress dengan Mudah
Membuat Custom Login
Cara Membuat Custom Login di Website WordPress
Cara Setting Robots TXT di Website
Bahasa Pemrograman CMS cPanel Domain Hosting Web Siap
Fitur di cPanel Hosting
Fitur di cPanel Hosting Website
Domain Tingkat Atas
Jenis Domain Tingkat Atas Terbaik yang Ada Sekarang
Keunggulan Domain Berbayar
Keunggulan Domain Berbayar bagi Bisnis yang Perlu Diketahui

Dasar SEO

Pengenalan SEO Riset Keyword

Optimasi Lanjutan

Copywriting Error Website Tips SEO

Teknik SEO

SEO Off Page SEO OnPage SEO Teknikal

Tools SEO

Tools Google Tools Riset KK Tools SEO Lain
Bisnis Jualan Link PPC Program Afiliasi Publisher Sumber Lain
Mendapatkan Uang dari Website
Cara Mendapatkan Uang dari Website yang Kita Punya
Jualan Online via Website
Jualan Online via Website yang Mudah Dilakukan
Platform SeedBacklink
Platform Seedbacklink Solusi Promosi Website dan Income Online
Membersihkan Cache
Cara Membersihkan Cache pada Website
Menggunakan Editor Gutenberg
Cara Menggunakan Editor Gutenberg Lengkap di WordPress
Plugin WordPress
Cara Instal Plugin WordPress yang Bisa Dilakukan
Cara Instal dan Ganti Theme Website
Cara Instal dan Ganti Theme Website