Cara Membuat Website Properti dengan Mudah dan Efektif

Apakah Anda tahu apa itu web property? Dan bagaimana cara membuat website properti yang mudah dan efektif? Bagi Anda yang penasaran tentang web property, artikel ini akan memberikan pencerahan. Yuk pelajari web property lebih lanjut hanya di artikel ini!

Membuat Website Properti

Website Property

Web properti merupakan platform yang sangat ampuh dalam menarik konsumen properti secara online. Anda mau membuat website properti, tapi masih bingung bagaimana memulainya? Dengan mengikuti cara membuat web properti berikut akan sangat membantu.

Banyak orang menganggap membuat web properti itu sulit. Karena butuh kemampuan khusus untuk membuatnya, seperti coding.

Padahal, saat ini ada platform WordPress yang bisa memudahkan pekerjaan membuat website properti. Anda dapat melakukannya sendiri, tanpa harus belajar coding atau bahasa pemograman secara detail.

Pentingnya Memiliki Web Properti

Kenapa penting punya website untuk usaha jualan properti? Karena website bisa jadi sarana promosi yang efektif bagi usaha jualan properti.

Dengan website, Anda bisa menampilkan informasi mengenai properti yang dijual secara online. Sehingga mempermudah calon pembeli untuk mengetahui ketersediaan dan kondisi properti tersebut.

Selain itu, website pun bisa dipakai untuk memberikan informasi mengenai layanan yang ditawarkan, seperti :

  • jasa pemasangan iklan,
  • jasa konsultasi properti,
  • dan lainnya.

Keuntungan yang bisa didapat dengan punya website properti (baik dengan membuat website properti sendiri maupun menggunakan jasa developer), yaitu :

1. Memperluas jangkauan pasar

Dengan website, Anda bisa menjangkau calon pembeli dari seluruh dunia. Jadi tak terbatas pada daerah tertentu saja.

2. Menambah kepercayaan pelanggan

Dengan website yang profesional dan terlihat terpercaya, calon pembeli akan lebih percaya pada Anda. Dan mereka lebih siap untuk membeli properti dari Anda.

3. Menghemat biaya

Dengan website, Anda tak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk iklan di media cetak atau media elektronik. Sehingga Anda bisa menghemat biaya promosi.

4. Memudahkan pelanggan menghubungi Anda

Dengan website, pelanggan bisa dengan mudah menghubungi Anda via formulir kontak atau informasi kontak yang tertera di website.

5. Meningkatkan visibilitas usaha

Dengan website yang teroptimisasi SEO yang baik, usaha Anda akan lebih mudah calon pembeli temukan di mesin pencari.

Situs Properti yang Cocok

Sebelum membuat website properti, Anda perlu tahu jenis situs properti apa saja yang cocok dengan WordPress? Jenis situs berikut dapat Anda coba :

1. Situs Direktori Properti

Ini merupakan jenis situs properti yang paling umum. Situs direktori properti adalah tempat Anda dapat menampilkan properti dalam bentuk listing.

Pada dasarnya, jenis situs ini mengizinkan para pengguna untuk submit listing pengunjung ke dalam beberapa kategori, seperti :

  • apartemen,
  • kondominium,
  • apartemen 3BR,
  • dan lainnya.

2. Situs Properti Tunggal

Jenis situs ini cocok bagi Anda yang sedang fokus menangani satu proyek properti saja, Di situs bisa ditampilkan fitur properti, lokasi, dan keunggulan lainnya dengan sangat jelas dan menarik.

Jenis situs properti ini sangat sederhana dan hanya terdiri dari beberapa halaman saja. Tapi Anda tetap dapat mengunggah banyak foto properti dan lokasinya dengan map.

3. Situs Realtor

Pada jenis situs ini, umumnya ditampilkan informasi lengkap terkait agen real estate, dan layanan apa saja yang mereka sediakan. Konten situs dapat berupa listing properti dan bisa juga tidak.

4. Situs Sewa Properti

Sesuai namanya, situs rental properti merupakan tempat di mana listing properti disewakan. Pada jenis situs ini, umumnya tersedia fitur pencarian, filter, dan juga tanggal.

Langkah Membuat Website Properti

Cara membuat web properti sebenarnya tak jauh berbeda dengan cara membuat web lainnya. Pada umumnya yang membedakan antara web properti dan situs lainnya yaitu fitur dan kontennya.

Untuk membuat website properti Anda bisa ikuti langkah-langkah berikut :

a. Tentukan Tujuan dan Target Audiens

Menentukan tujuan dan target audiens merupakan langkah pertama yang perlu Anda lakukan sebelum membuat website properti. Tujuan website properti harus jelas, misalnya sebagai sarana :

  • promosi usaha jualan properti,
  • untuk menjual properti secara online,
  • dan sebagainya.

Target audiens juga perlu Anda tentukan. Misalnya Anda menargetkan calon pembeli properti di kota tertentu atau di seluruh Indonesia.

b. Menentukan Domain

Langkah selanjutnya saat membuat website properti yaitu dengan menentukan atau memilih domain. Apa itu domain? Sederhananya, domain merupakan alamat dari web Anda. Contohnya, TernakWebsite.com merupakan domain dari situs ini.

Sebenarnya tak ada ketentuan khusus untuk memilih domain. Yang terpenting domain haruslah unik, dan belum pernah digunakan oleh siapapun. Anda dapat memeriksanya di situs penyedia domain dan hosting seperti hostingan, dewabiz, dll.

Bila Anda mau membuat situs properti, pakailah ekstensi .com. Anda bisa memakai nama domain yang mudah diingat, dan mewakili bisnis Anda. Usahakan memakai nama singkat, dan hindari pemakaian hypen atau tanda strip yang menggantikan spasi.

Butuh inspirasi? Inilah beberapa nama domain situs properti yang dapat Anda contoh :

  • cariproperti.com,
  • stokapartemen.com,
  • propertijakartaterbaik.com,
  • belipropertijakarta.com,
  • worldpanamarealestate.com,
  • dan sebagainya.
c. Memilih Hosting

Untuk membuat website properti hosting juga sangat diperlukan. Bila domain adalah alamat rumah, maka hosting merupakan rumah itu sendiri.

Hosting menyediakan ruang pada website, yang merupakan tempat Anda dapat mengunggah data-data properti berupa foto atau deskripsi. Biasanya, pembelian domain seringkali dibarengi dengan pembelian hosting.

Harga langganan hosting pun terbilang murah, tergantung dari kebutuhan Anda. Selain itu harga juga dipengaruhi oleh penyedia layanan hosting yang memberikan harga yang berbeda-beda.

d. Set-up WordPress pada Situs Anda

Begitu dapat domain dan hosting, artinya Anda sudah dapat canvas kosong untuk membuat website properti yang siap diisi. Mengisinya dengan bisnis properti Anda tentu tak dapat dilakukan begitu saja. Inilah pentingnya memasang WordPress di website properti.

WordPress merupakan salah satu CMS (Content Management System) terbaik yang ada saat ini. Anda tak perlu mempelajari coding yang rumit untuk bisa memakai WordPress.

Berikut beberapa alasan kenapa membuat situs properti dengan WordPress sangat cocok untuk pemula :

  • gratis;
  • banyak tersedia themeyang gratis juga;
  • user-friendly atau mudah dipakai oleh pemula;
  • bisa untuk banyak situs, termasuk properti; dan
  • banyak tersedia plugins.
e. Memilih Theme Property

Memilih theme WordPress yang tepat merupakan salah satu faktor penting dalam membuat website properti. Theme akan mempengaruhi tampilan website dan memberikan kesan pertama bagi para pengunjung.

Baca juga : Tutorial Ganti Theme WordPress yang Mudah

Ada banyak theme website property, namun kami merekomendasikan untuk menggunakan theme premium seperti Propertix by Ciuss dan Vroperty Theme by OkeTheme. Untuk mendapatkan theme Propertix by Ciuss, Anda bisa langsung menghubungi kami.

Sedangkan untuk mendapatkan Vroperty Theme by OkeTheme bisa klik banner di bawah :

Vroperty 728x90

f. Plugin yang Berguna untuk Web Properti

Setiap web properti, pasti punya fitur-fitur yang dapat diakses. Dibaliknya, ada bahasa coding yang sulit orang awam pahami. Disinilah letak kegunaan plugin WordPress.

Plugin WordPress adalah kode yang dipasang “plug” atau dengan kata lain ekstensi yang dapat ditambahkan pada situs web. Situs Anda jadi punya banyak fitur, hanya dengan memasang plugin WordPress ini.

Saat membuat situs properti berbasis WordPress, Anda pasti butuh plugin untuk menciptakan user experience yang lebih baik. Dan juga untuk menampilkan web properti Anda agar lebih menarik.

Apa saja plugin yang berguna untuk membangun atau membuat website properti? Berikut rekomendasinya :

1. Uber Property

Fungsi dari plugin Uber Property yaitu membantu situs Anda dalam membuat daftar properti. Anda dapat membuat direktori yang lebih teratur, dari semua jenis properti, seperti :

  • rumah,
  • kondominium,
  • dan lainnya.

2. Progress Map

Plugin ini mengubah listing Anda ke tahap selanjutnya. Dengan Progress Map, pengguna situs Anda bisa melihat listing properti yang ditampilkan dengan Google Map.

3. Real Estate Manager

Bila mau membuat tampilan yang profesional pada situs properti Anda, plugin ini merupakan jawabannya. Ada banyak template halaman yang cocok dipakai oleh agen real estate.

Dengan memakai plugin ini Anda dapat menampilkan :

  • video,
  • Google Map,
  • carousel properti,
  • dan lainnya.

4. WP-Property

Bila Anda menangani banyak listing dan mau memasukkannya dalam satu situs saja, Anda bisa mengandalkan WP-Property. Plugin ini sangat membantu dalam manajemen listing.

Anda dapat memasukkan detail informasi listing dengan sangat mudah. Listing ini berupa :

  • jumlah ruangan,
  • kamar mandi,
  • fasilitas, dan
  • fitur lainnya.

5. Easy Property Listings

Untuk pemula, Easy Property Listings merupakan plugin penolong yang sangat berguna. Plugin ini punya tampilan dasbor yang sederhana, sehingga sangat mudah dinavigasi.

Kelebihan lainnya di plugin ini yaitu :

  • menawarkan listing template yang mobile-friendly, dan
  • menampilkan listing dalam layout grid pada layar HP pengguna.

Sekian info berkaitan dengan cara membuat website properti dengan mudah dan efektif, kami harap artikel ini membantu Anda. Kami berharap postingan jenis website ini diviralkan agar semakin banyak yang mendapat manfaat.

Leave a Reply

Memperbaiki Permalink Website
Cara Memperbaiki Permalink Website yang Rusak
Reset Website WordPress
Cara Reset Website WordPress dengan Mudah
Membuat Custom Login
Cara Membuat Custom Login di Website WordPress
Cara Setting Robots TXT di Website
Bahasa Pemrograman CMS cPanel Domain Hosting Web Siap
Fitur di cPanel Hosting
Fitur di cPanel Hosting Website
Domain Tingkat Atas
Jenis Domain Tingkat Atas Terbaik yang Ada Sekarang
Keunggulan Domain Berbayar
Keunggulan Domain Berbayar bagi Bisnis yang Perlu Diketahui

Dasar SEO

Pengenalan SEO Riset Keyword

Optimasi Lanjutan

Copywriting Error Website Tips SEO

Teknik SEO

SEO Off Page SEO OnPage SEO Teknikal

Tools SEO

Tools Google Tools Riset KK Tools SEO Lain
Bisnis Jualan Link PPC Program Afiliasi Publisher Sumber Lain
Mendapatkan Uang dari Website
Cara Mendapatkan Uang dari Website yang Kita Punya
Jualan Online via Website
Jualan Online via Website yang Mudah Dilakukan
Platform SeedBacklink
Platform Seedbacklink Solusi Promosi Website dan Income Online
Plugin Toko Online Terbaik
Plugin Toko Online Terbaik Saat Ini
Theme Woocommerce Terbaik
Theme WooCommerce Terbaik untuk Toko Online
Plugin AdSense Terbaik
Plugin AdSense Terbaik untuk Memasang Iklan di Website
Theme Portofolio Terbaik
Theme Portofolio Terbaik untuk Web Agency dan Freelance