Cara Membuat Website Membership bagi Pemula

Anda mau membuat website membership atau situs keanggotaan? Atau Anda sudah punya website dan mau membuat layanan registrasi user? Jawabannya bisa Anda dapatkan hanya di artikel membuat situs keanggotaan ini. Jadi bacalah artikel ini hingga selesai.

Membuat Website Membership

Apa Itu Membership Website?

Website membership / keanggotaan yaitu suatu situs web yang menyediakan layanan registrasi user. Di mana registrasi user merupakan saat ada seorang pengunjung atau user yang masuk dan mengakses suatu website.

Lalu pengunjung tersebut membuat akun dan mendaftar untuk jadi member resmi dari website yang ia kunjungi. Dengan begitu, nantinya pengunjung dapat memperoleh informasi tentang konten terbaru.

Namun, biasanya untuk bisa mengakses konten dalam website ada dua kondisi yaitu free dan premium. Untuk mengakses konten premium, biasanya para member diharuskan untuk membayar.

Suatu website dikatakan sebagai situs keanggotaan jika memenuhi beberapa kriteria berikut :

  • punya konten yang hanya dapat membernya akses;
  • menawarkan fitur langganan berbayar supaya member dapat mengakses konten premium;
  • member dapat membuat dan mengedit profil mereka, dan
  • adanya komunitas online yang terbentuk setelah jadi member di situs keanggotaan.

Contohnya Anda berencana untuk membuat website membership, seperti :

1. Kursus Online

Di website Anda ini mengharuskan ‘siswa’ yang sudah jadi member untuk membayar sejumlah biaya. Pembayaran ini siswa lakukan supaya bisa melihat dan mengakses berbagai mata pelajaran yang ditawarkan.

2. Forum atau Komunitas Online

Tentunya Anda menginginkan hanya member yang dapat memperoleh keuntungan lebih dengan mendaftarkan diri di website Anda. Misalnya member bisa menulis topik atau mengomentari suatu thread.

Karena itulah, menetapkan biaya jadi cara yang tepat untuk memastikan bila hanya member-lah yang dapat membaca dan memposting konten.

Kelebihan Membuat Situs Keanggotaan

Punya website membership sangat berguna bagi Anda yang berprofesi sebagai :

  • content creator;
  • penjual yang menawarkan produk;
  • dan sebagainya.

Dengan banyaknya bisnis online saat ini, Anda akan kesulitan menarik perhatian audiens jika tak menerapkan metode serupa. Yakni dengan membuat website membership atau situs keanggotaan.

Misalnya Anda mau membuka kursus online. Kursus online tidak hanya sebagai tempat pembelajaran para siswa. Tapi kursus online juga jadi media bagi pengajar (tutor) berpengalaman.

Di mana pengajar berpengalaman sebelumnya hanya dapat membagikan pengetahuannya ke orang-orang sekitarnya. Dengan adanya website membership, pengajar tersebut bisa memperoleh murid dan mulai menjalankan pekerjaan sampingan yang menguntungkan.

Bila banyak orang yang jadi member situs Anda, maka kepercayaan publik terhadap Anda akan semakin meningkat. Sebagai contoh, Anda punya blog kuliner khusus makanan Asia.

Anda sudah menerbitkan buku yang berisikan kumpulan resep dan informasi makanan terbaik yang pernah diposting di blog. Saat membaca blog Anda, orang-orang pasti akan memandang Anda sebagai ahlinya kuliner Asia.

Cara Membuat Situs Keanggotaan

Sebelum membuat website membership (situs keanggotaan) Anda perlu bikin web lebih dulu. Untuk pembuatan website mulai dari menentukan nama domain dan hosting hingga install CMS. Selengkapnya tutorial pembuatan website sendiri bisa lihat artikel kami (klik link).

Setelah website WordPress jadi, bila tak mau mengaktifkan pembatasan akses ke suatu konten, maka tak perlu mengubahnya jadi situs keanggotaan. Tapi bila tujuan Anda sedari awal memang mau mengonlinekan website membership, maka baca artikel ini hingga tuntas.

Secara umum, platform WordPress tak menyediakan tool untuk membatasi sebagian (atau seluruh) akses konten khusus bagi member. Untuk mengaktifkan fungsi pembatasan akses, Anda harus memasang plugin membership WordPress terbaik.

Plugin membership inilah yang kemudian akan membantu Anda dalam membuat website membership WordPress. Dan berikut beberapa plugin membership WordPress terbaik yang bisa Anda gunakan :

a. WP Affiliasi Multilevel

Plugin untuk membuat website membership yaitu WP Affiliasi Multilevel by CafeBisnis. WP Affiliasi Multilevel menawarkan banyak fitur yang akan menunjang website membership Anda. Mulai dari :

  • Multi Produk
  • Pay Per Lead
  • Leaderboard
  • Personalisasi
  • Integrasi dengan Autoresponder dan Woocommerce

Untuk mendapatkan plugin ini Anda bisa klik link pada banner di bawah :

b. Ultimate Member

Plugin untuk membuat website membership yaitu Ultimate Member. Ultimate Member merupakan plugin membership gratis yang menawarkan fitur cukup lengkap, namun tetap ringan untuk dipakai.

Dengan plugin ini, Anda dapat dengan mudah membuat komunitas online dalam website membership. Dan fitur yang jadi fokus Ultimate Member yaitu :

  • kemudahan pendaftaran bagi pengguna,
  • profil anggota dengan tampilan menarik, serta
  • banyaknya pilihan kustomisasi di dalamnya.

Fitur-fitur di atas memungkinan Anda untuk membuat website membership komunitas apapun yang diinginkan, namun tetap user friendly.

Fitur unggulan :

1. Panduan lengkap

Anda dapat menemukan berbagai solusi terkait masalah Ultimate Member pada dokumentasi yang ada atau bertanya di forum resmi.

2. Kustomisasi

Selain fitur-fitur bawaan, Anda pun dapat menambahkan berbagai fitur yang diinginkan dengan menginstal extension tambahan.

c. Membership & Content Restriction

Plugin untuk membuat website membership yaitu Membership & Content Restriction. Plugin ini menawarkan banyak fitur yang akan menunjang membership di website Anda. Mulai dari :

  • menerima pembayaran dari anggota,
  • manajemen anggota,
  • membuat pilihan paket,
  • pembatasan akses ke konten khusus,
  • dan lainnya.

Plugin ini pun terintegrasi dengan WooCommerce. Anda dapat membatasi akses dan pembelian produk kepada anggota saja. Dan Anda juga bisa memberikan diskon yang dapat disesuaikan dengan pilihan paket yang anggota beli.

Dengan menggunakan plugin ini Anda juga bisa memanajemen anggota, seperti bisa :

  • melihat semua anggota dan pilihan paket mereka,
  • menambah / menghapus anggota, serta
  • mengubah paket mereka.
d. Plugin Membership Lain

Selain plugin untuk membuat website membership di atas, masih banyak plugin lain yang bisa Anda gunakan, seperti :

  • Members
  • Paid Memberships Pro
  • Simple Membership
  • WP-Members Membership Plugin
  • WP Private Content Plus
  • s2Member Framework
  • Restrict User Access
  • Users Ultra Membership Plugin
  • Membership by Supsystic
  • GoUrl Bitcoin Payment Gateway Paid Downloads Membership

Manfaat Website Membership

Apa manfaat dari mengubah website menjadi situs keanggotaan atau website membership? Situs keanggotaan punya beberapa manfaat yang tidak website biasa miliki, terutama dari segi bisnis.

Berikut beberapa manfaat membuat website membership atau mengubah website jadi situs keanggotaan :

1. Penghasilan Tambahan

Situs keanggotaan mengharuskan pengunjung membayar sebelum menikmati beberapa konten di website tersebut. Dengan begini, Anda dapat memperoleh penghasilan tambahan setiap ada pengguna baru yang mendaftar dan membayar untuk menikmati konten Anda.

2. Perlindungan Konten

Konten yang susah-susah Anda buat itu merupakan aset yang dapat menghasilkan profit. Oleh sebab itu, Anda harus berusaha untuk melindunginya.

Website membership membuat Anda dapat melindungi konten dengan cara menguncinya. Dengan begini, konten tersebut hanya dapat diakses oleh anggota yang telah mendaftar atau membayar.

3. Membantu Email Marketing Anda

Bila Anda kesulitan mengembangkan email list untuk email marketing, website membership bisa jadi salah satu solusi. Karena, Anda dapat menambahkan email dari para anggota yang sudah mendaftar.

Dengan begini, email list Anda akan berisi banyak pengguna aktif yang kemungkinan besar berubah jadi konsumen / pelanggan.

4. Otomatisasi Tugas

Plugin membership WordPress dapat melakukan beberapa otomatisasi tugas yang berkaitan dengan anggota. Mulai dari :

  • proses pendaftaran,
  • pengiriman email,
  • proses pembayaran,
  • dan masih banyak lainnya.

Dengan begini, Anda dapat menghemat waktu dan tidak mengulang tugas yang sama setiap kali ada anggota yang mendaftar.

Sudah Siap Membuat Website Membership Sendiri!

Dengan mengubah website jadi situs keanggotaan, Anda sedang melindungi konten. Yaitu dengan cara membatasi hak akses dari semua pengunjung website Anda.

Anda juga dapat menetapkan sejumlah biaya berlangganan bagi pengguna (user). Khususnya bagi pengguna yang tak mau ketinggalan setiap konten atau informasi yang diposting di website.

Website yang tadinya biasa saja kini bisa jadi bisnis online yang tidak Anda sangka-sangka. Cukup Anda instal plugin yang tepat dan konfigurasikan beberapa opsi dasar.

Sekian info tentang cara membuat website membership bagi pemula, semoga post ini membantu Anda. Mohon artikel jenis website ini disebarluaskan supaya semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Leave a Reply

Memperbaiki Permalink Website
Cara Memperbaiki Permalink Website yang Rusak
Reset Website WordPress
Cara Reset Website WordPress dengan Mudah
Membuat Custom Login
Cara Membuat Custom Login di Website WordPress
Cara Setting Robots TXT di Website
Bahasa Pemrograman CMS cPanel Domain Hosting Web Siap
Fitur di cPanel Hosting
Fitur di cPanel Hosting Website
Domain Tingkat Atas
Jenis Domain Tingkat Atas Terbaik yang Ada Sekarang
Keunggulan Domain Berbayar
Keunggulan Domain Berbayar bagi Bisnis yang Perlu Diketahui

Dasar SEO

Pengenalan SEO Riset Keyword

Optimasi Lanjutan

Copywriting Error Website Tips SEO

Teknik SEO

SEO Off Page SEO OnPage SEO Teknikal

Tools SEO

Tools Google Tools Riset KK Tools SEO Lain
Bisnis Jualan Link PPC Program Afiliasi Publisher Sumber Lain
Mendapatkan Uang dari Website
Cara Mendapatkan Uang dari Website yang Kita Punya
Jualan Online via Website
Jualan Online via Website yang Mudah Dilakukan
Platform SeedBacklink
Platform Seedbacklink Solusi Promosi Website dan Income Online
Membersihkan Cache
Cara Membersihkan Cache pada Website
Menggunakan Editor Gutenberg
Cara Menggunakan Editor Gutenberg Lengkap di WordPress
Plugin WordPress
Cara Instal Plugin WordPress yang Bisa Dilakukan
Cara Instal dan Ganti Theme Website
Cara Instal dan Ganti Theme Website