Cara Membuat Website Jualan Online yang Mudah

Anda mau membuat website untuk jualan online? Bila iya, Anda bisa ikuti cara-cara membuat website jualan online sendiri di artikel ini. Oleh karena itu simak artikel ini hingga selesai agar website Anda siap online.

Membuat Website Jualan Online

Web Bisnis

Di era internet saat ini, siapapun bisa dengan mudah membuat website untuk berbagai kebutuhan. Tujuan utama membuat situs web yaitu untuk meningkatkan keterampilan komunikasi Anda. Baik untuk memperkenalkan diri maupun untuk bisnis Anda.

Dengan adanya website artinya Anda punya “rumah” sendiri dan Anda bebas bekerja di sana. Bahkan, website bisa Anda gunakan untuk membuka toko online dan memajang merchandise.

Di situs web, Anda bisa mengelolanya sesuka Anda. Misalnya :

  • buat kampanye iklan,
  • pamerkan berbagai produk untuk dijual, dan
  • kembangkan situs web untuk kebutuhan bisnis.

Cara Membuat Website untuk Jualan Online

Untuk membuat websit tidaklah terlalu sulit. Cara berikut ini juga dapat Anda terapkan untuk membuat website jualan online Anda sendiri. Jadi bagi Anda yang baru memulai bisnis online tetap bisa punya website tanpa mengeluarkan biaya yang besar.

Bagaimana cara membuat website untuk jualan online yang mudah dan murah? Berikut beberapa langkahnya :

a. Tentukan Tujuan Membuat Website

Supaya Anda dapat tepat sasaran ketika membuat website, langkah yang pertama adalah memutuskan keperluannya untuk apa. Kenapa Anda sangat memerlukan situs web?

Karena akan mempengaruhi jenis layanan online yang Anda gunakan nantinya. Secara umum website punya 4 fungsi utama yaitu :

  • sebagai blog,
  • toko online,
  • portofolio online pribadi, dan
  • portofolio online bisnis.

Mana yang mau Anda capai? Bila untuk tujuan komersial, maka tujuan pembuatan website Anda yaitu sebagai toko online atau membuat website jualan online.

b. Identifikasi Jasa Platform Online

Cara membangun website toko online selanjutnya yaitu memilih platform online yang dapat membantu Anda membuat website jualan online yang tepat. Ada dua jenis platform online dalam pembuatan website, yaitu gratis dan berbayar.

1. Gratis

Saat ini, ada banyak platform online gratis yang dapat Anda pilih untuk cara membuat website. Lalu jelajahi fitur yang tersedia untuk pengguna gratis. Namanya juga gratis, tentu saja fitur yang dapat Anda pakai terbatas.

1) Nama Domain

Fitur pertama yang pasti terbatas yaitu nama domain. Jadi, bila membuat situs web gratis, Anda harus setuju untuk memakai nama domain dari platform yang Anda pakai.

Pastikan website atau nama domain yang Anda pakai mudah dibaca dan diingat. Hindari pemakaian nama website yang membingungkan pengunjung.

2) Konten

Fungsi limit kedua yaitu jumlah konten yang bisa disertakan. Anda tak perlu khawatir tentang ini. Karena ruang penyimpanan (hosting) yang tersedia untuk pengguna gratis umumnya cukup (walaupun tidak sebesar yang berbayar).

Pelajari lebih lanjut mengenai fitur yang tersedia untuk pengguna gratis. Lalu putuskan layanan mana yang paling sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda saat ini.

2. Berbayar

Untuk mendapatkan fitur yang lebih banyak dari yang gratisan saat membuat website jualan online, Anda perlu menggunakan layanan berbayar. Dengan menggunakan layanan berbayar, Anda bisa memilih nama domain sesuai keinginan Anda.

Selain itu, Anda punya layanan penyimpanan yang lebih besar sesuai paket hosting yang Anda beli. Untuk membeli layanan platform berbayar (domain dan hosting) bisa klik link ini.

c. Memilih CMS

Content Management System (CMS) adalah salah satu cara membuat website jualan online yang perlu Anda perhatikan. CMS yaitu aplikasi perangkat lunak yang memungkinkan Anda membuat, mengedit, dan menerbitkan konten digital dari satu lokasi pusat.

Memakai CMS memainkan peran penting karena bisa membantu mengelola konten situs web Anda dengan lebih efisien. Ini bisa meningkatkan SEO dan lalu lintas situs web Anda secara keseluruhan. Oleh sebab itu, cukup praktis dan bekerja dengan sangat efisien.

Ada banyak jenis CMS atau sistem manajemen konten yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat website :

  • WordPress
  • Drupal
  • Joomla
  • Squarespace
  • Wix

Namun kami menyarankan untuk menggunakan CMS WordPress. Karena WordPress merupakan jenis CMS yang paling populer. Selain itu, CMS ini :

  • punya layanan dukungan aktif yang luas, dan
  • menawarkan banyak plugin berguna untuk memperluas fungsionalitas situs web Anda.

d. Mulai Membuat Website

Akhirnya! Ayo buat situs web! Membuat website jualan online (toko online) juga sangat sederhana dan relatif sama untuk semua platform. Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah untuk mulai membangun website :

Platform Gratis

Untuk Anda yang memilih platform online gratisan, silakan ikuti langkah ini :

  1. buka platform online yang Anda inginkan;
  2. lalu daftar;
  3. pilih theme website yang tepat (Anda bisa mengedit template ini nanti, jadi tak perlu takut); dan
  4. masukkan nama domain dan data lainnya saat membuat website (pastikan hanya memilih produk gratis selama langkah ini).

Platform Berbayar

Setelah beli domain dan hosting berbayar saatnya Anda mulai membangun website untuk jualan. Untuk membuat website jualan online Anda bisa mulai dari :

1) Instal CMS WordPress

Untuk mulai membuat web jualan online bisa Anda mulai dengan menginstal CMS WordPress. CMS ini kami rekomendasi karena penggunaannya yang sangat mudah.

2) Ganti Theme

Setelah menginstal WordPress, Anda bisa mengganti theme sesuai dengan tujuan Anda membuat website. Sebenarnya setelah instal WordPress, website Anda sudah terinstal theme default. Tapi tampilannya terkadang belum sesuai dengan tujuan pembuatan website Anda.

Sebagai contoh, Anda mau membuat web toko / jualan online. Maka theme yang Anda pakai harus punya tampilan toko online. Untuk theme toko online kami merekomendasi yaitu OkeStore Theme by OkeThemes. Anda bisa mendapatkan OkeStore Theme dengan klik banner di bawah :

OkeStore Theme

3) Instal Plugin

Selain theme Anda pun perlu instal plugin yang sesuai untuk toko online. Berikut beberapa plugin yang perlu Anda pasang saat membuat website jualan online untuk meningkatkan fungsionalitas web toko online Anda :

  1. Yoast SEO – Search Engine Optimization (SEO) website untuk membantu calon pelanggan menemukan website toko online milik Anda dengan lebih mudah.
  2. MonsterInsights – lacak lalu lintas website dan lihat bagaimana orang menemukan situs Anda.
  3. Jetpack – menawarkan berbagai fitur dan opsi, seperti :
  • integrasi media sosial,
  • keamanan yang ditingkatkan, dan
  • pengoptimalan gambar.
  1. WPForms – membantu membuat formulir khusus di situs web Anda, seperti :
  • formulir kontak,
  • formulir pembayaran,
  • formulir survei,
  • dan lainnya.
  1. SeedProd – memungkinkan Anda membuat halaman untuk web bisnis. Seperti halaman segera yang akan datang untuk menarik pelanggan potensial saat website Anda masih dalam pengembangan.

Tapi, penting untuk dicatat bahwa plugin ini tak boleh dipakai secara berlebihan di situs. Jadi pilihlah plugin yang hanya dibutuhkan untuk website Anda. Intinya, perhatikan terlebih dahulu setiap plugin yang akan Anda pakai.

Untuk membuat website di atas selengkapnya bisa ikuti langkah-langkahnya di artikel Cara Membuat Website Profesional Sendiri.

e. Mulai Membangun Website

Setelah membuat website jualan online dengan mengikuti langkah di atas, kini saatnya Anda membangunnya. Untuk membangun website silakan lakukan hal berikut :

1. Menambahkan Informasi Website Bisnis

Untuk membangun website bisa Anda mulai dengan menambahkan berbagai informasi yang berhubungan dengan bisnis Anda. Anda bisa menambahkan informasi bisnis setelah membuat website jualan online dengan membuat halaman dan konten.

Website terdiri dari banyak halaman, jadi buatlah halaman yang website Anda butuhkan untuk informasi bisnis dan jualan online Anda. Website jualan online Anda harus punya beberapa halaman, antara lain :

  • Home Page
  • Halaman Tentang Kami
  • Halaman Kontak
  • Halaman Kebijakan Privasi
  • Halaman Syarat dan Ketentuan
  • Halaman Produk
  • Halaman Harga
  • Halaman Menu
  • Halaman Layanan
  • Halaman Blog yang berisi konten tentang pembaruan perusahaan dan informasi berguna lainnya

Anda juga bisa melengkapi informasi bisnis dengan banyak konten yang relevan. Jadi jangan pakai web hanya untuk memberikannya kepada pelanggan. Tapi, tambahkan juga banyak informasi berguna kepada mereka. Misalnya memakai fungsi blog.

Anda dapat menampilkan konten tertulis, berupa artikel tentang bisnis, seperti :

  • tips produk,
  • cara penyimpanan, dan
  • informasi edukasi lainnya.

Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk punya rencana sebelum mempublikasikan artikel atau posting blog berkualitas di situs web Anda. Anda harus sering memperbarui website dengan konten yang segar dan relevan.

Hal tersebut Anda lakukan bila mau :

  • dapat peringkat tinggi dalam hasil mesin pencari; dan
  • mendorong orang untuk kembali ke website Anda lagi.
2. Terapkan Teknik SEO

Bila website toko online Anda sudah siap, kini saatnya mengelolanya dengan baik untuk menghasilkan income. Lalu cara membangun setelah membuat website jualan online selanjutnya yakni menerapkan teknik SEO untuk memaksimalkan website.

Menerapkan teknik SEO yang tepat akan membantu web toko online Anda dapat peringkat tinggi dan berkinerja baik di mesin pencari. Ketika website Anda lebih mudah ditemukan, kemungkinan besar website Anda akan menarik pengunjung.

Ada berbagai cara untuk memakai teknik SEO secara optimal, seperti :

  • memilih kata kunci (keyword) yang paling sesuai dengan isi website Anda;
  • menambahkan tag judul, deskripsi meta, dan Uniform Resource Identifier (URI) yang relevan dengan konten / artikel dan deskripsi bisnis; serta
  • lengkapi konten website dengan tautan (link) internal dan eksternal yang relevan di lokasi strategis.
3. Perhatikan UI Website

Cara membuat website jualan online yang perlu Anda perhatikan yaitu memastikan User Interface (UI). UI yaitu bentuk tampilan grafis yang berhubungan langsung dengan pengguna. Singkatnya, UI yakni bagaimana pengguna melihat tampilan produk.

Jadi pastikan website Anda punya desain antarmuka yang tepat. Sehingga akan menghasilkan pengalaman positif bagi pengunjung website Anda.

f. Pastikan Website Mudah Diakses

Hal penting lain yang harus Anda perhatikan ketika membuat website jualan online yaitu pastikan website mudah pengunjung akses. Oleh sebab itu, hindari mendesain halaman untuk layar besar atau halaman yang memakai fungsi yang lebih kompleks.

Siap Membuat Website Jualan Online!

Itulah beberapa pembahasan tentang cara membuat website untuk jualan online yang dapat Anda terapkan Bila mau berbisnis. Sebagai rangkumannnya berikut cara membuat web :

  1. Tentukan Tujuan Membuat Website
  2. Identifikasi Jasa Platform Online
  3. Memilih CMS
  4. Mulai Membuat Website
  5. Mulai Membangun Website
  • Menambahkan Informasi Website Bisnis
  • Terapkan Teknik SEO
  • Perhatikan UI Website
  1. Pastikan Website Mudah Diakses

Sekian info perihal cara membuat website jualan online yang mudah, semoga post ini bermanfaat untuk kalian. Kami berharap post jenis website ini dishare biar semakin banyak yang mendapat manfaat.

Leave a Reply

Memperbaiki Permalink Website
Cara Memperbaiki Permalink Website yang Rusak
Reset Website WordPress
Cara Reset Website WordPress dengan Mudah
Membuat Custom Login
Cara Membuat Custom Login di Website WordPress
Cara Setting Robots TXT di Website
Bahasa Pemrograman CMS cPanel Domain Hosting Web Siap
Fitur di cPanel Hosting
Fitur di cPanel Hosting Website
Domain Tingkat Atas
Jenis Domain Tingkat Atas Terbaik yang Ada Sekarang
Keunggulan Domain Berbayar
Keunggulan Domain Berbayar bagi Bisnis yang Perlu Diketahui

Dasar SEO

Pengenalan SEO Riset Keyword

Optimasi Lanjutan

Copywriting Error Website Tips SEO

Teknik SEO

SEO Off Page SEO OnPage SEO Teknikal

Tools SEO

Tools Google Tools Riset KK Tools SEO Lain
Bisnis Jualan Link PPC Program Afiliasi Publisher Sumber Lain
Mendapatkan Uang dari Website
Cara Mendapatkan Uang dari Website yang Kita Punya
Jualan Online via Website
Jualan Online via Website yang Mudah Dilakukan
Platform SeedBacklink
Platform Seedbacklink Solusi Promosi Website dan Income Online
Membersihkan Cache
Cara Membersihkan Cache pada Website
Menggunakan Editor Gutenberg
Cara Menggunakan Editor Gutenberg Lengkap di WordPress
Plugin WordPress
Cara Instal Plugin WordPress yang Bisa Dilakukan
Cara Instal dan Ganti Theme Website
Cara Instal dan Ganti Theme Website