Cara Membuat Website Desa yang Modern secara Praktis

Apakah Anda tahu apa itu web desa dan manfaatnya? Dan bagaimana cara membuat website desa sendiri? Bagi Anda yang penasaran tentang web desa, artikel ini akan memberikan pencerahan. Yuk pelajari web desa lebih lanjut hanya di artikel ini!

Membuat Website Desa

Website Desa

Potensi desa di Indonesia masih cukup besar sehingga perlu untuk terus kita kembangkan. Tak hanya dengan pembangunan infrastruktur yang ada di desa. Tapi juga dengan promosi potensi desa secara berkelanjutan. Salah satu cara melakukannya yaitu lewat website desa.

Apa itu website desa? Website desa yaitu sebuah web yang sengaja dibuat dengan tujuan untuk menampilkan informasi mengenai suatu desa secara online.

Sebelumnya, pengembangan desa lewat website belum banyak dilakukan. Salah satu kendalanya yaitu belum diaturnya pemakaian domain yang sesuai.

Domain go.id punya pemerintah hanya bisa Anda pakai sampai tingkat kabupaten / kota. Jadi, website desa tak bisa memakainya.

Setelah lahirnya UU tentang desa, membangun website instansi desa bukan lagi sesuatu hal yang sulit. Khususnya dengan ditentukannya domain desa.id yang khusus dipakai untuk membuat website desa.

Selain itu, ketersediaan dana desa yang cukup membuat pengembangan desa secara online semakin mudah kita lakukan.

Sayangnya, pemanfaatannya masih belum maksimal. Faktanya, hanya 3,5% desa yang sudah punya website di Indonesia. Artinya potensi desa di Indonesia banyak yang belum digali dengan baik oleh perangkat desa.

Cara Bikin Web Desa

Bila belum punya web desa, maka Anda dapat mengikuti panduan / tutorial ini untuk membuat web desa yang baik. Berikut ini adalah cara membuat web desa dengan mudah :

a. Mendaftarkan Domain Desa

Pendaftaran domain desa.id harus aparat desa lakukan. Baik yang berwenang atau yang ditunjuk dengan surat kuasa. Silakan koordinasikan lebih dulu kepada pemerintah desa Anda.

Kemudian, Anda bisa mengikuti langkah mendaftarkan domain untuk membuat website desa :

  1. Masuk ke halaman domain.go.id.
  2. Silakan login jika Anda sudah memiliki akun. Bila belum, lakukanlah pendaftaran lebih dulu supaya bisa masuk ke langkah berikutnya.
  3. Untuk pembuatan akun tersebut, silakan ikuti semua tahapan pengisian data yang dibutuhkan. Setelah selesai, silakan Anda klik tombol Daftar di bagian halaman paling bawah.
  4. Anda akan diminta menunggu proses verifikasi data sampai maksimal 4 hari. e-Mail verifikasi pendaftaran akan langsung dikirim ke PNSmail Anda.
  5. Setelah sukses login dengan akun Anda, pilih menu Pendaftaran Domain. Lalu, cek ketersediaan nama domain desa.id yang akan Anda pakai. Beberapa pilihan nama yang bisa Anda pakai yaitu :
  • desa.id
  • namadesa-kecamatan.desa.id
  • namadesa-kabupaten.desa.id
  1. Bila domain yang diinginkan tersedia, Anda dapat menentukan durasi pemakaian domain. Pendaftaran untuk 1 tahun tak dipungut biaya, sedangkan untuk 2 tahun, biayanya Rp 55 ribu.
  2. Lanjutkan proses pengisian data dan pastikan semua informasi yang diperlukan Anda isi dengan benar. Bila sudah, pilih Confirm kemudian klik Submit.
  3. Pada tahapan selanjutnya, Anda akan diminta untuk mengunggah berkas pendukung berupa :
  • SK Pengangkatan Kepala Desa
  • Surat Kuasa kepada Perangkat Desa
  • Surat Permohonan yang ditandatangani Kepala Desa
  • Kartu Identitas yang masih berlaku
  1. Setelah tahapan unggah (upload) berkas selesai, Anda dapat menunggu proses verifikasinya lebih dulu.
b. Memilih Layanan Hosting Indonesia

Saat membuat website desa, Anda harus memastikan domain untuk web desa sudah terverifikasi atau belum. Ini dilakukan sebelum Anda masuk ke langkah memilih layanan hosting. Hal ini penting, sebab tahapan berlangganan hosting perlu nama domain tersebut.

Kenapa layanan hosting diperlukan? Hosting yaitu tempat untuk menyimpan seluruh file pada sebuah server sehingga website Anda dapat diakses secara online.

Sebaiknya Anda memakai server yang berada di Indonesia, karena sebagian besar pengunjung nantinya berasal dari Indonesia. Hal ini Anda lakukan agar server bisa memberikan kecepatan dan kemudahan akses website desa Anda.

c. Melakukan Instalasi WordPress

Setelah hosting dan domain aktif, langkah membuat website desa selanjutnya yaitu instalasi WordPress. Pemakaian WordPress yaitu sebagai CMS (Content Management System) yang bertujuan mempermudah dalam mengelola konten website Anda.

Fungsi CMS yakni untuk mengelola, mengubah, sampai mempublikasikan konten website tertentu. Salah satu CMS terbaik yang bisa Anda gunakan yaitu WordPress.

WordPress memberikan Anda :

  • kemudahan penggunaan,
  • flexibilitas, dan
  • optimasi fungsi tambahan.

Bila pada tahap order hosting Anda telah menambahkan fitur Auto Install WordPress, maka Anda tidak perlu melakukan langkah manual. Jadi, bisa melanjutkan ke langkah berikutnya.

Namun, jika terlewat, Anda bisa melakukan instalasi manual dengan mengikuti panduan Cara Melakukan Instalasi WordPress ini.

d. Memilih Tema Web Desa

Secara default, Anda akan punya tampilan website yang sama dengan pengguna WordPress lainnya. Tentu website Anda akan terlihat kurang menarik bagi pengunjung, bukan?

Untuk itu, Anda dapat menginstall thema lain untuk membuat website desa Anda menarik para pengunjung. Banyak sekali pilihan thema yang tersedia secara gratis di WordPress.

Langkah awalnya yaitu Anda masuk ke dasbor WordPress dengan cara login ke http://namadesa.desa.id/wp-admin. Ganti namadesa dengan nama desa Anda. Selanjutnya bisa ikuti panduan di bawah.

Baca Juga : Cara Menginstal Theme WordPress

Untuk memilih tema website desa yang baik, ada beberapa hal yang perlu Anda ingat yaitu :

1. Desain Minimalis

Desain minimalis akan membuat website tampak menarik tapi tetap ringan sehingga cepat pengunjung akses.

2. Responsive

Tema yang responsive akan terlihat baik ketika pengguna akses memakai berbagai perangkat berbeda termasuk perangkat mobile.

3. SEO Friendly

Dengan fitur SEO yang disematkan maka akan memudahkan bagi website Anda tampil di halaman utama mesin pencarian.

4. Cross Browser Compatibility

Pastikan website Anda mampu pengunjung akses dengan baik memakai berbagai browser yang berbeda.

e. Memasang Plugin Terbaik

Setelah memastikan tampilan website Anda menarik. Langkah berikutnya yaitu membuat website desa tersebut berfungsi secara optimal.

Secara default, website Anda sudah bisa berfungsi dengan baik. Tapi, bila memerlukan menu tambahan, WordPress punya beragam pilihan plugin. Plugin yaitu software tambahan dengan fungsi khusus.

Cara menginstall plugin WordPress pun cukup mudah. Anda tinggal ikuti panduan yang ada di link. Berikut beberapa pilihan plugin yang kami rekomendasikan beserta kegunaannya yaitu sebagai berikut :

  • Wordfence : keamanan website desa dari gangguan peretas (hacker).
  • W3 Total Cache : meningkatkan kecepatan akses / loading
  • Contact Form 7 : membuat formulir administrasi online.
  • Updraft Plus : melakukan backup data.

Jadi, kini saatnya Anda membangun website desa yang bisa diakses siapa saja secara online. Jika tidak ingin ribet, kami memiliki layanan jasa bikin website murah yang bisa diandalkan!

Manfaat Website Desa

Kenapa pihak desa harus tahu cara membuat website desa? Selain karena sudah banyak desa lain yang memakainya, ada beberapa alasan lain yang harus diperhatikan.

Berikut beberapa manfaat website bagi desa :

1. Sumber Informasi Resmi Desa

Manfaat Anda membuat website desa yang pertama yaitu sebagai sumber informasi resmi desa. Website desa bisa dijadikan sebagai sumber informasi resmi mengenai suatu desa. Informasi tersebut bisa berupa :

  • nama desa,
  • alamat lengkap,
  • aparat pemerintahan,
  • dan lainnya.

Jadi, jika dibutuhkan, setiap orang dapat mengaksesnya secara online dengan mudah. Tanpa adanya web, masyarakat akan mencari data terkait desa Anda dari pihak lain. Yang mana bisa saja tak tepat.

2. Menjadi Portal Berita

Manfaat Anda membuat website desa yang kedua yaitu menjadi portal berita. Penyebaran informasi aktual mengenai suatu desa akan lebih mudah bila punya web yang selalu online. Website desa yang Anda punya bisa jadi portal berita yang kredibel.

Hal ini tentu sangat penting untuk :

  • tujuan keamanan,
  • pencegahan hoax, dan
  • penyebaran berbagai informasi darurat lainnya.

3. Sarana Promosi Potensi Desa

Manfaat Anda membuat website desa yang ketiga yaitu sebagai sarana promosi potensi desa. Setiap desa punya potensi yang berbeda, baik dari sumber daya alam ataupun potensi masyarakatnya.

Dengan adanya website desa, potensi tersebut dapat dipromosikan ke pihak luar. Sehingga hal tersebut akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Misalnya, bila desa Anda punya obyek wisata yang sangat menarik tapi belum banyak yang mengetahuinya. Maka Anda dapat mempromosikannya via website disertai dengan berbagai unggahan foto yang menarik.

Selain itu, bila desa Anda punya event tahunan yang unik, maka Anda dapat menampilkannya di website desa. Tujuannya, supaya menarik pengunjung datang ke desa Anda. Hal ini tentu akan bisa membantu perekonomian masyarakat.

4. Sarana Publikasi Kegiatan Desa

Manfaat Anda membuat website desa yang keempat yaitu sebagai sarana publikasi kegiatan desa. Tiap kegiatan pembangunan desa yang memakai anggaran harus Anda publikasikan dengan baik.

Tujuannya adalah untuk :

  • mengevaluasi pelaksanaan program, serta
  • meningkatkan peran dan masyarakat.

Menggunakan website desa, publikasi bisa dilakukan dengan mudah. Hasil dokumentasi aktivitas berupa foto dan video dapat Anda unggah ke website dengan cepat. Apalagi dengan pemakaian CMS WordPress yang membuat pengelolaan media lebih efektif.

5. Peningkatan Pelayanan Administrasi

Manfaat Anda membuat website desa yang kelima yaitu untuk peningkatan pelayanan administrasi.

Website desa pun bisa dipakai untuk mendorong percepatan pelayanan masyarakat. Sebab dapat masyarakat akses secara online. Beberapa pelayanan administrasi bisa masyarakat lakukan tanpa harus datang ke kantor desa / kelurahan.

Selain lebih cepat, cara ini pun dapat untuk mencegah praktik suap yang bisa saja terjadi. Hasilnya, pelayanan bisa berjalan dengan lebih efektif dan efisien.

6. Pusat Pengaduan Masyarakat

Manfaat Anda membuat website desa yang keenam yaitu sebagai pusat pengaduan masyarakat. Masyarakat dapat menjadi pengawas pelaksanaan pembangunan desa. Hal ini perlu didukung dengan kemudahan dalam melakukan pengaduan.

Website desa bisa difungsikan sebagai pusat pengaduan masyarakat. Saat tahu adanya penyelewengan, masyarakat dapat mengisi formulir pengaduan secara online. Pejabat terkait pun akan lebih mudah dalam mendapatkan informasi.

7. Sarana Penyuluhan Masyarakat

Manfaat Anda membuat website desa yang ketujuh yaitu sebagai sarana penyuluhan masyarakat. Seperti Anda tahu, pemerintah punya program dana desa. Tujuannya adalah untuk mendukung pembangunan desa secara menyeluruh.

Pengelolaan dana desa perlu diawasi dengan baik sehingga bermanfaat bagi masyarakat. Web desa adalah media yang paling efektif untuk program pengawasan tersebut.

Dengan melakukan pelaporan pemanfaatan anggaran secara rutin, maka transparansi anggaran akan tercapai. Baik masyarakat desa ataupun pengunjung umum bisa tahu pemakaian anggaran di suatu desa yang memperoleh dana desa.

Saatnya Membuat Website Desa!

Kami sudah menjelaskan cara membuat web desa dengan mudah. Tidak diperlukan keahlian yang khusus untuk melakukannya. Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah yang ada di website ini dengan tepat.

Memiliki website desa sangatlah penting. Setidaknya ada 7 manfaat dari web desa yang bisa kami rangkum sebagai berikut :

  • Sumber Informasi Resmi
  • Menjadi Portal Berita
  • Sarana Promosi Potensi Desa
  • Sarana Publikasi Kegiatan Desa
  • Peningkatan Pelayanan Publik
  • Pusat Pengaduan Masyarakat
  • Mendukung Transparansi Anggaran

Demikian informasi mengenaiĀ Cara Membuat Website Desa yang Modern secara Praktis, semoga postingan ini mencerahkan kawan-kawan semua. Tolong post jenis website ini dishare biar semakin banyak yang mendapat manfaat. Kami juga membuka jasa kelola website profesional untuk web desa, silakan kontak kami untuk selengkapnya.

Leave a Reply

Memperbaiki Permalink Website
Cara Memperbaiki Permalink Website yang Rusak
Reset Website WordPress
Cara Reset Website WordPress dengan Mudah
Membuat Custom Login
Cara Membuat Custom Login di Website WordPress
Cara Setting Robots TXT di Website
Bahasa Pemrograman CMS cPanel Domain Hosting Web Siap
Fitur di cPanel Hosting
Fitur di cPanel Hosting Website
Domain Tingkat Atas
Jenis Domain Tingkat Atas Terbaik yang Ada Sekarang
Keunggulan Domain Berbayar
Keunggulan Domain Berbayar bagi Bisnis yang Perlu Diketahui

Dasar SEO

Pengenalan SEO Riset Keyword

Optimasi Lanjutan

Copywriting Error Website Tips SEO

Teknik SEO

SEO Off Page SEO OnPage SEO Teknikal

Tools SEO

Tools Google Tools Riset KK Tools SEO Lain
Bisnis Jualan Link PPC Program Afiliasi Publisher Sumber Lain
Mendapatkan Uang dari Website
Cara Mendapatkan Uang dari Website yang Kita Punya
Jualan Online via Website
Jualan Online via Website yang Mudah Dilakukan
Platform SeedBacklink
Platform Seedbacklink Solusi Promosi Website dan Income Online
Plugin Toko Online Terbaik
Plugin Toko Online Terbaik Saat Ini
Theme Woocommerce Terbaik
Theme WooCommerce Terbaik untuk Toko Online
Plugin AdSense Terbaik
Plugin AdSense Terbaik untuk Memasang Iklan di Website
Theme Portofolio Terbaik
Theme Portofolio Terbaik untuk Web Agency dan Freelance