Membuat Kategori dan Tag pada Postingan

Di artikel ini kami akan ulas perihal Membuat Kategori dan Tag pada Postingan di WordPress. Untuk mempermudah pengunjung website mencari artikel yang terkait, pastikan Anda memanfaatkan category dan tag. Category dan Tag pada WordPress, digunakan untuk mengelompokkan artikel-artikel yang kalian buat.

Membuat Kategori dan Tag pada Postingan

Membuat Kategori dan Tag pada Postingan

Ada dua cara untuk membuat category ini :

1. Membuat Kategori di Dalam postingan

Ketika Anda membuat tulisan di post maka di sebelah kanan bawah ada kumpulan category yang sudah pernah Anda buat (di All Category). Bila ingin membuat category yang baru, Anda tinggal klik “+Add New Category” lalu masukkan category yang baru pada kolom yang tersedia di bawahnya. Bila category ini mau jadi sub dari category yang udah ada maka pilih “parent category”. Tetapi bila tidak Anda tinggal klik tombol “Add New Category”.

2. Membuat Kategori dari Dashboard

Untuk membuat category pada dashboard, Anda klik menu Post >> Kategori. Anda bisa melihat daftar category yang telah ada. Bila Anda ingin menambahkan category baru, silakan isi form yang tersedia seperti:

  • Category Name dengan nama category yang Anda inginkan, misalnya Traffic
  • Category Slug adalah bagian dari alamat URL untuk category tersebut; biasanya dalam huruf kecil dan hanya mengandung huruf, angka, dan tanda sambung/minus (-), misalnya traffic
  • Category Parent dengan category yang merupakan level lebih ata Misalnya untuk category Traffic, Anda memiliki 2 subcategory yaitu PPC dan SEO; maka saat membuat subcategory PPC, Anda menyebutkan Traffic sebagai category parent-nya
  • Description dengan penjelasan tentang category tersebut

Setelah itu, Anda klik tombol Add Category / Tambah Kategori Baru.

Cara Membuat Tag

Lalu bagaimana menentukan bahwa suatu post itu termasuk category tertentu? Sangat mudah. Anda hanya cukup mencentang category yang relevan untuk post tersebut. Namun demikian, terkadang penggunaan category kurang bisa diaplikasikan. Dalam kasus ini, Anda bisa menggunakan Tag. Karena dengan Tag, Anda bisa menghubungkan content dengan keyword yang spesifik, tanpa hirarki tertentu.

Contoh: Anda memiliki 3 kelompok bahasan (tag), yaitu:

  • WordPress Tips
  • Internet Monetization
  • SEO

Nah, bila Anda menuliskan artikel yang membahas mengenai “Tips WordPress untuk mendongkrak SEO situs dalam mencari peluang bisnis di Internet”. Maka penggunaan 3 tag di atas bisa membantu Anda.

Ada 2 cara untuk mendaftarkan tag:

  1. Lewat menu Post – Tags (caranya mirip dengan penambahan categories seperti yang dibahas di atas)
  2. Langsung saat menulis artikel

Jadi saat mengetikkan Title dan Post, Anda bisa menentukan tags yang terkait dengan artikel tersebut. Anda cukup mengetikkan tag tersebut dengan dipisahkan tanda koma, misalnya “WordPress Tips, Intenet Monetization, SEO” dan klik tombol Add.

Demikian info mengenai Membuat Kategori dan Tag pada Postingan, kami harap artikel ini membantu kawan-kawan semua. Tolong artikel ini dishare agar semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Referensi:

Leave a Reply