Membuat Daftar Keyword yang Banyak dan Berkualitas

92 / 100

Pembahasan kita sekarang yakni membuat daftar keyword yang banyak dan berkualitas. Setelah menentukan keyword utama, buatlah daftar keyword-keyword yang berkaitan dengan keyword utama tersebut. Ada beberapa cara sebenarnya untuk membuat daftar kata kunci yang digunakan atau diketikkan orang, yaitu:

  1. Menggunakan otak, imajinasi, common sense atau nama produk.
  2. Menggunakan keyword research tool
  3. Melihat website kompetitor.

Membuat Daftar Keyword

Membuat Daftar Keyword

Saat ini banyak sekali cara-cara yang bisa membantu dalam mencari keyword-keyword yang relevan. Berikut tahap demi tahap dalam membuat daftar keyword yang banyak dan relevan.

1. Menggunakan imajinasi atau nama produk

Untuk membuat daftar keyword yang banyak, mulailah dari imajinasi dan common sense atau semua nama produk yang Anda jual di website. Misalkan Anda membuat website yang menjual produk kesehatan, maka daftar keyword Anda pada mulanya adalah seperti berikut ini:

  • Smart Detox
  • Pelangsing Herbal
  • Diet Alami
  • Klorofil Plus
  • Dan masih banyak lagi

Anda bisa lihat dari nama produk saja sudah bisa membuat cukup banyak keyword. Ini adalah keyword-keyword utama Anda. Kompetisi di keyword utama biasanya lebih ketat namun Anda perlu mencantumkannya. Karena dari keyword utama ini Anda perlu mengembangkan lebih lanjut dengan menggunakan keyword tools atau imajinasi.

2. Menggunakan Keyword Tools

Ada banyak keyword tools yang tersedia untuk membuat daftar keyword, dari yang gratis, bayar satu kali ataupun bayar per bulan. Sulit untuk mengatakan yang mana yang paling bagus karena setiap keyword tools mempunyai kelebihan atau fasilitas yang unik. Jadi untuk tujuan yang berbeda, maka keyword tools yang digunakan pun akan berbeda.

Google Keyword Tool (GKT)

Salah satu yang banyak disarankan para pemain bisnis online yaitu Google Keyword Tool yang disediakan oleh Google secara GRATIS. Meskipun gratis, GKT ini adalah keyword tools yang canggih dengan akses langsung ke database Google. Di mana google merupakan search engine yang paling banyak dipakai di seluruh dunia.

Tidak saja karena variasi keyword yang ditampilkan oleh Google Keyword Tool. Namun juga informasi tentang Approx Search Volume dari GKT ini. Baik untuk bulan lalu maupun rata-rata per bulan. Anda jadi bisa membandingkan antara keyword yang satu dengan yang lain.

Informasi keyword dan search volume ini akan sangat membantu Anda dalam pembuatan website dan campaign atau promosi Anda sehingga lebih efektif. Dari variasi keyword tersebut, Anda akan terpikir keyword-keyword lain. Lalu kemudian masukkan ke Google Keyword Tool lagi untuk mendapatkan variasi keyword lainnya.

Keyword Tools Lain

Selain GKT, masih banyak tools untuk mencari kata kunci dan membuat daftar keyword di antaranya adalah:

  • com (Bayar)
  • com Keyword (Free)
  • dll

Keyword Tool dari SEO Book adalah salah satu free keyword tool yang juga bagus. Terutama karena tools ini menghasilkan result dari mesin pencari (search engine) lain seperti Yahoo dan MSN.

Anda bisa melihat bahwa tools SEOBook ini menghasilkan result dari berbagai database seperti WordTracker, Google, Yahoo dan MSN. Yang perlu diperhatikan adalah semua angka yang ada merupakan perkiraan jumlah search dalam sehari bukan sebulan, seperti hasil yang ditampilkan oleh Google Keyword Tool.

Namun, jangan selalu mengasumsikan bahwa keyword tools selalu akan memberikan Anda daftar keyword yang terlengkap dan terbaik. Dari pengalaman justru kadang-kadang keyword yang dihasilkan dari otak Anda sendiri yang seringkali membuat Anda lebih unggul karena kompetitor Anda menggunakan keyword tools yang sama semua.

3. Melihat Website Kompetitor

Salah satu sumber ide untuk mendapatkan kata kunci baru dan membuat daftar keyword adalah dengan melihat ke website kompetitor. Beberapa tahun lalu banyak dari pembuat website memakai keyword meta tag untuk membantu ranking web mereka di search engine. Pada zaman awal dibuatnya search engine, keyword meta tag digunakan untuk mengetahui topik atau kategori dari sebuah website. Tetapi zaman itu sudah lewat, search engine saat ini sudah tidak bergantung pada keyword meta tag tetapi melihat ke content dari website itu sendiri.

Tetapi sampai saat ini masih banyak pembuat website yang masih mengisi Keyword Meta tag dengan kata kunci yang mereka targetkan. Dengan harapan membantu ranking website mereka di search engine. Hal ini membuat orang lain menjadi bisa tahu kata kunci (keyword) apa yang ditargetkan oleh si pembuat website.

Melihat Meta Tag

Cara melihat keyword meta tag cukup dengan melihat source page dari website competitor melalui menu di browser Anda. Jika Anda menggunakan Firefox tinggal pilih menu View lalu pilih Page Source. Anda akan melihat meta keyword tag, disitulah kata kunci dari web tersebut.

Cara lain untuk mengetahui kata kunci dari website kompetitor dan membuat daftar keyword adalah dengan menggunakan Google Keyword Tool lagi. Coba buka lagi, tapi kali ini pilih di bagian sebelah kiri yaitu di bawah teks How would you like to generate keyword ideas? pilih yang Website content.

Setelah itu masukkan alamat website, tepatnya URL dari page di website competitor yang sesuai dengan website Anda. Itulah tiga cara yang dapat Anda gunakan untuk mendapatkan daftar keyword yang banyak dan berkualitas.

Komunitas SB1M

Sekian informasi terkait dengan membuat daftar keyword yang banyak dan berkualitas, semoga artikel ini mencerahkan sahabat semua. Kami berharap artikel membuat list kata kunci ini diviralkan biar semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Referensi :

Leave a Reply

Situs Penerima PPC
Situs Penerima PPC beserta Syarat dan Ketentuannya
Mendapatkan Income dari Program PPC
Mendapatkan Income dari Program PPC untuk Website
Cara Mendaftarkan Website ke UpToPromo
Cara Mendaftarkan Website ke UpToPromo
Cara Mendapatkan Income dari UpToPromo
Cara Mendapatkan Income dari UpToPromo
Keamanan WordPress Kecepatan WordPress Masalah WordPress Plugin Tips WordPress Tutorial Plugin Tutorial WordPress
Cara Membuat Sitemap
Cara Membuat Sitemap XML dan HTML pada Website
Cara Mengatasi Error 500
Cara Mudah Mengatasi Error 500 pada Website
Mengamankan File dan Database Website
Cara Mengamankan File dan Database Website WordPress

DM Lainnya

Cafebisnis Pakarbot Ratakan

Jasa dan Pelatihan

Jasa Digital Jasa Lainnya Pelatihan

Theme

Kentooz Oketheme Theme Lainnya

Webhosting

Hosting Bisnis Hosting Personal Hosting Ternak Web
Google Ads Optimasi SEO Riset Keyword SEO Off Page SEO On Page Tools Google
Cara Meningkatkan Trafik Website
Cara Meningkatkan Trafik Website yang Efektif
Mitos SEO
Mitos SEO yang Merugikan Website dan Perlu Dibongkar
Cara Membuat Sitemap
Cara Membuat Sitemap XML dan HTML pada Website
Tutorial Litespeed Cache
Tutorial Litespeed Cache untuk Mempercepat Website
Cara Membuat Form Kontak di Website
Cara Membuat Form Kontak di Website 100% Mudah Dilakukan
Cara Menangani Komentar SPAM di Website
Cara Menangani Komentar SPAM di Website 100% Ampuh
Pengaturan CloudFlare di Website
Pengaturan CloudFlare di Website dengan Plugin