Manfaat Website bagi Bisnis Saat Ini

Topik kita sekarang ialah manfaat website bagi bisnis saat ini. Apakah Anda sedang menjalankan usaha dan bisnis, namun belum bisa ditemukan di internet? Bila benar, artinya bisnis Anda tidak dikenal oleh banyak orang. Di era digital seperti saat ini, semua orang dan perusahaan terkenal bisa ditemukan dengan mudah di internet. Baik lewat akun media sosial atau sebuah website.

manfaat website bagi bisnis saat ini

Sepanjang sejarah, website mengalami perubahan fungsi sesuai dengan kebutuhan masyarakat saat ini. Di awal pembuatannya website cuma dimanfaatkan buat alat pertukaran informasi para ilmuwan atau pihak tertentu.

Baru pada tahun 1994 website digunakan buat tujuan lain seperti :

  • bisnis (Microsoft, IBM dan Pizza Hut),
  • organisasi (Amnesti International),
  • lembaga pemerintah (White House),
  • situs berita (The Telegraph dan The Economist) dan
  • mesin pencari (Yahoo!, Google).

Dalam perkembangannya, website semakin merakyat dan semakin mudah dijangkau oleh semua lapisan masyarakat. Hal itu bisa dilihat dari meroketnya jumlah website yang mencapai sekitar 1,7 milyar pada tahun 2017.

Kini website tidak eksklusif untuk perusahaan besar, organisasi ternama atau pemerintah adidaya saja. Bahkan website bisa digunakan buat tujuan pribadi seperti

  • berbagi pengalaman perjalanan,
  • menulis tutorial, atau
  • menampilkan karya dan portofolio.

Manfaat Website bagi Bisnis

Manfaat website yang paling utama yaitu buat menyebarkan informasi lewat dunia digital. Dengan adanya dunia digital yang bisa diakses lewat jaringan internet ini. Maka arus pertukaran informasi bisa dilakukan secara internasional dan tak terbatas oleh batasan tempat.

Lewat website, orang di seluruh dunia bisa saling bertukar informasi terkini. Sehingga tak ketinggalan perkembangan teknologi, budaya, dan ilmu pengetahuan yang sedang meroket di segala belahan dunia.

Kini, di samping sebagai media buat bertukar informasi, website pun bisa jadi media buat promosi dan mengembangkan bisnis. Selain itu, website pun ramai dipakai sebagai ruang buat mengekspresikan diri yang kini populer dengan sebutan sosial sosial atau sosmed.

Ingin tahu apa saja manfaat website itu? Beikut beberapa di antaranya :

– Murah

Tentu Anda sering melihat berbagai jensi iklan yang ditampilkan melalui media cetak, radio, televisi atau yang lainnya dan itu harganya cukup mahal. Memang pasang iklan ialah hal yang penting, namun Anda harus mengeluarkan banyak biaya. Dengan memilih sebuah website pribadi atau perusahaan, Anda hanya perlu mengeluarkan biaya yang lebih murah.

– Core Digital Marketing

Konsep digital marketing khususnya internet marketing adalah format baru persaingan pemasaran (marketing) bisnis modern. Dengan mempunyai website artinya Anda telah mempersiapkan diri untuk membangun konsep marketing global termasuk branding di dalamnya.

– Media iklan

Sebuah website ialah media yang sangat membantu saat dipakai buat iklan dan marketing produk. Ada berbagai cara buat menampilkan iklan dari produk Anda di internet. Untuk contohnya adalah facebook ads yaitu sebuah layanan yang menawarkan pemasangan iklan melalui facebook.

Media buat beriklan lainnya yakni yang biasa disebut SEO. Ini salah satu keuntungan punya website. Sebab bila website Anda SEO-nya telah optimal, secara otomatis penjualan produk Anda akan meningkat tanpa perlu mengeluarkan biaya buat memasang iklan.

– Transaksi 24 jam

Pengunjung toko online bisa membeli produk Anda kapan saja mereka mau. Pagi, siang, malam, subuh, tidak masalah pengiriman barang bisa diproses pagi harinya. Bahkan jika Anda terbangun malam hari dikagetkan oleh notifikasi pembelian yang masuk, bisa diproses.

– Perluasan jangkauan

Semua orang yang ada di penjuru dunia manapun dapat menemukan produk Anda selama mereka tersambung ke internet.

– Lebih dekat dengan publik

Publik yang dimaksud ialah semua pihak yang punya kepentingan dengan bisnis Anda. Bisa itu pembeli, klien, investor hingga karyawan.

– Profesional, kredibel, kepercayaan

Bisnis online yang punya website tentu saja terlihat lebih profesional, dapat perhatian serta lebih diperhitungkan oleh masyarakat dan calon pelanggan. Kredibilitas perusahaan terlihat dari eksistensinya pada website, serta image modern dan selalu mengikuti perkembangan teknologi akan terbentuk.

Kepercayaan dari pembeli pasti meningkat. Mereka tak akan mencurigai Anda penipu dan rewel sesudah membaca aturan “syarat dan ketentuan” pelayanan. Hal yang mungkin sering Anda rasakan ketika berjualan online di facebook ataupun situs marketplace.

– Meningkatkan pelayanan

Ketika calon pelanggan mau tahu bisnis Anda, tentang lokasi, sejarah, dan seberapa besar bisnis Anda. Mereka bisa dengan mudah memperoleh semua informasi mengenai bisnis Anda. Tak perlu datang langsung dan bertanya banyak hal. Dalam transaksi pun tidak perlu datang ke lokasi di mana fisik bisnis Anda.

– Menghemat waktu dan tempat

Anda tak perlu mempunyai tempat yang luas berhektar-hektar buat menjual berbagai jenis dan merk mobil. Penghematan waktu berlaku untuk bisnis Anda dan pelanggan. Bagi Anda memangkas waktu pembuatan format bisnis, penyusunan etalase hingga proses transaksi.

– Fleksibel

Anda dapat mengelola bisnis kapan pun dan dimana pun, cukup dengan laptop yang tersambung internet. Konsumen dapat berbelanja kapan saja dan dimana saja, cukup perangkat seluler / smartphone.

– Kepuasan pelanggan

Sebelum melakukan pembelian sebuah produk, sekarang orang-orang akan mencari informasinya lebih dulu lewat internet. Bila website Anda telah menampilkan informasi produk dengan lengkap, kemungkinan besar pembeli akan langsung melakukan pemesanan.

Ini hal yang sangat penting bagi pelanggan. Karena mereka tak perlu datang langsung ke toko buat mencari tahu tentang produk Anda. Karena mereka hanya perlu mengakses website Anda untuk mencari informasi mengenai produk, kemudian melakukan pembelian, baik itu membeli secara online atau datang langsung ke toko Anda.

Sekian informasi perihal manfaat website bagi bisnis saat ini, kami harap postingan kali ini membantu kalian. Mohon postingan ini dishare biar semakin banyak yang mendapat manfaat.

Referensi:

Leave a Reply