Manfaat LSI Keyword untuk SEO website

bannerlbo

Topik kita kali ini yaitu manfaat LSI Keyword untuk SEO website. Mau menampilkan konten website Anda di peringkat teratas hasil pencarian? Anda harus bikin konten yang relevan dengan apa yang dicari oleh target audiens. Untuk itu, Anda harus tahu mengenai Latent Semantic Indexing (LSI) Keyword.

Manfaat LSI Keyword

Mengenal LSI Keyword

LSI keyword memegang peranan penting dalam menentukan ranking suatu website di hasil pencarian mesin pencari. Karena merupakan salah satu faktor yang dipertimbangkan oleh search engine seperti Google dalam penentuan tersebut. Wawasan dan pemahaman Anda mengenai LSI keyword dapat dimanfaatkan untuk menaikkan ranking website di mesin pencari (search engine). Karena manfaat LSI Keyword yang sangat penting untuk website maka Anda harus selalu memperhatikannya.

Apa Itu LSI Keyword? LSI keyword yaitu kata atau kalimat yang dianggap relevan secara semantik oleh mesin pencari (search engin) seperti Google. Misalkan Anda menulis konten tentang Teori Big Bang (sains) di website Anda. Tapi kenapa bisa website Anda muncul di hasil pencarian tentang serial TV?

Ini karena konten Anda mengandung kata-kata seperti sains, teori fisika, teori big bang yang relevan secara semantik (LSI keyword) dengan teori big bang (serial TV). Jadi, mesin pencari seperti Google akan mengidentifikasi kata-kata yang relevan secara semantik. Sehingga konten Anda dapat terhubung dengan satu topik yang lebih spesifik.

Tahukah Anda bahwa LSI adalah teknologi kuno? Bahkan Google tidak menggunakan teknologi LSI. Google memakai teknologi Word2vec dalam menampilkan hasil pencarian yang relevan. Teknologi tersebut dikembangkan oleh tim Google Brain.

Namun apa itu artinya pemakaian kata-kata yang relevan secara semantik tak ada manfaatnya untuk SEO? Tidak juga, karena manfaat LSI Keyword akan tetap terasa untuk SEO. Hal ini karena pendekatan Word Vector yang dipakai oleh Word2vec pada dasarnya punya sifat yang sama dengan pendahulunya. Mereka sama-sama memanfaatkan kata-kata yang memang terhubung secara semantik.

Bedanya, LSI tak diciptakan untuk menampung beban sebesar web. Bahkan dulunya LSI cuma diuji dengan memakai 9 dokumen yang berisi topik interaksi antara manusia dan komputer. Sedangkan penerusnya telah mampu menangani masalah yang jauh lebih kompleks.

Namun, mengapa hingga sekarang masih banyak yang memakai istilah LSI? Ini karena LSI merupakan pendahulu dari pemakaian kata-kata yang relevan secara semantik. Sehingga, identitas metodenya masih melekat pada LSI.

Cara Kerja LSI Keyword

Sebelum membahas manfaat LSI Keyword, Anda harus tahu cara kerjanya lebih dulu. Bagaimana cara kerja keyword LSI? Cara kerja LSI sebetulnya rumit, karena dalam prakteknya memakai berbagai rumus matematika yang kompleks. Hal ini dilakukan guna memahami hubungan antar kata.

Namun Anda tak perlu mengerti cara kerja dari LSI Keyword secara harfiah. Anda hanya perlu memahami garis besarnya saja. Kurang lebih beginilah prosesnya :

  • Mesin pencari (search engine) akan mencari persamaan dari kata yang Anda pakai. Contohnya, teori big bang memiliki 2 makna, yakni teori sains dan serial TV.
  • Kata yang Anda pakai akan diidentifikasi memakai kata-kata yang terhubung secara semantik.
  • Mesin pencari akan mengelompokkan teori big bang sains dan teori big bang serial TV ke dalam kategori yang berbeda. LSI keyword yang dipakai di konten akan menentukan jenis teori big bang yang Anda maksud.

Perannya sangat penting, bukan? LSI keyword akan memberi konteks konten pada para pembaca. Selain itu konteks ini juga berlaku pada mesin pencari seperti Google.

Cara Mencari LSI Keyword

Bagaimana cara mencari keyword LSI? Sekarang pasti Anda mau tahu bagaimana caranya untuk menemukan LSI keyword yang tepat guna meningkatkan relevansi konten. Untuk mencari dan menemukan LSI Keyword caranya sama seperti saat Anda riset kata kunci.

Baca : Cara Mendapatkan Keyword yang Tepat

Manfaat LSI Keyword

Apa Manfaat LSI Keyword terhadap SEO? Apakah LSI keyword bermanfaat untuk peningkatan website? Tentu saja! Anda bisa melihatnya pada gambar berikut:

LSI Keyword

Kata kunci (Keyword) utamanya yaitu “cara membuat website”. Biasanya, kata kunci utama akan selalu dicetak tebal (bold) dalam hasil pencarian. Namun, ada kata-kata lain di luar kata kunci utama yang diberi bold pula, seperti

  • buat,
  • website,
  • web, dan
  • buat website.

Beberapa kata di atas adalah LSI keyword yang dianggap relevan dengan kata kunci utama (tapi terkadang juga tidak muncul). Dengan menyisipkan LSI keyword di dalam konten maka akan meningkatkan relevansi konten website Anda. Otomatis, konten yang lebih relevan akan punya kesempatan lebih besar untuk memiliki peringkat tinggi. Itulah manfaat LSI Keyword untuk SEO website.

Selain memasukkan LSI keyword ke dalam konten, Anda pun bisa memasukkannya ke dalam :

  • Title tags
  • Heading
  • Meta description
  • Image alt text

Cara ini bisa disebut juga sebagai praktik SEO on-page. Fungsi SEO jenis ini yaitu untuk melakukan optimasi berbagai faktor di dalam konten. Optimasi ini dilakukan supaya lebih mudah diidentifikasi oleh mesin pencari. Bila Anda belum begitu familiar dengan prakteknya, tak usah khawatir. Anda bisa mampir ke artikel kami yang akan membahas seputar berbagai langkah optimasi on-page SEO untuk website.

Gunakan LSI Keyword untuk Meningkatkan Peringkat Website Anda!

LSI keyword membantu mesin pencari (search engine) dalam menemukan berbagai website yang relevan untuk ditampilkan di hasil pencarian. Dengan memanfaatkan LSI Keyword, konten website Anda akan berpotensi naik peringkat di halaman hasil pencarian search engine. Manfaat LSI keyword ini sangat bagus untuk mendukung relevansi konten Anda.

Sekian informasi terkait dengan manfaat LSI Keyword untuk SEO website, kami harap postingan ini membantu teman-teman semua. Tolong artikel seputar optimasi SEO ini disebarluaskan agar semakin banyak yang memperoleh manfaat.

Referensi:

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

22793

Leave a Reply

Situs Penerima PPC
Situs Penerima PPC beserta Syarat dan Ketentuannya
Mendapatkan Income dari Program PPC
Mendapatkan Income dari Program PPC untuk Website
Cara Mendaftarkan Website ke UpToPromo
Cara Mendaftarkan Website ke UpToPromo
Cara Mendapatkan Income dari UpToPromo
Cara Mendapatkan Income dari UpToPromo
cPanel Domain Hosting Landing Page Masalah Website Website WordPress
Strategi Memilih Nama Domain
Strategi Memilih Nama Domain yang Tepat
Meningkatkan Keamanan WordPress
Tips Ampuh Meningkatkan Keamanan WordPress
Membuat Landing Page
Cara Membuat Landing Page yang Menarik dan Efektif

DM Lainnya

Cafebisnis Pakarbot Ratakan

Jasa dan Pelatihan

Jasa Digital Jasa Lainnya Pelatihan

Theme

Kentooz Oketheme Theme Lainnya

Webhosting

Hosting Bisnis Hosting Personal Hosting Ternak Web
Pengenalan SEO Riset Keyword SEO Off Page SEO On Page Technical SEO Tips SEO Tools Google
Optimasi Internal Link
Panduan Optimasi Internal Link Lengkap pada Website
Link Dofollow dan Nofollow
Cara Membuat Link Dofollow dan Nofollow di Website
Backlink Berkualitas
Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas Bagus untuk Website
Tutorial Litespeed Cache
Tutorial Litespeed Cache untuk Mempercepat Website
Cara Membuat Form Kontak di Website
Cara Membuat Form Kontak di Website 100% Mudah Dilakukan
Cara Menangani Komentar SPAM di Website
Cara Menangani Komentar SPAM di Website 100% Ampuh
Pengaturan CloudFlare di Website
Pengaturan CloudFlare di Website dengan Plugin