Layanan Google Ads atau Adwords

bannerlbo

Di artikel ini kami akan bahas mengenai layanan google ads atau adwords. Setiap perusahaan yang bonafid / besar biasanya akan memperkenalkan produk atau layanannya via iklan. Ada banyak media yang mereka gunakan untuk beriklan. Namun di era digital saat ini, iklan lewat internet sangatlah penting. Mau beriklan di internet? Tentu saja periklanan dari Google jadi alternatif pilihan pertama.

Layanan Google Ads

Sekilas Layanan Google Ads

Layanan iklan Google terdiri dari dua layanan, yaitu Google AdSense dan Google AdWords (sejak tahun 2018 diganti dengan nama google ads). Google AdSense ditujukan bagi mereka yang ingin mendapatkan uang dari menampilkan iklan di website-nya. Sedangkan Google Ads merupakan layanan yang ditujukan bagi mereka baik perorangan atau perusahaan yang mau beriklan.

Google Ads adalah tempat yang terbaik untuk memulai beriklan secara online. Hasil yang Anda dapatkan akan terlihat dalam waktu yang tak lama. Dan pengukuran yang tepat oleh Google Ads akan membantu Anda mengembalikan modal investasi iklan. Yang lebih menguntungkan lagi, Anda cuma akan membayar saat orang meng-klik iklan.

Layanan Google Ads adalah perangkat marketing yang kompleks dan memiliki kemungkinan yang tidak terbatas untuk meraih konsumen potensial. Keseluruhan perangkat marketing ini akan membantu Anda menghemat waktu dan menemukan pelanggan baru. Lakukan eksplorasi pada akun Ads Anda dan manfaatkan sebaik-baiknya.

Mengapa Harus Menggunakan Google Ads

Berikut beberapa alasan kenapa Anda harus menggunakan layanan google Ads, yaitu :

1. Menemukan Target Pasar yang Tepat

Keuntungan terbesar dari layanan Google Ads yaitu iklan Anda memungkinkan akan meraih target pasar yang lebih luas. Karena di samping muncul di halaman pencarian Google, iklan Anda juga bisa :

  • Muncul di website-website orang lain yang sesuai kata kunci.
  • Muncul di website yang diakses lewat handphone, komputer / laptop, tablet, dan perangkat online lainnya.
  • Menjangkau orang di daerah tertentu atau orang yang berkomunikasi dengan bahasa tertentu, sesuai dengan target pasar produk Anda.

2. Kontrol yang Lebih Baik

Anda bisa mengedit iklan dengan menyesuaikan anggaran hingga mendapatkan hasil yang diinginkan. Anda juga bisa menampilkan berbagai format iklan yang ada. Bahkan bisa menargetkan iklan ke bahasa dan lokasi geografis tertentu.

3. Iklan yang Efisien

Dengan memakai layanan Google Ads, Anda tak dibebani syarat pembayaran minimal. Anda cuma akan dikenakan biaya ketika pengguna internet meng-klik iklan. Dengan demikian, biaya iklan Anda dipakai dengan lebih efisien.

Keuntungan Google Ads

Berikut beberapa keuntungan yang akan didapat saat menggunakan layanan google ads :

a. Google Menguasai Pangsa Pasar Search Engine

Dari banyaknya mesin pencari, mengapa Anda harus menggunakan layanan Google Ads? Karena Google menguasai pangsa pasar mesin pencari (search engine) seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Berikut persentasenya penguasaan pasar mesin pencari secara global :

  • Google sebesar 92,74 persen,
  • Yahoo sebesar 2,32 persen,
  • Bing sebesar 2,17 persen, dan
  • Search engin lain sebesar 2,77 persen.

Di Indonesia sendiri, penguasaan pangsa pasar mesin pencari masih didominasi oleh Google yaitu sebesar 97,09 persen. Sedangkan search engin yang lain hanya mendapatkan pangsa pasar sebesar :

  • Yahoo sebesar 1,66 persen,
  • Bing sebesar 0,77 persen, dan
  • Lainnya sebesar 0,48 persen.

Itu artinya bila menggunakan layanan Google Ads maka iklan Anda kemungkinan besar akan dilihat lebih banyak orang.

b. Remarketing

Selain tampil di hasil pencarian, Google Ads akan membantu untuk mengiklankan bisnis Anda di website dan aplikasi partner Google. Google juga akan menampilkan iklan kepada orang yang sudah pernah membuka iklan Anda, namun belum melakukan pembelian. Orang tersebut akan melihat kembali iklan Anda di website dan aplikasi lain yang ia buka. Proses ini disebut juga sebagai remarketing. Di mana fungsi dari proses ini untuk mempertahankan buying intent calon pelanggan.

c. Target Audience Lebih Spesifik

Target audience di Google Ads bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Bisnis Anda membutuhkan jangkauan yang luas dari Sabang sampai Merauke? Jangkauan lokasi bisa Anda perluas di seluruh Indonesia. Bisnis hanya butuh jangkauan lokasi di kota atau provinsi tertentu saja? Anda dapat mempersempit jangkauan lokasi iklannya sehingga target audience akan lebih spesifik.

Anda bisa mengatur iklan untuk tampil di perangkat apa saja. Orang-orang mengakses mesin pencari lewat berbagai perangkat, dari desktop, tablet, sampai smartphone. Anda juga dapat mengatur iklan untuk tampil di ketiga perangkat tersebut sekaligus atau memilih beberapa di antaranya saja.

Selain mengatur jangkauan lokasi dan perangkat, Anda pun dapat mengatur waktu muncul iklannya. Anda dapat mengatur penayangan iklan untuk tampil di hari apa saja dan dari jam berapa hingga jam berapa. Tentu fitur ini berguna untuk bisnis yang punya jam operasional terbatas. Misalnya, bisnis Anda cuma buka dari Senin hingga Jumat, dari pukul 7 pagi hingga 4 sore. Anda dapat mengatur iklan untuk tampil di hasil pencarian pada kurun waktu tersebut.

d. Biaya Minim

Mungkin di dalam benak Anda untuk memasang iklan di perusahaan sebesar Google akan memakan biaya yang tak sedikit. Padahal pada kenyataannya tidak. Anda dapat mengatur estimasi biaya di angka yang minim sekalipun. Misalnya iklan yang mau dilakukan dengan target lokasi seluruh Indonesia, estimasi biayanya yaitu 300 ribu per bulan.

Itu baru estimasi. Biaya yang dikeluarkan bisa lebih sedikit dari jumlah estimasi tersebut. Sebab Google menerapkan Pay Per Click atau PPC. Jadi Anda cuma membayar biaya iklan bila target audience Anda membuka iklan.

Istilah dalam Google Ads

Berikut beberapa istilah yang akan Anda temui ketika mau memanfaatkan layanan google ads yaitu :

  • Pay Per Click (PPC) / bayar per klik : sistem periklanan online di mana hanya membayar saat pengguna internet meng-klik iklan Anda.
  • Cost Per Click (CPC) / biaya per klik : biaya yang dibebankan untuk tiap ada klik pada iklan.
  • Cost Per Acquisition (CPA) : biaya dari model periklanan yang dibebankan kepada pengiklan saat pengguna internet melakukan kegiatan tertentu. Misalnya melakukan transaksi atau mengisi formulir. Ini disebut juga dengan Cost Per Action atau biaya per akuisisi.
  • Cost Per Mille (CPM) / biaya per seribu : biaya yang dibebankan pada iklan setelah muncul sebanyak seribu kali (1000x). Huruf M dalam akronim CPM merepresentasikan angka Romawi untuk 1000.
  • Click Through Rate (CTR) : persentase pengguna meng-klik iklan Anda.
  • Conversion Rate (CVR) / konversi rata-rata : proporsi pengunjung website Anda yang melakukan transaksi.
  • Return On Investment (ROI) : prosentase pendapatan yang dihasilkan dari iklan Anda.
  • Quality Score (QS) : faktor yang meningkatkan (atau menurunkan) peringkat iklan Anda muncul di Google.
  • AdRank : angka yang menentukan posisi iklan Anda. AdRank ini ditentukan berdasarkan dari angka bid Anda dan Quality Score.
  • Search Engine Results Page (SERP) : halaman yang menampilkan hasil pencarian melalui search engine / mesin pencarian.

Demikian informasi berkaitan dengan layanan google ads atau adwords, semoga postingan kali ini bermanfaat untuk kalian. Kami berharap postingan google ads ini disebarluaskan supaya semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Referensi: Dunia Digital Marketing

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

22793

Leave a Reply

Situs Penerima PPC
Situs Penerima PPC beserta Syarat dan Ketentuannya
Mendapatkan Income dari Program PPC
Mendapatkan Income dari Program PPC untuk Website
Cara Mendaftarkan Website ke UpToPromo
Cara Mendaftarkan Website ke UpToPromo
Cara Mendapatkan Income dari UpToPromo
Cara Mendapatkan Income dari UpToPromo
CPanel Domain Hosting Landing Page Masalah Website Website WordPress
Meningkatkan Keamanan WordPress
Tips Ampuh Meningkatkan Keamanan WordPress
Membuat Landing Page
Cara Membuat Landing Page yang Menarik dan Efektif
Cek Up Time dan Down Time
Website Anda Sering Down? Coba Cek Up Time dan Down Time-nya!

DM Lainnya

Cafebisnis Pakarbot Ratakan

Jasa dan Pelatihan

Jasa Digital Jasa Lainnya Pelatihan

Theme

Kentooz Oketheme Theme Lainnya

Webhosting

Hosting Bisnis Hosting Personal Hosting Ternak Web
Optimasi SEO Riset Keyword SEO Off Page SEO On Page Tools Google
Mendapatkan Keyword yang Tepat
Cara Mendapatkan Keyword yang Tepat dan Akurat
SEO Tools Terbaik
SEO Tools Terbaik dan Gratis untuk Riset Kata Kunci
Panduan Optimasi SEO Image
Panduan Optimasi SEO Image untuk Memaksimalkan Website
Tutorial Litespeed Cache
Tutorial Litespeed Cache untuk Mempercepat Website
Cara Membuat Form Kontak di Website
Cara Membuat Form Kontak di Website 100% Mudah Dilakukan
Cara Menangani Komentar SPAM di Website
Cara Menangani Komentar SPAM di Website 100% Ampuh
Pengaturan CloudFlare di Website
Pengaturan CloudFlare di Website dengan Plugin